Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selalu Merasa Berlomba-Lomba dengan Sahabat Kamu? Hati-Hati! Kenali 10 Tanda Pertemanan Kamu Toxic!

Jangan ragu untuk segera meninggalkan pertemanan seperti ini, ya!

Salah satu ciri pertemanan sehat adalah pertemanan yang akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Jika pertemanan tersebut kerap merugikan satu pihak, maka bisa jadi itu merupakan tanda bahwa hubungan pertemananmu sebenarnya tidak sehat. Biar nggak terjebak dalam toxic friendship, kenali dulu 10 tanda pertemanan toxic berikut ini, ya!

1. Datang Saat Butuh Saja 

Apa saat kamu sedang membutuhkannya, ia selalu beralasan sedang sibuk? Namun saat ia yang sedang butuh bantuan, ia akan segera mencarimu? Jika begitu, maka ini adalah salah satu tanda pertemanan toxic yang wajib untuk segera kamu sadari sebelum terlambat.

Pertemanan yang sehat akan membuat semua pihak merasa dihargai dan merasa sama pentingnya satu sama lain. Jika kamu malah merasa sebaliknya, maka nggak salah lagi kalau ini adalah tanda pertemanan toxic yang sebaiknya kamu hindari. Sebab, temanmu sebenarnya hanya memanfaatkanmu saja jika begini caranya.

2. Membicarakan di Belakang

Berhati-hatilah dengan tanda pertemanan toxic yang satu ini. Kamu harus memegang prinsip bahwa “teman yang baik tidak akan pernah membicarakanmu di belakang”. So, jika temanmu melakukan hal semacam ini, maka ia termasuk salah satu kategori teman toxic yang sebaiknya kamu hindari.

tanda pertemanan toxic

(Photo by @KeiraBurton from Pexels)

Meskipun kamu belum pernah memergoki temanmu membicarakanmu di belakang, tapi cobalah perhatikan caranya saat membicarakan seseorang. Jika dia membicarakan orang lain atau temannya yang lain padamu, maka bukan tidak mungkin dia juga akan melakukan hal yang sama terhadapmu di luar sana.

Ingat, ini bukan tentang berprasangka buruk, tetapi tanda pertemanan toxic yang seperti ini memang sepatutnya dihindari dan hal itu juga merupakan sebuah tanda bahwa temanmu tak layak dipertahankan.

3. Cemburu Saat Salah Satu Lebih Berhasil

Teman sejati itu seharusnya turut merasa bahagia saat temannya bahagia dan merasa sedih kala temannya sedang bersedih, bukan malah sebaliknya. Apabila temanmu merasa iri saat melihat kesuksesanmu, atau mereka terlihat senang saat kamu mendapatkan kegagalan, maka hal tersebut merupakan tanda pertemanan toxic yang nyata adanya.

Tanda pertemanan toxic yang semacam ini biasanya dipicu oleh rasa tidak puas pada diri sendiri atau rasa insecure. Dan, satu hal terpenting yang harus kamu tahu, bahwa teman yang seperti ini adalah teman yang tidak tulus berteman denganmu.

4. Selalu Mengkritik atau Tidak Pernah Mengkritik Sama Sekali

Teman yang tulus biasanya akan selalu mendorong temannya maju ke arah yang lebih baik. Mereka tidak akan segan-segan menasehati atau mengkritik jika temannya berbuat salah. Tetapi, kritik yang seperti apa dulu yang hanya dilakukan oleh teman sejati?

Jika temanmu selalu mengomentari atau mengkritik apapun yang kamu lakukan bahkan hingga membuat dirimu merasa kecil hati, maka ini merupakan salah satu tanda pertemanan toxic. Sebab, teman yang tulus tidak akan memberi kritik dengan tujuan menjatuhkanmu, tetapi justru mereka akan senantiasa memberi kritik yang membangun.

tanda pertemanan toxic

(Photo by @RODNAEProductions from Pexels)

Bukan hanya mengkritik terus-menerus, tidak pernah mengkritik sama sekali juga merupakan salah satu tanda pertemanan toxic yang sebaiknya kamu waspadai. Kamu mungkin berpikir bahwa temanmu sedang menjaga perasaanmu, padahal mereka sebenarnya menyimpan kritik mereka dengan tujuan agar kamu tidak pernah berkembang dan menjadi lebih baik!

