Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makan Pakai Tangan atau Sendok Makan? Ini Manfaat Kesehatannya!

Ini dia manfaat kesehatan makan pakai tangan dibandingkan sendok makan!

Sendok makan atau makan langsung menggunakan tangan? Banyak orang mengira makan menggunakan tangan secara langsung adalah hal yang menjijikan ataupun meropotkan. Lalu apakah makan menggunakan sendok makan jauh lebih baik dibandingkan makan menggunakan tangan secara langsung? Sebagian masyarakat Indonesia terbiasa makan menggunakan tangan meskipun sudah ada peralatan makan seperti sendok ataupun garpu.

Banyak orang mengaku bahwa makan menggunakan tangan untuk beberapa jenis makanan tertentu justru akan menambah kenikmatan saat mengonsumsi makanan. Beberapa daerah di Indonesia bahkan mengharuskan makan menggunakan tangan saat melangsungkan acara makan bersama kedaerahan seperti daerah Lampung.

Saat kita makan menggunakan tangan secara langsung maka kita akan melibatkan semua indera manusia seperti indera penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa dan peraba. Hal inilah yang kemudian dapat membuat aktivitas makan semakin memuaskan. Lalu apa sajakah manfaat makan menggunakan tangan? Simak informasinya berikut ini!

1. Tangan atau Sendok Makan: Membuat Aktivitas Makan sebagai Proses Sensorik

makanan membantu tidur
Unsplash/Handy Wicaksono

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, makan menggunakan tangan secaa langsung akan mengaktifkan indera peraba kita. Makan adalah aktivitas indera yang bisa membangkitkan emosi dan gairah. Dalam sudut pandang meditasi faktanya setiap jari tangan kita merupakan perwakilan dari lima elemen meditasi seperti penjelasan berikut ini:

  • Ibu jari berhubungan dengan ruang kosong.
  • Jari telunjuk berhubungan dengan udara.
  • Jari tengah berhubungan dengan api.
  • Jari manis berhubungan dengan air.
  • Jari kelingking berhubungan dengan bumi.

Saat kamu mengonsumsi makanan dengan menggunakan tangan maka keseluruhan proses makan ini akan merangsang kelima elemen tersebut. Hal inilah yang kemudian dapat membantu memberi energi pada makanan yang akan dimakan. Oleh karena itu penting untuk menjaga agar semua elemen tetap seimbang dan tetap sehat. Stimulasi kelima indera ini kemudian membantu kita lebih sadar akan rasa, tekstur, dan aroma makanan.

2. Tangan atau Sendok Makan: Sebagai Sensor Alami

Tahukan kamu bahwa saat kamu mengonsumsi makanan dengan sendok atau garpu dan memasukkan makanan langsung ke mulut, maka alam bawah sadar kita tidak dapat merasakan suhu atau tekstur makanan sebelumnya. Fakta inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab mengapa kita sering berakhir kewalahan dan tidak sadar ketika makan makanan yang terlalu panas sebelum melahapnya.

Tangan atau Sendok Makan

Hal ini tentu tidak akan terjadi jika kamu mengonsumsi makanan kamu dengan tangan secara langsung. Saat kamu memagang makanan kamu maka ujung saraf pada jari akan merasakan suhu makanan dan secara efektif mencegah kita membakar lidah karena kepanasan.

3. Tangan atau Sendok Makan: Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Siapa yang mengira jika kebiasaan mengonsumsi makanan menggunakan tangan memiliki manfaat kesehatan terhadap pencernaan? Faktanya terdapat bakteri “baik” dan juga “buruk” di telapak tangan dan jari-jari tangan kita. Bakteri yang baik pada tangan akan melindungi kita dari virus-virus berbahaya, menjaga kesehatan mulut, tenggorokan, usus dan sistem pencernaan.

Berbeda halnya dengan makan menggunakan sendok dan garpu, bakteri baik pada tangan ini tidak akan sampai ke usus. Proses masuknya bakteri baik pada tubuh ini dapat membantu memperbaiki pencernaan di usus dan mencegah penumpukan bakteri berbahaya di usus.

Selain itu, saat kamu menyentuh makanan dengan tangan kamu akan mengirimkan sebuah sinyal ke pikiran untuk melepaskan cairan pencernaan dan enzim. Bergantung pada jenis makanan, pikiran mengatur agar metabolisme bekerja sesuai, yang dibutuhkan untuk pencernaan yang lebih baik. Sistem pencernaan yang sehat penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Ini Dia 8 Makanan Paling Awet Untuk Persediaan Makanan Darurat

4. Tangan atau Sendok Makan: Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Selain baik bai kesehatan pencernaan, fakta manfaat makan menggunakan tangan secara langsung lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko terkena diabtes tipe 2. Faktanya saat kita makan menggunakan garpu dan sendok hal ini akan membuat kita cenderung makan lebih mudah dan cepat.

Kebiasaan makan dengan cepat ini ternyata dapat menyebabkan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Kondisi ini pada akhirnya mengakibatkan meningkatnya risiko terserang diabetes tipe 2.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh European Society of Endocrinology menyebutkan bahwa orang-orang yang terburu-buru dalam mengunyah makanannya berisiko 2,5 kali lebih mungkin menderita diabetes tipe 2 dibanding mereka yang makan dengan lebih santai. Makan menggunakan tangan akan membuat kamu meluangkan cukup waktu untuk mengunyah makanan.

Tangan atau Sendok Makan

5. Tangan atau Sendok Makan: Makan Lebih Fokus

Fakta terakhir mengenai manfaat makan menggunakan tangan dibanding menggunakan bantuan alat makan adalah mengenai fokus pikiran kamu. Faktanya, makan dengan alat makan adalah sejenis proses mekanis yang seringkali membuat banyak orang tidak terlalu memperhatikan apa atau berapa banyak yang kita makan.

Belum lagi adanya berbagai gangguan saat makan sambil mengerjakan hal lain, seperti menonton TV, bermain ponsel atau membaca majalah. Beberapa situasi tersebut semakin membuat fokus seseorang saat makan terganggu dan membuat mereka tidak memberi perhatian penuh atau fokus pada saat makan.

Saat kamu makan dengan tangan, kamu akan cenderung lebih memperhatikan apa yang kita makan. Hal ini membuat kita akan lebih sadar akan seberapa banyak makanan yang dimakan. Kebiasaan makan menggunakan tangan ini membuat kita lebih fokus terhadap apa yang kita makan dan membuat kita dapat terhindar dari obesitas juga risiko terkena diabetes.

Baca Juga: 9 Makanan Membantu Tidur Ini Bikin Kamu Cepat Terlelap!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like