Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan? Ini Dia Solusi Kulit Tangan Kering Wajib Dicoba

Aplikasikan salah satunya ya!

Bobobox.co.id — Mencuci tangan merupakan salah satu elemen penting dalam mencegah penyebaran virus corona. Namun, terkadang beberapa orang terlalu sering mencuci tangannya saat berada di luar rumah.

Walaupun baik karena mampu membunuh kuman, bakteri, dan virus yang ada di tangan, namun hal tersebut bisa berakibat tak baik pada kondisi tanganmu. Tanganmu bisa saja menjadi kering.

Oleh karenanya, kamu wajib mengetahui solusi kulit tangan kering yang bisa kamu aplikasikan baik di rumah ataupun luar. Hal ini agar aktivitasmu di dalam dan luar rumah tak terganggu dengan kulit tangan kering.

Nah, untuk itu, Bob sudah merangkum beragam solusi kulit tangan kering yang wajib kamu coba. Tak usah berlama-lama lagi. Yuk, simak 7 solusi kulit tangan kering untuk mengatasi masalah kulit keringmu tersebut.

Perhatikan Cara Cuci Tangan

Solusi tangan kering pertama akibat terlalu sering cuci tangan adalah memperhatikan cara cuci tangan. Seperti yang kamu ketahui, mencuci tangan terlalu sering dapat merusak pellindung kulit yang menyebabkan kering dan iritasi.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut sebenarnya. Produk sabun yang digunakan dan juga teknik mencuci tangan yang kurang tepat adalah beberapa faktor terkait kulit kering akibat cuci tangan.

Misalkan saja, kamu menggunakan air panas untuk mencuci tangan. Hal tersebut justru hanya akan mengakibatkan kulit kering. Air panas sendiri tidak lebih efektif melawan mikroba dibanding air hangat atau dingin.

Selanjutnya, setelah mencuci tangan, kamu akan menggosok tanganmu dengan handuk. Kebiasaan ini coba untuk diubah. Caranya adalah dengan menepuk-nepukan tanganmu pada handuk agar terjaga kelembapan.

solusi kulit tangan kering
@ketut-subiyanto via pexels.com

Perhatikan Sabun yang Digunakan

Solusi kulit tangan kering berikutnya adalah memerhatikan sabun yang digunakan. Sebelumnya, Bob sudah menyebutkan bahwa sabun berpengaruh dalam kulit kering yang bakal menimpamu jika terlalu sering mencuci tangan.

Salah satu yang harus kamu lakukan adalah menghindari sabun batangan. Pasalnya, sabun batangan memiliki kadar pH yang tinggi. pH yang tinggi ini dapat menyebab iritasi kulit dan kulit tanganmu kering.

Oleh karenanya, solusi kulit tangan kering pada poin ini adalah menggunakan sabun cair pelembap. Dengan menggunakan jenis sabun ini, telapak tangan kering yang mungkin saja terjadi dapat dihindari.

Untuk merk sabunnya, kamu bebas memilih merk sabun yang kamu suka. Asalkan sabun cair pelembap tersebut sudah sesuai dengan apa yang tadi sudah Bob utarakan terkait solusi kulit tangan kering.

@tara-winstead via pexels.com

Gunakan Krim Pelembap

Menggunakan krim pelembap merupakan solusi kulit tangan kering lainnya. Solusi ini pun harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, produk pelembap yang salah justru berakibat kurang baik pada kulit tangan.

Pilihlah produk yang mengandung kandungan minyak kelapa, gliserin, ataupun aloe vera. Kamu bisa membawa produk krim pelembap ini setiap harinya karena tinggal dimasukkan ke dalam tasmu.

Krim pelembap ini nantinya dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat terlalu sering cuci tangan. Oleh karenanya, penting untuk kamu bawa setiap hari saat keluar rumah.

Sedangkan bagi penderita dermatitis, ada baiknya untuk menggunakan krim hidrokortison. Kirim ini dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi iritiasi yang mungkin saja timbul akibat kulit tangan kering.