5. Ingin Selalu Diprioritaskan

Kamu merasa bahwa kamu mengeluarkan lebih banyak atau bahkan terlalu banyak tenaga untuk membuat temanmu merasa senang? Tetapi sayangnya temanmu tidak pernah berbuat hal yang sama terhadapmu? Hati-hati! Ini bisa jadi salah satu tanda pertemanan toxic yang tidak kamu sadari.

Teman yang toxic akan menghabiskan energi dan waktumu karena mereka ingin selalu diprioritaskan. Mereka juga cenderung posesif dan tidak suka jika kamu memiliki teman lain. Sebab, mereka takut ditinggalkan jika kamu ternyata lebih nyaman bersama teman-teman lain yang tulus.

6. Selalu Underestimate dan Tak Pernah Mendukung

Tanda pertemanan toxic selanjutnya adalah ketika temanmu selalu underestimate terhadap kemampuanmu dan juga tak pernah mendukung setiap usahamu.

Misalnya saat kamu akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, bukannya menyemangati, temanmu malah sok-sokan mengingatkanmu bahwa ada kemungkinan bahwa kamu tidak akan lolos. Mereka akan mengingatkanmu bahwa kualifikasi untuk masuk perguruan tinggi tersebut terlalu sulit untukmu. Padahal, mereka juga tidak tahu kemampuanmu yang sebenarnya.

Oleh karena itu, sebaiknya waspadalah terhadap tanda pertemanan toxic yang seperti ini. Sebab, teman yang seperti ini akan menahanmu untuk maju dan sukses, bahkan akan membuatmu melewatkan kesempatan emas.

7. Selalu Merasa Benar

Orang yang selalu merasa benar memanglah orang yang toxic, termasuk teman. So, jika ada temanmu yang selalu merasa benar dan sangat sulit untuk diberi nasehat, maka ini merupakan salah satu tanda pertemanan toxic yang sebaiknya kamu hindari.

Tanda pertemanan toxic yang satu ini cukup bahaya untuk kesehatan mentalmu. Sebab, jika suatu saat mereka berbuat salah, mereka tidak akan mengakui kesalahannya apalagi meminta maaf. Mereka akan selalu merasa benar. Dan yang paling buruk adalah jika mereka berhasil memanipulasimu, sehingga kamulah yang akan merasa bersalah atas masalah yang terjadi.

tanda pertemanan toxic

(Photo by @cottonbro from Pexels)

8. Membandingkan dengan Teman yang Lain

Teman yang tulus tidak akan membuat temannya merasa kurang apalagi tidak pantas akan suatu hal. Mereka tak akan membanding-bandingkanmu dengan teman mereka yang lainnya hanya untuk membuat dirimu merasa “tidak lebih baik”.

Jika temanmu kerap melakukan hal menyebalkan ini, maka ini adalah sebuah tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi sekarang juga! Ingat, masih banyak orang baik di luar sana yang bisa jadi teman yang tulus untukmu. Buat apa berteman jika hanya membuatmu merasa kecil hati?

9. Nggak Bisa Menjaga Rahasia

Salah satu sifat terburuk dari tanda pertemanan toxic adalah sifat “ember” atau nggak bisa menjaga rahasia. Padahal, teman sejati seharusnya menjadi salah satu orang yang paling bisa kita percaya di hidup ini.

Memang, tidak ada manusia yang sempurna karena manusia adalah tempatnya salah. Tetapi, jika temanmu membocorkan rahasia yang kamu percayakan padanya hingga berulang kali, maka jangan ragu untuk meninggalkan teman seperti ini, ya!

10. Nggak Mau Kalah

Tanda pertemanan toxic yang terakhir adalah saat kamu merasa bahwa temanmu seperti nggak mau kalah darimu. Saat kamu punya barang baru, mereka akan langsung “panas” dan buru-buru beli barang sepertimu. Saat kamu pergi liburan bersama keluarga, temanmu juga akan langsung merencanakan liburannya.

Duh! Kok jadi merasa seperti berlomba-lomba dalam segala hal, ya? Padahal, teman sejati seharusnya saling mendukung, bukan saling bersaing. Jika kamu dan temanmu selalu ngotot ingin menjadi yang lebih baik, maka ini merupakan tanda pertemanan toxic yang artinya pertemananmu sebenarnya kurang tulus.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Memiliki pertemanan yang toxic juga bisa bikin kamu stress, loh! Untuk itu, tinggalkanlah segera pertemanan tidak sehatmu itu, dan tenangkanlah dirimu sejenak di tempat yang nyaman dan menenangkan. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox!

Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu ketenangan, kenyamanan, serta pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

backpacker di bandung bobobox

You might also like