dbd

Tanda Sudah Sembuh dari DBD! Semoga Cepat Pulih Kembali, Ya.

Tanda sudah sembuh dari DBD diketahui saat penderita telah menunjukkan adanya perbaikan gejala demam berdarah, seperti kembalinya nafsu makan dan meningkatnya trombosit. Biasanya tanda-tanda sembuh dari demam berdarah ini akan muncul pada hari ke-7 sejak gejala pertama terlihat.

Akan tetapi, banyak yang keliru dan menganggap bahwa turunnya demam menunjukkan penderita sudah sembuh. Padahal, fase ini merupakan salah satu fase paling rentan bagi penderita. Supaya tidak keliru, mari cek berbagai tahnda sebuh DBD di bawah ini!

Apa Itu Demam Berdarah?

Tak sedikit juga pasien DBD yang tidak menimbulkan gejala sehingga kamu tak boleh lengah. Infeksi virus Dengue jika tidak ditangani dengan segara dan dengan penanganan yang tepat maka akan berkembang menjadi Demam Berdarah Dengue (DBD). Saat seseorang terserang DBD maka pasien dapat mengalami berbagai gejala parah dan tak jarang dapat memakan korban nyawa.

DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Umumnya gejala-gejala yang dialami oleh panderita DBD adalah demam, nyeri kepala, sendi dan juga pendarahan dari saluran cerna atau dari gusi.

Jika selama ini kamu memiliki asumsi bahwa demam berdarah ini disebabkan oleh infeksi virus Dengue dari gigitan nyamuk Aedes aegypti maka asumsi ini kurang tepat. Pasalnya infeksi virus Dengue memang dapat memicu demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue (DBD), namun jika kamu mengalami demam Dengue bukan berarti kamu juga otomatis akan terkena DBD. Hal ini dikarenakan demam Dengue bisa sembuh tanpa menyebabkan komplikasi yang berujung pada DBD. 

Penanganan DBD harus dilakukan sesuai dengan tiga fase Demam Berdarah Dengue yang dialami oleh penderita. Sangat penting bagi kamu untuk memahami dan mewaspadai ketiga fase tersebut. Jangan sampai penderita DBD yang tampak mulai sembuh kemudian menghentikan perawatan dan tiba-tiba mengalami penurunan kondisi hingga akhirnya meninggal. Lalu seperti apakah tanda sudah sembuh dari DBD? Yuk simak informasinya seperti di bawah ini!

Bobocabin Bobobox

Tanda Sudah Sembuh dari DBD

Salah satu tanda sudah sembuh dari DBD bisa dibuktikan dengan nilai kepingan darah (trombosit). Trombosit pasien yang sudah kembali meningkat mendekati normal merupakan tanda sudah sembuh dari DBD. Tanda sudah sembuh dari DBD tersebut muncul setelah melewati masa kritis (hari ke-4) dan kondisi pasien sudah baik sehingga pasien sudah dapat dipertimbangkan untuk pulang.

Berikut ini adalah beberapa tanda kesembuhan yang bisa dijadikan patokan:

  1. Nilai trombosit mulai meningkat kembali ke angka normal
  2. Demam menurun 7 hari setelah gejala pertama muncul
  3. Nafsu makan bertambah
  4. Tubuh kembali berenergi dan bugar
  5. Ruam atau kemerahan kulit menghilang

Agar pasien dapat menunjukkan tanda sudah sembuh dari DBD seperti penjelasan di atas, diperlukan pengobatan berupa dukungan cairan yang cukup. Pemberian cairan (air putih) yang cukup pada pasien ini tentunya akan membantu pasien agar menunjukkan tanda sudah sembuh dari DBD dan agar kondisi pasien tidak terus menurun.

Baca Juga: Pelajari Kondisi Mentalmu Dengan Buku Kesehatan Mental Berikut!

3 Fase Demam Berdarah dan Tanda Kesembuhan

Untuk lebih memahami tanda sudah sembuh dari DBD, penting bagi kamu untuk mengatahui 3 fase demam berdarah berikut ini.

