Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Kuat Menghadapi Pandemi, Ini Dia 7 Tempat Makan Legendaris Tutup di Tahun 2020

Kabar menyedihkan lainnya di tahun 2020

Bobobox.co.id — Wabah pandemi virus corona tak hanya menyerang sektor pariwisata saja. Sektor kuliner pun tak kalah kalang kabut akibat pandemi virus corona yang kini mulai mendapatkan secercah harapan dengan adanya vaksin.

Walaupun begitu, dampak yang dirasa pada sektor ini sudah ada sejak pertengahan tahun 2020. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya tempat makan legendaris tutup akibat kesulitan dalam memutarkan roda ekonomi.

Tempat makan legendaris tutup tentu menjadi sinyal bahwa tak ada yang aman dari pandemi virus corona ini. Tempat makan legendaris tersebut sendiri memiliki banyak kenangan di hati banyak orang.

Nah, berikut ini merupakan 7 tempat makan legendaris tutup di tahun 2020. Ketujuh tempat makan tersebut akhirnya tidak kuat dalam menghadapi masalah finansial yang menimpa tempat makan tersebut di tengah pandemi.

See Kong Ooi

Tempat makan legendaris tutup di tahun 2020 pertama adalah See Kong Ooi. Restoran yang berada di Jalan Transfer Road, Malaysia ini harus menerima kenyataan pahit untuk menutup usaha mereka.

Restoran ini terkenal akan hidangan tradisional Hainan dan Hokkien. Saking terkenalnya, sulit untuk menemukan hari di mana tempat makan legendaris ini sepi pelanggan yang datang tak hanya dari Malaysia.

Namun, keputusan sulit untuk menjadikan tempat makan legendaris tutup ini sudah bulat. Banyak hal yang memengaruhi penutupan See Kong Ooi. Salah satunya adalah pemiliknya yang tidak ingin menyediakan pesan online.

Tan, sebagai generasi ketiga dari penerus restoran tersebut, menuturkan bahwa ia tak ingin menyediakan layanan take away. Hal ini karena hidangan yang disajikan justru akan dingin dan mengurangi cita rasanya.

via hungryonion.org

Rindu Alam

Puncak Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan asal Jakarta saat long weekend atau menjelang akhir tahun. Nah, bagi yang sering ke Puncak, tentu tak asing dengan Rindu Alam.

Sama seperti tempat makan di daftar ini, Rindu Alam harus menjadi korban di tahun 2020 ini. Tempat makan legendaris tutup ini tentu disayangkan oleh banyak orang yang sering mampir saat ke Puncak.

Beroperasi selama 40 tahun, Rindu Alam mampu mempertahankan popularitasnya di tengah gempuran tempat makan kekinian. Namun, tanggal 20 Januari 2020 menjadi tanggal kelabu bagi restoran ini.

Tanggal tersebut, izin bangunan Rindu Alam habis hingga akhirnya resmi ditutup oleh Pemprov Jawa Barat. Penutupan cabang ini menyusul Rindu Alam 2 yang terlebih dahulu harus tutup pada tahun 2013.

TEMPO/Subekti via metro.tempo.co

Marche Movenpick

Tempat makan legendaris tutup lainnya di tahun 2020 adalah Marche Movenpick. Restoran asal Singapura yang satu ini identik dengan makanan Eropa dengan gaya masakan campuran Swiss dan Jerman.

Setelah beroperasi selama 11 tahun, Marche Movenpick memutuskan untuk menutup cabangnya di Indonesia. Penutupan permanen seluruh cabang Marche Movenpick terjadi pada tanggal 30 September 2020.

Pihak Marche Movenpick mengumumkan hal tersebut melalui akun Instagram resmi restoran tersebut. Marche pun berterima kasih atas kedatangan para pelanggan yang setia datang sejak tahun 2009.

Salah satu keunikan yang akan terkenang dari tempat makan legendaris tutup ini adalah soal penyajian. Pasalnya, restoran ini mengusung konsep dapur terbuka di mana sajian makanan yang diberikan masih segar.

instagram.com/marcheindonesia via thejakartapost.com

Wahteg

Wahteg menjadi salah satu tempat makan legendaris berikutnya yang harus tutup permanen di tengah pandemi. Wahteg sendiri merupakan restoran warung tegal (warteg) yang mengusung konsep modern.

