Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Smartphone Selalu Aman Selama Liburan dengan Mengikuti Tips Berikut!

Smartphone aman hati jadi tenang.

Kamu mungkin sering membaca tentang kejahatan dunia maya, peretasan, dan ancaman keamanan secara terus menerus. Smartphone telah dimuat dengan data sensitif, baik yang terkait pribadi maupun bisnis sehingga smartphone menjadi target favorit hacker. Saat berlibur kamu akan banyak menggunakan smartphone kamu untuk mencari informasi tempat liburan, hotel, kuliner, berfoto, menggambil video, dan berkomunikasi.

Frekuensi penggunaan smartphone yang cukup tinggi sekaligus berpindah tempat saat berlibur memiliki kemungkinan ancaman resiko keamanan smartphone kamu. Bagaimana caranya agar smartphone tetap berfungsi maksimal dan tetap aman? Ada sejumlah tips yang Bob ingin bagikan kepada kamu agar smartphone tetap mampu beroperasi secara optimal dan selalu aman saat kamu sedang berlibur sekalipun!

1. Gunakan PIN dan Lindungi Data Pribadi Kamu

Sumber foto: https://unsplash.com/photos/q8U1YgBaRQk

Gunakan PIN atau password yang kuat dengan kombinasi angka juga huruf kapital, dan huruf kecil. Ini adalah garis pertahanan pertama terhadap smartphone untuk mengamankan data pribadi kamu. Gunakan kombinasi atau huruf, angka, dan akronim sebanyak mungkin. Kamu juga bisa gunakan perlindungan biometrik, seperti penggunaan sidik jari atau pemindai mata yang akan menambah lapisan perlindungan lebih lanjut. Kamu bisa mengganti kata sandi kamu setiap enam bulan atau lebih.

Untuk menjaga smartphone kamu memiliki lapisan keamanan yang kuat kamu bisa unduh beberapa aplikasi keamanan. Salah satu contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi pelacak smartphone seperti Find My Phone. Aplikasi ini akan melacak keberadaan smartphone kamu yang bisa kamu lacak melalui perangkat lain seperti komputer atau smartphone lain.

Selama smartphone kamu masih aktif dengan baterai dan signal GPS yang baik kamu bisa melacak smartphone kamu yang hilang. Kamu juga mengaktifkan fitur untuk membunyikan smartphone kamu yang hilang agar kamu lebih mudah menemukannya.

2. Gunakan Baterai Smartphone dengan Bijak

Saat berlibur kamu pasti ingin mencoba berbagai macam aktifitas menarik yang ingin kamu abadikan di smartphone kamu. Kamu juga mungkin ingin tetap berkomunikasi dengan keluarga juga sahabat untuk sekedar menanyakan kabar atau bercerita mengenai serunya liburan kamu. Jangan sampai baterai kamu terlanjur habis karena digunakan untuk memainkan aplikasi game sebelum kamu sempat untuk menggunakan sisa baterai handphone kamu untuk mencari informasi mengenai lokasi yang mau kamu kunjungi. Kalau sudah begini rencana liburan kamu jadi berantakan!

Untuk menghindari hal ini terjadi kamu bisa membawa power bank saat kamu pergi berlibur. Terdapat macam macam kapastitas baterai power bank yang dijual di pasaran. Pilihlah power bank dengan kapasitas baterai dua kali lipat daripada handphone kamu. Jika baterai handphone kamu berkapasitas 2500 mAh carilah power bank yang kira kira berkapasitas 5000 mAh. Hal ini dilakukan agar handphone kamu dapat terisi kembali secara penuh dan kamu masih memiliki sisa daya saat urgent membutuhkannya.

3. Atur Kapasitas Memori

Agar memori handphone kamu optimal, hapus semua aplikasi lama yang tidak kamu gunakan lagi. Aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi tetap menyimpan data kamu dan juga melacak lokasi tanpa kamu sadari. Back up data pribadi kamu ke komputer atau hard disc portable untuk menjaga data penting agar data pribadi kamu terlindungi jika handphone kamu hilang saat berlibur.

Gak mau kan saat liburan dan ingin mengabadikan momen dengan foto dan video tapi ternyata tidak bisa dilakukan karena memori handphone kamu sudah terlalu penuh? Mau back up data tapi gak ada komputer? Tenang kamu bisa manfaatkan beberapa aplikasi penyimpanan data online seperti Google Drive yang bisa kamu akses langsung dari handphone kamu.

4. Gunakan Casing dan Temperglass yang Kuat

Sesuai dengan namanya handphone atau telepon genggam ini memang di desain khusus dengan ukuran yang bisa digenggam nyaman di tangan. Namun tidak jarang, handphone terlepas dari genggaman kamu lalu terjatuh ke lantai. Kalau sudah begini Bob khawatir handphone kamu rusak karena terbanting cukup keras ke lantai. Untuk melindungi handphone kamu dari benturan dan menjaga agar layar handphone kamu tidak mudah pecah saat mendapat benturan gunakanlah case dan temperglass handphone yang kuat.

Temperglass akan melindungi layar handphone kamu agar tidak mudah pecah juga melindungi agar layar tidak mudah kotor karena debu, air, atau sidik jari. Untuk body handphone kamu bisa melindunginya dengan casing yang mudah kamu temukan di pasaran. Beberapa tipe seperti casing shock absorbance, dan casing dengan bantalan di setiap sudut handphone akan membantu meredam benturan yang handphone kamu terima saat terjatuh.

Saat ini berbagai macam case memiliki desain yang unik. Materi case, warna, tekstur, dan motif membuat case menjadi salah satu aksesoris handphone yang juga akan mempercantik handphone kamu. Handphone terlihat cantik dan keamanannya pun terjaga!

Photo by Grysell Alvarez on Unsplash

5. Nonaktifkan Bluetooth untuk Memasangkan Perangkat

Bluetooth pada dasarnya adalah gerbang terbuka bagi peretas yang dapat dengan mudah menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan entri ke handphone kamu. Jika kamu tidak menggunakannya kamu bisa nonaktifkan saja. Jika kamu memang akan menggunakannya kamu bisa merubah setting Bluetooth agar perangkat kamu tidak terlihat oleh orang lain.

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan selain mematikan Bluetooth saat tidak dipakai adalah untuk mematikan Wi-Fi. Mematikan Wi-Fi ketika kamu tidak menggunakannya akan membantu kamu agar baterai handphone tidak mudah habis.

6. Gunakan Pouch Khusus Smartphone

Agar kamu tidak kesulitan mencari handphone kamu bisa menyimpan handphone kamu di dalam pouch khusus handphone. Kamu bisa pilih warna pouch yang terang seperti kuning, hijau, merah, atau warna cerah lain agar pouch handphone kamu mudah ditemukan karena warnanya mencolok. Selain itu pouch ini pun berguna untuk menjaga handphone kamu tetap kering. Beberapa jenis pouch berbahan waterproof sehingga aman untuk kamu bawa bepergian ke pantai atau kolam renang.

7. Tampilkan Informasi Kontak Darurat di Layar Kunci

Untuk membantu agar handphone kamu kembali di saat hilang kamu bisa gunakan tips yang satu ini. Tampilkan informasi nomor handphone daruratmu ataupun alamat e-mail yang bisa dihubungi, Dengan cara ini siapapun yang menemukan handphone kamu tergeletak di mana pun bisa membantu mengembalikan handphone kamu melalui kontak darurat yang bisa dihubungi yang tampil di layar handphone kamu. Kamu bisa jadikan informasi kontak darurat kamu sebagai wallpaper lock screen handphone kamu.

aplikasi bobobox
@ahalona

Handphone memang memiliki banyak fungsi yang mampu memudahkan pekerjaan kita. Handphone mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dimulai dari urusan komunikasi hingga booking hotel. Booking hotel tidak pernah semenyenangkan ini! Di Bobobox kamu bisa booking hotel dengan mengunduh aplikasi Bobobox dan memanfaatkan berbagai fitur canggih dalam satu aplikasi. Bobobox memaksimalkan potensi smartphone kamu sebagai penunjang pengalaman menginap yang tak terlupakan!

You might also like