1. Fase 1 Demam Berdarah

Jauh sebelum menunjukkan tanda sembuh dari DBD pasien biasanya mengalami fase awal infeksi DBD berupa gejala demam tinggi hingga 40 derajat Celsius. Selain mengalami gejala demam, gejala dari DBD lainnya yang mungkin juga muncul di antaranya adalah mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, muncul ruam merah, tulang, dan sendi. Fase awal ini umumnya akan berlangsung selama 2–7 hari dan memerlukan pantauan jumlah kepingan darah alias trombosit.

Tanda sudah smbuh dari DBD bisa ditunjukkan dengan penurunan demam pada pasien. Oleh karena itu pasien perlu mendapatkan pemberian obat penurun demam seperti paracetamol. Selama masih di fase awal ini, pasien bisa dirawat di rumah selama pasien mampu memperbanyak asupan cairan baik berupa air putih, oralit, jus buah, atau susu. Segera bawa pasien ke rumah sakit bila terjadi muntah-muntah, sakit perut, atau pasien tidak bisa makan atau minum.

2. Fase 2 Demam Berdarah

Fase selanjutnya setelah fase di atas adalah fase kritis. Umumnya pasien setelah melewati fase demam akan mulai merasa sembuh di fase ini. Hal ini dikarenakan suhu tubuh mulai menurun yang merupakan tanda sudah sembuh dari DBD. Faktanya penurunan suhu tubuh ini merupakan fase yang paling berbahaya sehingga sering juga disebut dengan fase kritis. Fase ini ditandai dengan kemungkinan risiko terjadi perdarahan dan kebocoran plasma darah.

Jika terjadi pendarahan atau kebocoran plasma darah maka hal ini dapat menyebabkan syok dan berujung pada hilangnya nyawa. Oleh karena itu penting untuk mengenali apakah penurunan demam tersebut merupakan tanda sudah sembuh dari DBD atau penderita memasuki fase kritis. Fase kritis ini umumnya terjadi 3–7 hari sejak demam berlangsung. Fase ini menjadi kondisi yang paling harus dipantau. Pasien sangat disarankan untuk beristirahat total dan banyak konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini

3. Fase 3 Demam Berdarah

Tanda Sudah Sembuh dari DBD

Setelah melewati masa kritis seperti penjelasan di atas, pasien DBD akan mulai memasuki fase pemulihan. Fase ini umumnya akan terjadi selama 48–72 jam setelah fase kritis lewat. Pada fase penyembuhan ini terdapat tanda sudah sembuh dari DBD berupa cairan yang keluar dari pembuluh darah. Tanda sudah sembuh dari DBD ini sangat penting untuk menjaga agar cairan yang masuk tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan jika cairan yang masuk berlebihan dalam pembuluh darah bisa menyebabkan kematian akibat gagal jantung dan edema paru. Tanda sudah sembuh dari DBD juga ditunjukan dengan munculnya nafsu makan yang berangusr-angsur mulai pulih. Trombosit darah yang mulai naik saat diperiksa di laboratorium darah pun merupakan tanda sudah sembuh dari DBD lainnya.

Jika selama menderita DBD pasien memiliki semacam ruam putih pada pada kulit penderita maka ruam ini bernagsur hilang sebagai tanda sudah sembuh dari DBD. Agar pasien dapat mencapai beberapa tanda sembuh dari DBD seperti di atas maka sangat penting bagi pasien DBD untuk beristirahat total dan menjaga kondisi tubuh selama berada dalam tiga fase tersebut.

Proses Penularan Demam Berdarah Dengue

Penyakit demam berdarah umumnya banyak ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Angka kejadian penyakit DBD ini dipengaruhi oleh musim, curah hujan, suhu udara, dan kepadatan penduduk. Demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue. Agar tehindari dari kemungkinan infeksi virus Dengue ini jangan lupa untuk jaga kebersian lingkungan dan tingkatkan imun tubuh ya!

Bobocabin Bobobox

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Stress merupakan salah satu pemicu tubuh rentan terkena penyakit. Padahal banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress karena aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mencoba sensasi menginap di cabin dengan pemandangan alam yang asri dan menyegarkan namun tetap dilengkapi fasilitas canggih dan futuristik.

Kabar baik untuk kamu, sebab saat ini kau bisa coba pengalaman menginap di Bobocabin! Salah satu terobosan baru milik Bobobox ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan dari ketenangan alam dan sentuhan teknologi mumpuni.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles