Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Diremehkan, Ini Dia 10 Tanda-Tanda Hubungan Abusive yang Serius

Siap-siap untuk berkomunikasi dengan pasanganmu ya!

Hubungan abusive merupakan sebuah pola perilaku dalam suatu hubungan yang merupakan hasil dari adanya relasi kuasa yang timpang. Bahkan, seharusnya dalam sebuah hubungan sehat, kedua belah pihak punya posisi yang setara dan bebas dari relasi kuasa. Belakangan, hubungan abusive ramai dibicarakan karena ternyata banyak sekali orang-orang yang terjebak dalam hal ini. Kita perlu mengenal tanda hubungan abusive ini sebelum semuanya terlambat, namun kadang karena kelihatannya remeh, tanda hubungan abusive ini seringkali terabaikan.

 

10 Tanda Hubungan Abusive yang Perlu Kamu Ketahui

1. Ketika mereka bucin berlebihan pada awal pacaran

Unsplash

Siapa sih yang ngga nge-simp ketika kamu akhirnya pacaran dengan orang yang kamu sayangi? Tanda hubungan abusive yang satu ini tricky karena cukup susah untuk dibedakan dengan perilaku seperti biasanya. Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa banyak orang yang merupakan sebuah abuser menarik perhatian pasangannya dengan bucin yang terlalu berlebihan.

Awalnya, mereka terlihat seperti normalnya orang lain ketika pada masa PDKT atau awal-awal pacaran. Mereka akan terlihat amat sangat baik untuk mendapatkan perhatianmu. Tanda hubungan abusive yang mungkin dilakukan seperti misalnya selalu mengajak kamu ngopi atau ketemu pada minggu awal pertama kenal. Meskipun semua orang memang berhak diperlakukan baik seperti itu, tanda hubungan abusive ini sering dilakukan untuk membuatmu merasa nyaman dan teralihkan pikirannya. Pada saat ini, biasanya mereka mendapatkan kontrol atas dirimu.

 

2. Ketika mereka terus membutuhkan validasi darimu

Unsplash

Pelaku kekerasan sering membutuhkan validasi atas apa yang dia rasakan dan lakukan dari orang lain. Pada tanda hubungan abusive ini, mereka seringkali terlihat tidak percaya diri. Mereka pun sering membanding-bandingkan kamu atau dirinya dengan orang lain. Ketika perasaan atau perlakuannya tidak divalidasi olehmu, ia seringkali malah menjadi marah.

 

3. Ketika mereka selalu menyalahkan orang lain atau bahkan dirimu sendiri

Suicide Squad – DC Comics

Tanda hubungan abusive yang ini merupakan salah satu yang seringkali suka terlewat oleh kita. Pada tanda hubungan abusive ini, pasanganmu sering menyalahkan orang lain selain dirinya atas apa yang menimpanya. Misalnya ketika dia punya manajemen keuangan yang buruk, dia akan menyalahkannya pada dirimu. Dia akan mengatakan bahwa kamu yang bikin dia nggak punya duit, meski pada kenyataannya dialah yang selalu beli barang nggak jelas.

Meskipun kesalahan itu sebenarnya dilakukan oleh dirinya, dia akan sering memanipulasi dirimu sehingga kamu jadi merasa bersalah. Pola perilaku seperti ini dinamakan gaslightingGaslighting yang merupakan tanda hubungan abusive ini merupakan salah satu alasan yang paling sering ditemukan pada orang-orang yang susah untuk keluar dari hubungan abusive.

 

4. Ketika perihal mengabari saja jadi berlebihan

freepik

Memang, berkali-kali Bob pernah bilang kalau kunci dalam hubungan yang sehat adalah komunikasi. Tapi, itu bukan berarti juga tidak menghormati privasi masing-masing ya! Tanda hubungan abusive yang satu ini bisa kamu temukan jika pasanganmu selalu memintamu untuk ngabarin mereka di mana saja dan kapan saja. Mereka akan ingin tahu kamu sedang bersama siapa saja, dan sedang ngapain saja. Yaa, seperti lirik lagunya Yolanda oleh Kangen Band, creepy kan?

Lalu, mereka juga akan memborbardir smartphonemu dengan pesan dan telepon. Ketika misalnya kamu tidak angkat atau tidak membalas, mereka akan murka. Atau, bisa saja mereka tiba-tiba datang ketika kamu sedang bersama temanmu atau berada di depan rumahmu tanpa bilang-bilang. Ya surprise sih surprise, tapi kan ini bukan Romeo dan Juliet.

 

5. Ketika mereka selalu menjelek-jelekkan mantan mereka terdahulu

freepik

Memang, kadang topik tentang mantan merupakan topik yang sebaiknya dijauh-jauhkan dari hubunganmu. Tapi, pada tanda hubungan abusive yang satu ini perlu untuk diperhatikan. Jika dia sering menjelek-jelekkan mantannya di depanmu dan selalu seperti itu, ini bisa saja merupakan suatu bentuk tanda hubungan abusive. Kenapa?

