Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mata Terasa Pegal atau Perih? Ini Dia 5 Tanda Harus Ganti Kacamata!

Cek apakah kamu merasakan salah satunya!

Bobobox.co.id — Kacamata merupakan alat bantu yang akan sangat berguna bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan. Oleh karenanya, bagi yang mengalami gangguan penglihatan, kamu tentu butuh kacamata yang nyaman.

Walaupun sudah terasa nyaman, kamu harus mengganti kacamata secara berkala. Pasalnya, sama seperti barang elektronik, kacamata pun memiliki umurnya tersendiri dan perlu diperbaharui.

Nah, berikut ini merupakan 5 tanda harus ganti kacamata yang wajib kamu ketahui. Jika sudah mulai merasakan beberapa tanda di bawah ini, sesegera mungkin untuk menyiapkan dana untuk ganti kacamata ya!

Mata Terasa Nyeri

Tanda harus ganti kacamata pertama adalah mata yang terlalu sering lelah. Saat bekerja, mata akan seperti lensa kamera di mana mata akan menyesuaikan fokusnya pada objek dengan jarak tertentu.

Nah, saat kacamatamu sudah kurang tepat untuk kondisimu, mata akan dipaksa untuk bekerja lebih keras. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi lebih mudah sakit, perih, ataupun lelah.

Tanda harus ganti kacamata tersebut akan menjadi sebuah alarm jika terjadi berulang-ulang. Jika hal tersebut terjadi, kamu diwajibkan untuk mengganti kacamatamu dengan kacamata sesuai kondisimu terkini.

@hamann via unsplash.com

Sakit Kepala

Tak hanya mata yang terasa sering nyeri saja, sakit kepala pun jadi tanda harus ganti kacamata. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada efek samping jika kamu memaksa matamu bekerja lebih keras dari seharusnya.

Salah satu yang mungkin terjadi adalah sakit kepala. Cobalah untuk memeriksakan matamu jika kamu sering merasakan sakit kepala khususnya saat diharuskan untuk bekerja dengan menatap layar dalam waktu yang lama.

Selain sakit kepala, ada indikasi lain yang harus kamu ketahui. Tanda harus ganti kacamata tersebut adalah rasa mual. Rasa mual ini bisa saja dibarengi oleh beberapa indikasi lain seperti vertiga dan penglihatan ganda.

@olly via pexels.com

Sudah Lama Tidak ke Dokter Mata

Saat mengalami gangguan penghilatan seperti mata minus atau plus, kamu akan disarankan oleh doktermu untuk memeriksa matamu setahun sekali. Cobalah ingat lagi kapan kamu terakhir kali ke dokter.

Walaupun tanpa keluhan, ada baiknya jika kamu datang secara rutin untuk memeriksa matamu setahun sekali. Jika rutin, resep kacamatamu akan jadi relatif stabil dan bisa berubah menjadi 2 hingga 3 tahun sekali.

Oleh karenanya, ingat-ingat kembali soal memeriksa mata ke dokter. Bisa jadi kamu sudah lama tidak ke dokter. Hal ini yang menyebabkan timbulnya salah satu tanda harus ganti kacamata ini.

tanda harus ganti kaca mata dokter mata
@shvetsa via pexels.com

Sering Mengubah Tampilan Monitor

Saat bekerja, kamu mungkin akan beberapa kali mengubah tampilan layar monitormu. Hal ini ditujukan agar kamu bisa melihat dengan jelas gambar ataupun huruf yang tampil pada layar monitor.

Namun, jika kamu terlalu sibuk untuk mengubah tampilan monitor, masalahnya bisa jadi bukan pada setting layar monitormu. Hal tersebut mungkin saja berkaitan dengan tanda harus ganti kacamata.

Kacamatamu mungkin sudah tak sesuai dengan kondisimu saat ini apakah itu penambahan plus dan minusnya. Oleh karena itu, perhatikan baik tanda harus ganti kacamata yang satu ini ya!

@olly via pexels.com

Memicingkan Mata

Tanda harus ganti kacamata terakhir adalah terlalu sering memicingkan mata. Memicingkan mata adalah cara mata dalam menyesuaikan mekanisme fokus untuk melihat objek agar terlihat lebih jelas.

Orang yang mengalami gangguan penglihatan biasanya akan secara refleks memicingkan mata untuk melihat suatu objek. Nah, jika kamu masih melakukannya saat menggunakan kacamata, berhati-hatilah.

Kemungkinan besar hal tersebut adalah tanda harus ganti kacamata. Pasalnya, kacamatamu sudah tidak bisa membantumu dalam melihat suatu objek dengan jarak tertentu secara lebih jelas.

@bhoogenboom via unsplash.com

Itulah tanda harus ganti kacamata yang mungkin bisa jadi pertanda bagimu nantinya. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like