Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Penggemar Gudeg? Ini Dia 7 Tempat Gudeg Paling Enak Jogja Wajib Dikunjungi!

ada yang jadi favoritmu?

Bobobox.co.id — Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Selain destinasi wisata seperti Malioboro yang melegenda, gudeg termasuk hal wajib disantap selama liburan di Jogja.

Sebagai salah satu makanan khas kota pelajar ini, gudeg yang disantap tentu harus mampu menonjolkan cita rasa yang ikonik. Nah, tak semua tempat kuliner gudeg mampu memberikan cita rasa tersebut.

Hanya beberapa saja yang mampu memberikan cita rasa yang siap membuat kangen untuk mencobanya kembali. Untuk itulah, kamu perlu selektif dalam memilih tempat gudeg paling enak Jogja mana yang akan kamu sambangi.

Kamu tak perlu khawatir karena Bob sudah merangkum 7 tempat gudeg paling enak Jogja yang wajib dikunjungi. Buat para penggemar gudeg, catat tempat-tempat penjual gudeg berikut ini ya!

Gudeg Mercon Bu Tinah

Alamat: Jalan Asem Gede No.8, Kecamatan Jetis, Yogyakarta

Gudeg paling enak Jogja pertama adalah Gudeg Mercon Bu Tinah. Salah satu daya tarik dari gudeg satu ini adalah soal rasanya. Jika kebanyakan memiliki rasa yang manis, kamu bakal mendapatkan hal berbeda.

Sesuai dengan nama tempatnya, bersiaplah untuk mencoba gudeg yang justru akan ‘membakar’ lidahmu. Sensasi unik tersebut dijamin bakal membuatmu basah kucup saking pedasnya gudeg yang disantap.

Oleh karenanya, bagi para pencinta makanan pedas, tempat gudeg paling enak Jogja ini wajib masuk wishlistmu. Namun, datanglah sesegera mungkin karena salah satu spot makan gudeg ini sering ramai pengunjung.

Bahkan, tempat gudeg yang sudah berjualan sejak 1998 ini tak jarang didatangi oleh artis-artis papan atas yang penasaran dengan rasa pedas dari sajian gudeg mercon yang jarang kamu dapatkan di Jogja.

gudeg paling enak jogja mercon bu tinah
via ayotraveling.com

Gudeg Yu Djum

Alamat: Jalan Wijilan No.167, Kecamatan Kraton, Yogyakarta

Gudeg Yu Djum merupakan gudeg paling enak Jogja selanjutnya. Termasuk salah satu tempat kuliner yang sudah lama berjualan, Gudeg Yu Djum bisa dibilang sebagai salah satu ikon makanan khas Jogja ini.

Berdiri sejak tahun 1951, gudeg yang tersedia dalam bentuk kering dan basah ini sudah melegenda. Jangan heran jika Gudeg Yu Djum menjadi salah satu yang paling direkomendasikan untuk wisata kuliner Jogja.

Sajian ayam kampung, telur bebek, areh kental, dan sambal krecek siap membuat lidahmu bergoyang saat menyantap gudeg paling enak Jogja ini. Kamu bakal ketagihan untuk nantinya terus-terusan datang ke sini.

Selain bisa dimakan di tempat, kamu pun bisa membeli gudeg di tempat ini sebagai oleh-oleh. Pengalaman menarik lain yang bisa didapat adalah kamu memiliki kesempatan untuk menyaksikan langsung proses pembuatan gudeg.

via yukepo.com

Gudeg Mbah Lindu

Alamat: Jalan Sosrowijayan No.30, Kecamatan Gedong Tengen, Yogyakarta

Berbicara soal gudeg paling enak Jogja, rasanya tak afdal jika kamu tidak memasukkan Gudeg Mbah Lindu pada daftar ini. Walaupun begitu, pengalaman memakan gudeg ini tidak akan seperti dulu lagi.

Pasalnya, pada bulan Juli lalu, Mbah Lindu menghembuskan napas terakhirnya. Kamu tidak bisa mendengarkan cerita mengenai perjalanan sejarah yang ia jalani saat menunggu gudeg pesananmu jadi.

Meskipun begitu, resep untuk membuat gudeg paling enak Jogja ini tidak diubah kok. Jadi, kamu tetap bisa merasakan cita rasa yang menggugah selera makanmu saat menyantap satu per satu lauk dari gudegnya.

Soal jam buka, Gudeg Mbah Lindu akan cocok dijadikan sebagai menu sarapan pembuka liburanmu di Jogja. Pasalnya, tempat kuliner Jogja ini sudah mulai buka dari jam 5 pagi dan tutup sekitar jam 10 pagi.

