Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Sosok Hantu dengan Wujud Nenek-Nenek di Berbagai Negara yang Paling Menyeramkan

Bukan nenek-nenek biasa

Sejak zaman dahulu kala, manusia sudah akrab dengan cerita tentang hantu. Keberadaannya memang sulit dibuktikan apalagi secara ilmiah. Meski begitu, mereka hadir dalam berbagai wujud di berbagai budaya di dunia.

Wujud aslinya cenderung sulit untuk dijelaskan. Namun, gabungan imajinasi, cerita rakyat turun-temurun, hingga desas-desus pengalaman mistis berbagai manusia berhasil menjelmakan bentuk menakutkan yang kerap kamu lihat dalam film dan gambar atau lewat buku-buku baik fiksi maupun nonfiksi. Salah satunya hadir dalam sosok hantu nenek-nenek yang sudah pasti membuat banyak orang di berbagai negara ngeri hingga berlari. Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baba Yaga – Rusia

visitrussia.org.uk

Baba Yaga merupakan sosok hantu nenek-nenek yang berasal dari cerita rakyat Rusia. Hantu satu ini memang digambarkan sebagai wanita tua kurus berilmu hitam. Alih-alih terbang dengan sapu seperti kebanyakn penyihir, Baba Yaga jusrtu menggunakan mortar (alu besar dari kayu) untuk mobilitasnya.

Baba Yaga juga dikenal sebagai penunggu hutan yang akan memberikan petunjuk bagi mereka yang meminta bantuannya dengan sopan. Kepada anak-anak, cerita tentang sosok hantu nenek-nenek satu ini juga dijadikan sebagai penghormatan terhadap alam serta para penunggunya.

Namun, tidak sedikit juga yang menganggapnya sebagai sosok antagonis yang kerap menculik dan memperbudak mereka yang tersesat di hutan. Mereka akan dirantai hingga kehilangan akal dan terjebak di hutan untuk selamanya. Para orang tua juga terkadang menggunakannya untuk menakuti anak-anak agar tidak main terlalu jauh dari rumah atau mendekati hutan. Jika masih nakal dan nekat pergi ke hutan, siap-siap diculik sesosok nenek dengan mortar terbang.

Babaroga – Kroasia

via aminoapps.com

Sosok hantu nenek-nenek bernama Babaroga sangat terkenal di kalangan masyarakat Slavia Selatan termasuk Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Serbia dan Masedonia. Nenek tua satu ini disebut-sebut sangat buruk rupa dengan tanduk di kepala dan badan membungkuk.

Menurut mitos yang beredar, Babaroga gemar menculik anak nakal untuk dia bawa ke sarangnya. Versi lainnya menggambarkan sosok Babaroga yang akan memasukkan anak kecil ke dalam karung, menyeretnya hingga ke gua lalu memakanya. Selain itu, ada juga versi cerita yang menyebutkan bahwa nenek bertanduk ini akan membawa anak-anak dengan cara menariknya melalui lubang kecil langit-langit.

Banshee – Irlandia

via rearfront.com

Mahluk bernama Banshee sangat terkenal dalam cerita rakyat Irlandia. Banshe sendiri kerap kali digambarkan sebagai sosok hantu nenek-nenek berwajah pucat yang tertutup oleh tudung. Kehadirannya ditandai dengan suara tangisan atau raungan di luar rumah. Meski memiliki penampilan yang menyeramkan, Banshee sebenarnya memiliki niat yang baik.

Hantu satu ini memiliki tugas untuk menyampaikan ramalan kematian seseorang pada anggota keluarga yang hendak ditinggal. Dengan begitu mereka memiliki kesempatan untuk bersiap menghadapi berita menakutkan tersebut. Meski begitu, kunjungan dari sosok hantu nenek-nenek menyeramkan tentu bukanlah pengalaman yang diidamkan-idamkan, sebaik apapun niatnya.

Baca Juga: Power Within Beauty: 10 Makhluk Mitologi Yang Cantik Namun Mematikan

Jenny Greenteeth – Inggris

via artstation.com

Jenny Grenteeth merupakan sosok hantu nenek-nenek asal Ingris yang hidup di air seperti kolam dan sungai. Jenny Greenteeh ini memiliki penampilan wanita tua buruk rupa yang berkulit hijau dengan rambut panjang dan gigi setajam silet.Kehadirannya ditandai dengan tanaman duckweed atau mata lele yang menutupi area airnya.

Mahluk satu ini disebut-sebut akan bersembunyi di balik hijaunya tanaman mata lele untuk menarik anak-anak atau orang tua yang berdiri mendekat. Setelah itu, Jenny Greenteeth akan menenggelamkan mereka lalu melahap tubuh sang mangsa.

