Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Essential Oils 101: Panduan Essential Oil Terbaik yang Dibutuhkan Kulit Agar Selalu Glowing

Pilih essential oils yang cocok untuk kulitmu ya!

Bermain-main dengan skincare essential oil bisa menjadi hal yang menantang jika kamu masih bingung harus mulai dari mana. Mungkin sebagian dari kamu juga bingung, emang bisa muka berminyak ditampol lagi dengan minyak?

Hanya beberapa essential oil saja yang baik untuk dijadikan skincare essential oil. Ini dikarenakan, banyak dari minyak-minyak ini, seperti olive oil atau coconut oil yang bersifat komedogenik, meskipun mereka punya dampak positif untuk kulit lain selain kulit wajah.

Banyak dari skincare essential oil ini mengandung asam lemak seperti linoleic acid yang kaya akan antioksidan dan akan membantu kulitmu mendapatkan inner glow-nya. Untuk yang penasaran, Bob akan ulas beberapa skincare essential oil untuk berbagai tipe kulit dan rekomendasi produknya!

 

Panduan Skincare Essential Oil untuk Kamu yang Bingung Mulai dari Mana!

Grapeseed Oil

Kris Gunnars via Healthline

Minyak biji Vitis vinifera atau anggur merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai skincare essential oil untuk kulit kombinasi-berminyak. Grapeseed oil ini merupakan skincare essential oil yang bersifat ringan dan diekstrak dari biji anggur. Grapeseed oil menyerap dengan cepat ke dalam kulit. Ia diklaim membuat kulit lebih lembut, kenyal dan lembab.

Terkenal dengan sifatnya yang anti-bakteri dan anti-inflamatori, grapeseed oil juga mengandung banyak asam lemak omega dan vitamin E. Namun, kekuatan sesungguhnya dari grapeseed oil ini terletak pada strukturnya. Komponen Polifenol pada minyak ini yang berupa proantosianidin merupakan salah satu zat antioksidan yang kuat. Hal ini membuat grapeseed oil bisa mengurangi tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda ini seperti bintik hitam, garis halus dan keriput.

Selain itu, Asam linoleat yang terkandung dalam grapseed oil membantu mengatasi breakout, mengurangi kemerahan dan menyamarkan bekas luka jerawat. Skincare essential oil ini juga non-komedogenik, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Hal ini merupakan hal krusial untuk kamu yang punya tipe kulit kombinasi-berminyak dan acne-prone. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam minyak ini membantu meratakan tone wajah dan hyperpigmentation. Benar-benar magic in a bottle! Biasanya, grapeseed oil digunakan sebagai moisturizer setelah mencuci muka atau sebagai carrier oil.

Beberapa produk rekomendasi:
  1. The Bath Box Bakuchiol and Grapeseed Facial Oil
  2. Purivera Botanicals Grapeseed Oil
  3. Haple 100% Pure Grapeseed Oil

 

Rosehip Oil

Frank Dudek via Unsplash

Untuk kamu yang punya kulit normal-kering, skincare essential oil ini bisa jadi penyelamat terbaikmu! Banyak yang mengklaim kalau ratu dari semua skincare essential oil untuk melembabkan adalah coconut oil. Padahal, coconut oil meskipun kaya akan asam lemak yang baik, lumayan berat untuk wajah dan bersifat komedogenik.

Rosehip oil merupakan skincare essential oil berasal dari biji rosehip yang diproses cold-press sehingga menghasilkan minyak dan telah dipercaya sejak dahulu untuk merawat wajah. Skincare essential oil ini pun sangat ramah untuk kamu yang mempunyai tipe kulit sensitif. Rosehip oil mengandung omega-3 dan omega-6 yang berfungsi sebagai moisturizer paling efektif karena melembutkan dan memperbaiki pelindung kulit sekaligus.

Selain itu, skincare essential oil ini pun kaya akan vitamin A, B1, B2, B3 dan K yang akan membantu memulihkan dan meregenerasi kulit. Rosehip oil meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan mengembalikan elastisitas wajah, yang membuatnya menjadi salah satu produk favorit dalam kategori anti-aging. Ia pun membantu kulit wajah kamu melawan radikal bebas, melembabkan kulit dan mencegah jerawat dalam waktu yang bersamaan. Nggak salah, banyak orang–termasuk Kate Middleton–bersumpah untuk skincare essential oil ini. Rosehip oil dapat digunakan sebagai moisturizer atau carrier oil dan dilaporkan tidak memiliki efek samping.

Beberapa produk rekomendasi:
  1. The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil
  2. Organic Supply Co. Rosehip Seed Oil
  3. Sukin Certified Organic Rosehip Oil

 

Chamomile Oil

Maria Shanina via Unsplash

Untuk kamu dengan kulit yang sensitif dan seringkali mengalami kemerahan pada wajah, skincare essential oil dari chamomile ini boleh dicoba lho! Chamomile seringkali dikenal sebagai sifatnya yang menenangkan dan soothing, biasanya diseduh untuk dijadikan teh. Tapi, ternyata manfaat si chamomile ini tidak cukup sampai situ saja.

Skincare essential oil ini mempunyai sifat anti-inflamatori yang baik untuk kulit sensitif. Selain itu, dia juga melembabkan dan dapat membantu kulit kamu yang terkena eczema, psoriasis dan rosacea. Chamomile juga kaya akan antioksidan yang bisa menyamarkan noda hitam dan membantu memberikan glow alami pada kulit wajahmu. Antioksidan dalam skincare essential oil ini juga bisa meredakan mata sembab dan lingkaran hitam pada mata. Itu kenapa, skincare essential oil ini biasanya digunakan dalam campuran serum, moisturizing cream atau eye cream.

Beberapa produk rekomendasi:
  1. The Body Shop Oils of Life™ Intensely Revitalising Facial Oil
  2. Klairs Midnight Blue Calming Cream
  3. Mario Badescu Chamomile Eye Cream

 

Tea Tree Oil

Billion Photos via Klikdokter

Meskipun namanya tea treeskincare essential oil ini sebenarnya diekstrak dari tanaman khas Australia bernama Melaleuca alternifoliaTea tree oil telah dipercaya dari dulu sebagai obat tradisional para suku Aborigin, penduduk asli Australia. Tea tree oil dulu digunakan sebagai obat batuk dan penanganan topikal untuk menyebuhkan masalah kulit.

Tea tree oil ini mengandung Terpinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba dan anti-inflamatori, membuatnya cocok banget untuk kamu yang punya kulit acne-prone. Bahkan, tea tree oil dapat juga membasmi staphylococcus aureus sekalipun. Selain itu, skincare essential oil ini bersifat non-komedogenik dan juga dapat membasmi berbagai macam jenis jerawat. Mulai dari whiteheads, blackheads, sampai jerawat pustules.

Meskipun tea tree oil bekerja lebih lambat daripada benzoyl peroxide, ia mempunyai efek samping yang lebih ringan dan juga lebih natural. Selain itu, skincare essential oili ini kaya akan antioksidan dan juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi ketombe pada rambut lho! Tea tree oil biasanya digunakan sebagai moisturizer atau spot treatment untuk jerawat, tapi jangan lupa campur dengan carrier oil seperti grapeseed oil ya!

Beberapa produk rekomendasi:
  1. Sensatia Botanicals Tea Tree Leaf Essential Oil
  2. The Body Shop Tea Tree Oil
  3. Purivera Botanicals Tea Tree Oil

 

Istirahat yang Cukup Juga Dibutuhkan untuk Kesehatan Kulitmu Lho!

Selain berbagai macam skincare, kulitmu juga perlu asupan nutrisi dari pola makan yang baik dan istirahat yang cukup! Stres sangat berpengaruh pada kesehatan kulitmu, untuk itu, kamu bisa sekali-kali meluangkan waktu untuk me-time dengan staycation di Bobobox! Setiap pods Bobobox terdapat bluetooth speaker yang dilengkapi dengan nature sounds untuk membuatmu lebih tenang. Selain itu, terdapat juga LED lights dan temperatur ruangan yang bisa kamu atur sesuka hati!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya!

You might also like