Dewi Rachmanita Syiam via medium.com

Gudeg Pawon

Alamat: Jalan janturan UH/IV No.36, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

Ingin mendapatkan pengalaman yang menarik saat memakan makanan khas Jogja satu ini? Jika itu yang kamu cari saat melancong ke Jogja, langsung saja pacu kendaraanmu ke Jalan Janturan UH/IV No. 36.

Sesampainya di jalan tersebut, kamu akan menemukan tempat gudeg yang menawarkan pengalaman berbeda. Tempat gudeg paling enak Jogja tersebut adalah Gudeg Pawon yang sudah tersohor namanya.

Konsep yang diusung dari tempat kuliner Jogja ini memang unik. Konsep ‘pawon’ atau dapurnya sendiri membuatmu diharuskan untuk mengambil sendiri gudeg dan lauk yang ingin disantap layaknya di rumah sendiri.

Selain itu, cara masaknya pun terbilang unik untuk zaman sekarang. Gudeg Pawon masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasak. Kayu bakar yang digunakan dikontrol kok kualitasnya untuk menjamin cita rasan gudeg.

via goodnewsfromindonesia.id

Gudeg Bu Tjitro 1925

Alamat: Jalan Janti No.330, Kecamatan Banguntapan, Bantul

Jika berbicara soal salah satu tempat makan gudeg tertua, Gudeg Bu Tjitro 1925 menjadi salah satunya. Tempat makan gudeg paling enak Jogja ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1925 atau 95 tahun yang lalu.

Dengan pengalaman berjualan gudeg yang begitu panjang, Gudeg Bu Tjitro 1925 sendiri melakukan inovasi untuk tetap dipilih konsumen. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan produk paket gudeg dalam kaleng.

Dengan begitu, kamu memiliki dua opsi dalam menikmati kelezatan salah satu gudeg paling enak Jogja ini. Kamu bisa memakannya langsung di lokasi atau membawanya untuk menjadi oleh-oleh keluarga di rumah.

Soal kualitas dari gudeg kalengnya, kamu tak perlu khawatir karena oleh-oleh tersebut relatif awet saat dibawa di perjalanan pulang. Jadinya, kamu bisa menikmati kembali cita rasa yang membuat rindu dari Gudeg Bu Tjitro 1925.

via gudeg.net

Gudeg Sagan

Alamat: JL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.54 A, Kecamatan Depok, Sleman

Gudeg paling enak Jogja selanjutnya adalah Gudeg Sagan. Selain Gudeg Mercon Bu Tinah, kamu pun bisa menikmati rasa pedas yang muncul saat menyantap gudeg yang berjualan di Sleman ini.

Walaupun tak sepedas Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Sagan tetap mampu menawarkan rasa pedas yang dijamin bakal membuat para pencinta pedas benar-benar menikmati setiap suapan dari gudeg yang dipesan.

Jika ingin lebih pedas, kamu bisa menambahkan sambal krecek yang tersedia. Jangan lupa juga untuk menambah lauk lainnya agar santapan gudek menjadi lebih maknyus lagi seperti bacem dan hidangan ayam.

Khususnya hidangan ayam, ayam tersebut sendiri terbuat dari kuah kuning yang gurih dan kental. Satu suap nasi bercampur kuah gudeg yang gurih dan pedas serta suwiran ayam dijamin mantap habis!

via zomato.com

Gudeg Permata Bu Narti

Alamat: Jalan Gajah Mada No.2, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta

Gudeg paling enak Jogja terakhir adalah Gudeg Permata Bu Narti. Tempat kuliner satu ini wajib menjadi tempat makan gudeg di saat perutmu mulai keroncongan di malam hari di momen liburanmu di Jogja.

Gudeg Permata Bu Narti ini dulunya dikenal dengan nama Gudeg Permata Asli Bu Pujo. Namun, setelah Bu pujo wafat, bisnis gudeg paling enak Jogja tersebut sendiri dipegang oleh anak-anak Bu Pujo.

Nah, setelah dikelola oleh anaknya, nama tempat kuliner ini pun berganti. Mulai buka pada jam setengah 9 malam, kamu harus sesegera mungkin datang jika ingin merasakan rasa yang melegenda dari gudeg ini.

Pasalnya, antrian biasanya akan cepat sekali panjang sesaat tempatnya dibuka. Bersiaplah untuk merasakan kombinasi rasa manis dan gurih dengan daging ayam lembut dan sambal krecek yang menyentak lidah.

via gotravelly.com

Habis Menyantap Gudeg Paling Enak Jogja? Ke Bobobox Aja!

Liburan ke Yogyakarta hambar terasa jika kamu tidak mencoba gudeg paling enak Jogja rekomendasi dari Bob. Nah, setelah menyantap salah satu rekomendasinya, jangan lupa untuk menginap di Bobobox Malioboro.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang Bob jamin bakal memberikanmu pengalaman super fun selama menginap. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjutnya!

bobobox malioboro

You might also like