Beroperasi sejak tahun 2018, Wahteg mampu mengubah image yang tersemat pada warteg. Hal inilah yang membuatnya Wahteg menjadi salah satu restoran yang cukup digandrungi oleh banyak orang.

Namun, tempat makanan legendaris tutup yang berlokasi di Tanjung Duren ini terhimpit cobaan pandemi. Hal tersebut membuat Wahteg harus berberat hati untuk menutup permanen tempat makan ini.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh manajemen Wahteg melalui akun instagram resmi restoran. Melalui postingan tersebut, mereka beharap bisa berjumpa lagi di lain kesempatan.

Adhy Musaad via pergikuliner.com

Lotteria

Restoran cepat saji pun tak ketinggalan terkena getah akibat pandemi virus corona yang hingga kini belum berakhir. Lotteria merupakan salah satu tempat makan legendaris tutup di tahun 2020 ini.

Restoran cepat saji yang menyajikan makanan khas Korea ini memutuskan untuk menutup seluruh cabangnya di Indonesia. Berita buruk tersebut secara resmi datang pada tanggal 29 Juni 2020.

Mulai beroperasi pada tahun 2011, Lotteria menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para pencinta masakan Korea Selatan. Dengan tutupnya Lotteria, kamu tak bisa lagi menyantap makanan khas Lotteria.

Walaupun sudah banyak bermunculan tempat makan dengan menu Korea Selatan, Lotteria sulit untuk dilupakan begitu saja. Tempat makan legendaris tutup ini sudah relatif lama menemani para pencinta sajian Korea.

via dibacaonline.com

Philippe’s the Original

Tak hanya di Indonesia dan Malaysia saja, korban lainnya pun datang dari belahan dunia lainnya. Salah satu tempat makan legendaris tutup adalah Philippe’s the Original yang berada di Los Angeles.

Berbeda dengan tempat makan legendaris tutup di daftar ini, Phillippe’s the Original sendiri hanya tutup sementara saja. Penutupan tersebut sendiri terjadi saat penyebaran COVID-19 di Amerika Serikat sedang tinggi.

Hal yang membuat penutupan tersebut menjadi sebuah hal mengejutkan adalah restoran ini tak pernah tutup dalam keadaan apapun sebelum. Hanya pandemi virus corona saja yang mampu menutup tempat makan ini.

Terkenal akan french-dipnya, restoran yang sudah beroperasi sejak 112 tahun lalu ini akhirnya kembali beroperasi. Walaupun begitu, para pelanggannya tidak diperbolehkan untuk menyantap di tempat.

via philippes.com

McDonald’s Sarinah

Tempat makan legendaris tutup terakhir adalah McDonald’s Sarinah. Bagi kamu yang belum tahu soal tempat legendaris ini, McDonald’s Sarinah sendiri merupakan gerai pertama McDonald’s yang berdiri di Indonesia.

Jangan heran jika banyak orang yang mempunyai banyak kenangan di restoran cepat saji ini. Bahkan, saking terkenalnya, penutupan McDonald’s Sarinah pernah menjadi polemik tersendiri pada bulan Mei 2020.

Pasalnya, restoran cepat saji yang sudah beroperasi sejak tahun 1991 dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki kenangan di tempat tersebut. Padahal, saat itu, Jakarta sedang gencar-gencarnya dalam mengetatkan kerumunan orang.

Tempat makan legendaris tersebut tutup di tengah pandemi pun dilakukan atas permintaan manajemen gedung. Manajemen gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan mengubah strategi bisnis gedung tersebut.

tempat makan legendaris tutup mcdonalds sarinah
Twitter/@duwiry via kompas.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Akomodasi penginapan yang nyaman tentu menjadi hal wajib untuk dipilih saat liburan. Sehingga, memilih akomodasi yang tepat menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasiltas mumpuni yang siap membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Informasi pemesanan bisa kamu cek di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini. Sedangkan, bagi kamu yang ingin melihat interior Bobobox, kamu bisa mengakses virtual tour Bobobox dengan mengklik link ini.

kamar bobobox

You might also like