Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Rumahmu Banyak Nyamuk? Tanam Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Berikut Ini!

Bukan cuma hobi, tanaman hias juga bisa jadi pengusir nyamuk

Memangnya ada tanaman hias pengusir nyamuk? Eits, jangan salah sangka. Banyak orang mengoleksi tanaman hias bukan hanya karena hobi.

Tanaman hias juga memiliki manfaat yang beragam. Salah satunya adalah sebagai pengusir nyamuk. Nah, kalau kamu sering terganggu dengan kehadiran serangga yang satu ini, mengoleski tanaman hias pengusir nyamuk mungkin bisa jadi solusi. Penasaran apa saja? Simak terus di sini ya.

Ageratum

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Bánh Bao Chiên on Unsplash

Apabila dilihat dari bentuknya, Ageratum sangat cocok diletakkan di dalam ruangan sebagai hiasan.
Tanaman hias pengusir nyamuk ini tidak membutuhkan banyak tanah dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh dan sebagian.

Bunganya bsia menghasilkan kumarin, bahan kimia yang digunakan untuk membuat pengusir nyamuk komersial. Bau yang dikeluarkan sangat tidak disukai nyamuk sehingga membuat ageratum tanaman hias pengusir nyamuk alami.

Jika kamu ingin bau yang lebih menyengat, kamu bisa menghancurkan daunnya dan meletakkannya di dekat tempat yang banyak nyamuk.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Bruxisme Dan Dampaknya Bagi Kesehatanmu

Chrysanthemum

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Callum Skelton on Unsplash

Nyamuk cenderung tidak menyukai bau chrysanthemum. Jadi, kamu bisa menggunakan ini sebagai tanaman hias pengusir nyamuk alami.

Tanaman ini mudah dirawat. Kamu bisa menanamnya di taman atau di dalam rumah selama mendapatkan cukup sinar matahari.

Chrysanthemums adalah tanaman hias pengusir nyamuk yang memiliki bunga yang mirip aster. Tidak hanya nyamuk, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir serangga lain seperti tungau, laba-laba dan semut.

Bee balm

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Phillip Larking on Unsplash

Bee balm adalah tanaman hias pengusir nyamuk yang dikenal juga dengan nama horsemint. Pasalnya, tanaman ini masih berada dalam keluarga min dan aromanya bisa menutupi aroma lain yang menarik nyamuk.

Kamu tidak perlu khawatir lupa menyiram tanaman ini karena bee balm mampu bertahan di daerah kering dan berpasir dengan cukup baik.

BACA JUGA: Ayo Nostalgia Masa Kecil Dengan 7 Episode Tom & Jerry Paling Seru Ini!

Catnip, tanaman hias pengusir nyamuk

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Dim Hou on Unsplash

Tanaman hias pengusir nyamuk ini sangat disukai kucing. Hewan peliharaanmu bisa berguling dan menjadi agresif jika dekat dengan catnip.

Kabar baiknya, catnip bisa membuat nyamuk pergi. Bahkan, konon tanaman hias pengusir nyamuk ini sepuluh kali lebih efektif mengusir nyamuk daripada obat nyamuk.

Sama seperti tanaman hias pengusir nyamuk lainnya, aroma catnip dipercaya mampu mengusir nyamuk. Jika kamu ingin membuatnya sebagai obat oles, kamu bisa menghancurkan dauunya dan mengolesinya ke tangan.

Citronella

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Citronella adalah tanaman hias pengusir nyamuk yang banyak digunakan untuk membuat obat anti nyamuk komersial. Aromanya sangat kuat dan efektif menutupi aroma yang menarik nyamuk di rumahmu.

Selain sebagai tanaman hias, kamu bisa membuat citronella sebagai bahan dasar lilin aromaterapi. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk.

Merawat tanaman hias pengusir nyamuk ini tidaklah sulit. Citronella bisa kamu letakkan di mana saja di rumah asalkan mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Lantana camara

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by rminedaisy ❊ on Unsplash

Lantana camara adalah tanaman hias pengusir nyamuk yang terbukti efektif. Bahkan, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan pengusir nyamuk tanaman ini.

Cara menggunakan lantana camara sebagai pengusir nyamuk sangatlah mudah. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di area yang sering digunakan seperti teras dan pintu masuk.

Selain itu, kamu juga bisa memotong tangkainya untuk ditambahkan ke karangan bunga. Daunnya juga dapat dijemur selama beberapa hari, ditumbuk, dan kemudian dibakar sebagai pengusir nyamuk alami.

Akan tetapi, jangan gosokkan tanaman hias pengusir nyamuk ini ke tangan karena bisa menyebabkan iritasi.

Lavender

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Claire Gray on Unsplash

Lavender adalah tanaman hias pengusir nyamuk yang mudah ditemukan di mana-mana. Bahkan, obat pengusir nyamuk pun banyak yang menggunakan lavender sebagai bahan dasarnya.

Bunga lavender yang dihancurkan bisa menghasilkan aroma dan minyak yang dapat mengusir nyamuk, terutama nyamuk dewasa.

Lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik. Artinya selain mencegah gigitan nyamuk, bisa menenangkan dan menyejukkan kulit.

Selain itu, lavender juga mudah untuk dirawat. Tanam lavender di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Siram tanaman dalam-dalam tetapi jangan terlalu sering. Lakukan ketika tanah hampir kering saja. Kemudian, pangkas setiap tahun segera setelah mekar.

Marigold

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by J K on Unsplash

Pyrethrum adalah senyawa yang bisa mengusir banyak serangga dan senyawa tersebut dapat ditemukan di marigold. Karena hal tersebut, tanaman hias pengusir nyamuk ini juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pengusir nyamuk.

Tanaman ini hanya perlu diletakkan di posisi strategis seperti di sekitar rumah dan di halaman belakang. Jika kamu tidak memiliki lahan terbuka untuk menanam, kamu bisa menanam tanaman hias pengusir nyamuk ini di ember kecil.

BACA JUGA: Ini Dia Fakta Bunga Marigold, Bunga Kelahiran Bulan Oktober

Petunia

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Irina Iriser on Unsplash

Petunia adalah salah satu pestisida alam terbesar. Bukan hanya sebagai tanaman hias pengusir nyamuk, petunia juga bisa digunakan untuk menghalau kutu daun, ulat tanduk, kumbang, wereng, dan serangga yang mengganggu kebun kamu.

Merawat petunia membutuhkan penyiraman secara teratur dan sinar matahari sebanyak mungkin untuk menghasilkan banyak bunga.

Pennyroyal

tanaman hias pengusir nyamuk
Photo by Mitchell Luo on Unsplash

Tak heran jika pennyroyal memiliki nama lain tanaman hias pengusir nyamuk. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di mana saja. Bisa di luar rumah, di dalam rumah, di halaman, atau di kamar.

Dengan menyimpan vas pennyroyal segar, kamu bisa membunuh nyamuk yang ada dan mengusir nyamuk yang baru datang.

Selain itu, kamu juga bisa menghancurkan batang pennyroyal untuk dibawa saat bepergian, berkemah, atau saat berada di area yang dipenuhi nyamuk seperti hutan dan kolam untuk mengusirnya.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Desa Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi. Cocok Buat Tenangkan Diri

Car tempat menginap yang nyaman dan terjangkau? Di Bobobox aja!

Kamu sudah siap untuk liburan? Nggak usah bingung mikirin penginapan. Kan ada Bobobox. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres.

Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like