Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tanaman Hias yang Cocok untuk Pembersih Udara di Rumah

Yuk rawat beberapa tanaman berikut ini untuk membersihkan udara di rumah!

Rumah menjadi tempat kamu dan keluarga beristirahat. Kenyamanan saat tinggal di rumah menjadi penting karena akan mempengaruhi kesehatan penghuninya. Rumah yang nyaman, bersih, dan rapi membuat penghuninya merasa betah dan bahagia. Tidak terkecuali masalah udara di rumah juga mempengaruhi kesehatan penghuninya. Terutama jika rumah kamu berada di pinggir jalan yang langsung terpapar polusi dari kendaraan, asap industri, rokok, dan masih banyak lagi.

Gak mau dong kamu dan keluarga menjadi rentan terkena penyakit karena udara di dalam rumah yang tidak bersih? Agar kesehatan kamu dan keluarga terlindungi, Bob sarankan kamu untuk menggunakan pembersih udara di dalam rumah. Jika dirasa harga mesin air purifier yang di jual di pasaran terlalu mahal untuk kamu, kamu bisa manfaatkan beberapa tanaman untuk membersihkan udara seperti berikut ini!

Merawat Bunga Krisan atau Chrysanthemum di Rumah

tanaman hias untuk rumah

Chrysanthemum atau sering disebut bunga Krisan dan Seruni ini merupakan salah satu tanaman cantik yang bisa kamu rawat di rumah untuk membersihkan udara. Menurut penelitian, bunga Krisan memiliki kemampuan untuk menyerap beberapa jenis polutan berbahaya dari udara seperti benzena (kandungan yang biasa ada dalam bensin), formalin/formaldehyde, amonia, dan xylene.

Selain mampu membersihkan udara, bunga ini dikenal memiliki bentuk dan warna yang cantik sehingga dapat menghiasi rumah. Jangan lupa untuk selalu memastikan bunga krisan milik kamu mendapatkan sinar matahari yang cukup agar bisa berbunga dengan cantik. Bunga ini juga dikenal sebagai bunga nasional negara Jepang.

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini terkenal memiliki banyak manfaat terutama bagi kecantikan. Tak jarang aloe vera ini dikemas dalam bentuk jelly untuk kemudian dikonsumsi. Aloe vera atau dikenal sebagai lidah buaya ini sering digunakan sebagai bahan untuk menyuburkan rambut sejak daman dahulu bahkan dari zaman jazirah Arab. Tak heran jika kamu pasti akan sering menemukan beberapa produk shampoo yang dijual di pasaran mengandung bahan dari lidah buaya.

tanaman hias untuk rumah

Selain itu tanaman ini pun memilki fungsi untuk melembabkan kulit dan menenangkan kulit yang iritasi terutama saat terpapar sinar matahari. Oleh karena itu aloe vera pun sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk skin care atau perawatan kulit agar kulit senantiasa lembab dan sejuk. Tanaman ini bernama lidah buaya karena bentuk daunnya yang bergerigi dan runcing di setiap sisinya.

Selain berbagai manfaat lidah buaya bagi kecantikan, faktanya lidah buaya ini bisa kamu manfaatkan juga untuk membersihkan udara di dalam rumah lho! Lidah Buaya memiliki kemampuan menyerap benzena, formalin, dan beberapa jenis bahan kimia lainnya di udara. Perawatan lidah buaya ini cukup mudah dan tidak merepotkan. Kamu hanya perlu sesekali membawa tanaman lidah buaya ini keluar rumah agar terkena sinar matahari dan disiram seminggu atau dua minggu sekali.

Boston Ferns (Pakis)

tanaman hias untuk rumah

Kamu pasti sudah cukup familiar dengan tanaman yang satu ini. Tanaman bernama pakis ini cukup mudah kamu temukan dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tanaman ini tidak sulit untuk dirawat dan bisa ditempatkan di mana saja. Jika kamu tempatkan tanaman pakis ini di dalam rumah maka tanaman ini dapat berfungsi sebagai tanaman hias yang mampu membersihkan udara.