@moose-photos-170195 via pexels.com

Manfaatkan Bahan Alami

Bahan alami pun bisa kamu manfaat sebagai salah satu solusi kulit tangan kering. Banyak sekali bahan alami yang ada yang berkhasiat untuk mengatasi kulit kering yang mungkin saja terjadi kepadamu.

Misalkan saja, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk mengatasi masalah tangan kering. Oleskan pada telapak tanggan hingga merata dan tunggu hingga 10 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa. Caranya adalah dengan memijat secara halus pada telapak tangan yang kering tersebut. Durasi yang dianjurkan untuk pijatan telapak tangannya adalah lima menit saja.

Bahkan, kamu bisa menggunakan ampas kopi. Kamu tinggal ambil ampas kopi dari sisa kopi. Kemudian, ratakan ampas kopi tersebut pada telapak tangan selama 15 menit. Terakhir, bilaslah menggunakan air dingin.

@foodism360 via unsplash.com

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Langsung

Kulit kering sendiri terjadi akibat banyak faktor baik itu internal ataupun eksternal dari seseorang. Untuk faktor eksternal, salah satunya adalah sinar matahari langsung yang bisa berakibat tangan kering.

Untuk mencegah kulit kering, kamu bisa menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini tentu akan lebih mudah bagi kamu yang tak terlalu sering keluar rumah untuk bekerja ataupun kuliah.

Namun, hal tersebut sulit bagi yang tidak bekerja di rumah. Untuk itu, bagi kamu yang sering keluar rumah, ada baiknya untuk membawa juga tabir surya atau sunscreen di dalam tas yang kamu bawa.

Kamu bisa menggunakan tabir surya ini untuk melindungi kulitmu. Dengan begitu, kamu akan tenang dalam beraktivitas dengan mengaplikasikan salah satu solusi kulit tangan kering dari Bob berikutnya ini.

@goumbik via pexels.com

Gunakan Humidifier

Humidifier saat ini menjadi salah satu barang yang kerap digunakan di banyak rumah. Kegunaannya sebagai pelembap ruangan termasuk salah satu faktor penting dalam menjaga kelembapan kulit tangan.

Dengan kelembapan ruangan yang terjaga, kulit terlindungi dari potensi kulit kering. Hal ini tentu dapat mengurangi juga kemungkinan akan terkena saat kamu terlalu sering mencuci tangan di rumah.

Humidifier ini pun akan cocok digunakan bagi orang-orang yang tinggal di kawasan kering atau dingin. Pasalnya, udara dingin justru mampu menurunkan kelembapan kulit jika terlalu lama terkena.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan humidifier ini di rumah. Hal tersebut bersamaan dengan mendapatkan manfaat lain dari humidifier selain sebagai solusi kulit tangan kering yang bisa saja kamu alami.

New Africa / shutterstock via roadaffair.com

Kelupas Kulit Mati

Solusi kulit tangan kering dari Bob adalah mengelupas kulit mati akibat kulit tangan kering. Solusi satu ini bisa kamu aplikasikan jika tangan keringmu sudah menimbulkan kulit pecah-pecah pada banyak bagian.

Pengelupasan kulit mati ini tidak hanya berguna untuk menghilang kulit pecah-pecah. Hal ini pun bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kering yang terjadi akibat kamu terlalu sering mencuci tangan.

Pembaruan kulit ini dapat membuat krim pelembap terserap lebih baik ke dalam kulit. Efeknya adalah meningkatnya efek dari penggunaan krim pelembap dalam upaya melembapkan kulit keringmu.

Untuk mengelupas kulit mati, kamu bisa melakukannya di rumah. Caranya adalah dengan membuat scrub dari minyak kelapa dan gula pasir. Oleskan pada kulit dan bilas untuk memudahkan proses pengelupasan.

via sehatq.com

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Ya di Bobobox

Bingung memilih penginapan nyaman dan aman? Tak perlu lagi karena ada Bobobox yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan yang kamu butuhkan dari sebuah penginapan.

Penasaran seperti apa kenyamanan dan keamanan yang dimaksud? Langsung coba menginap di Bobobox dengan mengunduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini.

bobobox luas

You might also like