Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tanaman Dengan Manfaat Aromaterapis yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Aroma lembut hingga menyegarkan

Kehadiran tanaman di sekitar rumah kamu memberikan banyak keuntungan. Selain menambahkan kesan nyaman terutama karena warna hijau yang menyejukkan mata, setiap tanaman yang kamu punya tentu memiliki fungsinya tersendiri. Ada fungsi estetik, kesejukan, keindahan hingga kesehatan.

Hal tersebut tentunya dapat kamu rasakan dari berbagai macam tanaman, termasuk tanaman aromaterapis. Sesuai dengan namanya, tanaman aromaterapis adalah tanaman yang digunakan untuk aromaterapi. Kamu tentu bisa membayangkan, sekelebat wanginya saja bisa langsung membawa kamu pada memori masa lalu. Selain itu, wangi tersebut juga dapat memengaruhi suasana hati, selera makan, hingga konsentrasi kamu.

Pilihannya pun beragam jika kamu berniat ingin menanam tanaman aromaterapis di rumah kamu. Apa sajakah contoh tanaman tersebut? Yuk simak tujuh di antaranya!

Lavender

@jkerro via Unsplash

Lavender merupakan salah satu tanaman aromaterapis yang bisa kamu tanam di rumah. Tanaman yang satu ini terkenal dengan wanginya yang lembut. Kamu mungkin sudah sering menjumpainya dalam bentuk lotion, body butter, parfum, minyak esensial, lilin aromaterapi dan sebagainya.

Wanginya yang lembut tersebut dipercaya dapat membantu meredakan kecemasan dan gangguan tidur jika kamu menghirupnya. Meskipun wanginya sangat digemari oleh banyak orang, namun wangi dari lavender ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk dan lalat karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Tanaman aromaterapis yang satu ini biasanya dikeringkan untuk dicampur dengan tanaman aromaterapis kering lainnya atau dimasukkan ke dalam kantung untuk digantung di dalam rumah. Kamu juga bisa mengeringkan tanaman yang satu ini untuk diseduh menjadi teh lavender.

Geranium

@Racool-studio via Freepik

Geranium bisa menjadi pilihan tanaman aromaterapis selanjutnya yang dapat kamu tanam di rumah. Tanaman yang juga dikenal dengan nama tapak dara ini akan tetap mengesankan kamu meskipun tidak sedang berbunga. Berbeda dengan kebanyakan bunga lain, wangi yang memberikan efek menenangkan dari tanaman aromaterapis ini berasal dari daunnya.

Sama halnya seperti lavender, aroma yang dikeluarkan geranium juga aroma tersebut disukai manusia namun dibenci oleh serangga seperti nyamuk, kecoa, kumbang dan belalang. Karena itu, geranium kerap kali digunakan sebagai tanaman pendamping untuk buah-buahan dan sayuran.

Tanaman ini sendiri memiliki berbagai varietas dengan aroma yang berbeda-beda. Ada yang beraroma kacang, cokelat, mawar, peppermint, pinus, lemon hingga apel dan pala. Nah, lemon dan mawar merupakan aroma geranium yang paling terkenal.

Mawar

@ashkfor121 via Unsplash

Dikenal sebagai simbol rasa cinta, mawar merupakan salah satu tanaman aromaterapis yang sangat populer baik di dunia. Ada banyak warna yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah kamu. Sebut saja warna merah, merah muda, putih, kuning, merah tua, oranye, hingga hitam.

Selain bunganya yang cantik, kamu tentu tahu bahwa aroma yang dikeluarkan oleh mawar sangat memanjakan indra penciuman kamu. Aroma itu sendiri memang dipercaya dapat meredakan stres, gangguan tidur, rasa cemas, hingga gejala depresi. Keberadaannya yang sudah sangat menjamur membuat kamu tidak merasa kesulitan untuk membeli tanaman tersebut dan menjadikannya salah satu tanaman aromaterapis yang menghiasi dan mewangikan rumah kamu.

Gardenia

@korarkar via Freepik

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, nama gardenia mungkin masih terdengar asing. Nah, kalau nama kacapiring mungkin sudah akrab di telinga masyarakat. Gardenia atau kacapiring sendiri merupakan tanaman aromaterapis dengan bunga berwarna putih yang akan berubah krem atau kekuningan seiring berjalannya waktu. Daun dari gardenia ini berwarna hijau mengkilap dan berbentuk elips atau bulat telur dengan bagian ujung meruncing.

Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman ini manis, terkesan menggoda dan cukup kuat layaknya parfum. Aroma yang enak dicium tersebut kerap kali digunakan untuk lotion, parfum, sabun, lilin aromaterapi dan sebagainya.

