Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Merasa Tidak Nyaman di Lingkungan Kerja? Berikut Tanda Kamu Harus Resign Sesegera Mungkin Dari Pekerjaan

Berada tanda yang sedang kamu rasakan saat ini?

Bobobox.co.id — Sedang merasa tak nyaman di lingkungan kerjamu saat ini? Merasa tuntutan atau beban kerja berlebihan? Bisa saja kondisi tersebut adalah beberapa tanda kamu harus resign.

Walaupun begitu, bukan berarti kamu serta merta langsung mengajukan pengunduran diri setelah merekan beberapa tanda tersebut. Alangkah baiknya jika kamu memikirkannya baik-baik.

Pasalnya, tak sedikit orang yang justru menyesal telah melakukan resign dari pekerjaannya. Alasannya adalah karena mereka memutuskan resign saat mereka sedang emosional.

Untuk itu, Bob akan membagikan tujuh tanda kamu harus resign. Baiknya jika kamu langsung mengajukan pengunduran diri jika kamu merasakan satu bahkan semua tanda yang ada di artikel Bob kali ini.

Berikut adalah Tanda Kamu Harus Resign

1. Sudah Tak Nyaman Bekerja

Tanda kamu harus resign pertama adalah sudah tak nyaman bekerja. Saat kamu sudah merasa tak nyaman dengan pekerjaanmu, rutinitas sehari-harimu justru akan terasa begitu menyiksa dirimu sendiri.

Bahkan, rasa malas mungkin sudah kamu rasakan sejak pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Ketidaknyamanan ini yang harus kamu hindari karena dapat membawa pengaruh negatif pada kinerjamu.

Untuk itu, ada baiknya mengenali terlebih dulu tanda kamu harus resign ini. Cobalah cari tahu asal muasal dari rasa ketidaknyamanan yang kamu rasakan tersebut beberapa waktu ke belakang.

Jika memang bisa diperbaiki, alangkah baiknya untuk diperbaiki. Namun, jika dirasa sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki, satu-satunya cara adalah dengan mengajukan pengunduran diri.

Sudah tak nyaman bekerja tanda kamu harus resign
Sudah tak nyaman bekerja via pexels.com/@olly

2. Bakatmu Tak Berkembang

Tanda kamu harus resign berikutnya adalah bakatmu tak berkembang. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah tidak adanya kesempatan untuk mengembangkan diri dari perusahaan.

Pada awal kerja, kamu mungkin mendapatkan banyak skill baru. Namun, berjalannya waktu, kamu mungkin sudah menguasai banyak hal dan tidak ada lagi yang bisa dipelajari dari rolemu saat ini.

Jika hal tersebut terjadi kepadamu, bisa jadi hal tersebut adalah salah satu tanda kamu harus resign. Kamu benar-benar harus resign apalagi saat perusahaan tidak menghargai potensi yang kamu miliki.

Walaupun begitu, ada baiknya jika kamu cari tahu terlebih dahulu apa yang mungkin bisa perusahaan tempat bekerja tawarkan. Jika tak ada, mencari pekerjaan baru adalah solusi yang kamu butuhkan.

Bakatmu tak berkembang tanda kamu harus resign
Bakatmu tak berkembang via unsplash.com/@etiennegirardet

Baca Juga: Kenali Apa Itu Burnout Dan Tips Untuk Mencegahnya


3. Keberlanjutan Perusahaan Tak Jelas

Rumor perusahaan dalam masa sulit adalah kabar yang tak diinginkan oleh setiap pekerja. Pasalnya, setiap pekerja tersebut akan selalu dihantui dengan ketidakpastian pekerjaan hingga PHK.

Melihat keadaan tersebut, kamu mungkin akan mengambil langkah lebih dahulu. Namun, sebelum tanda kamu harus resign benar-benar jelas, ada baiknya kamu cek kebenaran rumor tersebut.

Tak hanya itu, pastikan juga bahwa keputusanmu nanti untuk resign adalah keputusak terbaik. Keputusan terbaik ini tak hanya untuk kamu sebagai pekerja tetapi juga menguntungkan bagi perusahaan.

Saat rumor tersebut adalah fakta adanya, kamu tidak bisa menggantungkan kehidupanmu pada perusahaan. Hal tersebut menjadi tanda kamu harus resign dan sesegera mungkin untuk mencari pekerjaan baru.

Keberlanjutan perusahaan tak jelas tanda kamu harus resign
Keberlanjutan perusahaan tak jelas via pexels.com/@seven11nash

4. Beban Kerja Tak Sepadan

Tanda kamu harus resign lainnya adalah beban kerja tak sepadan. Hal tersebut bisa saja akibat gaji yang tidak sesuai dengen beban kerja ataupun tugas yang harus kamu kerjakan setiap harinya.

