Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tanda Pertemanan Sehat Versi Bob

Apa saja ya ciri-ciri pertemanan sehat?

Bobobox.co.id — Sebagai seorang manusia, kamu tentu mau tak mau harus berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu bukti terjalinnya sebuah komunikasi adalah terciptanya sebuah tali pertemanan.

Namun, tak semua pertemanan termasuk pertemanan sehat. Banyak orang yang tidak beruntung dalam memiliki lingkar pertemanan yang tidak sehat. Pertemanan tersebut justru membawa efek negatif dibanding positif.

Oleh karenanya, kamu harus bisa mengetahui tanda pertemanan sehat. Hal ini bisa menjadi sebuah cara dalam menilai apakah lingkar pertemananmu saat ini berdampak baik atau tidak bagi dirimu dan temanmu.

Nah, berikut ini merupakan 7 tanda pertemanan sehat versi Bob. Jika kamu mendapatkan semua tanda pertemanan sehat versi Bob ini, kamu termasuk orang yang beruntung karena memiliki teman yang mendorongmu ke arah yang positif.

Bisa Menunjukkan Siapa Kamu Sebenarnya

Tanda pertemanan sehat pertama adalah kamu bisa menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Hal tersebut bisa terjadi karena kenyamanan yang telah terjalin begitu erat dari pertemananmu tersebut.

Kamu tidak perlu lagi untuk berusaha menutup-nutupi segala kekuranganmu. Rasa nyaman tersebut membuat kamu dan temanmu mampu untuk saling menerima apa adanya dari masing-masing individu.

Bahkan, kebiasaan burukmu seperti misalkan kentut sembangan atau kebiasaan lainnya tidak lagi jadi sebuah batasan untuk berteman. Kamu tetap bisa bercengkrama bersama teman-temanmu.

Malahan, terkadang kebiasaan tersebut menjadi sebuah guyonan tersendiri. Guyonan tersebut pastinya tidak diambil hati sebagai salah satu tanda pertemanan sehat telah kamu miliki bersama teman-temanmu.

tanda pertemanan sehat
@ninovisalli via unsplash.com

Saling Memercayai Satu Sama Lain

Tanda pertemanan sehat berikutnya adalah saling memercayai satu sama lain. Seperti hubungan lainnya, hubungan pertemanan pun membutuhkan kepercayaan sebagai hal dasar yang dipegang.

Butuh kepercayaan yang begitu tinggi dalam sebuah pertemanan sehat. Pasalnya, orang yang paling mengerti soal dirimu bisa jadi adalah orang yang memiliki potensi untuk menyakitimu sedalam-dalamnya.

Oleh karenanya, percaya satu sama lain benar-benar menjadi hal dasar terpenting yang harus tetap terjaga. Jangan sampai kepercayaan ini justru harus ternodai akibat hal-hal yang dianggap sepele.

Walaupun begitu, tentu tiap pertemanan memiliki standar yang relatif berbeda soal tanda pertemanan sehat ini. Namun, hal yang pasti adalah sebuah pertemanan sehat tak akan ada tanpa dibarengi sebuah kepercayaan.

@felixrstg via unsplash.com

Membantu Saling Bertumbuh

Hal terpenting dari sebuah pertemanan adalah kamu dan temanmu bisa saling membantu satu sama lain untuk bertumbuh. Membantu saling bertumbuh inilah yang menjadi tanda pertemanan sehat lainnya.

Kamu dan temanmu saling membantu sama lain agar interaksi yang terjalin tak hanya satu arah. Misalkan saja, kamu bisa memberikan ilmu mengenai hal yang ketahui dan temanmu memberikan hal serupa kepadamu.

Jika sebuah pertemanan, hanya temanmu saja yang justru terbantu untuk bertumbuh, kamu harus mempertanyakan hal tersebut. Bisa jadi kamu justru sedang berada pada pertemanan yang tidak sehat.

Bahkan, ada hal yang lebih buruk lagi. Hal tersebut adalah temanmu justru menjerembabkanmu ke kebiasaan-kebiasaan buruk. Sebuah pertanda yang paling jelas terlihat untuk sebuah pertemanan yang tidak sehat.

@matheusferrero via unsplash.com

Menghargai Batasan

Setiap orang memiliki batasan dan privasi yang tak boleh tersentuh oleh siapapun, bahkan teman terdekat sekalipun. Tanda pertemanan sehat adalah adanya saling menghargai terkait batasan satu sama lain.

