Taman nasional terbesar di dunia

Dijamin Menakjubkan, Inilah 7 Taman Nasional Terbesar di Dunia

Bobobox.co.id — Taman nasional merupakan tempat wisata yang biasanya dididikan guna melindungi warisan alam tertentu. Tak jarang sebuah taman nasional memiliki luas wilayah yang mencapai ribuan kilometer persegi.

Dengan luas tersebut, beragam jenis satwa berlindung dan berkembang biak. Tak hanya itu, taman nasional terbesar di dunia tersebut pun menyimpan keindahan yang harus dilihat dengan mata kepala sendiri.

Berikut ini adalah tujuh taman nasional terbesar di dunia yang bakal membuatmu terkagum-kagum saat melihat keindahan alam sekitarnya. Kira-kira dari ketujuh taman nasionalnya, ada yang ingin kamu kunjungi?

Berikut adalah Taman Nasional Terbesar di Dunia

1. Papahānaumokuākea Marine National Monument, Amerika Serikat

Taman nasional terbesar di dunia pertama adalah Papahānaumokuākea Marine National Monument. Berada di Hawaii, taman nasional ini mencakup luas 1,5 juta kilometer persegi termasuk 10 pulau kecil dan Bikin Atol.

Papahānaumokuākea Marine National Monument pertama kali diresmikan pada 15 Juni 2006. Namun, baru pada tahun 2010, taman nasional terbesar di dunia ini menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain dikenal akan keluasan dari taman nasionalnya, taman nasional ini pun populer sebagai tempat beraneka biota laut. Beberapa di antaranya adalah mamalia laut serta hewan endemik khas Kepualauan Hawaii.

Fakta menarik dari taman nasional ini adalah anggapan dari penduduk asli Hawaii. Pasalnya, penduduk asli Hawaii menganggap suci daerah taman nasional ini karena dipercaya sebagai tempat asal mula kehidupan.

Papahānaumokuākea Marine National Monument taman nasional terbesar di dunia

Papahānaumokuākea Marine National Monument via hawaiimagazine.com

2. Northeast Greenland National Park, Greenland

Taman nasional terbesar di dunia selanjutnya adalah Northeast Greenland National Park. Taman Nasional di Greenland yang didirikan pada 21 Mei 1974 ini memiliki luas awal kurang lebih sekitar 700.000 kilometer persegi.

Pada tahun 1988, atau 14 tahun berselang, Northeast Greenland National Park diperluas sekitar 272.000 kilometer persegi. Hal ini yang menjadikan total luas dari taman nasional ini adalah 972.000 kilometer persgi.

Sebagai salah satu taman nasional terbesar di dunia, kamu mungkin akan kesulitan dalam membayangkan luasnya. Jika kamu bayangkan sebagai negara, taman nasional ini menjadi negara terluas ke-31 di dunia.

Berbicara soal satwa liar yang menghuni Northeast Greenland National Park, satwa liar mamalia yang mudah dimteukan di sini. Rubah arktik, cerpelai, dan beruang kutub adalah beberapa satwa liar yang ada di taman nasional ini.

Northeast Greenland National Park taman nasional terbesar di dunia

Northeast Greenland National Park via Peter Prokosch/flickr


Baca Juga: Ini Dia Daftar Taman Nasional Yang Cantik Dan Wajib Kamu Kunjungi! Ada Yang Jadi Favoritnya Bob, Lho.


3. The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area, Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan negara di Benua Afrika yang terkenal akan wisata safari yang eksotis. Di samping itu, Afrika Selatan dikenal sebagai negara yang memiliki salah satu taman nasional terbesar di dunia.

Taman nasional tersebut adalah The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area. Kawasan konservasi membentang sebenarnya membentang di lima negara lain seperti Angola, Botswana, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe.

Tak mengherankan jika The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area memiliki luas 519.912 kilometer persegi. Jika dibandingkan, luas taman nasional ini sama dengan luas dua negara Inggris.

Sebagai rumah bagi banyak jenis satwa liar, salah satu taman nasional terbesar di dunia ini pun menjadi tempat delta pedalaman terbesar di dunia, Delta Okavango, dan air terjun terbesar di dunia, Air Terjun Victoria.

The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area taman nasional terbesar di dunia

The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area via peaceparks.org

4. Torres del Paine National Park, Chili

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan di Chili, Torres del Paine National Park adalah jawabannya. Pasalnya, taman nasional ini terkenal akan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan.

Pertama kali didirikan pada 13 Mei 1959, taman nasional terbesar di dunia ini menghadirkan pemandangan four in one. Gunung, danau, gletser, dan sungai yang berpadu ciamik berada dalam satu tempat saja.

