Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Staycation Makin Seru dengan 7 Aktivitas Ini!

Dijamin staycation kamu nggak akan monoton!

Di tengah sibuknya pekerjaan, bukan hal yang aneh ketika kamu mulai merasa lelah. Kamu juga mungkin jenuh dengan rutinitas yang ada. Walhasil, risiko pekerjaan terbengkalai pun makin tinggi dan kualitas pekerjaanmu pun terancam menurun. Kalau dibiarkan, kondisi seperti ini juga bisa memengaruhi kesehatanmu, lho, baik fisik dan mental! Wah! Bahaya, ‘kan? Nah, di momen-momen seperti ini, Bob tahu apa yang kamu butuhkan: staycation!

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah ini, atau mungkin pernah mencobanya. Nah, staycation sendiri merupakan singkatan gabungan dari “stay” dan “vacation“. Istilah ini mengacu pada liburan yang dihabiskan di negara, kota, atau tempat tinggal sendiri. Sesuai dengan namanya, kamu cukup stay di kota atau rumahmu untuk berlibur, tanpa harus bepergian jauh. Dilansir dari English Country House, istilah ini konon pertama kali digunakan oleh seorang travel blogger di tahun 2003. Di tahun 2008, istilah tersebut makin populer dan lebih banyak digunakan.

Staycation santai
Sumber foto: https://unsplash.com/@belart84

Bentuk liburan yang satu ini juga memiliki kelebihan tersendiri. Jika dilakukan di rumah atau kota sendiri, biaya transportasi pun bisa dihemat atau bahkan dipangkas habis. Untuk liburan di kota lain, setidaknya kamu tidak perlu repot-repot urus paspor dan visa. Oh, ya! Staycation juga sebetulnya penting, lho, bagi kesehatanmu! Dilansir dari CNBC.com, liburan bisa menurunkan tingkat stres, memperbaiki kondisi mental, dan bahkan mencegah serangan jantung! Wow! Bob siap-siap packing dulu deh kalau gitu!

Oh, ya! Supaya liburan singkatmu makin seru, Bob punya 7 pilihan aktivitas yang layak kamu coba. Ketujuh aktivitas rekomendasi Bob akan melengkapi momen liburan singkatmu. Check these out!

1. Meditasi

Tingkat stres yang tinggi dan beban kerja yang berat berisiko mengganggu keseimbangan mental. Tentunya, kamu perlu penangkal untuk mencegahnya. Buat kalian yang belum pernah bermeditasi, staycation bisa jadi momen yang tepat untuk mencobanya. Eh, jangan dulu ngeluh! Meskipun terdengar sulit, sebenarnya meditasi memberikan banyak manfaat, lho, buatmu, terutama untuk kesehatan mental.

Staycation meditasi
Sumber foto: https://unsplash.com/@jyotirmoy

Dilansir dari Healthline, meditasi tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan kesadaran diri dan memperpanjang rentang perhatian. Nah, buat kamu yang sering tiba-tiba blank atau kurang fokus, aktivitas ini layak kamu coba! Meditasi juga membantu melawan penurunan daya ingat akibat penuaan dan memperbaiki pola tidur.

Sebelum bermeditasi, pilih tempat atau ruangan yang tenang. Kalau kamu menghabiskan staycation di hotel atau vila dengan lingkungan yang asri dan alami, coba bermeditasi di teras atau balkon. Tidak ada instruktur? No problem! Kanal-kanal YouTube seperti Great Meditation menawarkan video-video guided meditation yang bisa kamu putar.

2. Piknik

Makan siang di restoran atau kafe mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan piknik? Aktivitas yang satu ini mungkin tidak sering kamu nikmati, terutama dengan beban kerja yang tinggi. Nah, mumpung sedang staycation, kamu bisa coba mengadakan piknik bersama pacar, teman-teman, atau keluarga. Ya, sekalian quality time bersama orang-orang tersayang!

Staycation piknik
Sumber foto: https://unsplash.com/@heftiba

Piknik yang diadakan tidak perlu rumit. Kalau kamu punya halaman yang cukup luas di rumah, kamu bisa mengadakan piknik di sana. Gelar tikar dan siapkan makanan dan camilan. Kalau mau, kamu juga bisa membawa buku untuk dibaca setelah bersantap. Tidak ada halaman yang luas? Don’t worry! Coba pilih taman yang cukup tenang untuk mengadakan piknik. Kalau tempat tinggalmu cukup dekat dari pantai, piknik di tepi pantai bisa jadi pilihan yang asyik!