Jika dia sering membanding-bandingkan kamu dengan mantannya, atau bahkan sering mengejek dan slut-shaming mantannya, apa garansi yang membuatmu berpikir kalau dia tidak akan melakukan hal yang sama kepadamu?

 

6. Ketika mereka mulai mengaturmu, dan marah ketika kamu melawan

Blue Valentine – Hunting Lane Films

Apakah pasanganmu pernah mulai melarang-larangmu dalam melakukan sesuatu? Atau, apakah pasanganmu selalu mengatur tempat mana saja yang boleh kamu kunjungi, pakaian apa yang harus kamu kenakan dan tidak boleh dikenakan, dan juga macam-macam peraturan yang ngaco? Jika begitu, hal ini termasuk ke dalam salah satu tanda hubungan abusive.

Tapi, ketika kamu mencoba untuk membela dirimu sendiri, dia malah akan balik marah. Lalu bisa-bisa saja mereka malah akan men-gaslight kamu lagi kalau apa yang dia lakukan itu semata-mata karena dia sayang kepadamu. Tapi, tanda hubungan abusive ini justru merupakan cara agar dia punya kontrol atas dirimu.

 

7. Ketika mereka selalu mengkritik tanpa alasan

Marriage Story – Netflix

Dalam hubungan yang sehat, kedua belah pihak seharusnya punya hak yang sama dalam memilih apapun di hidupnya. Tapi, ada sebuah tanda hubungan abusive ini di mana pasangan selalu memberi kritik negatif terhadap apa yang kamu lakukan. Meski terlihat bahwa mereka mencoba mendorongmu menjadi versi yang lebih baik, kamu malah dibuat selalu merasa kecil dan serba salah lewat tanda hubungan abusive ini. Tapi, ketika kamu yang mencoba memberi mereka kritik, mereka tidak akan terima. Ujung-ujungnya, mereka akan menjadi marah dan menginvalidasi apa yang kamu rasakan.

 

8. Ketika mereka mulai memanipulasi dan mengintimidasimu

Before Midnight – Castle Rock Entertainments

Tanda hubungan abusive ini bisa kamu rasakan ketika mereka mulai mengintimidasimu agar kamu takut dan tunduk kepada mereka. Itu kenapa, banyak orang yang terlambat melihat tanda hubungan abusive ini seringkali terjatuh dalam perilaku codependency. Pelaku akan membuatmu merasa tidak bisa apa-apa tanpanya. Dengan manipulasi ini, seringkali orang yang terjebak di hubungan abusive susah untuk bahkan sekedar menyadari kalau mereka ada di hubungan yang seperti itu.

 

9. Ketika mereka cemburu berlebihan dan over-protektif

Closer – Columbia Pictures

Jika smartphonemu selalu dicek setiap kali kalian bertemu, atau dia selalu mengatur pakaian dan teman-temanmu, ini merupakan salah satu bentuk tanda hubungan abusive. Meski kadang sulit untuk dihindari, kecemburuan merupakan salah satu hal yang membuat suatu hubungan menjadi toxic dan abusive. Jika kamu merasa cemburu, coba komunikasikan hal ini dengan pasanganmu. Jangan malah membatasi ruang gerak masing-masing ya.

 

10. Ketika mereka mengisolasimu dari teman dan keluargamu

Harry Cunningham – Unsplash

Lalu yang terakhir, tanda hubungan abusive yang bisa kamu temukan adalah ketika dia mulai membatasi hubunganmu dengan orang luar. Seorang pelaku dalam hubungan abusive biasanya mencoba untuk membuatmu kehilangan teman dan keluarga yang merupakan support system yang kamu miliki. Dengan ini, mereka jadi punya kontrol penuh atas dirimu dan kamu akan sulit untuk mencari bantuan.

 

Hotline Pengaduan Kekerasan di Indonesia

Jika kamu mengalami kekerasan dalam hubunganmu, kamu bisa melakukan konsultasi lewat nomor-nomor di bawah ya. Ingat, kamu tidak sendirian dan kamu berhak pulih.

  1. LBH Apik (+62 813-8882-2669)
  2. Komnas Perempuan (+62-21-3903963)
  3. Samahita Bandung (+62 812-7863-5271)

 

Jika kamu dan pasangan mulai sering berantem, coba luangkan waktu untuk masing-masing

Terkadang, dalam suatu hubungan yang sehat saja pertengkaran sering kali terjadi. Ini biasanya karena kalian juga butuh waktu sendiri bebas dari satu sama lain. Untuk itu, coba treat yourself dengan staycation  di Bobobox. Dengan pods yang nyaman, kamu bisa punya me-time yang akan membuatmu jadi makin semangat! Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya!

 

You might also like