Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak Takhayul-Takhayul yang Paling Aneh di Dunia Berikut Ini, Pasti Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kebingungan!

Pamali kalau kata orang dulu!

Meski zaman sudah modern, banyak mitos atau takhayul yang masih dipercaya oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Sudah menjadi bagian tradisi dan budaya, takhayul pun cukup sulit untuk dipatahkan walapun banyak yang tidak logis dan bikin geleng-geleng kepala. Nah, berikut ini adalah takhayul-takhayul paling aneh dari berbagai negara. Yuk simak bareng-bareng!

Filipina

Salah satu takhayul paling aneh yang mungkin akan kamu dengar di Filipina adalah larangan memakai baju merah saat badai. Filipina sendiri memang termasuk negara yang sudah sering dilanda badai dan mereka meyakini bahwa warna tersebut dapat menarik perhatian kilat.

India

Mengoyangkan kaki bisa berakibat buruk jika kamu sedang di India. Kebiasaan tersebut diyakini akan membuat kekayaan menjauh dari kamu. Takhayul paling aneh ini bisa saja berasal dari kepercayaan lama bahwa menggoyangkan kaki identik dengan kemalasan.

Indonesia

Salah satu takhayul paling aneh yang mungkin pernah kamu dengan di Indonesia adalah larangan menyapu di malam hari. Kegiatan tersebut diyakini akan membuat rezeki seret dan mengundang kehadiran makhluk halus. Karenanya, kamu dianjurkan menyapu di pagi, siang atau sore saja.

Baca Juga: Mitos Telinga Berdenging Primbon Tergantung Waktu Dan Posisi Telinga

Inggris

@fototeca/Unsplash

Di Inggris, melihat satu burung magpie dianggap sebagai pertanda buruk. Salah satu takhayul paling aneh dari Inggris ini dipercaya berasal dari fakta bahwa magpie biasanya ditemukan berpasangan. Karenanya, satu ekor saja diyakini melambangkan kesedihan.

Untuk melawan takhayul paling aneh ini, kamu perlu menyapa burung tersebut dengan sopan dan ucapkan, “Good Morning, Mr. Magpie. How is your lady wife today?” Jika kamu menambahkan, “One for sorrow, two for joy!” artinya kamu menawarkan pertemanan dan magpie dijamin tidak akan mencuri barang mengkilap kamu.

Islandia

Islandia meyakini negeri mereka dihuni oleh makhluk-makhluk magis seperti elf, troll, dan peri. Agar tidak mengganggu keberadaan mereka, jalanan pun dibuat agar tidak melalui wilayah kekuasaan mereka.

Italia

Hari Jumat tanggal 13 menjadi momok menakutkan di beberapa negara. Beda kasusnya dengan Italia yang justru meyakini Jumat tanggal 17 sebagai hari buruk. Karena itu, kamu dilarang keras melakukan apapun di hari tersebut, apalagi melakukan perayaan besar. Jika masih bersikeras, pastikan hindari penggunaan warna ungu.

Jepang

Angka empat cukup ditakuti di Jepang karena pelafalannya “shi” yang juga berarti kematian. Karena itu, hindarilah memberikan hadiah yang terdiri dari empat hal, seperti empat bunga, peralatan makan dalam empat set, dan empat-emapt lainnya. Takhayul paling aneh ini juga memengaruhi hitungan lantai dan nomor apartemen. Karenanya, nomor  tersebut ditiadakan untuk nomor lantai dan apartemen. Selain empat, angka sembilan yang dilafalkan “ku” juga dianggap buruk karena berarti penderitaan.

Jerman

@harshey2001/Unsplash

Salah satu takhayul paling aneh dari Jerman adalah pantangan untuk tidak mengucapkan selamat ulang tahun pada seseorang sebelum hari ulang tahunnya. Takhayul ini berakar dari kepercayaan bahwa para iblis bisa saja mendengar ucapan selamat tersebut lalu mengupayakan agar harapan baik tersebut tidak terkabul.

Korea Selatan

Di Korea Selatan, menulis nama seseorang dengan tinta merah dianggap sebagai ancaman kematian. Takhayul paling aneh ini berakar dari tradisi penulisan orang mati yang menggunakan warna merah. Karenanya, jika kamu menulis nama seseorang yang masih hidup dengan tinta merah, kamu mengharapkan kematian orang tersebut. Meski sudah mulai pudar, aksi tersebut masih dianggap tidak sopan.

Selain itu, ada juga takhayul yang melarang memberikan hadiah sepatu kepada kekasih. Hal tersebut dianggap akan membuat orang tercinta melarikan diri. Yang tak kalah aneh, kamu juga mungkin akan mendengar larang memakan makanan asimetris bagi ibu hamil agar anak tidak terlahir jelek.

Nigeria

Di Nigeria, mencium bayi di bibir adalah larangan besar. Jika dilanggar, anak tersebut akan terus meneteskan air liurnya hingga dewasa. Kamu tentu akan disalahkan jika nekat melakukan hal tersebut.

Polandia

Irene Kredenets/Unsplash

Saat berkunjung ke suatu tempat di Polandia, misal kafe atau restosan, pastikan kamu tidak meletakkan tas di tanah. Orang Polandia meyakini jika kamu membiarkan tas kamu begitu saja di bawah, kamu akan kehilangan uang. Takhayul paling aneh ini bersifat metaforis. Dengan kata lain, kebiasaan tersebut dianggap ceroboh dan hal cerobo tentu punya konsekeunsi yang buruk. Maka dari itu, sebaiknya simpan saja tas kamu di atas meja atau kursi di dekat kamu.

Prancis

Di prancis, kamu akan mendengar banyak takhayul paling aneh yang berhubungan dengan hewan. Jika kamu mendapati seekor burung memandangi kamu lewat jendela, sesuatu yang buruk akan terjadi. Tidak hanya itu, kamu juga dilarang memberi mereka makan dengan roti terbalik. Namun, jika kamu menginjak kotoran anjing dengan kaki kiri, hal itu justru menjadi pertanda baik. Selain itu, ada juga takhayul yang menyebutkan seorang wanita hamil akan melahirkan bayi perempuan jika dia melihat seekor burung hantu.

Rusia

Rusia juga punya takhayul paling aneh terkait hewan, yaitu bisa memperoleh keberuntungan atau kekayaan jika kotoran burung menimpa kamu. Namun, memberikan bunga kuning, bersiul di dalam rumah, duduk di ujung meja mengindikasikan ketidaksuburan dan  kerugian finansial.

Rwanda

@joseignaciopompe/Unsplash

Rwanda memiliki takhayul paling aneh berupa larangan memakan daging kambing bagi perempuan. Hal tersebut dipercaya dapat menumbuhkan kumis atau menjadikan perempuan keras kepala. Namun, tidak sedikit warga setempat yang menganggap takhayul paling aneh itu sengaja dibuat oleh para lelaki yang rakus.

Baca Juga: Ini Dia 7 Ritual Makan Paling Unik Di Dunia Yang Aneh Dan Ekstrim!

Serbia

Saat bertandang ke Serbia, jangan kaget jika ada orang yang mencipratkan air ke tanah di belakang kamu.Takhayul paling aneh ini diyakini sebagai bentuk kemudahan dalam bergerak dan akan memberi kamu keberuntungan.

Swedia

Di Swedia, salah satu takhayul paling aneh yang bisa kamu jumpai adalah larangan membunuh laba-laba. Jika dilakukan, maka dipastikan esok hari akan hujan. Selain itu, jika kamu harus keluar rumah karena terlalu banyak laba-laba, perhatikanlah langkah kamu.

Swedia memiliki dua jenis penutup lubang got (manhole cover), yaitu yang bertuliskan ‘A’ dan ‘K’. Jangan sampai kamu menginjak lubang A karena huruf A bisa merujuk pada banyak kesialan seperti “avbruten karlek” (cinta yang kandas) atau “arbetsloshet” (pengangguran).

Baca Juga: Dari Larangan Diramal Sampai Siram Toilet, Inilah 7 Peraturan Paling Aneh Di Dunia!

Thailand

Jonathan Cooper/Unsplash

Saat mengunjungi Thailand, pastikan jangan potong rambut di hari Rabu. Salon dan tempat pangkas rambut biasanya akan tutup di hari tersebut. Takhayul paling aneh ini diyakini berakar dari kebiasaan keluarga kerajaan yang memotong rambut mereka di hari Rabu. Jadi, hal ini bukan karena kesialan, justru karena Rabu dianggap menguntungkan dan orang-orang biasa dilarang untuk melakukannya.

Turki

Di Turki, memberikan pisau atau gunting dianggap sebagai pertanda ajakan berkelahi atau menjadi musuh. Karena itu, sebaiknya biarkan kedua benda tersebut di meja atau lantai agar dapat diambil tanpa perlu ada kegiatan mengalihkan atau memberikan. Jika sudah terjadi, kamu bisa membalasnya dengan menanam pohon fig di depan rumah orang yang memberi pisau atau gunting tersebut. Memiliki pohon fig di depan rumah juga dianggap kesialan. Begitu juga jika kamu nekat menebang pohon tersebut. Impas deh!

Vietnam

Di Vietnam, melakukan pekerjaan saat Tahun Baru Imlek sangat tidak dianjurkan. Kegiatan seperti menyapu dan bersih-bersih di hari penting tersebut justru akan menghapuskan segala keberuntungan keluarga kamu. Selain itu, ada juga kepercayaan di kalangan pemilik toko yang mengungkapkan bahwa pelanggan pertama akan menentukan keberuntungan toko. Jika dia membeli banyak, maka toko akan untung. Namun, jika pembeli pertama tidak membeli apapun, itu berarti kesialan.

Pernah dengan mitos hotel kapsul itu pengap, kotor, berisik, mahal, fasilitas tidak lengkap dan membosankan? Jangan langsung dipercaya! Bobobox akan menepis semua mitos tersebut. bukan pengap atau sempit, Bobobox memang didesain minimalis untuk memaksimalkan fungsi ruang sehingga tidak banyak makan tempat untuk aksesori dan fasilitas yang tidak perlu.

Hotel ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengalaman menginap kamu menyenangkan. Ada Wi-Fi kencang, Bluetooth speaker, moodlamp, communal area, spot Instragammable hingga vending machine. Kebersihan sudah pasti terjaga, terutama dengan kehadiran tim cleaner yang bertugas melakukan pembersihan berkala.

Selain itu, Bobobox juga menerapkan jam malam untuk memastikan kenyamanan dan ketenangan di seluruh area Bobobox. Untuk masalah harga, kamu tidak perlu khawatir karena Bobobox termasuk menawarkan harga terjangkau. Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox dan buktikan sendiri kenyamanannya!

You might also like