Untuk mendapatkan pengalaman maksimal, Circuito W. adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Setelah mendaki Circuito W., kamu bakal mendapatkan view terbaik yang merangkum keindahan taman nasional ini.

Para wisatawan bisa mendaki Circuito W. sendirian. Namun, ada tur yang bisa kamu pilih dan terbilang recommended karena mencakup makanan dan bantuan dari pemandu untuk meminimalisir hal tak diinginkan.

Torres del Paine National Park taman nasional terbesar di dunia

Torres del Paine National Park via Cascada Experdiciones/travelandleisure.com


Baca Juga: Nikmati Liburan Penuh Warna Di 10 Tempat Wisata Warna-Warni Indonesia Berikut Ini!


5. Great Barrier Reef Marine Park, Australia

Taman nasional terbesar di dunia bisa kamu kunjungi tak jauh dari Indonesia. Berada di Queensland, Great Barrier Reef Marine Park ini memiliki luas 344.000 kilometer persegi dan terdiri dari lebih dari 3.000 terumbu individu.

Tak mengherankan jika Greet Barrier Reef pun dianggap sebagai ekosistem terumbu karang terbesar di dunia. Selain karena jumlahnya, keindahan karang-karangnya yang menjadikan taman nasional ini begitu populer.

Mulai didirikan pada tahun 1975, keindahan terumbu karang dan biota laut di taman nasional terbesar di dunia terancam hilang. Polusi air dan juga perubahan suhu udara yang ekstrem merupakan dua faktor pentingnya.

Bahkan, saat ini, para ahli memperkirakan bahwa karang dunia akan hilang pada tahun 2030. Untuk keseluruhan Great Barrier Reef, destinasi wisata yang akan hilang ini akan punah dalam kurang dari 100 tahun.

Great Barrier Reef Marine Park taman nasional terbesar di dunia

Great Barrier Reef Marine Park via unsplash.com/@danielpelaezduque

6. Namib-Naukluft National Park, Namibia

Taman nasional terbesar di dunia lainnya adalah Namib-Naukluft National Park. Naman nasional ini memiliki luas mencapai 49.768 kilometer persegi yang mencakup berbagai tempat wisata menarik yang ditawarkan oleh Namibia.

Namib Desert, Sossusvlei, Sesriem Canyon, Naukluft Mountains adalah beberapa daya tarik wisata yang ada di Namib Naukluft Park. Hal ini pula yang menjadikan taman nasional terbesar di dunia ini wajib dikunjungi.

Pertama kali didirikan pada 1 Agustus 1979, Namib-Naukluft National Park ini merupakan habitat dari berbagai spesies. Gecko, hyena, antelopa jenis gemsbok adalah hewan yang mampu bertahan hidup di sini.

Keunikan dari taman nasional ini terlihat dari gundukan pasir berwarna jingga mencolok. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor penting seperti faktor geografis seperti usia dan kabut dari Samudra Atlantik.

Namib-Naukluft National Park taman nasional terbesar di dunia

Namib-Naukluft National Park via national-parks.org


Baca Juga: 7 Flying Fox Paling Ekstrem Di Dunia! Ada Yang Di Indonesia, Lho. Berani Mencoba?


7. Banff National Park, Kanada

Taman nasional terbesar di dunia terakhir adalah Banff National Park di Kanada. Taman nasional ini sendiri berada di Pegunungan Rocky dan meliputi luas wilayah yang mencapai 6.641 kilometer persegi.

Tak hanya pemandangan gunung yang ditawarkan, taman nasional terbesar di dunia ini pun menawarkan berbagai pemandangan yang memanjakan mata. Sebut saja hutan pinus, danau biru, dan ladang es di musim dingin.

Banff National Park sendiri pun termasuk salah taman nasional tertua di Kanada. Pasalnya, taman nasional yang menjadi tempat Danau Lousie yang terkenal berada ini pertama kali didirikan pada 25 November 1885.

Keindahan pemandangan alam sekitar menjadikannya sebagai salah satu bucket list saat liburan ke Kanada. Untuk liburan lebih lama, Fairmont Chateau Lake Louise bakal menawarkan liburan yang tak terlupakan.

Banff National Park taman nasional terbesar di dunia

Banff National Park via themilepost.com

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Menginap nyaman dan aman tak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Kamu bisa menginap dengan kenyamanan dan keamanan terjamin di Bobobox yang menawarkan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung.

Dengan fasilitas mumpuni tersebut, momen menginapmu jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya, kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang fresh dengan tenaga yang 100 persen terisi kembali.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

bobobox aplikasi

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles