Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Percantik Tamanmu Dengan Berbagai Tanaman yang Mengundang Kupu-Kupu Berikut Ini

Penuh dengan bunga dan kupu-kupu

Menghadirkan taman merupakan salah satu cara untuk mempercantik sekaligus menyegarkan suasana halaman rumah. Tidak perlu susah-susah, kamu hanya perlu menambahkan sejumlah tanaman bunga agar suasana sekitar menjadi penuh warna dengan aroma menyenangkan. Bukan hanya itu, kehadiran bunga juga dapat menarik dan mengundang kupu-kupu, lho.

Kehadiran kupu-kupu ini juga bisa menjadi salah satu upaya untuk pelestarian lingkungan. Di tengah banyak kerusakan alam, keberadaan para hewan penyerbuk termasuk kupu-kupu juga berada dalam ancaman. Karena itu, tidak ada salahnya ikut ambil bagian kecil dalam penyelamatan lingkungan dengan menghadirkan tanaman mengundang kupu-kupu di sekitar rumah kamu.

Lalu, bunga apa saja sih yang tentunya cantik dan termasuk tanaman mengundang kupu-kupu? Simak uraiannya berikut ini!

Lantana

lantana, tanaman mengundang kupu-kupu
@nguyenthienlong/Pixabay

Jika kamu ingin tanaman mengundang kupu-kupu, salah satu pilihan yang tepat adalah bunga lantana. Bunga satu ini merupakan gerombolan bunga kecil dengan berbagai warna dalam satu tangkai.

Lantana sendiri menjadi favorit kupu-kupu yang tengah mencari makan  di siang hari terutama karena struktur bunganya. Kelopak bunga lantana bisa menjadi pijakan saat serangga bersayap lebar ini mengisap nektar bunga.

Jenis tanaman satu ini mudah tumbuh dan bisa bertahan di kondisi kering setelah tertanam dengan kokoh. Dengan kata lain, dia masih bisa bertahan meski hanya mendapat sedikit asupan air. Perawatannya juga sederhana. Kamu hanya perlu mengairi tanaman yang baru ditanam secara rutin untuk memastikan perkembangan akarnya.

Matahari

matahari, tanaman mengundang kupu-kupu
@ulleo/pixabay

Bunga matahari juga bisa menjadi pilihan jika kamu ingin tanaman mengundang kupu-kupu ke taman kamu. Seperti yang kamu tahu, bunga satu ini memiliki ukuran besar dan warna kuning cerah yang sudah tentu bisa menarik perhatian siapa saja, temasuk kupu-kupu dan lebah.

Selain bunganya yang indah, daun bunga matahari juga menjadi sumber makanan yang baik untuk ulat, yaitu masa sebelum berubah menjadi kupu-kupu. Bukan Cuma itu, kamu juga mendapat bonus biji bunga matahari yang terkenal memiliki manfaat kesehatan. Di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi inflamasi. Daunnya juga menjadi sumber makanan ulat yang baik.

Lavender

lavender, tanaman mengundang kupu-kupu
@paulinejurkevicius/Unsplash

Tak hanya menjadi favorit pekebun, lavender juga termasuk tanaman mengundang kupu-kupu. Bunga satu ini terkenal dengan aroma menenangkan yang menarik semua jenis hewan penyerbuk termasuk lebah dan kupu-kupu, namun ternyata dibenci nyamuk. Karena itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai ‘pagar’ agar nyamuk enggan bertamu di rumah.

Perlu diingat, kupu-kupu biasanya tidak  suka menhampiri bunga yang kerap terkena paparan pestisida atau  pupuk kimia. Selain akan membunuh ulat, kandungan bahan kimianya juga bisa meracuni kupu-kupu. Maka dari itu, semakin alami taman yang kamu punya, semakin banyak kupu-kupu yang tertarik untuk datang.

Selain itu, lavender juga menghasilkan bunga cantik berwarna ungu yang tumbuh bertandan. Tanaman satu ini biasanya tumbuh subur di tanah yang lebih kering dengan kelembapan rendah. Menurut ahli tanaman Costa Farms, bunga lavender mekar memilki warna lebih gelap dan yang baru terbuka biasanya mengeluarkan aroma paling kuat.


Baca Juga: Rumahmu Banyak Nyamuk? Tanam Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Berikut Ini!


Daun Seribu

@hannahw_30/Unsplash

Yarrow atau daun seribu bisa menjadi pilihan lain saat kamu mengingikan tanaman mengundang kupu-kupu. Daun seribu ini memiliki bunga majemuk yang muncul di ujung batang . Biasanya ada sekitar 15-40 kuntum bunga per batang yang tersusun dalam bentuk bundar.

Bunganya yang lebat tersebut menawarkan tempat pendaratan yang bagi kupu-kupu yang mengisap nektarnya. Warna yang ditawarkan juga beraneka ragam, ada kuning, pink hingga warna putih yang kerap menjadi favorit serangga tersebut saat tengah mencari makan menjelang sore hari. Termasuk tanaman liar, daun seribu cukup mudah dirawat dan dapat hidup di tanah yang kering. Selain itu, tanaman ini biasanya menyukai sinar matahari penuh.

Aster

@japczy/Unsplash

Pilihan lain agar tanaman mgnundang kupu-kupu ke taman kamu adalah bunga aster. Hadir dengan warna ungu hingga merah jambu ceria, kehadiran bunga aster sudah tentu menarik perhatian serangga yang lewat, terutama kupu-kupu.

Sama halnya seperti lantana, bunga yang berbentuk seperti bunga daisy ini menjadi favorit kupu-kupu karena struktur bunganya yang bisa menjadi pijakan saat mengisap nektar. Selain sebagai sumber nektar, aster juga bisa menjadi tanaman induk untuk sejumlah spesies ulat. D engan menanam bunga ini, kamu bisa memanen berbagai generasi kupu-kupu dari tahun ke tahun.

