Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bosan di Rumah? Segarkan Pikiran dengan 7 Solusi Kreatif Ini!

Supaya kamu nggak bosan di rumah!

Adaptasi kebiasaan baru sudah mulai diterapkan. Sebagian dari kita sudah kembali beraktivitas seperti biasa. Selain itu, berbagai tempat usaha seperti toko, kafe, dan restoran pun kembali buka. Kamu juga mungkin sudah kembali ke kantor setelah mengikuti kebijakan work from home dalam jangka waktu tertentu. Namun, ada juga dari kita yang masih harus diam atau bekerja dari rumah. Level zona tempat tinggal, kondisi kesehatan pribadi, dan kebijakan kantor menjadi pemicunya. Awalnya mungkin kamu menikmati momen WFH, tapi lama-lama sih bosan di rumah.

Saat bosan, kamu mungkin merasa malas untuk beraktivitas atau bekerja. Ya, rasa bosan sering kali menjadi mood yang bikin kita mati gaya. Namun, sebuah artikel di Zapier dan The Order Expert menunjukkan fakta unik tentang rasa bosan, lho! Kebosanan ternyata bisa mendorong kita menjadi lebih produktif dan kreatif. Kondisi bosan atau idle bisa memberikan kesempatan bagi kita buat mengeksplorasi hal-hal baru atau bahkan mendapatkan “Aha!” moments!

bosan di rumah
Sumber: fyeahwheein (Tumblr)

Kebosanan memang punya dampak positif bagi kita. Meskipun demikian, terlalu sering merasa bosan juga tentunya nggak baik untuk kondisi fisik dan mentalmu. Dilansir dari Healthline, rasa bosan bisa membuatmu lelah secara fisik dan gugup. Jika kebosanan sampai mengganggu aktivitas atau pekerjaan sehari-hari, ada kemungkinan kondisi tersebut berkaitan dengan depresi. Kalau sudah begini, kamu harus segera mengambil langkah penanganan.

Untungnya, kamu bisa menghilangkan rasa bosan di rumah dengan beragam aktivitas. Nah, Bob punya 7 solusi kreatif untuk menyegarkan pikiran dan menghiburmu saat harus diam atau bekerja dari rumah. Bahkan, ada kegiatan yang bisa menghasilkan uang tambahan, lho! Yuk intip solusi-solusi berikut ini!

1. Melukis atau Menggambar

bosan di rumah
Credit: Kaizen Nguyen (Unsplash)

Saat bosan di rumah, mood kita pasti ikut terpengaruhi. Ditambah berbagai masalah yang terjadi, beban pikiran pasti menumpuk dan tingkat stresmu akan meningkat. Nah, melukis atau menggambar bisa jadi solusi kreatif untuk menghilangkan kebosanan. Kamu nggak harus memiliki kemampuan melukis atau menggambar yang hebat, lho! Siapkan kertas atau buku gambar, serta alat tulis atau lukis yang kamu inginkan. Kamu bisa membuat doodle atau lukisan apa pun.

Kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan mentalmu dan bisa menjadi terapi seni. Sebuah artikel di RTOR menunjukkan bahwa terapi seni bisa membantu memproses perasaan dan menurunkan stres. Menggambar atau melukis juga bisa meningkatkan kepercayaan diri, serta menjadi pelampiasan emosional. Hmm… Buat kamu yang sering stres, aktivitas ini layak dicoba buat melampiaskan kekesalan atau beban pikiran.

2. Membaca

bosan di rumah
Sumber: Fanpop

Pasti kamu ingat dong ungkapan “buku adalah jendela dunia”? Buat sebagian orang, membaca mungkin terasa berat dilakukan. Padahal, kegiatan yang satu ini memberikan banyak manfaat, lho! Selain menghibur, membaca juga memberikan banyak pengetahuan baru buat kamu. Kamu bisa memilih buku atau bacaan sesuai minatmu. Tertarik dengan dunia kuliner? Kamu bisa membaca buku atau artikel tentang makanan-makanan unik. Hobi traveling? Pilih buku atau artikel tentang destinasi wisata baru.

Membaca juga memberikan dampak baik bagi kesehatan. Dilansir dari Shape Your Happiness, membaca terbukti dapat menurunkan tingkat stres. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mencegah penyakit seperti Alzheimer dan demensia karena membaca membuat otak terus terlatih. Hmm.. Selain menghibur, membaca ternyata sangat baik bagi kesehatan. Namun, pastikan kamu juga mengistirahatkan matamu, ya!

3. Berkebun

bosan di rumah
Credit: CDC (Unsplash)

Menghilangkan rasa bosan di rumah terkadang mengharuskan kamu untuk keluar dari rumah. Namun, kamu nggak perlu sampai bepergian jarak jauh! Kalau kamu punya halaman yang cukup luas, berkebun bisa jadi pilihan aktivitas yang layak dicoba. Kegiatan ini akan membuat kamu lebih mengapresiasi dan dekat dengan alam. Selain itu, berkebun juga melatih tanggung jawabmu. Tentunya, kamu harus merawat tanamanmu setiap hari, dong!

Ada beragam jenis tanaman yang bisa kamu tanam. Untuk mempercantik halaman, kamu bisa menanam bunga atau tanaman dekoratif lainnya. Kamu juga dapat menanam tanaman sayur seperti cabai, tomat, atau mentimun. Yang seru adalah saat tanamanmu mulai berbuah. Kamu bisa memanen hasil bumi yang kamu rawat dan menikmatinya. Hmm.. Lumayan ‘kan bisa menghemat dana bahan makanan.

4. Berkreasi di Dapur

bosan di rumah
Sumber: Koreaboo

Aktivitas yang satu ini selain menghilangkan rasa bosan di rumah, juga membuat perut kenyang. Banyaknya waktu di rumah memungkinkanmu untuk memasak dan membuat kreasi di dapur. Coba lihat apa yang ada di kulkasmu, kemudian pikirkan olahan yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang ada. Nggak jago masak? No problem! Kamu bisa mengikuti resep sebagai panduan memasak. Situs dan aplikasi seperti Cookpad dan Allrecipes bisa menjadi pilihan yang tepat.

Memasak sendiri juga memungkinkanmu untuk menghemat pengeluaran makan, lho! Yang lebih seru lagi, kamu bisa menyesuaikan sendiri rasa hasil kreasimu. Mau lebih pedas atau manis, semua kamu yang atur! Kamu bisa membuat jajanan kekinian seperti stik kentang keju atau kue balok. Ingin yang lebih fancy? Coba buat sajian khas Italia atau Perancis. Perut kenyang, hati senang!

5. Bermusik

bosan di rumah
Sumber: Soompi (Twitter)

Ada alat musik di rumah? Jangan dianggurin! Instrumen musik bisa jadi media penghilang rasa bosan di rumah, lho! Bermusik adalah aktivitas yang tidak hanya menghibur, tetapi juga melatih kreativitas kamu. Pada jam istirahat kerja atau makan siang, coba deh mainkan satu atau dua lagu untuk menyegarkan pikiran. Salah chord atau nada false? Aduh! Jangan terlalu khawatir! Yang penting kamu bisa menghibur diri.

Kalau kamu punya teman atau saudara yang juga bisa bermain musik, coba deh adakan konser kecil. Kamu juga bisa merekam kegiatan bermusik kamu, baik dalam bentuk audio maupun video. Beberapa platform seperti Soundcloud atau Bandcamp jadi wadah untuk memamerkan hasil karyamu. Eh, siapa tahu kamu dilirik produser rekaman, lho!

6. Merekam Video

bosan di rumah
Sumber: @moodarada (Twitter) | Solarsido (YouTube)

Nah, aktivitas yang satu ini dijamin bikin rasa bosan di rumah hilang. Daripada bingung nggak jelas, kamu bisa coba membuat konten-konten video untuk dibagikan ke seluruh dunia. Ya, ada beragam tema vlog yang bisa kamu coba. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa bikin video tutorial memasak. Senang main game? Coba buat video tentang game yang kamu suka. Senang bernyanyi? Pamerkan suaramu dan tunjukkan ke semua pengguna YouTube!

