Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Touring Motor? Ini Dia 8 Peralatan yang Wajib Kamu Bawa!

Persiapkan dengan matang demi perjalanan yang lancar

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan dengan cara touring motor mungkin terdengar melelahkan. Namun, bagi sebagian yang lain kegiatan tersebut justru menyenangkan asalkan berbekal peralatan wajib saat touring motor sehingga semua bisa aman terkendali.

Di balik rasa lelah dan pegal karena harus berkendara dalam jarak jauh dan durasi cukup lama, ada keseruan tersendiri yang mungkin tidak didapat jika bepergian dengan cara lain. Dengan touring motor, kamu bisa memiliki lebih banyak kebebasan.

Kamu bisa merasakan embusan angin dan udara segar serta keindahan alam dari tempat-tempat yang mereka lewati baik siang maupun malam. Saat touring membawa kamu melewati berbagai kota, kamu bisa mengamati bahkan mendekatkan diri pada budaya-budaya serta berbagai macam karakter manusia yang kamu jumpai.

Selain itu, keseruan juga akan kamu dapat dari rekan sesama peserta touring. Kamu bisa bercengkrama sambil makan bersama saat waktu istirahat. Solidaritas pun semakin erat karena kamu akan saling membantu dan mengingat agar perjalanan tetap lancar jaya.

Mengingat rute jalan yang panjang dan terkadang melewati medan yang sulit, sebaiknya kamu pastikan kondisi fisik kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berangkat. Lakukanlah olahraga rutin serta makan makanan sehat seperti sayur dan buah agar tubuh tetap fit untuk menyongsong perjalanan ratusan kilometer.

Pastikan juga bahwa motor yang akan kamu pakai berada dalam kondisi yang prima sehingga tidak menjadi penghambat dalam perjalanan. Cek kondisi mesin, ban, lampu, rantai, klakson dan semacamnya.

Selain itu, jangan lupa juga bawa peralatan wajib saat touring motor agar perjalanan kamu lancar dan aman sentosa. Apa saja peralatan wajib saat touring motor yang perlu kamu bawa? Berikut ini adalah delapan di antaranya!

Power Bank

@ijeab via Freepik

Peralatan wajib saat touring motor pertama adalah power bank. Di era digital ini, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan smartphone dengan segala kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkannya.

Hanya saja, kebanyakan smartphone tersebut umumnya memiliki ketahanan daya baterai tidak lebih dari satu hari. Mengingat peranan smartphone yang sangat penting di zaman sekarang ini, kamu harus memastikan agar baterai ponsel kamu selalu terisi penuh.

Caranya tentu dengan membawa serta power bank dalam setiap touring motor kamu apalagi kalau sampai kamu touring hingga berhari-hari. Agar hemat daya, kamu juga bisa mematikan sambungan internet saat tidak terlalu dibutuhkan.

Jaket dan Jas

Baik musim hujan atau pun bukan, jaket anti hujan atau jas hujan perlu kamu masukkan dalam daftar peralatan wajib saat touring motor. Sebenarnya, tidak ada ketentuan spesifik tentang jaket yang cocok untuk touring.

Namun, sebaiknya kamu membawa jaket yang dirasa ampuh untuk menahan dinginnya angin serta air. Yang paling umum digunakan oleh para pecinta touring adalah jaket dari bahan condura karena seratnya yang rapat, tahan air, tebal, tidak menerawang dan ringan. Selain untuk menghalau angin dan air, pastikan juga jaket kamu memiliki pelindung di bagian siku dan pundak agar kamu tidak mudah lecet jika terjadi kecelakaan.

Sebagaimana kamu tahu, cuaca bisa saja berubah tanpa diduga. Karenanya, kehadiran jas hujan akan sangat berguna untuk menghalau derasnya air yang menimpa kamu. Untuk kriterianya, kamu bisa memilih jas berbahan tebal sehingga tidak mudah ditembus air. Selain itu, gunakan juga warna yang mencolok. Saat berkendara di malam hari, warna mencolok sangat mudah dilihat oleh pengendara lain apalagi jika kondisi cukup gelap.

