Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Butuh Referensi Destinasi Liburan Luar Negeri? Intip Keseruan 5 Sister City Kota Jakarta Ini!

Kelima sister city kota Jakarta ini bisa jadi destinasi liburan alternatif!

Setiap orang punya gaya liburannya masing-masing. Ada yang senang naik gunung. Ada yang hobi mantai. Ada yang lebih senang diam di rumah dan bersantai. Ada juga yang lebih suka liburan ke kota-kota besar. Yang terpenting, kita bisa menghilangkan penat dan bersuka cita sebelum kembali ke pekerjaan. Pokoknya, you do you deh! Nah, buat yang suka liburan ke kota besar, Indonesia punya beberapa kota metropolitan untuk disambangi. Kota yang wajib kamu kunjungi, tiada lain tiada bukan, adalah ibukota Republik Indonesia, Jakarta.

Terlepas dari kemacetan, padatnya daerah, dan cuacanya yang panas, Jakarta punya segudang prestasi. Yang paling baru, dilansir dari The Jakarta Post, Jakarta memenangkan Global 2021 Sustainable Transport Award. Bahkan, Jakarta jadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan ini, lho! Oh, ya! Jakarta juga jadi kota yang paling sering di-tag di Instagram, menurut Wowshack. Riset untuk rekor ini dilakukan perusahaan bis bandara bernama Hoppa. Ternyata, Jakarta menempati urutan pertama daftar the most Instagrammed city tahun 2019 di Asia Pasifik. Wah! Selamat ya, Jakarta!

sister city kota jakarta
Credit: Muhammad Ravel via Unsplash

Namun, kamu yang sering liburan ke Jakarta mungkin lama-lama bosan dan butuh a change of scenery. Kamu juga mungkin punya cukup dana untuk liburan ke luar negeri. Gimana kalau kamu berkunjung ke sister city kota Jakarta? Hmm… Mungkin ada yang baru dengar istilah ini. Dilansir dari Kumparan, sister city adalah “kota kembar” dengan persamaan demografis atau aspek-aspek lainnya. Hubungan sister city sendiri bisa membangun kerjasama di berbagai bidang, termasuk budaya dan dagang.

Nah, sister city kota Jakarta bisa kamu jadikan destinasi alternatif liburan ke luar negeri. Kamu bisa mengenal budaya baru dan melihat pemandangan yang berbeda di “kembaran” kota Jakarta. Ya, nggak sampai kembar identik, sih. Yuk lihat keunikan dan keseruan di 5 sister city kota Jakarta berikut ini!

1. Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok

Pilihan sister city kota Jakarta yang pertama dari Bob adalah Shanghai. Kota ini merupakan salah satu kota metropolitan di Republik Rakyat Tiongkok. Sejak dulu, Shanghai memang sudah terkenal sebagai kota yang ramai dan gemerlap. Kota ini menjadi kota kelahiran shidaiqu (時代曲), salah satu genre musik fusion di tahun 1920an, dilansir dari Rate Your Music. Untuk kamu yang lebih suka kota-kota besar, berlibur ke Shanghai dijamin akan seru. Garis langit Shanghai diwarnai gedung-gedung tinggi, seperti Shanghai Tower dan Oriental Pearl TV Tower yang ikonik!

sister city kota jakarta
Sumber: Banyan Tree Shanghai On the Bund

Kalau kamu berkunjung ke sister city kota Jakarta yang satu ini, jangan lupa main ke The Bund. Dilansir dari China Highlights, kawasan yang dikenal juga sebagai wai tan (外滩) ini memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer. Di sini, kamu bisa menyaksikan kecantikan bangunan-bangunan bergaya gotik, neoklasik, hingga barok. Suka belanja? Jangan lewatkan Nanjing Road. Dilansir dari Travel China Guide, jalur sepanjang 5,5 kilometer ini jadi surga belanja di Shanghai. Ada lebih dari 600 toko di kawasan ini, termasuk gerai merek upscale. Kamu juga bisa naik trem jadul Dangdang sambil melihat pemandangan kawasan Nanjing Road. Seru deh!

2. Paris, Perancis

Duh! Siapa sih yang nggak kenal Paris? Ibukota Perancis ini adalah salah satu sister city kota Jakarta yang sering tampil di banyak film. Salah satunya adalah film cinta remaja Indonesia tahun 2003, Eiffel I’m in Love, Pasti sudah pada tahu dong ikon kota ini? Ya, menara Eiffel! Dilansir dari Tour Eiffel, menara ini dibuka pada tahun 1889 untuk meramaikan gelaran Exposition Universelle di tahun 1889. Selain menara Eiffel, Arc de Triomphe juga jadi ikon kota Paris yang lain.

sister city kota jakarta
Credit: Alex Mustaros via Unsplash

Buat yang suka belanja dan produk high-end, kunjungan ke Champs-Élysées jangan sampai terlewatkan. Dilansir dari Paris Info, jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer ini merupakan surga belanja Paris. Bahkan, jalan ini disebut-sebut sebagai jalan terindah di dunia, lho! Merek-merek papan atas seperti Guerlain, Louis Vuitton, dan Cartier membuka gerai mereka di sini. Suka seni dan budaya? Main ke Museum Louvre yang terkenal dengan piramida kacanya. Liburan bersama si kecil? Disneyland Paris jadi atraksi wisata yang seru untuk keluarga!

