Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Stop the Cycle! Ini Tanda-Tanda Cyberbullying dan Cara Menanganinya!

Tanda-tanda cyberbullying ini sering dianggap remeh padahal dampaknya fatal.

Tanda-tanda cyberbullying berikut ini sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak terjebak dalam situasi yang buruk. Bullying adalah suatu intimidasi yang umumnya terjadi di dunia yata sedangkan cyberbullying adalah bentuk intimidasi yang terjadi pada perangkat digital. Perkembangan teknologi faktanya juga memberikan perubahan bentuk lain dari bullying di dunia nyata menjadi cyberbullying di dunia maya.

Cyberbullying ini dapat terjadi di berbagai paltform digital yang ada. Beberpa contoh platform digital yang umumnya digunakan sebagai wadah cyberbullying ini di antaranya adalah SMS, platform online seperti media sosial, forum, hingga game. Platform-platform digital tersebut memberikan tempat bagi orang lain untuk  mengirim, posting, atau membagikan berbagai konten negatif, berbahaya, palsu, atau kejam untuk orang lain.

Tindakan cyberbullying ini sama berbahayanya dengan bullying di dunia nyata. Meskipun tak terjadi secara tatap muka, cyberbullying ini dapat menyebabkan rasa malu dan penghinaan. Beberapa kasus cyberbullying bahkan dapat terjadi melewati batas dan melanggar hukum.

Isu cyberbullying yang melampau batas dapat dibawa ke ranah hukum dan pelakunya dapat dituntut dan dihukum pidana. Data statistik mengungkapkan bahwa usia korban yang paling umum adalah antara 13-15 tahun. Apapun jenis bullying-nya, tindakan intimidasi ini akan sangat memberikan dampak buruk bagi korbannya. Lalu kira-kira seperti apakah tanda-tanda cyberbullying ? Berikut adalah beberapa tanda-tanda cyberbullying yang perlu kamu waspadai.

1. Tanda-Tanda Cyberbullying: Merasa Kewalahan

Tanda-tanda cyberbullying yang pertama adalah korban merasa kewalahan akibat dari intimidasi yang ia terima di platform digital. Perasaan tersudut dengan tindakan cyberbullying ini kemudian membuat korban tak hanya merasa kewalahan tapi juga tertekan. Korban cyberbullying akan merasa bahwa seluruh dunia mungkin mengetahui tentang kejadian yang menimpanya dan merasa tidak dapat mengatasi situasi tersebut.

2. Tanda-Tanda Cyberbullying: Merasa tidak Berdaya

Tanda-tanda cyberbullying selanjutnya adalah korban yang merasa tidak berdaya karena intimidasi ini dapat menyerang kapan saja. Bullying yang terjadi di dunia maya ini membuat korban bisa saja mendapatkan perilaku intimidasi dari orang lain kapan saja baik ketika ia berada di rumah maupun ketika ia tidak pergi kemanapun dan tidak bertemu dengan siapapun.

Korban cyberbullying kemudian akan berpikir bahwa intimidasi ini ada di mana-mana dan tidak ada satupun tempat untuk bersembunyi dari tindakan intimidasitersebut. Umumnya mereka yang sering melakukan cyberbullying tidak secara langsung menunjukkan dirinya sehingga mereka kerap kali akan menggunakan akun anonim. Hal ini sering kali membuat korban cyberbullying merasa lebih takut karena ia tidak mengetahui siapa pelaku bullying tersebut

3. Tanda-Tanda Cyberbullying: Merasa Terekspos dan Dihina

Tanda-tanda cyberbullying berikutnya adalah korban dari cyberbullying merasa terekspos dan dihina. Apapun itu bentuk bullying-nya, baik itu bullying di dunia nyata mauapun di perangkat digital, tindakan intimidasi ini akan menimbulkan luka yang terasa permanen.

Namun berbeda dengan bullying di dunia nyata, bullying di dunia maya terutama di internet terkadang  akan terasa sulit untuk dihapuskan dan akan terus ada selamanya. Hal inilah yang membuat korban merasakan tanda-tanda cyberbullying berupa perasaan terpuruk atas penghinaan yang lebih intens.

