Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Si Merah Merona: 7 Tanaman Hias Berwarna Merah untuk Suasana Rumah yang Lebih Terang dan Romantis

Si Merah yang Bikin Cerah dan Betah

Selain memperhatikan kebersihan, kerapihan, serta pemilihan perabotan unik dan warna dinding, kehadiran tanaman hias juga dapat membantu mempercantik keseluruhan tampilan rumah kamu. Tanaman sendiri umumnya identik dengan warna hijau yang menyegarkan karena kandungan klorofil atau zat hijau daun di dalamnya.

Selain klorofil atau zat hijau daun, beberapa tanaman ternyata memiliki pigmen warna lain seperti merah, kuning, ungu, oranye, biru dan sebagainya. Untuk warna merah, ungu, biru, dan magenta, antosianin adalah zat yang berperan di baliknya. Warna-warna itu sendiri bisa muncul pada daun, buah, bunga, akar, umbi, dan bagian lainnya. Semantara itu, untuk warna oranye dan kuning masing-masing disebabkan oleh zat karoten dan xantofil.

Dengan adanya berbagai pigmen warna pada tumbuhan, kamu tentunya memiliki cukup banyak alternatif warna untuk membuat suasana rumah menjadi lebih terang dan bahkan romantis. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih tanaman hias dengan warna yang cerah dan meriah, misal dengan menggunakan tanaman hias merah. Sudah pasti cerah dan bikin kamu betah di rumah!

Masih bingung menentukan apa saja yang mau kamu tanam? Berikut tujuh tanaman hias merah yang bisa kamu coba untuk mencerahkan rumah kamu!

Mawar

@niki_mir via Unsplash

Terkenal sebagai bunga perlambang cinta dan romantisme, pesona mawar merah memang sudah tidak diragukan lagi. Warna merahnya yang cantik dan mencolok serta aromanya yang memanjakan indra penciuman menjadi daya tarik yang tidak terbantahkan dari tanaman hias merah satu ini.

Penanaman serta perawatannya pun terbilang sederhana. Bunga mawar ini bisa kamu tanam baik di dalam pot ataupun langsung di tanah. Kemudahan lainnya dari tanaman hias merah ini adalah kamu bisa melakukan stek pada batangnya sehingga tidak perlu repot menanam langsung dari biji. Karena daya adaptasinya yang cukup luas, bunga mawar juga bisa tumbuh di berbagai daerah baik yang bercuaca panas maupun dingin.

Untuk penyinarannya, pastikan bunga mawar kamu mendapatkan cukup cahaya matahari terutama matahari pagi, yakni sekitar pukul 06.00-10.00. Hindari penyinaran matahari siang hingga sore karena berpotensi menyebabkan tanaman menjadi kering dan layu. Sementara itu, penyiraman dapat kamu lakukan satu sampai dua kali dalam sehari, terutama jika kamu tinggal di tempat yang panas.

Anthurium andraeanum

@farhadibrahimzade via Freepik

Berbicara soal tanaman hias merah tak akan lengkap jika kamu tidak memasukkan Anthurium andraeanum ke dalamnya. Anthurium sendiri termasuk ke dalam keluarga Araceae atau talas-talasan sehingga masih berkerabat dekat dengan tanaman hias populer lainnya seperti Philodendron, keladi hias dan Alokasia.

Yang menarik dan menonjol dari Anthurium andraeanum ini adalah tampilannya yang mirip dengan Peace Lily serta serta warna daunnya yang merah mengkilat dan berbentuk hati. Kehadirannya sudah tentu akan membuat kesan cerah dan romantis tersemat pada rumah kamu!

Tanaman hias merah yang juga dikenal dengan nama Lily Flamingo ini dapat berbunga sepanjang tahun jika diberikan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan memastikan agar media tanahnya dapat menyaring air keluar agar tanaman tidak cepat busuk, namun jangan sampai terlalu kerng juga. Untuk pencahayaan, sebaiknya Anthurium tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Sebagai gantinya, tempatkanlah di tempat yang teduh namun tetap memperoleh sinar matahari.

Aglaonema

@Luis Villanueva via Pinterest

Tanaman hias merah lainnya yang tak kalah populer adalah Aglaonema. Aglaonema sendiri lebih dikenal dengan nama Sri Rejeki di Indonesia atau Chinese Evergreen di luar negeri. Tanaman satu ini begitu digemari masyarakat karena daunnya yang cantik serta perawatannya yang terbilang mudah. Cukup siram satu kali sehari dan hindarkan dari sinar matahari langsung.

