Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Taman Nasional Gunung Merapi

Taman nasional ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan!

Taman Nasional Gunung Merapi merupkan salah satu destinasi wisata alam populer di Indonesia. Selain panorama alamnya yang indah, Gunung Merapi yang terlihat sangat megah serta hamparan sawah yang hijau yang akan memanjakan mata para pengunjungnya. Udaranya yang bersih dan sejuk dijamin membuat kamu betah berlama-lama di sana. Gunung Merapi berlokasi di sebelah utara Kota Yogyakarta.

Jika kamu memiliki agenda untuk mengunjungi Yogyakata, pastikan untk tidak melewatkan mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi berkali-kali karena pesona alamnya yang memikat hati. Di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Merapi kamu bisa mengunjungi wisata Kaliurang, Tuk Pitu atau Tujuh Mata Air, Kalikuning dan Kaliadem yang juga menjadi tempat-tempat wisata yang populer.

Terdapat sebuah mitos dan filosofi yang melekat pada Gunung Merapi di Yogyakarta ini. Salah satu filosofi terkenalnya adalah Jagat Alit dan Jagat Ageng yang disinyalir merupakan sebuah garis imajiner yang menghubungkan antara Gunung Merapi dan laut Selatan serta Kota Yogyakarta. Jagat Alit memiliki arti sebuah jalan panjang menuju Sang Pencipta yamg tak putus dari berbagai godaan dan kemewahan.

Hal ini juga digambarkan dari planolgi jalan yang terdapat di Kota Yogjakarta yang membujur dari arah selatan menju arah utara. Gambaran dari godaan tersebut merupakan Pasar Bringharjo dan komplek Kepatihan, sedangkan Jagad Ageng adalah seorang pemimpin yang harus mendahulukan dan mementingkan kepentingan rakyat. Sebuah filosofi yang menarik untuk diketahui. Masih penasaran seperti apa Taman Nasional Gunung Merapi? Yuk simak informasi berikut ini!

Kuliner

Bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke wisata alam Taman Nasional Gunung Merapi Yogyakarta kamu tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah. Di kawasan wisata alam Taman Nasional Gunung Merapi kamu akan dengan mudah menemukan pedagang yang menjual beragam panganan. Selain kamu tidak perlu repot menyiapkan bekal, kamu juga bisa membantu ekonomi para warga lokal dengan membeli dagangannya.

Kamu bisa mencicipi bergam macam kuliner dimuali dari sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minuman yang juga tersedia. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harga makanan dan minumannya pun cukup terjangkau. Jika kamu ingin nongkrong di tempat yang nyaman saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi, kamu juga bisa mengunjungi cafe atau rumah makan.

Di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Merapi bisa kamu temukan banyak rumah makan maupun cafe yang berdiri. Salah satu cafe yang cukup terkenal di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi adalah Water Castel Cafe. Cafe ini cukup populer karena selain menyajikan beragam menu yang lezat juga menghadirkan suasana yang nyaman. Pokoknya urusan perut kamu aman deh kalau mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi.

Akomodasi Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi selai dikenal dengan panormanya yang indah juga dikenal sebagai tempat wisata murah meriah! Bagi kamu yang ingin mengunjuni Taman Nasional Gunung Merapi kamu cukup membayar biaya tiket masuk seharga Rp3.000,00 saja per orang. Murah banget! Kamu juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Jika kamu ingin melakukan kegiatan trekking di sekitar Gunung Merapi kamu bisa membeli tiket wisata volcano trekking. Terdapat dua jenis tiket wisata trekking yang bisa kamu pilih yaitu tiket wisata volcano trekking Kinahrejo dan Kepuhharjo. Keduanya memiliki rute yang sedikit berbeda namun dibanderol dengan harga yang sama dan juga sangat terjangkau. kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp5.000,00 saja per orang.

Taman Nasional Gunung Merapi bisa kamu tempuh baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, atau bahkan mobil besar sepertu bus. Jika kamu membawa kendaraan pribadi kamu maka kamu haus membaya parkir kendaraan kamu. Kamu hanya perlu membayar Rp2.000,00 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000,00 untuk kendaraan roda empat dan Rp10.000,00 untuk kendaraan roda enam.

Jika kamu tidak mau melakukan trekking kamu bisa menggunakan ojek dari Kinahrejo menuju salah satu tempat wisata di kawasan Gunung Merapi. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan adalah rumah Almarhum Mbah Maridjan. Kamu hanya perlu membayar ojek sekitar Rp20.000,00 dae Kinahrejo menuju rumah Mbah Maridjan. Kamu juga bisa mencoba menjelajahi Taman Nasional Gunung Merapi dengan menggunakan ATV kecil dengan biaya sewa seharga Rp35.000,00-Rp50.000,00.

Tips Berwisata di Taman Nasional Gunung Merapi

Untuk dapat sampai ke Taman Nasional Gunung Merapi kamu bisa melakukan perjalanan melalui Desa Kinahrejo yang terletak 2 km sebelah timur Kaliurang. Jarak dari Kinahrejo ke puncak merapi adalah sekitar 9 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam dengan medan yang cukup terjal. Selain itu kamu pun bisa melalui daerah Selo Kabupaten Boyolali yang berlokasi diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jika kamu akan memulai perjalanan dari Yogyakarta kamu dapat menggunakan bus sampai Kartosuro. Selanjutnya dari Kartosuro menuju ke Boyolali dan akhirnya sampai Selo. Jalur pendakian akan dilalui dari sisi utara dari Selo yaitu di Desa Tlogolele Boyolali. Desa Tlogolele ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pendakian dari Selo akan memakan waktu sekitar 5 jam untuk bisa mencapai puncak Taman nasional Gunung Merapi.

Jalur lain yang dapat kamu tempuh untuk bisa menuju puncak Taman Nasional Gunung Merapi adalah perjalanan melalui sisi barat. Perjalanan elalui sisi barat adalah melalui kawasan Sawangan Magelang dan melalui sisi tenggara dari arah Deles, Kemalang Klaten.

Namun sayangnya setelah letusan besar pada tahun 2010 lalu jalur pendakian tersebut kemudian dialihkan melalui bukit Pronojiwo Kaliurang Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Jia kamu melewati jalur ini maka perjalanan menuju puncak Taman Nasional Gunung Merapi akan memakan waktu sekitar 7 jam dengan jalur yang lumayan terjal.

Tetap Berhati-hati saat di Perjalanan

Selain menggunakan kendaraan pribadi, di kawasan Gunung Merapi pun tersedia transportasi umum yang siap mengantarkan kamu berpetualang. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum di sekitar Gunung Merapi untuk kenyamanan kamu berwisata.

Mengingat perjalanan menuju Gunung Merapi akan melalui beberapa jalan terjal dan menjadi perjalanan yang cukup melelahkan, penting bagi kamu untuk berhati-hati. Kamu bisa lakukan beberapa persiapan salah satunya adalah menyiapkan fisik dan kesehatan agar tubuh kamu prima saat melakukan perjalanan.

Persiapkan fisik kamu dengan baik salah satunya dengan memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan istirahat. Kamu bisa mengistirahatkan tubuh kamu dengan mendapatkan tidur yang berkualitas di akomodasi yang nyaman seperti Bobobox. Bobobox hadir di beberapa kota di Indonesia sebagai salah satu solusi tidur nyaman dan menyenangkan dengan harga yang terjangkau. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul pilihan kamu!

penginapan di boboboxtaman nasion

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.