4. Tanda-Tanda Cyberbullying: Rasa Percaya Diri Menurun

Tanda-tanada cyberbullying yang perlu kamu perhatikan lainnya adalah rasa percaya diri yang menurun pada diri korban. Intimidasi yang diterima oleh korban tentunya bisa membuatseseorang merasa tidak puas dengan dirinya sendiri dan merasa tidak percaya diri. Tak heran jika banyak sekali korban cyberbullying maupun bullying pada umumnya menjadi mudah merasa minder atau bahkan melakukan hal yang dapat melukai dirinya sendiri.

5. Tanda-Tanda Cyberbullying: Marah dan Dendam

Selain merasa tidak percaya diri, seseorang juga terkadang bisa menunjukkan tanda-tanda cyberbullying dengan merasa mrah dan dendam. Sangat wajar jika hal ini terjadi. Intimidasi cyberbullying pasti akan terasa menyakitkan dan dapat membuat seseorang merasa marah.

Tak sedikit orang yang mengalami cyberbullying kemudian memiliki pikiran untuk melakukan balas dendam. Meskipun demikian, balas dendam bukanlah solusi yang bijak yang bisa dilakukan untuk melawan pelaku. Bentuk respon ini hanya akan justru menjadi target yang lebih lemah untuk di-bully.

6. Tanda-Tanda Cyberbullying: Merasa Sendiri dan Terisolasi

Tentunya serangan intimidasi cyberbullying yang seseorang alami dapat membuat ia merasa sendirian dan terisolasi. Ia bisa saja merasa bahwa tak ada seorang pun di dunia ini yang berpihak kepadanya, merasa tak ada yang bisa memahami perasaanya, ataupun merasa kehadirannya di dunia tidaklah berarti.

Tanda-tanda cyberbullying ini lebih jauh lagi bisa menyebabkan seseorang diasingkan juga di kehidupan nyata. Ia mungkin akan lebih memilih untuk mematikan ponselnya dan berharap dapat menghindarinya. Hal ini membuat ia harus memutus komunikasi dengan orang lain sehingga membuatnya merasa semakin sendiri.

7. Tanda-Tanda CyberbullyingTanda-Tanda Cyberbullying: Depresi

tanda-tanda cyberbullying

Cyberbullying membuat seseorang merasakan berbagai perasaan negatif yang timbul yang dapat mengarah pada depresi. Tanda-tanda cyberbullying yang telah disebutkan di atas sangat berpotensi mengalami kondisi seperti cemas, depresi, dan kondisi terkait stres lainnya. Perasaan depresi atau tertekan ini kemudian semakin lama semakin membuat korban merasa tidak bahagia. Dalam kasus terburuk, rasa depresi yang dialami korban membuat mereka memilih jalan bunuh diri untuk menghindari segala bully-an yang menyerangnya.

8. Tanda-Tanda Cyberbullying: Kesehatan Fisik Menurun

Tanda-tanda cyberbullying yang terakhir adalah kondisi kesehatan fisik yang menurun. kamu mungkin sudah sering mendengar bagaimana kesehatan mental sangat berpengaruh kepada kesehatan fisik seseorang. Saat kondisi mental seseorang terganggu hal ini membuat seseorang tersebut mengalami penurunan imunitas atau kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang menurun ini kemudian membuat mereka mudah atau rentan terkena beragai kemungkinan penyakit.

Salah satu tanda-tanda cyberbullying yang bisa kamu sadari adalah adanya penurunan nafsu makan atau serangan insomnia. Kedua kondisi ini jika dibiarkan dalam waktu lama akan membuat kesehatan fisik menurun. Stres dan beban pikiran karena cyberbullying ini kemudian juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan atau masalah kulit. Jika kamu atau orang-orang terdekat kamu menunjukkan beberapa tanda-tanda cyberbullying di atas kamu bisa segera mencari bantuan.

Bobobox! Tempat Istirahat Paling Tepat

Lelah setelah seharian ngantor, ingin istirahat di hotel biar bisa dapet suasana baru tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Communal Area – Bobobox Pods Paskal

You might also like