Selain itu, gardeni juga umum digunakan dalam pengobatan tradisional dan aromaterapi seperti untuk relaksasi serta menghilangkan stres, kegelisahan dan gejala depresi. Kamu bahkan dapat memperoleh manfaatnya dengan mengonsumsinya sebagai teh dengan fungsi memperlancar pencernaan. Karena segudang manfaatnya tersebut, termasuk manfaat aromaterapisnya, kacapiring bisa kamu masukkan dalam daftar tanaman aromaterapis yang menghiasi rumah kamu.

Kemangi

@i.kamalia_withgarden via Instagram

Selain dari kalangan bunga-bungaan, manfaat aromaterapis juga bisa kamu dapatkan dari kemangi. Kamu mungkin lebih mengenalnya sebagai tanaman yang kerap digunakan sebagai lalapan untuk melengkapi hidangan kamu.

Sebagaimana kamu tahu, kemangi juga mengeluarkan aroma khas yang tentunya sangat berbeda dengan aroma manis dari bunga-bungaan. Meski begitu, aroma dari tanaman aromaterapis yang satu ini juga tidak kalah bermanfaat.

Senyawa yang terkandung dalam kemangi diyakini dapat membantu meredakan stres, deperesi dan kecemasan, meningkatkan mood, menghilangkan rasa sakit pada nyeri otot hingga mengatur tekanan darah dan detak jantung. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mengonsumsinya di pagi hari saat perut kamu masih kosong. Sekitar tiga sampai empat helai saja sudah cukup.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mulai menanam tanaman aromaterapis tersebut di sekitar rumah kamu. Perawatannya sendiri terbilang sederhana asalkan kamu menanamnya di tanah yang tepat dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Mint

@chenyueg via Unsplash

Tanaman aromaterapis selanjutnya yang tak kalah menenangkan adalah mint atau peppermint. Tanaman yang satu ini sangat identik dengan baunya yang kuat, dingin dan menyegarkan. Kamu pun sudah sering menciumnya dalam produk-produk seperti permen, pasta gigi, hingga sampo. Mint sendiri memiliki ciri-ciri berdaun hijau dengan bentuk oval dan ukuran kecil serta tulang daunnya yang agak kasar dan cukup menonjol.

Aromanya yang menyegarkan tersebut dapat kamu gunakan untuk mengusir serangga dari rumah seperti nyamuk, lalat, hingga semut. Kamu bisa menanamnya dalam pot dan rajin memetik daunnya agar tanaman tersebut tetap dalam kondisi yang baik.

Selain untuk menghalau serangga, tanaman tersebut juga bisa kamu campurkan pada makanan atau minuman agar semakin maksimal manfaat yang kamu dapatkan. Saat lelah atau penat melanda, kamu juga bisa mencapurkan daun mint ke dalam bak mandi kamu. Selesai mandi, kamu akan merasa segar dan tidur dengan nyenyak.

Rosemary

@zmefc via Unsplash

Selanjutnya, ada tanaman aromaterapis rosemary yang bisa mulai kamu tanam di rumah. Meskipun berasal dari tanah Mediterania, rosemary sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena itu, jika kamu ingin menanamnya di rumah, kamu tidak akan kesulitan untuk memperoleh bibit tanaman tersebut.

Rosemary sendiri umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, dengan aromanya yang khas, kamu juga bisa memperoleh manfaat aromaterapi dari tanaman yang satu ini.

Berdasarkan beberapa studi, rosemary dapat membantu memperbaiki suasana hati kamu, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan rasa cemas dan stres. Kamu bisa memperoleh manfaat tersebut dengan meminumnya sebagai teh. Alternatif lainnya, kamu bisa memasukkan beberapa potong daun rosemary dan memasukkannya ke dalam kantong untuk kemudia digantung di dalam ruangan di rumah kamu.

Manfaat aromaterapi yang kamu dapat dari tanaman-tanaman aromaterpis di rumah kamu tentunya akan membuat kamu semakin nyaman dan betah tinggal di rumah. Namun, kamu sesekali mungkin merasa jenuh dan menginginkan suasana baru.

Tidak perlu khawatir soal masalah itu, luangkan saja sehari hingga beberapa hari untuk menghilangkan rasa jenuh dengan berlibur atau sekadar staycation. Bingung dengan akomodasinya? Di Bobobox saja!

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang layak kamu coba. Ada keyless access, Wi-Fi kencang, communal area, kamar mandi bersih yang bikin kamu betah berlama-lama, Bluetooth speaker, hingga moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengubah warna dalam pod sesuai mood kamu. Tertarik menikmati fasilitas-fasilitas tersebut? Unduh dulu aplikasi Bobobox lalu pesan kamar yang kamu mau!

You might also like