Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tantangan Dunia Kerja bagi Fresh Graduate saat akan Memulai Karier

Bobobox.co.id — Persaingan dalam dunia kerja yang tentu menjadi tantangan sendiri bagi fresh graduate. Jika kamu termasuk salah satunya, ada setidaknya 7 tantangan dunia kerja bagi fresh graduate.

Tantangan tersebut tentunya dialami oleh semua orang yang sudah berkecimpung di dunia kerja dalam waktu yang lama. Nah, kali ini, kamu sebagai fresh graduate yang harus menghadapinya.

Tantangan Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate

1. Minim Pengalaman

Tantangan dunia kerja bagi fresh graduate pertama adalah minim pengalaman. Pasalnya, berbagai perusahaan biasanya kerap memilih untuk mencari calon karyawan yang sudah memiliki cukup pengalaman.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi fresh graduate. Tak semua kamu yang baru lulus kuliah sempat mengikuti beberapa pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan.

Untuk itu, jika kamu masih duduk di bangku kuliah, ada baiknya untuk mulai memupuk pengalaman kerja dari sekarang. Namun, jangan sampai kerja tersebut mengganggu perkuliahanmu, ya.

Sedangkan untuk yang baru saja lulus, kamu bisa menonjolkan pengalaman magang atau organisasimu. Cobalah untuk berusaha menggunggulkan diri dengan apa yang sudah kamu dapat.

tantangan dunia kerja bagi minim pangalaman
Minim pengalaman via unsplash.com/@andrewtneel

2. Persaingan Ketat

Satu hal yang kerap membuat fresh graduate terkejut adalah soal persaingan kerja. Banyak dari kamu yang sebenarnya sudah membayangkan bahwa kamu bakal bersaing ketat dengan banyak orang.

Namun, pada beberapa kasus, persaingan yang kamu rasakan sangatlah ketat. Tak hanya ketat, tantangan dunia kerja ini pun kerap kali dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk memanfaatkan ‘orang dalam’.

Kenyataan tersebut memang begitu menyakitkan khususnya bagi kamu yang baru meniti kariermu. Untuk itu, cobalah untuk menurunkan ekspektasimu terhadap fakta dunia kerja yang tak bisa kamu kontrol.

Walaupun begitu, jangan sampai kamu terlibat dalam persaingan sengit yang kotor ini. Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dengan cara yang jujur.

tantangan dunia kerja persaingan ketat
Persaingan ketat via pexels.com/@olly

Baca Juga: Gila Kerja Bikin Gila Beneran! Waspadai Tanda-Tanda Dan Dampak Hustle Culture!


3. Melepaskan Idealisme

Selama berkuliah, kamu mungkin memiliki idealisme yang begitu kuat soal apa yang ingin kamu capai. Kamu pun mempunyai standar tertentu berkaitan pekerjaan yang kamu ingin gapai nantinya.

Untuk itu, tantangan dunia kerja yang mungkin kamu rasakan sebagai fresh graduate adalah bentroknya idealisme dan realita. Idealismemu sering kali tak sesuai dengan harapan dan keinginanmu.

Tak mengherankan jika kamu merasakan pergolakan batin. Apakah kamu akan terus menjaga idealismemu atau sedikit demi sedikit mulai beradaptasi dengan kenyataan yang kamu rasakan saat ini.

Alangkah baiknya jika kamu bisa lebih fleksibel menyoal idealisme. Cobalah untuk menyambut dengan tangan terbuka untuk kesempatan apapun yang datang meskipun bukanlah yang kamu impikan.

tantangan dunia kerja soal idealisme
Melepas idealisme via pexels.com/@thisisengineering

4. Deadline Pekerjaan yang Membabi Buta

Sebuah kejutan awal untuk seorang fresh graduate saat memulai meniti karier adalah soal deadline. Banyak kamu yang baru lulus merasa overwhelmed dengan deadline pekerjaan yang membabi buta.

Kamu pun wajib mengatasi tantangan dunia kerja untuk tetap survive. Cara yang mungkin bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi tantangan ini adalah mengatur man management yang lebih baik lagi.

Di samping deadline yang berkejaran satu sama lain, ada tantangan dunia kerja lain yang mesti kamu hadapi. Tantangan yang Bob maksud adalah bekerja ketika suasana hati tak karuan.

