Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tempat Indah Nan Cantik di Air Terjun Waimarang, Sumba NTT

Tambahan referensi liburanmu nih!

air terjun waimarang
truepicalism.com

Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Kejutan-kejutan wisata alam dengan pemandangan yang memukau mata tak hentinya bermunculan. Sumba salah satunya. Sumba sedang menjadi primadona wisata dua tahun terakhir ini.

Ragam keindahan alam yang ditawarkan Pulau Sumba tidak pernah mengecewakan siapapun yang berkunjung. Mulai dari wisata bahari, pegunungan, hingga kuliner yang tersedia di pulau ini akan memanjakan wisatawan dari seluruh penjuru.

Banyak dari keindahan alam di Sumba masih tersembunyi dan jarang dijamah oleh manusia. Salah satunya adalah Air Terjun Waimarang. Kamu pasti akan tertegun kagum saat melihat keindahan air terjun ini. Kali ini Bob akan mengulas lebih jauh mengenai air terjun ini. Yuk disimak!

Surga Tersembunyi Sumba Timur, Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang
travelingyuk.com

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata ‘surga’? Pasti suatu tempat atau hal apapun yang indah dan menyenangkan yang bisa membuatmu tersenyum-senyum sendiri. Sesuai dengan sebutannya sebagai ‘surga tersembunyi’, Air Terjun Waimarang keindahannya bisa membuatmu terkagum-kagum.

Kejernihan dan perpaduan warna air hijau biru dan tosca akan membuat matamu segar. Tebing kapur yang melingkar penuh yang hanya menyisakan sedikit celah untuk aliran air masuk ke dalam. Membuat tempat ini menjadi kolam alami yang menakjubkan.

Di sisi lain tebing, ada celah terbuka untuk tempat masuknya pengunjung ke dalam kolam air terjun ini. Kolam yang terbentuk dari tebing kapur dan aliran air terjun ini memiliki kedalaman 8 meter. Untuk kamu yang takut kedalaman, ada kolam kecil yang kedalamannya hanya 1,5 meter hingga 2 meter. Kolam kecil tersebut terbentuk dari aliran yang sama.

Kamu bisa berenang sepuasnya di dalam kolam air terjun tersebut. Bahkan beberapa wisatawan melakukan lompatan dari tebing menuju ke kolam yang dalam. Menegangkan dan juga menyenangkan kan. Kesegaran air yang jernih akan membuatmu betah berlama-lama berada di sini, berenang atau hanya bermain air sambil duduk di tepian.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di atas tebing-tebing atau melakukan foto di bawah air. Dijamin hasil fotomu akan menakjubkan dan memuaskan. Berfoto sambil berenang di dalam kolam atau berswafoto di pinggir tebing, bahkan membuat video momen di saat kamu melompat dari tebing menuju ke kolam.

Rute Menuju Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang
tehsusu.com

Air Terjun Waimarang terletak di Desa Waimarang, Melolo, Kelurahan Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jika kamu bukan penduduk lokal, jangan khawatir, karena sopir-sopir yang biasa disewa oleh wisatawan pasti tahu lokasinya. Kamu juga bisa bertanya pada warga sekitar.

Dari Kota Waingapu, berkendara ke sini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Namun jika kamu masuk dari Tambolaka di Sumba Barat Daya, kamu harus berkendara ke Waingapu terlebih dahulu selama kurang lebih 4 jam perjalanan. Karena Waingapu berada di Sumba Timur, jadi perjalanan yang harus kamu tempuh cukup lama.

Perjalanan dari Kota Waingapu menuju Waimarang awalnya kamu akan melewati jalan yang cukup bagus. Kamu akan melewati padang rumput dan jika beruntung kamu bisa melihat kawanan kuda sedang merumput. Kemudian, semakin mendekati lokasi, kamu akan melewati jalan perkampungan.

Jalan di perkampungan tersebut belum diaspal dan sangat sepi. Oleh sebab itu disarankan kamu berhati-hati jika berkendara saat malam hari. Tiba di lokasi kamu akan menemukan tempat parkir yang berupa lapangan atau padang yang luas untuk menyimpan kendaraanmu dan beberapa warung.