Putri Malu

putr malu, tanaman mengundang kupu-kupu
@ddgfoto/Unsplash

Jika kamu suka bunga liar, putri malu bisa menjadi pilihan tanaman mengundang kupu-kupu ke taman kamu. Tanaman satu ini merupakan jenis perdu pendek yang tumbuh menjalar. Batangnya berduri kecil sementara daunnya memiliki keunikan dapat menutup atau layu saat tersentuh, tertiup atau saat ada sedikit cahaya.

Hal itulah yang menjadikannya sosok putri malu. Daun tersebut biasanya kembali pada keadaan semula setelah beberapa menit. Sementara itu, bunganya berbentuk bulat kecil seperti pompom dengan warna merah muda yang cantik. Bulatan tersebut sebenarnya terdiri dari banyak bunga kecil yang tidak kentara dan membentuk globe kecil berukuran sekitar 2 cm. Selain menjadi sumber nektar, putri malu juga merupakan tanaman induk bagi ulat.


Baca Juga: Ingin Menghias Rumahmu Dengan Tema Halloween? Simak Tanaman Unik Yang Cocok Untuk Dekorasi Halloween Berikut Ini!


Bunga Pukul Empat

tanaman mengundang kupu-kupu pukul empat
via klikhijau.com

Ingin tanaman mengundang kupu-kupu ke taman kamu? Bunga pukul empat bisa menjadi salah satu pilihannya. Tanaman dengan nama lain Mirabilis jalapa dan four o’clock flower ini memiliki bunga berbentuk treompet dengan warna cerah yang menjadi daya tarik bagi kupu-kupu. Di antaranya adalah putih, kuning, pink hingga magenta.

Penamaan pukul empat tentu bukan tanpa alasan. Bunga satu ini memang biasanya mekar di sore atau senja hari, yaitu sekitar pukul 16.00-18.00. Saat mekar, bunga tersebut akan menguarkan aroma harum yang manis dan lembut dan bertahan sepanjang malam. Bunga kemudian akan menutup kembali kelopanya di pagi hari.

Kembang Sepatu

@kellysikkema/Unsplash

Kembang sepatu merupakan tanaman hias populer sekaligus jenis tanaman mengundang kupu-kupu. Tanaman satu ini hadir dengan berbagai warna menarik, seperti ungu, kuning, putih, oranye, merah muda, merah dan biru. Kamu bisa kamu jumpai dengan mudah di banyak pekarang rumah warga terutama dalam warna merah muda atau merah cerah.

Penamaan kembang sepatu sendiri tidak ada hubungan dengan warna maupun bentuknya. Hal ini lebih berkaitan dengan getah pada kelopak bunga yang bisa digunakan untuk mengembalikan kilau pada sepatu.

Bunga Marigold

via mongabay.co.id

Pilihan lain agar tanaman mengundang kupu-kupu adalah dengan menambahkan marigold, tagetes atau gumitir di taman bunga kamu. Sama halnya seperti lavender, marigold ini mengeluarkan aroma yang disukai kupu-kupu, namun begitu dibenci oleh nyamuk.

Marigold memiliki bunga berwarna kuning atau oranye cerah dengan bentuk sedikit membulat dan gemuk dan kelopak yang bertumpukkan. Kelopak tersebut juga menjadi favorit kupu-kupu karena memberi mereka pijakan saat mengisap nektarnya.


Baca Juga: Hijaukan Kembali Bumi Dengan Jenis-Jenis Pohon Terbaik Untuk Penghijauan Berikut Ini!


Zinnia

Benigno Hoyuela/Unsplash

Seperti kebanyakan bunga lain, zinnia juga memiliki bunga dengan berbagai warna seperti kuning, oranye, merah muda, pink pudar dan bahkan putih susu. Bentuk bunganya melingkar dengan kelopak yang bertumpuk menjadi satu.

Warna-warna cerah tersebut menjadi daya tarik bagi kupu-kupu untuk mendekat. Selain itu, struktur kelopaknya juga memudahkan serangga bersayap lebar itu untuk menyesap nektar sang bunga. Kupu-kupu sendiri biasanya lebih menyukai zinnia yang tinggi serta bagian tengah bunga yang berwarna kuning dan terlihat jelas. Jika tidak tampak, kupu-kupu biasanya akan melewatkan bunga tersebut.

Kenikir

@leeqin/Unsplash

Pilihan berikutnya agar tanaman mengundang kupu-kupu adalah bunga kenikir atau cosmos. Bunga satu ini memiliki batang tinggi dan berbentuk seperti bunga daisy. Warnanya juga cukup beragam mulai dari pink, oranye, merah, kuning, putih dan maruh dengan bagian tengah berwarna kuning.

Kedua kondisi tersebut membuat bunga kenikir mekar menjadi incaran para serangga termasuk kupu-kupu, lacewing, hoverflies, tawon parasit, hingga lalat tachinid. Kondisi tersebut tak hanya membantu penyerbukan, tetapi juga ampuh mengendalikan serangga hama.

Tenangkan Diri di Bobocabin!

Butuh suasana menyejukkan untuk menenangkan diri dari kepenatan? Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat. Masih bagian dari Bobobox, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Meski berada di tengah alam, jangan khawatir soal masalah internet. Bobocabin juga dilengkapi dengan Wi-Fi kencang yang siap menemani ketenangan di tengah sejuknya alam. Pilihannya juga cukup banyak. Kamu bisa menyambangi Bobocabin di kawasan Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani dan Gunung Mas. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like