Selain membersihkan udara, tanaman pakis ini pun memiliki kemampuan untuk melembabkan udara di sekitar. Hal ini yang menjadikan tanaman pakis ini cocok untuk dirawat oleh kamu yang cenderung memiliki kulit kering dan berbagai masalah lain yang berkaitan dengan cuaca dingin.

Berdasarkan penelitian dari NASA, tanaman pakis ini mampu menghilangkan formaldehida di udara dengan efektif. Oleh karena itu tidak salah jika Bob jadikan tanaman pakis ini sebagai salah satu tanaman hias pembersih udara terbaik yang bisa kamu pilih.

Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)

tanaman rumah

Tanaman ini bernama gerber daisy atau dikenal dengan nama hebras. Nama tanaman Gerber Daisy ini diambil dari nama seorang ahli botani asal Jerman bernama Trauggott Gerber pada tahun 1700-an. Tanaman ini berasal dari kawasan di Afrika dan memiliki kemampuan menyerap senyawa trichloroethylene yang biasa dihasilkan oleh sabun untuk mencuci di rumah. Oleh karena itu akan lebih efektif jika kamu simpan tanaman hebras ini di sekitar rumah yang biasa kamu gunakan untuk mencuci pakaian.

Sansevieria Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua)

Kamu mungkin terheran-heran mengapa tanaman ini memiliki nama lidah mertua. Beberapa orang juga ada yang menyebutnya dengan nama lidah ular. Tanaman ini memiliki bentuk yang kaku memanjang dan cenderung runcing di bagian ujung daun. Tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan energi positif dalam bentuk kemakmuran, kepandaian, dan panjang umur menurut tradisi bangsa Cina.

tanaman rumah
@liputan 6

Mungkin bagi sebagian orang tanaman ini kurang bisa disebut sebagai tanaman hias karena bentuknya yang biasa karena umum ditemukan di Indonesia. Namun jika kamu merawatnya di dalam pot yang cantik dan dirawat dengan telaten maka tanaman ini akan tumbuh dengan cantik dan segar. Pokoknya dijamin deh gak akan kalah cantik sama tanaman hias lainnya!

Sama seperti tanaman-tanaman lainnya yang Bob jelaskan di atas, tanaman lidah mertua ini pun mampu membersihkan udara. Tanaman ini secara efektif mampu menyerap berbagai jenis polutan dari udara seperti karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin. Kerennya lagi cukup dengan 5 hingga 6 helai daun tanaman lidah mertua dewasa cukup untuk membersihkan udara di rumah sampai 100 m3!

Lili Paris (Spider Plant alias Chlorophytum Comosum)

Lili Paris merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Saking umumnya, tak banyak orang tahu bahwa tanaman yang satu ini memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dalam rumah. Harga tanama ini terbilang murah namun tanaman ini tidak murahan. Tanaman ini memiliki nama spider plant dikarenakan bentuk daun tanaman ini terlihat seperti tungkai laba-laba dengan posisi daunnya yang menyebar ke segala arah.

@hirts.com

Tanaman laba-laba ini faktanya mampu menyaring beberapa senyawa di udara seperti benzena, formalin, karbon monoksida dan xylene. Jika kamu tidak memiliki cukup ruang untuk menaruhnya di atas lantai, kamu bisa siasatinya dengan menggantung tanaman ini di dalam rumah.

Tanaman ini cocok untuk dirawat oleh kamu yang memiliki banyak kesibukan karena tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini 2 minggu sekali dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Sudah bisa memutuskan akan merawat tanaman yang mana untuk mempercantik sekaligus membersihkan udara di rumah kamu?

Rumah yang nyaman membuat kamu dapat beritirahat dengan maksimal senyaman menginap di Bobobox. Gak perlu khawatir menginap dengan suasana pengap, kamu dapat bernafas secara nyaman lho saat menginap di hotel kapsul Bobobox! Berani mencoba? Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang!

Leave A Reply

Your email address will not be published.