Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Amazon, Ini Dia 9 Sungai Paling Menyeramkan di Dunia! Duh, Jangan Coba-Coba Deh!

Tak boleh diremehkan!

Bobobox.co.id — Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia yang tinggal di sekitarnya. Keberadaan sungai berperan penting dalam menjadikan tanah sekitarnya menjadi lebih subur.

Namun, tak semua sungai memberikan manfaat bagi manusia. Beberapa sungai di dunia menyimpan potensi bahaya bagi siapapun khususnya bagi orang-orang yang tinggal tak jauh dari sungai tersebut.

Salah satu sungai paling menyeramkan di dunia adalah Sungai Amazon. Walaupun begitu, masih banyak lagi sungai yang tak kalah berbahaya sekaligus menyeramkan dari sungai tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan sembilan sungai paling menyeramkan di dunia. Jangan coba-coba deh untuk nekat berenang di sungai yang ada di daftar ini.

Sungai Yangtze, Tiongkok

Sungai paling menyeramkan di dunia pertama datang dari negeri tirai bambu, Tiongkok. Sungai ini tak hanya termasuk salah satu sungai paling seram tetapi juga menjadi sungai terpanjang di Asia.

Sungai yang dimaksud adalah Sungai Yangtze. Memiliki panjang lebih dari 6.300 kilometer, sungai ini bermula dari daerah pegunungan Tanggula di Tibet. Aliran sungainya sendiri mengalir ke arah Laut China Timur.

Nah, ada alasan utama mengapa sungai ini disebut-sebut sebagai sungai berbahaya. Hal tersebut berdasarkan sebuah bencana alam yang menimpa Tiongkok pada tahun 1954 dengan korban mencapai 33 ribu jiwa.

Pada saat itu, Sungai Yangtze pernah meluap dengan debit air yang sangat besar. Luapan tersebut mengakibatkan banjir bandang besar. Untuk mencegah kejadian serupa, dam pun dibangun oleh pemerintah Tiongkok.

Sungai Yangtze | Shutterstock/jejim

Sungai Orinoco, Kolombia

Sungai paling menyeramkan di dunia berikutnya adalah Sungai Orinoco. Nah, sungai yang terletak di Amerika Selatan ini melintasi dua negara. Kedua negara tersebut adalah Kolombia dan juga Venezuela.

Sungai terpanjang ketiga di Amerika Selatan ini memiliki panjang 2.140 kilometer. Tak hanya panjang, sungai ini memiliki cabang sungai yang mencapai 200 anak sungai dengan aliran yang deras dan mudah meluap.

Kesulitan akan dirasakan bagi siapa saja yang berusaha untuk melalui sungai ini. Pasalnya, arus yang keras dengan sisi sungai yang diapit oleh hutan hujan sangat lebat membuat perjalanan akan sangat menyulitkan.

Bagi masyarakat sekitar, sungai ini memberikan ancaman tersendiri. Air yang seringkali meluap kerap kali menyebabkan banjir. Bencana tersebut terjadi akibat daerah sekitar sungai yang mulai rusak dan pembukaan lahan sawit.

Sungai Orinoco | Getty Images/Norbert Achtelik

Baca Juga: Mengerikan! Ini Dia 10 Makhluk Mitologi Paling Seram Dalam Mitologi Dunia


Sungai Kongo, Kongo

Sungai Kongo merupakan salah sungai paling menyeramkan di dunia. Hal tersebut semakin dipertegas dengan julukan yang disematkan pada sungai paling berbahaya di Afrika ini yakni ‘jantung kegelapan’.

Di samping menjadi sungai paling menyeramkan, Sungai Kongo sendiri termasuk sungai terpanjang kedua di Afrika dan sungai terdalam di dunia. Hal menakutkan dari sungai ini adalah tebing mengerikan di ujung sungai.

Saking berbahayanya, tebing tersebut dijuluki gate of hell. Kengerian dari tebing tersebut pun membuat seorang praktisi arung jeram sarat akan pengalaman pun tidak akan berani untuk mengarunginya.

Selain arusnya yang tak bisa ditebak, sungai ini dianggap menyeramkan karena banyaknya hewan buas yang hidup. Oleh karena itu, rasanya tidak akan ada banyak orang yang berani untuk mendekati sungai tersebut.

Sungai Kongo | flickr/aminah51

Sungai Brahmaputra, Bangladesh

Benua Asia sendiri tak hanya memiliki satu sungai paling menyeramkan di dunia tetapi dua sekaligus. Sungai Brahmaputra di Bangladesh terkenal sebagai sungai dengan arus yang sangat mematikan.

Saking derasnya arus di sungai ini, air pasang yang terjadi di sungai ini akan membentuk pusaran atau tidal bare. Arus mematikan ini disebut-sebut dapat menenggelamkan apapun yang berada di atasnya.

Walaupun begitu, sungai ini sendiri mampu memberikan manfaat bagi penduduk lokal. Pasalnya, sungai ini sering digunakan oleh penduduk lokal Bahaduradbad untuk kebutuhan irigasi dan juga transportasi.

