Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tanda Sudah Sembuh dari DBD! Semoga Cepat Pulih Kembali, Ya.

Tanda sudah sembuh dari DBD ini sangat penting untuk setiap orang ketahui.

Tanda sudah sembuh dari DBD berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh banyak orang untuk memastikan apakah DBD yang dialami oleh pasien benar-benar sembuh atau tidak. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Umumnya gejala-gejala yang dialami oleh panderita DBD adalah demam, nyeri kepala, sendi dan juga pendarahan dari saluran cerna atau dari gusi.

Tak sedikit juga pasien DBD yang tidak menimbulkan gejala sehingga kamu tak boleh lengah. Infeksi virus Dengue jika tidak ditangani dengan segara dan dengan penanganan yang tepat makan akan berkembang menjadi Demam Berdarah Dengue (DBD). Saat seseorang terserang DBD maka pasien dapat mengalami berbagai gejala parah dan tak jarang dapat memakan korban nyawa.

Jika selama ini kamu memiliki asumsi bahwa demam berdarah ini disebabkan oleh infeksi virus Dengue dari gigitan nyamuk Aedes aegypti maka asumsi ini kurang tepat. Pasalnya infeksi virus Dengue memang dapat memicu demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue (DBD), namun jika kamu mengalami demam Dengue bukan berarti kamu juga otomatis akan terkena DBD. Hal ini dikarenakan demam Dengue bisa sembuh tanpa menyebabkan komplikasi yang berujung pada DBD. 

Penanganan DBD harus dilakukan sesuai dengan tiga fase Demam Berdarah Dengue yang dialami oleh penderita. Sangat penting bagi kamu untuk memahami dan mewaspadai ketiga fase tersebut. Jangan sampai penderita DBD yang tampak mulai sembuh kemudian menghentikan perawatan dan tiba-tiba mengalami penurunan kondisi hingga akhirnya meninggal. Lalu seperti apakah tanda sudah sembuh dari DBD? Yuk simak informasinya seperti di bawah ini!

Tanda Sudah Sembuh dari DBD

Salah satu tanda sudah sembuh dari DBD adalah demam yang pasien rasakan sudah mereda. Selain itu tanda sudah sembuh dari DBD juga bisa dibuktikan dengan nilai kepingan darah (trombosit). Trombosit pasien yang sudah kembali meningkat mendekati normal merupakan tanda sudah sembuh dari DBD. Tanda sudah sembuh dari DBD tersebut muncul setelah melewati masa kritis (hari ke-4) dan kondisi pasien sudah baik sehingga pasien sudah dapat dipertimbangkan untuk pulang.

Agar pasien dapat menunjukkan tanda sudah sembuh dari DBD seperti penjelasan di atas, diperlukan pengobatan berupa dukungan cairan yang cukup. Pemberian cairan (air putih) yang cukup pada pasien ini tentunya akan membantu pasien agar menunjukkan tanda sudah sembuh dari DBD dan agar kondisi pasien tidak terus menurun. Untuk lebih memahami tanda sudah sembuh dari DBD, penting bagi kamu untuk mengatahui 3 fase demam berdarah berikut ini.

1. Tanda Sudah Sembuh dari DBD: Fase 1

Jauh sebelum menunjukkan tanda sembuh dari DBD pasien biasanya mengalami fase awal infeksi DBD berupa gejala demam tinggi hingga 40 derajat Celsius. Selain demam, gejala dari DBD lainnya yang mungkin juga muncul di antaranya adalah mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit kepala, muncul ruam merah, nyeri otot, tulang, dan sendi. Fase awal ini umumnya akan berlangsung selama 2–7 hari dan memerlukan pantauan jumlah kepingan darah alias trombosit.