Selanjutnya, kamu harus melakukan trekking sejauh kurang lebih 1 kilometer menuju air terjun. Untuk kenyamanan dan keamanan saat melakukan trekking, pastikan kamu memakai sandal gunung atau sepatu yang sesuai. Karena medan menuju air terjun yang naik turun dan tidak rata.

Sebelum tiba di air terjun, kamu juga harus melintasi sungai terlebih dahulu. Perjuangan trekking yang cukup melelahkan dan penuh rintangan akan lunas terbayar ketika kamu sampai di air terjun. Keindahan dan kesegaran Air Terjun Waimarang akan membuat lelahmu hilang seketika.

Jika sudah sampai di air terjun, jangan sia-siakan kesempatan untuk berenang atau melompat dari tebing menuju kolam. Siapa yang tahan untuk tidak menceburkan diri ketika melihat kejernihan air di kolam air terjun ini. Gradasi warnanya yang indah dan air yang dingin menyegarkan dijamin akan buat tubuhmu fresh  kembali.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang
idntimes.com

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Air Terjun Waimarang, pasti bertanya-tanya tentang harga tiket masuknya kan? Kabar gembira! Karena untuk berkunjung ke sini kamu tidak perlu membayar biaya masuk. Kamu cukup sediakan uang untuk membayar parkir saja.

Biaya parkir untuk mobil dikenakan Rp 10.000 dan untukk motor sebesar Rp 5.000 saja. Sangat sangat terjangkau bukan bila dibandingkan dengan pengalaman dan keindahan yang akan kamu dapat di Air Terjun Waimarang. Tempat wisata ini dibuka pada pukul 8 pagi hingga sore hari sebelum gelap.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di pagi hari. Saat itu sinar matahari akan masuk menuju celah air terjun menerangi kolam. Cahaya matahari dipadukan dengan gradasi warna air biru kehijauan dan tosca akan menciptakan kolaborasi keindahan yang memukau.

Untuk menghemat pengeluaran, disarankan kamu membawa bekal terutama minum dikarenakan tidak ada warung di sekitar air terjun. Warung kamu bisa temukan di tempat parkir kendaraan yang mengharuskan kamu menanjak sejauh 1 kilometer dari air terjun. Sudah pasti akan sangat melelahkan.

Oh ya. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah-sampahnya ya. Jangan sampai kamu meninggalkan sampah di lokasi dan mencemari tempat wisata ini. Jadilah wisatawan yang baik dan menjaga lingkungan. Jika kamu berlibur atau sedang berada di Sumba Timur, sempatkan berkunjung ke Air terjun Waimarang ya.

Semoga liburanmu menyenangkan!

Temukan Kenyamanan Menginap di Bobobox

Pekan liburan sudah tiba! Di saat liburan seperti ini semua tempat wisata akan ramai dikunjungi wisatawan, terutama Bandung. Bandung selalu menjadi kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga kota Bandung menjadi sangat padat di musim liburan ini.

Bagi kamu yang sedang berlibur atau akan berlibur ke Bandung dan kesulitan mencari penginapan yang nyaman, fasilitas oke, dan harga terjangkau. Yuk mampir ke Bobobox Paskal! Hotel kapsul yang dilengkapi fasilitas oke dan teknologi canggih akan melengkapi liburanmu.

Terletak di pusat kota Bandung yaitu di Pasir Kaliki, selain harganya terjangkau tempatnya juga cozy banget lho! Dengan teknologi lampu LED yang warnanya bisa kamu ubah sesuai keinginanmu dan speaker yang terkoneksi dengan bluetooth juga. Jadi kamu bisa mendengarkan lagu kesukaanmu sambil rebahan.

Lepaskan lelah dan stress -mu dari kemacetan jalanan Bandung di Bobobox. Dijamin kamu akan bisa rileks dan karena berada di pusat kota, kamu juga bisa berjalan-jalan ke mall atau restoran hanya dengan berjalan kaki. Tunggu apa lagi? Pesan sekarang melalui aplikasi atau klik di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.