Sungai Brahmaputra | Dmitriy Sarbash/Fotolia

Sungai Paling Menyeramkan di Dunia | Sungai Lena, Rusia

Sungai Lena di Siberia ini merupakan sungai paling menyeramkan di dunia lainnya. Sungai dengan panjang mencapai 4.399 kilometer ini berbahaya karena seringkali mengakibatkan banjir saat musim semi tiba.

Bahkan, tak hanya musim semi saja sungai ini bisa berbahaya. Saat musim panas, sungai ini sama berbahaya saat musim semi tiba. Hal ini terjadi karena es yang mulai mencair saat kedua musim tersebut tiba.

Dengan air es yang mulai mencair, volume sungai pun meningkat drastis dan mengakibatkan banjir. Bencana pada tahun 2007 menjadi salah bukti di mana banjir tersebut menenggelamkan 1.000 rumah penduduk.

Sungai Lena | via visityakutia.com

Baca Juga: Menguak 10 Mitos Seram The Dark Web Yang Akhirnya Terungkap | Jangan Sampai Salah Kaprah.


Sungai Nil, Mesir

Dari sungai yang ada di daftar ini, kamu mungkin tak asing dengan sungai ini. Pasalnya, sungai satu ini kerapkali disebut-sebut dalam sejarah khususnya yang berkaitan dengan sejarah Mesir kuno.

Sungai tersebut adalah Sungai Nil. Salah satu sungai terpanjang didunia dianggap sungai paling menyeramkan di dunia dengan dua alasan. Kedua alasan ini pula yang membuatmu harus waspada saat liburan ke sini.

Alasan pertama adalah sungai ini dihuni oleh hewan yang selain berbisa juga beracun. Tak hanya itu, beberapa bagian sungai ini memiliki arus yang cenderung sangat kuat yang membuatnya sulit dilawan.

Sungai Lena | nicolas lecoz/Fotolia

Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai-sungai terpanjang di daftar ini bak pisau bermata dua. Hal tersebut pun berlaku kepada sungai terpanjang kedua di dunia yang berada di Amerika Serikat. Sungai tersebut adalah Sungai Mississipi.

Kontribusi besar dari sungai ini adalah berperan penting sebagai drainase untuk negeri paman sam. Namun, di balik airnya yang tenah, arus bawah sungai ini sangatlah kuat dan menjadi teror warga sekitar sungai.

Teror banjir yang setiap saat bisa saja melanda hingga teror hewan seperti hiu dan ikan Pike adalah beberapa alasan mengapa sungai di Amerika Serikat ini termasuk salah sungai paling berbahaya di dunia.

Sungai Mississippi | via americanrivers.org

Sungai Niger, Afrika Selatan

Sungai Niger adalah sungai paling menyeramkan di dunia lainnya. Sungai ini disebut-sebut sebagai sungai terpanjang ketiga di Afrika karena memiliki panjang sungai yang mencapai 4.180 kilometer.

Selain menjadi salah satu sungai paling panjang, sungai ini pun sangat berbahaya. Dampak yang ditimbulkan dari sungai berbahaya ini tercatat dalam sejarah karena mampu menelan puluhan ribu korban.

Pada saat banjir mengerikan datang, Sungai Niger pernah menyapu kurang lebih 20.000 warga Afrika Barat. Selain manusia, hampir 30.000 hewan terseret arus dahsyat dari banjir besar tersebut.

Sungai Niger | Michael Runkel/robertharding

Baca Juga: 10 Film Horor Thailand Terseram Versi Bob. Siap Bikin Kamu Sulit Tidur!


Sungai Parana, Paraguay

Sungai paling menyeramkan di dunia terakhir adalah Sungai Parana. Sungai ini melintasi dua negara di Amerika Selatan yakni Argentina dan Paraguay dengan panjang mencapai sekitar 4.828 kilometer.

Penyematan status paling berbahaya dan menyeramkan pada sungai ini bukannya tanpa alasan. Arus yang sangat kuat dan selalu menyebabkan banjir adalah alasan utama status dari Sungai Parana.

Dampak yang ditimbulkan pun tak main-main. Kerusakan parah pada konstruksi bangunan dan kota jadi bukti. Arus kuat Sungai Parana ini sendiri mendapat pengaruh dari angin kuat dan El Nino.

Sungai Parana | via ukpandi.com

Tak perlu Takut Tidur Sendiri saat Menginap di Bobobox

Setelah membaca beberapa tempat wisata angker di pods Bobobox, kamu mungkin bisa takut untuk tidur sendiri. Namun, kamu tak usah khawatir karena kamu tidak akan tidur sendiri di Bobobox karena konsep shared living yang diusung.

Jadi, banyak orang kok yang ada di luar pod yang sedang kamu inapi. Oleh karenanya, kamu pun bisa tidur nyenyak tanpa takut akan kesendirian yang datang.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menginap di Bobobox, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjutnya ya!

You might also like