Pasalnya, sebuah pekerjaan tak mengenal namanya bad mood saat bekerja. Kamu benar-benar dituntut untuk tetap konsisten dalam mengejar deadline pekerjaan yang sudah kamu emban sebelumnya.

tantangan dunia kerja deadline bertebaran
Deadline pekerjaan via pexels.com/@black-ice-551383

Baca Juga: Merasa Tidak Nyaman Di Lingkungan Kerja? Berikut Tanda Kamu Harus Resign Sesegera Mungkin


5. Tekanan untuk Selalu Konsisten

Konsistensi adalah sesuatu hal yang harus kamu miliki di dunia kerja. Pasalnya, dengan konsistensi yang tinggi, kamu pun bisa menunjukkan dirimu bahwa kamu layak untuk tetap bekerja di tempat kerjamu.

Walaupun begitu, tantangan dunia kerja ini tak semudah untuk diucapkan. Banyak kendala yang di luar perkiraanmu yang bakal mengganggu usahamu dalam berusaha konsisten pada pekerjaanmu.

Tekanan untuk tampil konsisten ini biasanya datang dari atasan. Beruntunglah jika kamu memiliki atasan yang baik di mana mampu mendorongmu untuk tampil baik dan konsisten dengan cara yang baik.

Berbeda halnya dengan kamu yang memiliki tipe atasan kurang baik. Tekanan untuk selalu konsisten dalam setiap tugas pekerjaan yang kamu emban pun justru malah semakin membebanimu.

tantangan dunia kerja tekanan pekerjaan
Tekanan pekerjaan via pexels.com/@olly

6. Bekerja Sama dengan Berbagai Karakter

Setelah masuk ke sebuah perusahaan, kamu bakal berkenalan dengan banyak orang. Namun, kamu bakal berhadapan dengan tantangan dunia kerja lainnya yakni bekerja sama dengan berbagai karakter.

Selama kuliah, mungkin kamu bisa menghindari orang-orang yang memiliki karakter yang tak cocok denganmu. Namun, hal tersebut tak akan bisa kamu dapatkan selama bekerja.

Kamu mau tak mau berinteraksi hingga bekerja sama dengan orang-orang yang wataknya berbeda jauh denganmu. Tak pelak, risiko gesekan pun bisa saja terjadi antara kamu dan orang tersebut.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu bisa memahami tiap karakter rekan kerjamu. Dengan mengetahui watak rekan kerja yang kerap bersinggungan denganmu, konsentrasi kerjamu pun akan tetap terjaga.

Bekerja tim via pexels.com/@fox

Baca Juga: Sebentar Lagi Wawancara Kerja? Ini Lah 7 Inspirasi Pakaian Yang Akan Membuatmu Percaya Diri Saat Interview!


7. Kelayakan untuk Menjadi Pegawai Tetap

Tantangan dunia kerja terakhir bagi fresh graduate adalah kelayakan untuk menunjukkan dirimu sendiri. Kamu wajib menunjukkan bahwa kamu layak untuk bekerja di tempat kerjamu dalam waktu yang lama.

Hal tersebut wajib kamu lewati agar kamu tak berakhir hanya sebagai pegawai magang dan sementara. Pasalnya, persaingan di luar sana semakin ketat khususnya pasca pandemi virus corona.

Paksakan dirimu untuk tetap kerja dengan konsisten dan sangat baik. Walaupun begitu, janganlah kamu terlalu memaksakan dirimu sendiri yang justru malah merugikan tubuh seperti jatuh sakit.

Dengan menjaga konsistensi, kamu pun bisa menunjukkan kinerjamu baik dan kelayakanmu untuk dipilih sebagai pegawai tetap. Jika tidak, posisimu bisa saja tergantikan dengan orang lain.

Tantangan menjadi karyawan tetap via pexels.com/@karolina-grabowska

***

Itulah tadi 7 tantangan dunia kerja bagi fresh graduate yang baru ingin meniti karier mereka.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Tidur Nyenyak di Hotel Kapsul? Tentu Saja Bisa!

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul.

Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

Dengan begitu, kamu pun bisa tidur nyenyak selama menginap. Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengklik link ini.

You might also like