Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tanaman Herbal Indonesia yang Paling Dikenal Dengan Banyak Manfaatnya

Back to nature dengan menggunakan tanaman herbal yang kaya manfaat

Tanaman herbal Indonesia banyak ragam dan manfaatnya sehingga dari dulu sampai sekarang masih setia digunakan. Tanaman herbal sendiri merujuk pada tanaman yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan atau mencegah munculnya penyakit-penyakit tertentu. Manfaat tersebut bisa didapat dari sebagian atau seluruh bagian tanaman seperti akar, daun, batang, umbi, hingga buahnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis tanaman herbal yang terkenal dengan banyak manfaatnya? Apa saja itu? Yuk simak informasinya berikut ini!

Mengkudu

@khumthong via Freepik

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman herbal Indonesia yang satu ini? Buahnya berwarna kehijauan dengan nintik-bintik coklat, rasanya pahit, dan baunya yang kurang sedap dan cukup menyengat sehingga tidak jarang membuat banyak orang ingin muntah.

Namun di balik kekurangannya itu, buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Sama halnya dengan kebanyakan buah lain, buah mengkudu juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sebagaimana kamu tahu, vitamin C diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan vitamin C yang tinggi menunjukkan tingginya kandungan antioksidan di dalam tanaman herbal Indonesia tersebut. Karenanya, buah mengkudu sangat bagus untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, misalnya asap rokok.

Selain itu, buah mengkudu dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi peradangan.Tanaman herbal Indonesia ini juga sangat membantu penderita diabetes, baik untuk sistem pencernaan, dan dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

Lebih lanjut, buah mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan otak, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan nyeri bagi penderita radang sendi, mengobati asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga menyehatkan kulit.

Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus atau menggunakannya sebagai masker dalam hal kecantikan (mencegah keriput dan menjaga sel kulit). Namun, di pasaran kamu juga bisa menemukan produk-produk dari hasil ekstraksi buah tersebut.

Kumis Kucing

@fatrin99 via Freepik

Sesuai dengan namanya, penampakan tanaman herbal Indonesia yang satu ini seperti kumis kucing. Daunya berwarna hijau dengan bungaberwarna putih hingga ungu atau merah muda. Sementara itu, benang sarinya memanjang hingga dua kali lipat bunganya  sehingga memberi kesan seperti kumis seekor kucing.

Sebelum mencoba tanaman herbal Indonesia ini, perlu kamu ketahui bahwa yang digunakan untuk pengobatan adalah daunnya, bagian lainnya justru beracun. Di dalam daun tersebut terdapat banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti minyak asiri, flavonoid, kalium, glikosida, dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya kandungan bermanfaat dalam daun kumis kucing, tanaman herbal Indonesia ini pun memiliki banyak khasiat. Beberapa di antaranya adalah membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih, mengobati gangguan pada ginjal, meredakan batuk, mengatasi rematik, mengontrol kadar gula, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu detoksifikasi, antijamur hingga mengurangi gatal akibat alergi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi daun kumis kucing seperti the. Seduhlah daun yang telah dikeringkan dalam air mendidih selama sekitar tiga menit. Kamu bisa menambahkan madu untuk pemanisnya. Pilihan lainnya, kamu bisa mengekstrak daun tersebut dan memasukkannya ke dalam kapsul.

Daun Sirih

@bowonpat via Freepik

Khasiat daun sirih juga tak kalah populer dari mengkudu dan kumis kucing. Tanaman herbal Indonesia yang satu ini berbentuk menyerupai hati dengan warna hijau tua. Kandungan dalam daun tersebut di antaranya meliputi vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, misanyak asiri, yodium, kalium dan lainnya.

Dengan menggunakan daun siri, kamu bisa mengobati batuk, melawan kanker, mengobati diabetes, melawan infeksi akibat luka, meredakan asma, sakit punggung juga otot tegang, meningkatkan kesehatan mulut, dan mengobati mimisan. Selain itu, daun ini juga dapat mengurangi asam lambung, meredakan sembelit, menurunkan kolesterol, menghilangkan bau badan dan mulut, menjaga kebersihan daerah kewanitaan hingga mengobati jerawat dan masalah pada kulit.

Pemakaiannya bisa dengan cara meminum rebusan daun sirih atau mengunyahnya langsung seperti orang zaman dulu. Untuk wajah, kamu bisa menggunakannya dengan membasuhkan air rebusan ke muka.

Temulawak

via bisnis.com

Temulawak merupakan tanaman herbal Indonesia yang memiliki batang tak berkayu, daun hijau memanjang, dan rimpang atau ubi akar. Ubi akar tersebutlah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sebagai informasi, temulawak diyakini sebaga tanaman asli Jawa yang kemudian mulai disebarkan ke kawasan Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, Korea hingga Amerika Serikat.

Manfaat dari temulawak sendiri sangat beragam karenan banyaknya kandungan bermanfaat di dalam tanaman herbal Indonesia tersebut. Beberapa di antaranya adalah minyak asiri, pati, protein, glukosida, fellanderean dan turmerol, kalium, kurkumin, dan masih banyak lagi. Kandungan kurkumin sudah terbukti sebagai antioksidan sehingga dapat menetralkan racun.

Kalau kamu punya masalah nafsu makan, kamu juga bisa nih minta bantuan temulawak karena sejak dulu temulawak sudah dikenal sebagai penambah nafsu makan. Selain itu, temulawak juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri, sebagai antibakteri dan jamur, antiradang, menurunkan kolesterol, mengatasi osteoarthritis, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman herbal Indonesia ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, gangguan lambung dan IBS (irritable bowl syndrome). Selain itu, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi tanaman yang satu ini karena dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu. Cara paling umum untuk memperoleh manfaat temulawak adalah meminumnya dalam bentuk jamu.

Berkaitan dengan masalah kulit wajah, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat, melembabkan wajah, menghilangkan noda hitam, menghaluskan kulit, dan mencegah penuaan dini. Untuk masalah ini, kamu bisa mengaplikasikan temulawak dalam bentuk masker.

Kunyit

via Freepik

Siapa yang tidak kenal kunyit? Tanaman herbal Indonesia ini sangat terkenal sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Namun, selain sebagai bumbu masak, kunyit juga memiliki banyak manfaat luar biasa untuk tubuh kamu. Salah satu zat yang membuatnya sangat berkhasiat adalah kurkumin yang berperan dalam proses penyembuhan pada tubuh.

Lebih jelasnya, zat tersebut merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melawan kerusakan pada sel, infeksi dan peradangan serta mencegah atau mengurangi risiko penyakit-penyakit tertentu (misal kanker, jantung, diabetes dan Alzheimer) dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, kunyit juga memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit, detoksifikasi hati hingga mengatasi nyeri haid.

Agar manfaat tanaman herbal Indonesia dapat dirasakan secara maksimal, kamu juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidur berkualitas. Kalau kamu sedang bosan dengan suasana kamar kamu sehingga membuat kamu susah tidur, mampir dan menginap saja di Bobobox!

Banyak fitur menarik yang akan menemani kamu sehingga kamu dijamin tidak akan bsan. Ada Wi-Fi kencang yang bisa kamu gunakan untuk browsing atau streaming. Ada Bluetooth spaker supaya kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu.

Ada juga fitur moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengubah warna cahaya lampu sesuai suasana hati kamu. ada sekitar 16 warna yang bisa kamu coba. Selain memberikan kesan kekinian, fitur  tersebut juga dapat membantu kamu memproleh tidur berkualitas.

Penasaran ingin coba? Yuk segera unduh aplikasinya dan jangan tunggu lama untuk menginap di Bobobox!

You might also like