Pakaian dan Alas Kaki

Touring biasanya menghabiskan lebih dari satu hari. Pakaian yang sudah bau dan lengket tentunya akan mengganggu kenyamanan perjalanan kamu. Karena itu, pakaian ganti adalah peralatan wajib saat touring motor. Kaus atau t-shirt biasanya menjadi pilihan favorit karena tidak ribet

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan alas kaki yang akan kamu pakai nantinya. Selama dalam perjalanan, sebaiknya gunakanlah sepatu yang melindungi seluruh bagian kaki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat saat-saat tertentu kamu mungkin akan membutuhkan alas kaki jenis lain seperti sandal, kamu juga bisa menambahkannya pada daftar peralatan wajib saat touring motor kamu.

Perlengkapan Pribadi

@macroector via Freepik

Peralatan wajib saat touring motor lainnya adalah  perlengkapan pribadi kamu. Perlengkapan pribadi sendiri bisa mencakup banyak hal. Beberapa di antaranya adalah peralatan mandi dan make-up sederhana, tisu basah dan kering, dan juga obat-obatan pribadi.

Peralatan make-up biasanya sangat diperlukan untuk perempuan meskipun cuma hal-hal basic karena hal tersebut bisa dipakai untuk mempercantik penampilan kala ingin mengabadikan momen saat touring. Obat-obatan juga tak kalah penting mengingat perjalanan jauh bisa saja menimbulkan rasa pusing atau mual apalagi bagi pemula.

Selain itu, kamu juga perlu antisipasi jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kecil atau semacamnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membawa obat-obatan seperti betadine, minyak kayu putih, plester, tolak angin, dan lain-lain.

Tool Kit

Peralatan wajib saat touring motor berikutnya adalah tool kit. Hal ini akan sangat membantu saat motor kamu mengalami kerusakan kecil dan kamu pun tidak perlu repot-repot mencari bengkel motor. Beberapa di antaranya adalah tang, obeng, kunci L, kunci pas, pisau lipat multifungsi, kabel cable ties, lakban, senter, pemantik api.

Alat Tambal Ban

Saat melakukan touring ke daerah yang tidak memiliki banyak tambal ban seperti di kota-kota besar, alat tambal praktis akan sangat membantu. Alat ini sendiri dilengkapi dengan pompa atau tabung gas, obeng, lem dan karet.

Saat mengalami kempis atau ban bocor, kamu belum tentu dapat dengan mudah menemukan tukang tambal ban di dekat kamu. Karena itu, alat tambal ban ini perlu masuk peralatan wajib saat touring motor. Kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk mengisi angin serta menambal ban yang bocor sendiri.

GPS dan Peta

@rawpixel.com via Freepik

Sebelum melakukan touring, pastikan kamu telah mengetahui rute yang akan kamu ambil. Agar perjalanan lebih mudah, kamu bisa mengunduh rute yang telah kamu atur dan memasukkannya ke dalam GPS di motor atau ponsel kamu.

Untuk berjaga-jaga jikalau rute pada GPS terasa membingungkan atau kamu terkendala sinyal saat menggunakan GPS, kamu bisa membawa serta peta fisik agar perjalanan tetap aman terkendali. Maka dari itu, GPS dan peta perlu kamu masukkan dalam daftar peralatan wajib saat touring motor.

Uang Tunai

Peralatan wajib saat touring motor lainnya yang tak kalah penting adalah uang tunai. Membawa uang tunai sendiri sangat membantu jika dalam perjalanan kamu tidak bisa menjumpai ATM, bank, atau tempat yang tidak memfasilitasi pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit.

Namun, membawa uang tunai dalam jumlah besar mungkin tampak berisiko. Untuk mengantisipasi hal itu, kamu bisa membawa uang secukupnya saja dan simpan di beberapa tempat berbeda selain di dompet. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari kehilangan uang akibat dompet hilang atau jatuh, pemerasan, permapokan, dan semacamnya.

Setelah lelah menghabiskan waktu kamu di perjalanan, kamu bisa memanjakan diri dengan mampir di hotel yang menawarkan akomodasi nyaman namun dengan harga terjangkau. Tidak usah pusing-pusing mencari, pilih saja Bobobox.

Hotel kapsul dengan fasilitas canggih ini sudah hadir di beberapa kota besar di Indonesia lho. Kamu bisa menjumpainya di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Semuanya menawarkan kemudahan, fasilitas canggih dan rasa aman yang membuat kamu betah berlama-lama stay di Bobobox. Tertarik mencoba? Unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store.

You might also like