Batasan tiap orang tentunya berbeda-beda. Ada beberapa yang memiliki batasan fisik seperti sentuhan. Ada juga yang batasannya berupa nilai, prinsip, ataupun opini yang dipegang teguh oleh orang tersebut.

Tanda pertemanan sehat ini menjadikan batasanmu akan tetap aman. Tidak ada paksaan ataupun pelanggaran karena kamu dan temanmu tahu hal yang boleh dan tidak dilakukan dalam berkomunikasi.

Hal yang ada justru rasa saling menghormati dan menghargai keputusan yang temanmu pilih. Memberikan ruang untuk berada pada zona nyaman mereka menjadi sebuah nilai yang jarang didapat dari sebuah pertemanan.

@rpnickson via unsplash.com

Memiliki Teman Lainnya

Tak saling mengekang atau posesif menjadi tanda pertemanan sehat berikutnya. Dengan tidak saling mengekang ini, kamu memiliki kebebasan untuk berteman dengan teman lainnya di luar circle terdekatmu.

Kamu tidak harus terus-terusan berkumpul dengan circlemu tersebut saja. Ada momen di mana kamu dan temanmu berbagi keseruan bersama teman lainnya tanpa harus ada salah satu yang marah.

Teman yang baik tentu tidak menghalang-halangimu dalam memperluas lingkar pertemananmu. Kamu dibebaskan untuk bisa mencoba hal-hal baru bersama orang lain walaupun tanpa kehadiran teman terdekatmu.

Tanda pertemanan sehat ini nantinya akan mengingatkan satu hal penting. Hal penting tersebut adalah dunia yang kamu miliki saat ini tidak hanya berpusat pada lingkar pertemananmu bersama teman terdekatmu tersebut.

@benshares via unsplash.com

Berdebat dengan Sehat

Dalam hidup yang bersama orang lain, pastilah ada beberapa momen di mana terjadi sebuah perselisihan dan perdebatan. Kejadian tersebut tentu saja pasti terjadi pada pertemananmu.

Sedekat apapun, perselisihan dan perdebatan tak akan pernah terelakkan. Perselisihan ini bisa terjadi karena adanya salah paham, miskomunikasi, atau bahkan perbedaan prinsip dan selera masing-masing individu.

Sebenarnya, perselisihan ini bisa berefek baik bagi pertemananmu. Tanda pertemanan sehat ini mampu membuatmu dan temanmu menjadi lebih bisa memahami satu sama lainnya untuk urusan beberapa hal.

Perdebatan yang terjadi pada akhirnya bisa terselesaikan pada sebuah pertemanan sehat. Bahkan, kamu bisa bertukar pikiran tanpa harus terjadi debat kusir yang tak berujung antara kamu dan temanmu.

@alexisrbrown via unsplash.com

Tidak Ada Kecemburuan

Tanda pertemanan sehat terakhir adalah tidak ada rasa cemburu satu sama lain. Mungkin kamu pernah merasa iri atau tidak senang dengan pencapaian yang temanmu dapat di akhir-akhir ini.

Namun, sebuah pertemanan sehat tidaklah seperti itu. Hal yang dilakukan tentu merasa bahagia dan bangga jika teman terdekatmu meraih sebuah kesuksesan. Kamu bisa menjadikannya sebuah motivasi tersendiri.

Maksudnya adalah kesuksesan yang diraih teman terdekatmu bisa jadi pelecut semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Kamu bisa mengidolakan temanmu tersebut untuk bisa mencapai target tertentu di masa depan.

Hal ini tentu mengingatkanmu bahwa pertemanan bukanlah sebuah ajang kompetisi di mana ada yang menang dan kalah. Hal yang ada sebagai tanda pertemanan sehat adalah saling support satu sama lainnya.

@priscilladupreez via unsplash.com

Menginap Bersama Teman Terdekatmu? Ya di Bobobox

Menginap bersama teman terdekatmu tentu menyenangkan. Jika kamu sedang kebingungan mencari akomodasi untuk menginap bersama teman terdekatmu, tak usah khawatir karena Bob punya solusinya.

Solusi dari rasa bingungmu tersebut adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan pengalaman menarik saat menginap bersama temanmu.

Penasaran seperti apa fasilitas keren yang dimaksud? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya dan menikmati virtual tour Bobobox melalui link ini.

backpacker di bandung bobobox

You might also like