Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Daun Kelor, Ini Dia Tanaman-Tanaman yang Sering Dihubungkan dengan Unsur Mistis

Apa kamu memilikinya di rumah?

Hal-hal berbau mistis atau gaib masih sangat melekat dalam budaya masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah kepercayaan terhadap sejumlah tanaman yang dianggap berbau mistis baik itu sebagai penanda kehadiran makhluk halus atau sebagai tameng terhadap makhluk tak kasat mata tersebut.

Contoh yang paling cukup dikenal adalah tanaman mistis daun kelor yang dipercaya dapat mengalahkan kekuatan mahluk halus seperti mengsuir jin serta menghalau guna-guna dan ilmu hitam. Selain daun kelor, tentu masih banyak tanaman lainnya yang diangap sebagai tanaman mistis. Apa saja tanaman mistis itu? Yuk intip informasinya!

Bambu Kuning

via artikel.rumah123.com

Bambu kuning sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman mistis. Kamu mungkin masih ingat saat dulu isu kolor ijo merebak di Indonesia, banyak masyarakat yang menempelkan bambu itu di depan pintu rumah untuk mencegah mahluk tersebut memasuki hunian mereka.

Menurut kepercayaan orang dulu sendiri, tanaman mistis ini bisa dimanfaatkan sebagai pagar gaib sehingga kamu terlindung dari serangan gaib seperti pelet dan santet ataupun makhluk halus seperti jin dan dedemit. Selain ditanam di sekitar rumah, bambu kuning bisa dibuat menjadi pagar atau kursi untuk melindungi penghuni rumah dari gangguan orang-orang yang tidak menyukai mereka.

Tak hanya itu, bambu dengan batang yang lebih kecil ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai:

  • Penetral energi negatif sehingga hantu enggan mendekat, rezeki mengalir deras atau menghindarkan rumah dari pencurian
  • Penangkal makhluk halus yang berwujud ular
  • Jimat keberuntungan (biasanya disimpan di dalam dompet, saku atau dibuat kalung liontin)

BACA JUGA: Ini Dia 7 Benda Pembawa Sial Dan Artinya Di Rumah Yang Harus Segera Disingkirkan! Yuk, Simak Alasannya!

Bunga Melati

@wrsstudio via Unsplash

Kamu pasti sudah sering mendengar mitos tentang bunga melati yang membuatnya dianggap sebagai tanaman mistis. Meski aromanya yang harum disukai banyak orang, kemunculan wangi bunga melati yang tiba-tiba justru bisa menjadi pertanda kehadiran makhluk halus di sekitar kamu terutama saat suasan gelap dan sepi.

Jika dimakan, tanaman mistis satu ini dipercaya dapat memikat seseorang serta membuat orang yang memakannya awet muda. Tidak hanya itu, bunga putih perlambang kesucian ini kabarnya kerap digunakan untuk sesajen dan praktik ilmu gaib. Menurut mitos yang beredar, bunga melati  sangat disukai oleh Nyi Roro Kidul . Karenanya, orang yang ingin dekat dengan sanga Ratu Pantai Selatan biasanya akan memakan bunga tersebut dengan tambahan ritual-ritual khusus.

BACA JUGA: Percantik Hidangan Makanan Dan Minumanmu Dengan Jenis-Jenis Edible Flower Berikut Ini

Daun Bidara

via anthrome.wordpress.com

Tanaman bernama bidara juga sangat identik dengan hal-hal berbau mistis. Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman mistis satu ini dipercaya ampuh mengusir jin dan setan. Maka dari itu, bidara pun kerap dimanfaatkan untuk kegiatan rukiah karena diyakini dapat menangani berbagai masalah yang ditimbulkan oleh jin serta menangkal sihir seperti santet, guna-guna, dan pelet.

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu biasanya dianjurkan untuk mengambil daun bidara dalam jumlah ganjil. Daun kemudian dimasukkan ke dalam air. Hal ini akan dibarengi dengan bacaan doa serta surat-surat seperti Al-Fatihah, ayat Kursi, dan lainnya. Air itu akan diminum oleh orang yang terkena gangguan jin atau dicipratkan ke pojok-pojok rumah atau tempat yang dirasa mengalami banyak gangguan.

Bunga Sedap Malam

via gardeningknowhow.com

Sama halnya dengan bunga melati, aroma bunga sedap malam yang semerbak dipercaya sebagai tanda kedatangan makhluk halus. Hal ini sendiri berkaitan dengan aktivitas bunga yang memang mekar di malam hari sehingga sering kali dihubungkan dengan makhluk gaib yang juga aktif setelah gelap.

