Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tertarik Membeli Konsol buatan Valve? Ini Dia 7 Fakta Spesifikasi Steam Deck Valve yang Perlu Kamu Ketahui

Masih tertarik membeli setelah baca artikelnya?

Bobobox.co.id — Steam Deck pun akhirnya resmi diumumkan oleh Valve. Dari tampilannya, kamu bakal memikirkan Nintendo Switch. Namun, hal tersebut bakal terpatahkan saat melihat spesifikasi Steam Deck Valve.

Pasalnya, spesifikasi yang diusung terbilang lebih canggih. Spesifikasi dari konsol satu ini disebut-sebut mirip dengan PlayStation 5 (PS5), walaupun dengan beberapa aspek yang dipangkas.

Hal ini tentu membuatmu tertarik untuk membeli konsol satu ini. Apalagi, kamu sudah bisa memesan tiket pre-ordernya dengan bayaran 5 USD saja. Biaya tersebut tentu terbilang cukup murah untuk uang muka.

Nah, daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan yang sudah Bob rangkum dari berbagai sumber mengenai fakta spesifikasi Steam Deck Valve berikut ini. Setelah membaca artikelnya, masih tertarik membeli konsol ini?

Berikut adalah Fakta Spesifikasi Steam Deck Valve

1. Dipacu oleh CPU dari AMD

Fakta spesifikasi Steam Deck Valve pertama akan membahas mengenai dapur pacu untuk konsol tersebut. Pilihan Valve jatuh pada AMD Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz yang disematkan pada konsol Steam Deck Valve.

Untuk menemani GPU AMD Zen, Valve menyematkan GPU chip 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz. Tak hanya sampai di situ, spesifikasi Steam Deck Valve pun memberikan keleluasaan dengan adanya 16 GB RAM.

Dengan sokongan tersebut, secara teknis, Steam Deck mampu menghasil performa hingga 2 TFlops. Hal tersebut membuat konsol satu ini memiliki performa yang bisa dibilang setara atau mungkin sedikit di bawah PS4.

Untuk itu, rasanya kamu bakal benar-benar dimanjakan saat memainkan game lewat konsol ini. Jadi, jika kamu melihat dari segi performa, kamu tidak akan salah beli saat memutuskan membawa pulang Steam Deck ini.

AMD Zen 2 spesifikasi Steam Deck Valve
AMD Zen 2 via notebookcheck.net

2. Menggunakan SteamOS sebagai Sistem Operasi

Fakta spesifikasi Steam Deck Valve berikutnya berkaitan dengan sistem operasi yang diusung. Nah, Valve menggunakan SteamOS sebagai sistem operasi utama pada konsol yang dianggap mirip Nintendo Switch.

SteamOS sendiri memang terdengar kurang familiar. Wajar saja mengingat SteamOS terbilang baru dikembangkan sejak tahun 2013. Kemunculan SteamOS ini disebut-sebut sebagai bentuk jawaban atas ‘penindasan’ Microsoft.

Nah, berbicara soal sistem operasinya, SteamOS ini membuat pemain dapat meakses fitur Steam versi PC. Beberapa di antaranya antara lain Steam Chat, notifikasi, dan fitur-fitur penting lainnya.

Spesifikasi Steam Deck Valve dari segi software ini mendukung fitur seperti Remote Play. Nantinya, kamu sebagai pemain dapat melakukan streaming game yang kamu mainkan dari PC ke Steam Deck dengan mudah.

SteamOS spesifikasi Steam Deck Valve
SteamOS via expertreviews.co.uk

Baca Juga: Sedang Rakit PC High-End Untuk Gaming Dan Editing? Simak Rekomendasi Prosesor Untuk Editing Ini


3. Layar yang Menjanjikan

Layaknya konsol handheld, tak lengkap rasanya jika tidak membahas layar sebagai spesifikasi Steam Deck Valve lainnya. Untuk menunjang gamers, Valve memilih layar berukuran 7 inch diagonal.

Panel yang dipilih untuk layarnya adalah IPS lengkap dengan touchscreen. Hal ini tentu bakal memberikan suguhan pengalaman memainkan video game yang tetap menjanjikan nantinya.

Walaupun begitu, kamu tentu tak bisa membandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Nintendo Switch. Uusungan OLED pada Switch memang membuat tampilan pada layarnya akan jernih dan mencolok warnanya.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Spesifikasi Steam Deck Valve ini tak jadi nilai negatif kok. Resolusi 1280 x 800 piksel dengan refresh rate 60 Hz rasanya terbilang cukup untuk game yang dimainkan pada konsolnya.

Layar yang menjanjikan spesifikasi Steam Deck Valve
Layar yang menjanjikan via thegadgetflow.com

4. Performa Baterai Tangguh

Hal lain yang perlu diperhatikan soal konsol handheld adalah performa baterainya. Kamu tentu tidak akan ingin keseruan bermain video game harus berakhir dengan kekesalan akibat baterai yang cepat habis.