Pasalnya, setiap tahunnya, harga dari barang-barang kebutuhan sehari-sehari semakin meningkat. Hal tersebut belum termasuk dengan harga rumah yang relatif sulit dijangkau oleh kebanyakan anak muda.

Nah, saat beban bekerja bertambah, tentu kamu berhak untuk mendapatkan kenaikan gaji. Kelayakanmu untuk mendapatkan kenaikan dibarengi dengan performa stabil setiap bulannya.

Jika beban kerja bertambah dan justru menjadi tak sepadan dengan apa yang kamu terima, hal tersebut bisa jadi salah satu tanda kamu harus resign dan menyiapkan diri untuk pekerjaan baru.

Beban kerja tak sepadan tanda kamu harus resign
Beban kerja tak sepadan via pexels.com/@olly

Baca Juga: Ikuti Tips Work Life Balance Berikut Ini Agar Hidupmu Lebih Seimbang!


5. Kesehatan Fisik dan Mental Terganggu

Kesehatan tak hanya soal fisik saja. Kesehatan mental pun perlu kamu jaga. Pasalnya, ambruknya kesehatan mental bisa sangat berpengaruh pada kesehatan fisikmu dalam menjalan kegiatan sehari-hari.

Namun, pekerjaan kerap membuatmu untuk terus memforsir tubuhmu sendiri. Alih-alih beristirahat, kamu justru kerap memikirkan deadline dan urusan kantor yang justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika kamu pernah mengalami kejadian tersebut dan terjadi berulang-ulang, hal tersebut mungkin satu tanda kamu harus resign. Kondisi tersebut tak ideal untukmu dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mulai berpikir langkah terbaik. Kesehatan fisik dan mental jangka panjang wajib jadi pertimbangan jika akhirnya kamu memutuskan untuk mengundurkan diri.

Pusing akibat pekerjaan tanda kamu harus resign
Pusing akibat pekerjaan via unsplash.com/@usmanyousaf

6. Menemukan Kesempatan Lebih Baik

Menemukan kesempatan lebih baik adalah tanda kamu harus resign lainnya yang perlu kamu pertimbangkan. Kejadian ini terkadang terjadi secara tiba-tiba di mana kamu ditawari satu role di perusahaan lain.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi jika kamu memiliki performa yang baik dengan portfolio mengkilap. Kamu tentu terkadang merasa bahwa pekerjaanmu berjalan dengan yang kamu harapkan.

Walaupun begitu, jika tawaran yang datang dirasa lebih baik, tak ada salahnya untuk melepas apa yang kamu punya. Mengambil kesempatan baru akan memberi tantangan baru nantinya.

Dengan tantangan baru, kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan jalan yang lebih lapang untuk kariermu. Namun, satu hal yang pasti adalah pertimbangkan dengan baik tanda kamu harus resign satu ini.

Kesempatan lebih baik tanda kamu harus resign
Kesempatan lebih baik via unsplash.com/@wocintechchat

Baca Juga: Tips Memperkenalkan Diri Yang Baik Saat Wawancara Kerja


7. Ingin Ubah Karier

Tanda kamu harus resign terakhir adalah keinginanmu untuk mengubah karier. Mencari pekerjaan tentu bukan perkara mudah dan saat diterima kerja, kamu mungkin akan menjalaninya terlebih dahulu.

Namun, terkadang, kamu merasa bahwa menjalankan pekerjaanmu sekarang tak sesuai dengan dirimu. Kamu pun merasa tak cocok atau menganggap bahwa kedepannya kariermu tak akan berjalan baik.

Indikasi tersebut bisa jadi merupakan salah satu tanda kamu harus resign. Kamu tak perlu malu atau minder jika kamu memang harus mencari pekerjaan dan memulai semua dari awal.

Pasalnya, banyak tempat kursus atau pelatihan skill yang tak memandang usia. Hal tersebut bisa jadi pelecut guna mengambil karier yang selama ini kamu idamkan dan ingin berkecimpung di dalamnya.

Ingin ubah karier tanda kamu harus resign
Ingin ubah karier via pexels.com/@picjumbo-com-55570

Yuk, Coba Workcation From Bobobox!

Bosan dengan situasi itu-itu saja selama WFH? Bagaimana kalau kamu coba untuk WFB alias Work From Bobobox. Di samping suasana baru, kamu bisa mendapatkan koneksi internet super cepat.

Koneksi internet super cepat ini tentu bakal semakin memperlancar online meeting bersama atasan dan rekan kerja. Dengan begitu, kerjaanmu dijamin tak bakal terganggu untuk urusan internet.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan dan merasakan langsung pengalaman bekerja yang menyenangkan!

You might also like