Black Annis – Inggris

via october-daye.fandom.com

Masih dari Inggris, ada sosok hantu nenek-nenek lainnya yang tak kalah menakutkan bernama Black Annis. Hantu nenek satu ini digambarkan memiliki wajah berwarna biru dan cakar besi yang siap mengoyak mangsanya. Makhluk yang tinggal di gua Dane Hills, Leicestershire  ini terkenal suka memangsa anak-anak di malam hari untuk mengisi perutnya.

Setelah kenyang memakan daging buruannya, dia akan menguliti sang korban dan menjemur kulit itu dengan menggantungkannya di pohon. Kulit itu akan dia gunakan sebagai dekorasi atau dipakai di pinggang sebagai sabuk piala.

Pisadeira – Brazil

via artstation.com

Pisadeira merupakan sosok hantu nenek-nenek asal Brazil yang identik dengan eureup-eureup atau sleep paralysis. Para korban biasanya orang-orang yang kekenyangan Karen baru saja makan besar dan mulai mengantuk. Makhluk satu ini akan mengintai mangsa dari atas atap kemudian masuk ke dalam setelah mangsanya tertidur. Tak lama, Pisadeira akan menginjak dada pemilik rumah hingga dia sesak napas.

Pisadeira sendiri digambarkan sebagai sosok hantu nenek-nenek bertubuh jangkung dengan rambut panjang putih kusut serta kuku panjang kekuningan seperti cakar. Matanya merah sementara gigi-giginya yang busuk masih terlihat tajam dan mampu mengoyak daging anak-anak.

Nenek Gayung – Indonesia

via Hotstar

Jika Banshee hanya menyampaikan pesan kematian, beda ceritanya dengan sosok hantu nenek-nenek asal Indonesia bernama Nenek Gayung. Nenek satu ini justru akan membawa manusia yang ditemuinya pada kematian.

Nenek Gayung sendiri digambarkan sebagai sosok wanita tua berkebaya serba hitam dan selalu membawa-bawa tikar dan gayung. Dia disebut-sebut akan muncul di tepi jalan raya untuk mencari tumbal. Dia akan mengajak bicara si calon korban. Jika ditanggapi, konon sosok hantu nenek-nenek ini akan datang ke rumah korban di malam hari. Tikar itu akan dia gelar untuk memandikan korban dengan gayungnya. Kalau sudah seperti itu, koban biasanya akan meninggal keesokan harinya.  mangsa yang akan ia tumbalkan.

Baca Juga: 10 Urban Legend Indonesia Yang Bikin Kamu Takut Tidur Sendirian

Nenek Kebayan – Malaysia

via MyInfotaip

Dari negeri jiran Malaysia, kamu akan mendengar cerita tentang sosok hantu nenek-nenek yan dikenal dengan nama Nenek Kebayan. Hantu satu ini digambarkan berwujud nenek tua renta dengan kulit keriput, rambut panjang beruban yang acak-acakan, dan mata merah menyeramkan. Sosok ini biasanya hadir dalam balutan pakain putih yang sudah lusuh.

Sebenarnya ada berbagai versi tentang Nenek Kebayan ini. Salah satunya adalah bahwa dia suka tinggal di lagit-langit rumah yang sudah tua atau tak berpenghuni. Di malam hari, dia akan mengintip orang yang susah tidur. Mitos lainnya mengungkapkan Nenek Kebayan kerap duduk di samping orang yang sedang tidur dengan wajah menghadap persis ke wajah orang tersebut. Saat orang tersebut membuka mata, sang nenek akan tertawa dan berteriak sepanjang malam dengan suara yang sudah pasti menyeramkan.

Onibaba – Jepang

flipscreened.com

Dari Jepang, kamu akan dihadapkan dengan sosok hantu nenek-nenek bernama Onibaba. Hantu satu ini berwujud nenek tua keriput berambut gimbal acak-acakan, memakai topeng menyeramkan, bertanduk dua, bermulut lebar seperti tertawa dengan tatapan mata sedih. Kengeriannya tak sampai di situ saja, Onibaba ini dikenal sebagai pemakan daging manusia.

Saat melancarkan aksinya, dia akan berganti rupan dengan wajah memelas sambil duduk agar memperoleh pertolongan. Jika termakan sandiwaranya, sang nenek akan menikam orang yang mendekat padanya dengan sebuah pisau. Hantu tersebut kemudian akan memakan hati sang korban. Tidak hanya itu, Onibaba juga gemar meminum darah Janis. Ngeri banget!

Mau menginap di hotel tapi takut tempatnya horor? Ke Bobobox aja yuk! Dengan desain futuristik, hotel kapsul satu ini jauh banget dari kesan angker. Selain itu, Bobobox juga menawarkan berbagai fasilitas menarik dan canggih sehingga pengalaman menginap kamu terasa menyenangkan dan jauh dari kata seram.

Ada keyless access, Wi-Fi kencang di seluruh area Bobobox, Bluetooth speaker, moodlamp untuk pengaturan warna cahaya dalam pod, dan masih banyak lagi. Tertarik kan? Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like