Secara spesifikasi Steam Deck Valve, konsol tersebut menggunakan baterai 40Whr. Dalam liputan dari IGN, Steam Deck sanggup menyala selama kurang lebih 2 hingga 8 jam bergantung game dan performa yang dimainkan.

Pada liputan tersebut, Steam Deck sanggup menyala selama 5 hingga 6 jam selama memainkan Portal 2 dengan 30 FPS. Bisa disimpulkan jika memainkan game berat akan memakan daya yang lebih cepat.

Jika dibandingkan dengan Nintendo Switch, Steam Deck memang terbilang memuaskan. Spesifikasi Steam Deck Valve yang diusung lebih unggul walaupun tetap bergantung pada game dan performa konsolnya.

Performa baterai tangguh spesifikasi Steam Deck Valve
Performa baterai tangguh via gamesradar.com

Baca Juga: Ingin Membeli Konsol Game Di 2021? Ini Dia Rekomendasi Konsol Game 2021 Versi Bob


5. Ditunjang Fitur Menarik Lainnya

Fitur lainnya pun patut dimention jika berbicara soal spesifikasi Steam Deck Valve. Soal hal tersebut, Valve sendiri memberikan fitur-fitur penunjang yang siap memberikan kepuasaan dalam memainkan video game.

Untuk penyimpanan, ada eMMC 64GB atau SSD 256GB/512 GB yang tertanam pada konsolnya. Kapasitas tersebut bisa diperluas dengan microSD karena game-game saat ini yang terbilang cukup besar.

Di samping itu, Steam Deck mengusung 3.5mm stereo jack dengan konektivitas yang cukup komplet. Fitur seperti WiFi 2.4/5 GHz dan juga Bluetooth 5.0 sudah disematkan pada konsol yang siap PO ini.

Spesifikasi Steam Deck Valve terkait input pengisian daya. USB Type-C 45W jadi pilihan yang tepat mengingat perangkat saat ini sudah menggunakan USB Type-C sebagai input pengisian daya.

Fitur Steam Deck spesifikasi Steam Deck Valve
Fitur Steam Deck via pcgamesn.com

6. Bukan Sekadar Konsol Game

Usungan spesifikasi Steam Deck Valve terbilang menjanjikan. Tak mengherankan jika potensi yang dihadirkan oleh konsol ini terbilang mampu memberikan hal yang tak ditemui di konsol handheld lainnya.

Hal ini pula yang menjadikan Valve menyebut bahwa Steam Deck tak lebih dari sekadar PC portable. Kamu bisa menggunakan Steam Deck sebagai PC personal dalam mengerjakan berbagai pekerjaan ringan.

Nantinya, kamu bisa melakukan pekerjaan ringan seperti mengetik, browsing, menggunggah dokumen. Hal ini jelas menjadikan Steam Deck lebih versatile dan bermanfaat dalam kondisi mendesak.

Walaupun begitu, Steam Deck pun memiliki fitur yang sama dengan konsol handheld lain macam Nintendo Switch. Fitur tersebut adalah kemampuan mampu dicolok ke monitor dengan dock ala Switch.

Konsol Steam Deck spesifikasi Steam Deck Valve
Konsol Steam Deck via techraptor.net

Baca Juga: Rekomendasi Game Multiplayer Nintendo Switch Untuk Game Night Yang Asyik!


7. Harga Perkiraan yang Cukup Terjangkau

Tak hanya berbicara soal spesifikasi Steam Deck Valve, Bob pun akan membahas soal hal lain yang tak kalah penting. Hal tersebut adalah soal harga untuk tiap opsi varian dari Steam Deck.

Sejauh ini, ada tiga varian model yang bisa kamu pilih. Ketiganya memiliki perbedaan kentara pada bagian kapasitas penyimpanan data dan juga beberapa bonus lainnya seperti casing dan tema eksklusif pada keyboard virtual.

Harga yang dipatok pada varian paling murah adalah USD 399. Model ini hanya mengusung 64GB eMMC untuk internal storage. Hal ini berbeda dengan dua varian lainnya yang mengusung NVMe SSD.

Dua model selanjutnya dipatok seharga USD 529 dan USD 6499. Varian termahal memiliki internal storage 512GB dengan tambahan tema ekslusif untuk virtual keyboard yang tidak akan kamu dapat di varian 256GB.

Harga Steam Deck spesifikasi Steam Deck Valve
Harga Steam Deck via windowscentral.com

Main Game dengan Tenang di Bobocabin

Bermain video game online bakal semakin asyik jika ditunjang dengan koneksi WiFi yang mumpuni. Momen tersebut akan semakin seru jika kamu mendapatkan ruang yang lega untuk mengekspresikan diri.

Nah, kamu bisa mendapatkannya selama menginap di Bobobox. Koneksi WiFi yang bisa diandalkan tak akan membuat momen memainkan video game tersendat. Siap-siap untuk auto chicken dinner, nih!

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

 

You might also like