3. Casablanca, Maroko

Anak Jakarta pasti nggak asing dengan nama yang satu ini! Jalan Casablanca di bilangan Kuningan jadi bukti persaudaraan Jakarta dengan sister city-nya di Maroko, Casablanca. Dalam cakupan yang lebih besar, hubungan Indonesia dan Maroko ternyata sudah terjalin lama. Dilansir dari Historia, di ibukota Maroko, Rabat, ada jalan bernama Rue Soekarno. Nah, di Casablanca sendiri ada bundaran yang dikenal dengan nama Rondpoint de Bandung. Wah! Semoga persahabatan Indonesia dan Maroko selalu erat, ya!

sister city kota jakarta
Sumber: Enchanting Travels

Berlibur di sister city kota Jakarta yang satu ini, nggak afdal kalau kamu nggak mengunjungi Masjid Hassan II. Dilansir dari Pure Vacations, masjid yang berada di tepi laut ini merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Di Casablanca, kamu juga akan banyak menemukan bangunan-bangunan bergaya Eropa juga. Oh, ya! Ingin merasakan vibe Maroko yang lebih autentik? Main deh ke Old Medina. Kawasan kota tua ini diwarnai dengan bangunan-bangunan yang khas, pasar yang ramai, dan gang-gang sempit. Awas tersasar, ya!

4. Los Angeles, Amerika Serikat

Negara Paman Sam juga punya sister city kota Jakarta, lho, yaitu Los Angeles. Dilansir dari Sister Cities of Los Angeles, LA sudah jadi kakak-adik dengan Jakarta sejak tahun 1990. Kota ini merupakan kota terbesar di negara bagian California. Kalau ditanya apa yang bikin kota ini terkenal, beuh! Ada banyak deh! Salah satunya adalah Hollywood yang menjadi pusat industri perfilman Amerika Serikat. Banyak figur publik ternama juga berasal dari kota ini. Beberapa dari mereka adalah Tyra Banks, rapper Ice Cube, hingga anggota girlband K-Pop Girls’ Generation, Tiffany Hwang.

sister city kota jakarta
Credit: Joel Mott via Unsplash

Los Angeles bisa jadi pilihan destinasi liburan luar negeri yang pas buat keluarga. Ada Universal Studios Hollywood yang bisa kamu sambangi di kota ini. Ingin vibe yang lebih khas? Kunjungi Santa Monica Pier. Kawasan hiburan ini, dilansir dari situs resminya, ternyata sudah berdiri sejak tahun 1909. Kamu bisa naik wahana seru di pinggir pantai, seperti roller coaster, karusel, dan komidi putar! Untuk para movie geek, beberapa studio film seperti Paramount Pictures dan Warner Bros juga menawarkan tur behind the scene, lho!

5, Hanoi, Vietnam

Dan… Sister city kota Jakarta berikutnya yang kamu harus kunjungi adalah Hanoi. Ibukota Vietnam ini jadi salah satu destinasi wisata internasional, terutama di kawasan Asia Tenggara. Di kota ini, kamu bisa menyaksikan perpaduan masa lalu dan era modern yang cantik. Coba deh kunjungi situs kuno Imperial Citadel of Thang Long. Dilansir dari Vietnam-Guide, kawasan ini dulunya merupakan pusat politik Vietnam selama 13 abad berturut-turut. Ruangan display di sini menampilkan artefak-artefak dari abad ke-6 hingga ke-20.

sister city kota jakarta
Credit: Minh Luu via Unsplash

Hanoi juga diwarnai oleh banyak bangunan-bangunan bergaya Eropa. Beberapa tempat yang sayang dilewatkan adalah Grand Opera Hanoi dan St. Joseph’s Cathedral. Museum-museum seperti Vietnam Museum of Revolution dan Ho Chi Minh Museum bisa jadi opsi tempat wisata edukatif. Jangan lupa menikmati sajian pho yang lezat dan kopi Vietnam yang menyegarkan! Oh, ya! Di Hanoi juga ada jalur kereta api yang diapit oleh toko dan kafe di kedua sisinya. Sayangnya, menurut Business Insider, toko dan kafe di kawasan jalur kereta api ini ditutup sejak bulan Oktober 2019 kemarin.

Ya! Itulah 5 sister city kota Jakarta yang bisa jadi destinasi alternatif liburan luar negeri kamu. Gimana? Tertarik buat berlibur ke kota-kota tersebut? Di masa pandemi seperti sekarang, kamu memang tidak disarankan untuk bepergian jauh, terutama ke luar negeri. Namun, nggak ada salahnya ‘kan mencari-cari dan merencanakan kunjunganmu dari sekarang? Semoga pandemi segera berakhir dan kamu bisa kembali berlibur, ya!

Eh, tapi kalau kamu udah jenuh di rumah dan butuh penyegaran, coba deh staycation di Bobobox. Selain nggak butuh paspor dan visa, kamu juga bisa menikmati liburan di kotamu. Bobobox punya cabang di Bandung, Jakarta, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Tangerang. Buat kalian yang tinggal di kota-kota tersebut, bisa dong liburan seru tanpa keluar kota dengan biaya yang lebih terjangkau!

Staycation di Bobobox Aman Kok!

Bobobox menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan yang ketat. Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh demi menjaga kebersihan dan kesehatan kamu. Bobobox juga dilengkapi fasilitas umum seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Untuk mendukung hiburan dan produktivitas, tersedia koneksi WiFi buat kamu. Jadi, kamu bisa kerja, belajar, atau sekadar nge-YouTube dengan nyaman!

Sebelum berlibur, download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi promo menari dari Bobobox. Dan yang keren lagi, dengan aplikasi Bobobox, kamu bisa mengatur pencahayaan pod hingga mengakses pod dengan memindai QR code! Jadi, yuk unduh aplikasinya sekarang!

You might also like