Namun, untuk membuat video, pastikan kamu sudah melakukan persiapan yang matang. Pikirkan konsep dan konten video dengan baik. Persiapkan properti yang dibutuhkan. Latih public speaking sejak awal supaya kamu nggak terbata-bata. Siapa tahu kamu bisa jadi YouTuber terkenal. Oh, ya! Kamu juga bisa dapat uang dari adsense, lho! Salah satu idol K-Pop, MAMAMOO Solar dalam acara Happy Together pernah membocorkan penghasilan dari YouTube. Konon, dari YouTube dia bisa mendapatkan 100.000 dolar Amerika Serikat. WOW!

7. Berbisnis atau Mencari Remote Job

bosan di rumah
Sumber: KOBIZ

Diam di rumah tidak berarti kamu tidak bisa mencari penghasilan tambahan. Daripada bosan di rumah, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mencoba berbisnis. Dewasa ini, berbagai hal bisa kamu jadikan peluang bisnis. Jago bikin kue? Coba mulai usaha kue kering dari rumah. Tertarik dengan fotografi? Kamu bisa menjual hasil jepretan kameramu sebagai stock photo melalui internet. Pandai menjahit? Kemeja, bolero, hingga aksesori seperti masker kain buatanmu sendiri bisa kamu coba jual.

Selain objek nyata, kamu juga bisa menjual jasa, lho! Sebagai contoh, kamu bisa membuka les privat online untuk mata pelajaran SD, SMP, atau SMA. Kamu juga bisa mengajar bahasa asing kalau mau. Di internet, ada beragam situs yang memungkinkanmu untuk bekerja dari rumah. Situs-situs seperti Upwork bisa jadi pilihanmu. Kamu juga berkesempatan bertemu klien-klien besar dari luar negeri, lho! Lumayan ‘kan untuk nambah uang jajan selama stay at home?

Nah, itulah 7 solusi kreatif untuk menghilangkan rasa bosan di rumah. Meskipun kamu harus bekerja dari rumah atau belum bisa pergi ke mana-mana, nggak perlu khawatir! Di rumah pun, kamu tetap bisa bersenang-senang, bahkan mendapatkan uang tambahan. Kalau kondisi memungkinkan dan kamu diizinkan meninggalkan rumah, coba deh staycation di kotamu. Solusi tambahan ini cocok banget buat kamu yang sangat butuh change of scenery.

Mau Staycation di Mana?

Ada banyak akomodasi yang bisa kamu pilih. Namun, untuk akomodasi terjangkau berkualitas yang aman dan nyaman, percayakan deh sama Bobobox! Hotel kapsul ini menawarkan pod yang luas dengan interior futuristik yang keren dan bergaya. Teknologi en-suite di setiap pod pun sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler, lho! Jadi, lewat ponselmu kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, mengunci pintu, sampai ngobrol dengan tamu lain! Kasur yang disediakan pun besar dan nyaman. Dijamin kualitas tidurmu terjaga deh!

Soal kebersihan, jangan khawatir! Setiap pod di Bobobox dibersihkan secara menyeluruh. Bobobox juga menerapkan protokol kebersihan dan keamanan yang ketat. Jadi, di masa pandemi seperti ini, kamu tetap bisa beristirahat dan bersantai dengan tenang. Oh, ya! Fasilitas umum seperti pantry, shared bathroom, communal space, dan musala juga tersedia di Bobobox. Konsep little community seperti ini juga memberimu kesempatan buat berkenalan dan berteman dengan tamu lain, lho!

Nah, Bob sempat sebut aplikasi seluler, ‘kan? Aplikasi Bobobox ini bisa kamu download secara gratis dan tersedia untuk platform iOS dan Android. Lewat aplikasi ini, kamu bisa memesan pod secara langsung. Metode pembayaran yang tersedia pun cukup variatif. Jadi, kemudahan transaksimu terjamin deh. Ada beragam promo menarik juga yang bisa kamu dapatkan lewat aplikasi Bobobox. Jadi, yuk download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang. Jangan lupa pesan pod-mu, ya!

You might also like