tempat makan legendaris di indonesia

12 Tempat Makan Legendaris di Indonesia yang Terkenal dari Generasi ke Generasi

Indonesia adalah negara seribu kuliner. Setiap daerah memiliki makanan yang unik dan menggugah selera. Beberapa bahkan sudah bertahan hingga ratusan tahun. Penasaran dengan tempat makan legendaris di Indonesia? Yuk wisata kuliner bareng!

Ayam Betutu Men Tempeh, Jembrana – Bali

Tempat makan legendaris di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1978. Menu utama yang dijual tentu saja ayam betutu. Rasanya yang pedas dan gurih menjadi keunikan tersendiri rumah makan ini. Untuk bisa mencicipi ayam betutu ini, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp95.000 saja untuk satu ekor ayam.

Alamat

Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

Jam operasional

07.00—22.00 (buka setiap hari)

Tempat makan legendaris di Indonesia, Braga Permai – Bandung

Sebagai salah satu resotran tertua di Bandung, kamu tidak boleh melewatkan Braga Permai. Tempat makan legendaris di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1918, jauh sebelum kafe menjamur seperti sekarang. Makanan yang dijual di sini beragam dari mulai makanan Barat hingga Indonesia dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp300.000.

Alamat

Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

08.00—21.00 (buka setiap hari)

Bubur Mandala – Jayapura

Jika kamu pecinta bubur ayam, kamu wajib untuk mengunjungi tempat makan legendaris di Indonesia ini. Papua biasanya terkenal dengan makanan seperti papeda atau kue lontar. Namun bubur ayam pun menjadi makanan legendaris lho. Salah satu tempatnya berada di Jayapura. Selain bubur, tempat makan legendaris di Indonesia ini juga menjual makanan lain seperti pisang goreng dan pangsit goreng.

Alamat

Pusat Bisnis Jayapura Pasifik Permai Blok G No 7, Bayangkara, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua

Jam operasional

06.00—21.00 (Senin-Sabtu)

11.00—21.00 (Minggu)

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno – Solo

Untuk kamu yang menyukai kuliner malam, tempat makan legendaris di Indonesia ini bisa menjadi pilihan. Gudeg Ceker Bu Kasno sudah ada sejak tahun 1932 dan masih memiliki penggemar hingga sekarang. Satu porsi gudeg dibandrol dengan harga Rp18.000 dan kamu sudah bisa menikmatinya dengan berbagai pilihan lauk.

Alamat

Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

02.00—07.00 (buka setiap hari)

Tempat makan legendaris di Indonesia, Konro Karebosi – Makasar

Jalan-jalan ke Makasar rasanya tak lengkap jika belum menyantap konro, terutama di tempat makan legendaris di Indonesia ini. Apalagi kalau bukan Konro Karebosi. Tempat makan legendaris di Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1972 dan hingga sekarang cita rasanya masih konsisten. Konro Karebosi hanya menjual dua macam konro yaitu konro bakar dan sup konro dengan harga masing-masing Rp70.000.

Alamat

Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam operasional

10.30—22.20 (buka setiap hari)

Rumah Makan Pindang Musi Rawas – Palembang

Pempek bukan satu-satunya makanan khas Palembang. Pindang juga merupakan bagian penting dari dunia kuliner kota ini. Salah satunya adalah tempat makan legendaris di Indonesia Musi Rawas. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam olahan pindang seperti ikan, udang, iga, dan tempoyak. Harga untuk satu porsi pindang berkisar di harga Rp40.000 hiingga Rp120.000.

Alamat

Jl. Angkatan 45 No.18, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Jam operasional

09.00—21.00 (buka setiap hari)

Tempat makan legendaris di Indonesia, Mi Khodon Teluk Betung – Lampung

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki masakan mi yang khas. Begitu pula di Lampung. Tempat makan legendaris di Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan menjual mi dengan cita rasa yang khas. Minya memiliki diameter lebar dan diberi bumbu udang kering. Ada yang diolah menjadi mi kuah atau juga mi goreng. Untuk bisa menikmati satu porsi Mi Khodon, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000.

Alamat

Jl. Ikan Bawal No.22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung

Jam operasional

13.00—19.00 (Senin-Satbu)

Minggu libur

Rumah Kopi Tikala – Manado

Menikmati secangkir kopi di Manado alangkah baiknya jika berkunjung ke kedai kopi pertama yang ada di sana. Yak, buka sejak tahun 1930, Rumah Kopi Tikala menjadi salah satu tempat makan legendaris di Indonesia. Menu kopi yang dijual sangat klasik yaitu kopi hitam atau kopi susu. Sebagai teman ngopi, di sini juga dijual jajanan seperti biapong, gabin, panada, lalampa, dan roti bakar srikaya.

Alamat

Jl. Sudirman 2, Komo Luar, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Jam operasional

06.00—18.00 (buka setiap hari)

Tempat makan legendaris di Indonesia, Sate Apaleh – Aceh

Jika berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mampir ke tempat makan legendaris di Indonesia ini. Sate yang dijual di Sate Apaleh adalah Sate Matang, sebutan untuk sat khas Aceh. Biasanya Sate Matang disajikan dengan nasi putih, bumbu kacang, dan semangkuk kuah sop.

Alamat

Jl. Lintas, Jl. Medan – Banda Aceh, Keude Lapang, Ganda Pura, Kabupaten Bireuen, Aceh

Jam operasional

Buka 24 jam setiap hari

Tempat makan legendaris di Indonesia, Soto Sinar Pagi – Medan

Tempat makan legendaris di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1953. Meskipun telah diturunkan ke beberapa generasi, Soto Sinar Pagi masih menjaga kualitas rasanya. Soto dengan kuah kuning bersantan ini dijual dengan harga sekitar Rp30.000.

Alamat

Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara

Jam operasional

07.00—14.30 (buka setiap hari)

Tahu Campur Cak Kahar – Surabaya

Lengkapi perjalanan kamu ke Surabaya dengan makan di tempat makan legendaris di Indonesia ini. Potongan daging sapi, otot sapi, kecambah, mi kuning, tahu, lentho dan kerupuk udang siap menunggu di atas piring. Tak lupa kuah kaldu sapi dan bumbu petis yang disiram di atasnya.

Alamat

Jl. Embong Malang No.78 G, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

Jam operasional

17.00—24.00 (buka setiap hari)

Warung Kopi Kung Tau – Belitung

Berdiri sejak tahun 1938, warung kopi ini sudah menjadi salah satu tempat makan legendaris di Indonesia. Menu andalan dari Warung Kopi Kung Tau adalah kopi susu dan roti panggang telurnya.

Alamat

Jl. Muhidin No.87, Sungailiat, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

Jam operasional

Buka 24 jam setiap hari

Tetap bahagia dengan staycation di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles