orang bersantai me time

Bingung Kapan Harus Me Time? Langsung Luangkan Waktu Jika Tanda-Tanda Kamu Butuh Me Time Ini Muncul

Bobobox.co.id — Rutinitas sehari-hari memungkinkan kamu merasa jenuh. Mungkin di situlah, kamu membutuhkan me time. Namun, masih banyak tanda-tanda kamu butuh me time yang perlu ketahui.

Pasalnya, me time yang berkualitas mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi pikiranmu. Dengan me time yang mumpuni, pikiranmu akan kembali fresh dan siap menjalani rutinitas yang biasa kamu lakukan.

Untuk itu, Bob, di sini, bakal membagikan tanda-tanda kamu butuh me time. Jika beberapa tanda-tanda di bawah ini muncul, ada baiknya untuk langsung meluangkan waktumu untuk me time, ya!

Ini Dia Tanda-Tanda Kamu Butuh Me Time

1. Sebal dengan Notifikasi Smartphone

Tanda-tanda kamu butuh me time pertama adalah sebal dengan notifikasi yang muncul di smartphonemu. Tidak ada exciment dan rasa penasaran dengan bunyi notifikasi yang terdengar.

Jika hal tersebut terjadi, kamu sepertinya memang membutuhkan me time yang berkualitas. Menurut konselor klinis, Paula Anderson, tubuh berusaha memberitahumu untuk menjauh dari smartphone.

Oleh karenanya, cobalah menyendiri sejenak. Jikalau memang ada notifikasi yang memang perlu untuk dibalas, sempatkan untuk membalasnya. Jika dirasakan tidak, kamu bisa mengabaikannya untuk saat ini.

Notifikasi Smartphone tanda-tanda kamu butuh me time

Notifikasi Smartphone via pexels.com/@tdcat

2. Semua Terasa Membosankan

Tanda-tanda kamu butuh me time berikutnya adalah segala sesuatu yang ada di sekitarmu tak ada lagi yang menyenangkan. Bahkan, hal-hal tersebut terasa begitu membosankan.

Jika biasanya kamu masih menikmati dan merasa bersemangat, itu menandakan bahwa kamu butuh menyendiri. Hal tersebut juga kerap ditandai dengan kebiasaan mengulur waktu untuk mengerjakan sesuatu.

Kamu bisa memanfaatkan waktu sepulang kerja ataupun akhir pekan untuk menyendiri. Lakukan hobi yang kamu senangi, bermeditasi, ataupun sekadar bersantai untuk kembali merefresh pikiranmu.

Bosan tanda-tanda kamu butuh me time

Bosan via pexels.com/@olly

3. Marah akan Hal Kecil

Tak hanya semua hal baik itu musik atau film jadi membosankan, kamu pun tiba-tiba menjadi mudah marah walaupun disebabkan hal kecil. Jika itu terjadi, itu bisa jadi sinyal tanda-tanda kamu harus me time.

Hal kecil yang dimaksud bisa apa saja. Bahkan, orang-orang di sekitarmu yang tidak tahu apapun tentang keadaanmu, bisa saja terkena amarahmu yang menjadi-jadi tanpa ada alasan yang jelas.

Jika sudah begitu, tak usah ragu untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu. Kamu bisa berdiam diri di kamar atau jika memungkinkan, kamu bisa pergi ke tempat wisata alam yang murah meriah.

Marah tanda-tanda kamu butuh me time

Marah via pexels.com/@olly


Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Kesehatan Mental Penting Saat Pandemi Dan Harus Menjadi Prioritasmu!


4. Selalu Merasa Lelah

Tetap merasa lelah walau kamu sudah cukup tidur? Sinyal tersebut bisa jadi tanda-tanda kamu harus me time apalagi jika ditambah dengan rutinitas sehari-hari yang justru semakin membuatmu tak bersemangat.

Kamu jangan sampai terbebani karena hal tersebut cukup lumrah. Tinggal bagaimana kamu menyikapinya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menyempatkan waktu tertentu untuk rehat sejenak.

Jika memungkinkan, jauhkan juga smartphone dari jangkauanmu. Bisa saja smartphone jadi distraksi yang justru membuatmu tetap lelah. Di samping itu, kamu pun bisa menambah waktu istirahat dengan tidur siang.

Selalu merasa lelah tanda-tanda kamu butuh me time

Selalu merasa lelah via pexels.com/@olly

5. Ingin Bersembunyi

Merasa ingin bersembunyi dari kerumunan? Jika iya, mungkin kamu harus mempertimbangkan me time. Pasalnya, hal tersebut termasuk tanda-tanda kamu harus me time dan wajib diagendakan.

Rasa ingin bersembunyi merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh. Sinyal tersebut bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang off dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah me time.

Jikalau kamu ingin me time, bicarakan baik-baik terlebih dahulu dengan pasangan atau keluargamu. Bilanglah bahwa kamu membutuhkan waktu untuk menyendiri dan tidak ingin diganggu pada waktu tertentu.

Ingin bersembunyi tanda-tanda kamu butuh me time

Ingin bersembunyi via pexels.com/@adrienn-638530

6. Makan Berlebih

Menyantap makanan enak memang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, jika kamu ingin menyantap makanan apapun, bisa jadi itu adalah tanda-tanda kamu butuh me time.

Pasalnya, rasa stres yang kamu rasakan bisa jadi yang mendorongmu untuk makan lebih banyak. Padahal, hal yang kamu butuhkan sebenarnya hanyalah waktu untuk menyendiri dan jauh dari keramaian.

Nah, jika itu terjadi, ada baiknya untuk coba bersantai sejenak. Cobalah mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi rileks. Di samping itu, kamu pun bisa menyeduh teh chamomile untuk menambah relaksasi.

Makan berlebih tanda-tanda kamu butuh me time

Makan berlebih via unsplash.com/@jarritos


Baca Juga: Pelupa? Coba 10 Minuman Dan Makanan Yang Membantu Ingatan Agar Lebih Tajam


7. Mudah Cemas

Saat hal terjadi di luar apa yang kamu bayangkan, lumrah jika kamu merasa cemas. Namun, cemas berlebihan mungkin bisa jadi merupakan tanda-tanda kamu butuh me time sesegera mungkin.

Rasa cemas berlebihan tersebut kemungkinan muncul akibat tubuh dan pikiranmu terlalu lelah. Tubuh dan pikiranmu mengalami kelelahan yang amat dashyat karena diterpa masalah tanpa henti.

Jika tanda tersebut muncul, jangan ragu untuk sesegera mungkin mengambil me time. Kamu pun ada baiknya mendatangi tenaga ahli seperti psikolog jika keluhan cemas berlebihan tidak segera mereda.

Mudah cemas tanda-tanda kamu butuh me time

Mudah cemas via pexels.com/@andrew

8. Tidak Suka Kehadiran Orang Lain

Berinteraksi dengan teman, pasangan, atau keluarga memberikan kesan positif bagi kehidupanmu. Namun, hal tersebut mungkin akan berbeda jika kamu merasa hampa di tengah orang yang kamu cintai.

Jika kasus tersebut terjadi di mana orang terdekatmu justru terasa mengganggu, bisa jadi kasus tersebut adalah tanda-tanda kamu butuh me time. Berilah waktu dirimu sendiri untuk menyendiri.

Kamu bisa bicara baik dengan orang yang kamu sayangi tersebut. Mereka pastinya akan mengerti dan malah memberikan space dan juga waktu yang kamu butuhkan untuk sendiri.

Sendirian tanda-tanda kamu butuh me time

Sendirian via unsplash.com/@noahsilliman

9. Emosi Bak Roller Coaster

Tanda-tanda kamu butuh me time lainnya adalah emosi tak menentu bak roller coaster. Satu hal yang perlu kamu maklumi adalah kamu tak perlu ragu untuk mengekspresikan dirimu sendiri.

Jika kamu tuba-tiba merasa sedih, luapkan emosi tersebut dan menangislah. Jangan sampai kamu mengabaikan perasaan yang sedang kamu rasakan namun mulailah untuk menerimanya.

Nah, ketika kamu merasa sedih di detik sebelumnya lalu kesal atau marah di menit selanjutnya, ada baiknya untuk menyendiri. Tenangkan dirimu dan biarkan emosimu keluar selama me time.

Emosi tak menentu tanda-tanda kamu butuh me time

Emosi tak menentu via pexels.com/@enginakyurt


Baca Juga: Yuk Pelajari Apa Itu CPR, Pertolongan Pertama Untuk Korban Tenggelam Atau Serangan Jantung Ini


10. Sering Sakit

Tanda-tanda kamu butuh me time adalah kamu sering sakit. Pada kebanyakan kasus, keadaan mental bisa mungkin terganggu karena beberapa alasan seperti terlalu sering begadang dan tidur malam.

Nah, jika kondisi tersebut terjadi terus menerus, biasanya, kamu akan sakit. Sakit inilah yang justru memaksa tubuh untuk beristirahat. Bisa dibilang sakit secara otomatis ‘memaksa’ tubuhmu untuk beristirahat.

Jika hal tersebut terjadi, alangkah baiknya untuk meminta izin satu atau dua hari untuk beristirahat. Jika hal yang kamu butuhkan adalah beristirahat, manfaat istirahat tersebut agar kamu kembali fresh.

Sering sakit tanda-tanda kamu butuh me time

Sering sakit via pexels.com/@olly

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles