Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bukan Hanya Penahan Kantuk, Simak 7 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Tapi dengan jumlah yang pas ya!

Bobobox.co.id — Sekarang ini, kopi semakin digandrungi oleh banyak orang. Tak heran, jika banyak bermunculan kedai kopi ataupun tempat nongkrong yang menjajakan beragam varian kopi untuk dipesan. Meminum kopi sendiri biasanya dijadikan sebagai teman mengerjakan tugas ataupun sebagai penahan kantuk yang melanda.

Nah, sebenarnya, bukan hanya sebagai penahan kantuk saja lho manfaat dari kopi. Ada berbagai manfaat lainnya yang mesti kamu ketahui saat meminum kopi. Ingin tahu apa sajakah itu? Yuk simak 7 manfaat minum kopi untuk kesehatan berikut ini selain menahan kantuk.

Satu hal yang harus kamu ingat adalah kopi yang dimaksud di sini adalah kopi hitam ya, bukan kopi susu gula aren yang sekarang lagi hits.

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat pertama dari minum kopi untuk kesehatan adalah menurunkan risiko diabetes tipe 2. Pasalnya, dalam satu gelas kopi mengandung kandungan asam klorogenik. Asam klorogenik tersebut mampu menyerap kadar gula yang ada pada sistem pencernaan manusia.

Orang minum sekitar empat gelas kecil seharinya memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 ini. Empat gelas kopi tersebut tidak ditambahkan dengan gula ya.

Mencegah Kepikunan

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi mengandung kafein. Tapi tahukah kamu jika kafein yang sudah kita minum dalam bentuk kopi bermanfaat bagi otak? Jadi, setelah masuk ke dalam darah dan menuju otak, kafein akan mengaktifkan saraf yang meningkatkan fungsi otak dan salah satunya adalah daya ingat.

Maka dari itu, kopi sering identik dengan menahan kantuk karena fungsi dari kafein tadi. Tak hanya kafein, antioksidan dalam kopi juga membantu dalam mengurangi demensia vaskular. Sehingga, tidak salah, jika kopi bisa menurunkan risiko Alzheimer hingga 50 persen dan 65 persen dari kepikunan.

Menekan Risiko Penyakit Parkinson

Parkinson adalah satu penyakit yang menyerang kinerja saraf manusia. Akibat dari penyakit tersebut adalah sulitnya menggerakkan sejumlah bagian tubuh dan otot menjadi kaku.

Meminum empat gelas kecil kopi per harinya, menurunkan munculnya penyakit Parkinson hingga 25 persen. Bahkan untuk penderita Parkinson, kafein yang ada dalam kopi mampu membantu mereka untuk mengontrol pergerakan tubuh yang semula kaku.

Menurunkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung

Stroke dan penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Demi menghindari penyakit tersebut, kamu tentu membutuhkan langkah pencegahan sedini mungkin.

Salah satunya adalah dengan meminum kopi. Kandungan antioksidannya bisa menurunkan lemak dalam tubuh dan pembuluh darah. Sehingga, stroke dan penyakit jantung bisa diminimalisir hingga 19 persen.

Mencegah Kanker

Antioksidan dalam kopi memang memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk meredam kanker. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan meminum kopi adalah kanker hati, kanker usus besar, kanker mulut dan kanker lainnya yang menyerang wanita.

Organ Hati Lebih Terlindungi

Berbicara soal hati, salah satu penyakit yang menyerang hati adalah Sirosis. Sirosis merupakan kondisi di mana terbentuknya jaringan parut akibat kerusakan organ hati. Nah, salah satu cara menurunkan risiko terjadinya sirosis adalah dengan rutin meminum kopi.

Walaupun begitu, perlu dipertimbangkan juga soal jumlah kopi yang dimunum dalam seharinya, jenis, dan kondisi tubuhmu saat meminum kopi.

kantuk hati
via tcmblog.co.uk

Baik untuk Ginjal

Nah, manfaat yang terakhir dari meminum kopi adalah melindungi ginjal dari risiko beragam penyakit kronis yang siap menerpanya. Salah satu penyakit tersebut adalah batu ginjal.

Dengan meminum dua gelas setiap harinya, risiko terkena penyakit tersebut akan turun hingga 25 persen. Yang perlu diingat adalah jangan untuk meminum kopi secara berlebihan karena memiliki efek buruk pada ginjal.

kantuk ginjal
via newlifeoutlook.com

Menginap? Ya di Bobobox

Pulang dari kedai kopi, sempatkanlah untuk ke Bobobox kalau kamu memang sedang malas pulang ke rumah. Di sini, kamu bisa menikmati pengalaman menginap seru yang jarang kamu dapatkan.

Penasaran seperti apa pengalaman menginap seru tersebut? Yuk, unduh terlebih dahulu aplikasi Bobobox lewat link ini untuk pemesanannya. Setelah itu, kamu sudah mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda dan seru hanya di Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.