Untuk jenisnya, Aglaonema ini cukup beragam. Ada yang berdaun hijau pucat, bergradasi merah muda, bercorak bercak-bercak putih, bertulang daun dengan warna merah hingga yang daunnya didominasi warna merah mengkilat. Untuk menghidupkan suasana rumah kamu dengan tanaman hias merah dari jenis Aglaonema, kamu bisa memilih Aglaonema Suksom, yani tanaman Aglaonema yang berwarna merah menyala dengan sentuhan hijau di tepian daunnya.

Poinsettia

@antoniogravante via Freepik

Poinsettia, Kastuba atau Christmas flower adalah tanaman hias merah asal Meksiko yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan suasan rumah kamu. Warna merahnya yang ceria cocok banget menjadi penghias halaman rumah dan juga ruangan. Kamu bahkan bisa menggunakannya sebagai dekorasi Natal sesuai dengan namanya Christmas flower.

Jika dilihat sekilas, orang-orang mungkin akan mengira warna merah itu berasal dari bunga Poinsettia, padahal warna merah itu sebenarnya merupakan daun tanaman itu sendiri. Lebih uniknya lagi, warna merah tersebut akan berubah hijau saat menua.

Untuk perawatannya sendiri, kamu perlu melakukan penyiraman secara menyeluruh dengan menggunakan sprayer agar terhindar dari genangan air yang dapat meningkatkan risiko pembusukan akar. Lakukan juga pemupukan rutin setiap dua minggu sekali dan pastikan tanaman tersebut terkena sinar matahari pagi selama sekitar enam jam. Setelah cukup, pindahkan ke tempat yang tidak mendapat cahaya.

Heuchera

via terranovanurseries.com

Heuchera atau corral bells merupakan tanaman hias daun dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam. Salah satunya adalah heuchera merah yang sangat cocok jika kamu tanam dalam pot ataupun di tanah. Pesona dari tanaman hias merah satu ini terdapat pada daunnya yang bergelombang serta bunganya yang berbentuk seperti lonceng kecil.

Untuk penempatannya, tanaman hias merah satu ini umumnya diletakkan di tempat yang semi-teduh. Cahaya matahari langsung biasanya akan membuat daunnya cepat kering. Selain itu, pastikan bahwa tanahnya selalu lembap.

Begonia Rex

via balconygardenweb.com

Begonia Rex merupakan tanaman hias berdaun besar dengan berbagai berbagai warna yang memanjakan mata termasuk warna merah, burgundi dan bercorak silver. Karena keindahan warnanya tersebut, kebanyakan orang lebih tertarik dengan daun begonia dibandingkan bunganya. Karena itu, para penanam tumbuhan ini umumnya lebih berfokus pada daun agar tampilannya selalu menakjubkan.

Agar warna merahnya tetap terjaga, sebaiknya kamu menempatkan Begonia Rex ini agak jauh dari sinar matahari langsung. Karena sifatnya tersebut, tanaman hias merah satu ini cocok kamu jadikan dekorasi dalam rumah. Nah, kalau untuk masalah air, kamu bisa menyiramnya saat bagian atas tanah terlihat kering. Namun, pastikan tanaman tidak terendam.

Coleus

@yuliapetrova via Freepik

Hadir dengan berbagai warna, termasuk merah, kehadiran Coleus sudah pasti akan menghidupkan suasana di dalam rumah kamu. Varietasnya juga cukup beragam dan meliputi Coleus yang tumbuh tinggi ke atas serta merambat. Varietas tersebut tentunya akan terlihat semakin cantik jika kamu letakkan dalam pot gantung.

Untuk penempatannya, kamu bisa meletakkan Coleus baik sebagai tanaman indoor ataupun outdoor. Meskipun sangat menyukai sinar matahari, tanaman hias merah satu ini sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh. Jika kamu mengamati bahwa warna daun Coleus kamu memudar, itu pertanda bahwa tanaman kamu memperoleh terlalu banyak cahaya matahari.

Membenamkan Diri di Tengah Alam Berbalut Teknologi

Tanaman hias di rumah kamu sudah tentu membuat suasana terasa segar dan alami. Meski begitu, hal tersebut mungkin tidak cukup membuat kamu merasa segar di kala penat melanda.

Namun, jika kamu berkunjung ke tempat alam untuk melepas penat tersebut, kamu khawatir harus terpisah dengan berbagai teknologi yang sudah biasa kamu gunakan. Tenang saja, Bobobox punya solusinya.

Lewat produk terbaru Bobobox yang bertajuk Bobobocabin, kamu dapat merasakan ketenangan menginap di tengah alam dengan sentuhan teknologi yang membuat kamu merasa aman dan nyaman berjauhan dengan perkotaan. Tertarik mencoba? Nantikan kehadiran Bobocabin dan jangan sampai kamu melewatkan beragai informasi serta promo-promo terbarunya lewat aplikasi Bobobox. Unduh dulu yuk di Play Store atau App Store.

You might also like