Tanda sudah smbuh dari DBD bisa ditunjukkan dengan penurunan demam pada pasien. Oleh karena itu pasien perlu mendapatkan pemberian obat penurun demam seperti paracetamol. Selama masih di fase awal ini, pasien bisa dirawat di rumah selama pasien mampu memperbanyak asupan cairan baik berupa air putih, oralit, jus buah, atau susu. Segera bawa pasien ke rumah sakit bila terjadi muntah-muntah, sakit perut, atau pasien tidak bisa makan atau minum.

2. Tanda Sudah Sembuh dari DBD: Fase 2

Fase selanjutnya setelah fase di atas adalah fase kritis. Umumnya pasien setelah melewati fase demam akan mulai merasa sembuh di fase ini. Hal ini dikarenakan suhu tubuh mulai menurun yang merupakan tanda sudah sembuh dari DBD. Faktanya penurunan suhu tubuh ini merupakan fase yang paling berbahaya sehingga sering juga disebut dengan fase kritis. Pada fase ini, pasien memiliki kemungkinan risiko terjadi perdarahan dan kebocoran plasma darah.

Jika terjadi pendarahan atau kebocoran plasma darah maka hal ini dapat menyebabkan syok dan berujung pada hilangnya nyawa. Oleh karena itu penting untuk mengenali apakah penurunan demam tersebut merupakan tanda sudah sembuh dari DBD atau merupakan fase kritis. Fase kritis ini umumnya terjadi 3–7 hari sejak demam berlangsung. Fase ini menjadi kondisi yang paling harus dipantau. Pasien sangat disarankan untuk beristirahat total dan banyak konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi.

3. Tanda Sudah Sembuh dari DBD: Fase 3

Tanda Sudah Sembuh dari DBD

Setelah melewati masa kritis seperti penjelasan di atas, pasien DBD akan mulai memasuki fase pemulihan. Fase ini umumnya akan terjadi selama 48–72 jam setelah fase kritis lewat. Pada fase penyembuhan ini terdapat tanda sudah sembuh dari DBD berupa cairan yang keluar dari pembuluh darah. Tanda sudah sembuh dari DBD ini sangat penting untuk menjaga agar cairan yang masuk tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan jika cairan yang masuk berlebihan dalam pembuluh darah bisa menyebabkan kematian akibat gagal jantung dan edema paru. Tanda sudah sembuh dari DBD juga ditunjukan dengan munculnya nafsu makan yang berangusr-angsur mulai pulih. Trombosit darah yang mulai naik saat diperiksa di laboratorium darah pun merupakan tanda sudah sembuh dari DBD lainnya.

Jika selama menderita DBD pasien memiliki semacam ruam putih pada pada kulit penderita maka ruam ini bernagsur hilang sebagai tanda sudah sembuh dari DBD. Agar pasien dapat mencapai beberapa tanda sembuh dari DBD seperti di atas maka sangat penting bagi pasien DBD untuk beristirahat total dan menjaga kondisi tubuh selama berada dalam tiga fase tersebut.

Proses Penularan Demam Berdarah Dengue

Penyakit demam berdarah umumnya banyak ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Angka kejadian penyakit DBD ini dipengaruhi oleh musim, curah hujan, suhu udara, dan kepadatan penduduk. Demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue. Agar tehindari dari kemungkinan infeksi virus Dengue ini jangan lupa untuk jaga kebersian lingkungan dan tingkatkan imun tubuh ya!

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Stress merupakan salah satu pemicu tubuh rentan terkena penyakit. Padahal banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress karena aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mencoba sensasi menginap di cabin dengan pemandangan alam yang asri dan menyegarkan namun tetap dilengkapi fasilitas canggih dan futuristik.

Kabar baik untuk kamu, sebab saat ini kau bisa coba pengalaman menginap di Bobocabin! Salah satu terobosan baru milik Bobobox ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan dari ketenangan alam dan sentuhan teknologi mumpuni. So, langsung download aja aplikasinya, dan rasakan serunya bobo di Bobocabin. Pssstt, kamu juga bisa mendapatkan promo menariknya, loh!

Bobocabin by Bobobox Indonesia

 

You might also like