Selain sebagai penanda kehadiran hantu, tanaman mistis satu ini juga dapat digunakan sebagai media untuk memanggil arwah oleh mereka yang mendalami ilmu hitam. Karenanya, bunga sedap malam kerap hadir di rumah paranormal atau dukun. Tidak hanya itu, bunga sedap mala mini kabarnya juga termasuk salah satu bunga favorit Nyi Roro Kidul. Karenanya, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Selatan dianjurkan untuk membawa serta bunga tersebut.

Pohon Gaharu

via bisnis.com

Selain terkenal sangat mahal, pohon gaharu juga termasuk tanaman mistis yang tidak mudah ditemukan. Menurut mitos yang beredar, pohon gaharu biasanya memiliki penjaga gaib. Karena itu, para pencari pohon tersebut harus bersabar dan meluruskan niat baik saat mereka tengah mencari keberadaannya. Bisa saja pohon tersebut tidak berhasil ditemukan, namun sebenarnya ada di dekat mereka. Setelah ditemukan pun, belum tentu mereka bisa mendapatkan inti batang yang berwarna kehitaman dan memang menjadi incaran karena bernilai tinggi.

Lebih lanjut, banyak masyarakat percaya bahwa pohon satu ini dapat menangkal jin dan nasib sial. Selain itu, pohon gaharu juga seringkali digunakan dalam upacara adat dengan cara membakarnya. Kayu yang terbakar akan menghasilkan aroma yang dipercaya dapat menghubungkan dunia manusia dengan dunia spiritual.

Wijaya Kusuma

via harapanrakyat.com

Wijaya Kusuma merupakan tanaman sukulen yang juga dianggap sebagai tanaman mistis. Tanaman satu ini dianggap sebagai bunga para raja dan ratu di masa lalu karena kelangkaan serta kesulitan dalam mendapatkannya. Tanaman satu ini juga dipercaya sebagai salah satu tanaman favorit Nyi Roro Kidul. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Jawa yang beranggapan bahwa Wijaya Kusuma memang khusus diciptakan sebagai sesajen untuk penguasa Pantai Selatan tersebut.

Mitos gaib lainnya tentang tanaman satu ini adalah kepercayaan bahwa Wijaya Kusuma merupakan anak dari seorang wanita yang terjun ke laut lalu menikah dengan makhluk gaib. Anak tersebut menderita kecacatan dan hadir dalam bentuk bunga Wijaya Kusuma yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi anak cacat. Selain itu, Wijaya Kusuma juga disebut-sebut digunakan sebagai ajimat dan bisa digunakan untuk pengobatan hingga menghidupkan orang mati.

BACA JUGA: Suka Memelihara Sukulen? Ketahui Jenis-Jenis Sukulen Yang Unik Dan Tidak Biasa Berikut Ini  

Pohon Beringin

via tokopedia.com

Selain gaharu, beringin juga dianggap sebagai tanaman mistis nan keramat terutama jika umurnya sudah ratusan tahun. Sejak dulu, pohon ini memang dipercaya menjadi rumah bagi para makhluk halus. Karena itu, tidak sedikit orang menghindari melewati pohon satu ini terutama di malam hari. Dipadukan dengan suasana rindang, batang besar dan juntaian akarnya yang memanjang, pohon perlambang sila ketiga ini semakin menguarkan hawa mistis yang kerap kali membuat orang yang berada di dekatnya merinding.

Karena kepercayaan tersebut, beredar juga larangan untuk kecing di pohon beringin. Jika nekat melakukan hal tersebut, orang-orang beranggapan bahwa para penunggu pohon akan marah kemudian menimbulkan sawanen atau kesakitan akibat gangguan makhluk halus pada pelaku kencing. Selain itu, pohon ini juga tidak boleh ditebang karena dipercaya dapat menimbulkan kesialan. Bergelatungan pada akar yang menjuntai pun dianggap tidak baik karena akan membuat orang tersebut tidak mandiri dan lebih bergantung pada orang lain.

Kaktus

@nelsonflores via Unsplash

Kaktus adalah tanaman mistis lainnya yang dipercaya dapat menangkal gangguan jin, setan, hingga santet. Kemampuannya untuk menarik energi positif dan menyebarkannya lewat tanah disebut-sebut membuat makhluk halus enggan mendekat. Selain itu, kaktus ini juga dianggap dapat mengundang rezeki ke dalam rumah kamu.

Mau menginap di hotel tapi takut tempatnya horor? Ke Bobobox saja yuk! Dengan desainnya yang simple dan futuristik, hotel kapsul satu ini jauh banget dari kesan angker. Selain itu, Bobobox juga menawarkan berbagai fasilitas menarik dan canggih sehingga pengalaman menginap kamu terasa menyenangkan dan jauh dari kata seram.

Ada keyless access, Wi-Fi kencang di seluruh area Bobobox, Bluetooth speaker, moodlamp untuk pengaturan warna cahaya dalam pod, dan masih banyak lagi. Tertarik kan? Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like