3. Berkunjung ke Spa

Nothing is more rejuvenating than a perfect spa treatment! Tingkat stres yang tinggi tidak hanya menguras pikiran, tetapi juga berdampak pada kondisi fisikmu. Nah, momen staycation bisa kamu manfaatkan untuk memanjakan diri di spa. Jangan ragu untuk sesekali merogoh kocek lebih dalam untuk memanjakan diri. You deserve it!

Staycation spa
Sumber foto: https://unsplash.com/@caishan119

Ada beragam layanan yang ditawarkan spa. Dari pijat refleksi hingga lulur, kamu bisa memanjakan tubuhmu dengan berbagai pilihan. Otot-otot tubuh tegang? Coba hot stone massage! Dikutip dari Healthline.com, terapi pijat ini membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan memperbaiki jaringan otot halus yang rusak pada tubuh. Dalam terapi ini, batu-batu vulkanik pipih yang sudah dipanaskan ditempatkan di beberapa titik. Duh! Bob jadi ingin ke spa.

Ingin kulit yang shining, shimmering, splendid? Beberapa spa juga menawarkan layanan facial treatment. Nah, perawatan ini cocok buat kamu yang sering terpapar polusi. Selain tubuh, kulit wajahmu juga perlu dimanjakan, lho! Pilih treatment sesuai kebutuhan kulitmu. Setelah menjalani perawatan, dijamin kamu siap kembali bekerja dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar!

4. Bermain Boardgame atau Cardgame

Momen staycation terasa makin lengkap dengan kehadiran teman-teman atau anggota keluarga. Sayangnya, terkadang kita terlalu sibuk dengan gadget sendiri sampai lupa meluangkan quality time bersama. Nah, supaya mata nggak terpaku dengan ponsel, coba mainkan boardgame atau cardgame!

Staycation bermain
Sumber foto: https://unsplash.com/@nci

Untuk kamu penyuka boardgame klasik, permainan seperti ular tangga atau monopoli akan memeriahkan liburanmu bersama teman-teman. Permainan kartu seperti UNO atau kuartet juga bisa jadi pilihan alternatif. Berlibur bersama keluarga? Boardgame edukatif seperti Scrabble bisa kamu mainkan. Menang atau kalah bukan masalah! Yang terpenting adalah sisihkan gadget-mu dan nikmati momen kebersamaan bersama orang-orang tersayang.

5. Olahraga

Kesibukan sehari-hari membuatmu tidak bisa berolahraga? It’s time to move your body! Manfaatkan momen staycation untuk berolahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Dikutip dari Mayo Clinic, olahraga bisa membantu mengendalikan berat badan dan meningkatkan energi, lho! Dalam artikelnya, Mark Stibich, pakar perubahan perilaku mengatakan bahwa saat kita berolahraga, tubuh dan otak mengeluarkan endorfin, hormon yang memberikan dampak positif bagi mood kita.

Staycation olahraga
Sumber foto: https://unsplash.com/@gervynlouis

Untuk kamu penyuka olahraga tim, futsal, basket, dan voli bisa jadi pilihan yang tepat. Not a fan of team sports? Coba joging di pagi atau sore hari. Kamu bisa berolahraga di sekitar rumah atau taman terdekat. Sebagai alternatif, kamu bisa pergi ke gym dan berolahraga di sana bersama teman-teman. Kalau hotel atau vila tempatmu berlibur punya kolam renang, manfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga.

6. Maraton Film

Kamu movie junkie? Maraton film bisa jadi aktivitas hiburan yang sederhana untuk dicoba saat staycation bersama teman-teman. Kalau kamu menginap di hotel, biasanya ada beragam kanal film yang bisa kamu nikmati di televisi. Beberapa properti bahkan menghadirkan streaming service yang bisa kamu manfaatkan secara gratis untuk menikmati film dan acara televisi kesukaanmu.

Staycation film
Sumber foto: https://unsplash.com/@jeshoots

Kamu bisa mencoba menonton film dari genre yang berbeda. Kamu juga dapat mengeksplorasi subgenre yang mungkin masih asing. Untuk genre psychological thriller, misalnya, kamu bisa menonton The Skeleton Key (2005) atau Gone Girl (2014). Perlu tontonan yang lebih klasik? Tontonan bergenre film noir seperti Sorry, Wrong Number (1948) akan memberikan pengalaman baru. Film-film keluarga seperti The Parent Trap (1998), Herbie: Fully Loaded (2005), dan Home Alone (1990) akan meramaikan liburanmu.

Supaya acara maraton film makin seru, siapkan beberapa camilan dan minuman. Kudapan khas bioskop seperti popcorn dan kentang goreng bisa jadi pilihan “klasik”. Kamu juga bisa membeli keripik kentang atau camilan ringan lainnya. Hmm… Bob jadi ingin ke bioskop, nih!

7. Tidur

Aktivitas yang satu ini mungkin terdengar lucu, tapi sebenarnya bermanfaat, lho. Ya! Momen staycation bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat dan tidur. Untuk kamu yang sering mengalami kekurangan tidur, manfaatkan liburan singkatmu untuk tidur dengan cukup. Bangun lebih siang? No guilty feeling karena kamu sedang berlibur! Rasa kantuk melanda di siang hari? Feel free to take a nap!

Staycation tidur siang
Sumber foto: https://unsplash.com/@sekibaku

Dampak dari kekurangan tidur begitu signifikan terhadap kondisi fisik dan mental. Kalau kamu ingin kulit yang glowing, kurang tidur membuat kulit tampak kusam dan pucat. Selain itu, mood pun bisa memburuk. Nah, liburanmu bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat secara optimal. Oh, ya! Selain tidur di malam hari, tidur siang juga bermanfaat, lho! Dilansir dari Sleep Foundation, tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan dan memberikan relaksasi bagi tubuh.

Kalau kamu menghabiskan liburanmu di hotel atau vila pinggir pantai, atau di kawasan yang masih alami, take your sleep to the next level! Kamu bisa tidur siang di atas hammock sambil dimanjakan suara deburan ombak. Kamu juga dapat membuka pintu balkon dan tidur sambil dibuai semilir angin. Aduh! Gravitasi di kasur makin besar, nih!

Kesimpulan

Beban kerja yang berat dan tingkat stres yang tinggi membuat staycation menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengembalikan energi dan semangat. Liburan singkat ini bisa kamu nikmati di tempat tinggalmu, atau akomodasi yang tersedia di kotamu. Meskipun tidak bepergian jauh, kamu tetap bisa mendapatkan liburan yang berkesan dan mengasyikkan. Dengan begini, kamu bisa kembali bekerja dengan kondisi fisik dan mental yang lebih fit.

Nah, bicara soal akomodasi, kamu tidak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati staycation yang memorable. Ingin berlibur, tapi sedang on budget? Bobobox bisa jadi opsi akomodasi yang tepat! Hotel kapsul ini bukan hotel kapsul biasa, lho! Kamu bisa menikmati liburan yang seru bersama teman-temanmu, tanpa harus menjebol tabungan.

Bobobox menawarkan pod bergaya futuristik dengan en-suite technology yang sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Jadi, kamu bisa mengatur pencahayaan dan mengunci pintu pod lewat aplikasi di ponselmu. Cocok buat kamu yang sering mager! Kasur yang besar dan nyaman, serta Bluetooth speaker di dalam pod juga menambah kenyamananmu saat beristirahat. Selain itu, fasilitas umum seperti pantry dan communal space di Bobobox juga cocok untuk bersantai dengan teman-teman dan berfoto. Pretty Insta-worthy, lho!

Nah, aplikasi Bobobox bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan pemesanan pod secara langsung. What’s better, kamu juga bisa dapat notifikasi terkait promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Opsi pembayaran yang tersedia pun cukup beragam. Saat ini, Bobobox hadir di Jakarta, Bandung, dan Semarang. Nah, kira-kira kamu mau staycation di mana, nih? Apa pun kotanya, jangan lupa download aplikasi Bobobox dan pesan pod-mu sekarang, ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.