Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Keunikan dan Sifat Anjing Golden Retriever, Spesies Anjing Keluarga yang Ramah

Sifat anjing Golden Retriver yang hangat akan bikin kamu makin sayang dan gemes!

Hunian terasa sepi dan kamu sering merasa bosan saat sendirian di rumah? Atau mungkin, adik atau si kecil ingin punya teman yang bisa diajak bermain setiap hari? Hmm… Mungkin kamu perlu punya hewan peliharaan. Kehadiran hewan peliharaan bisa menemani kita saat sendirian di rumah. Selain itu, memelihara hewan juga memberikan beberapa manfaat, lho. Seperti dilansir dari CDC, interaksi dengan hewan peliharaan bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Namun, memilih hewan peliharaan bisa jadi gampang-gampang susah. Pasalnya, ada banyak faktor yang kamu perlu pertimbangkan saat memilih hewan yang tepat. Beberapa faktor yang kamu perlu pertimbangkan mencakup ukuran tempat tinggal, tingkat kesulitan pemeliharaan, dan waktu yang kamu punya. Selain itu, beberapa spesies hewan juga punya kebutuhan khusus tersendiri. Kalau persiapanmu nggak matang, bisa-bisa hewan peliharaanmu sakit atau bahkan mati.


Baca Juga: Nggak Hanya Mengasyikkan, 5 Manfaat Memelihara Hewan Ini Juga Bisa Kamu Rasakan, Lho!


Kalau kamu tinggal bersama adik yang masih kecil atau sudah berkeluarga, hal ini juga perlu jadi pertimbangan. Anjing, misalnya, terkenal sebagai family pet yang tepat. Meskipun demikian, tidak semua spesies anjing cocok untuk keluarga. Salah satu spesies anjing keluarga yang populer adalah Golden Retriever. Spesies yang satu ini sih sepertinya sudah nggak asing lagi.

sifat anjing golden retriever
Credit: Richard Burton via Unsplash

Keramahan menjadi salah satu sifat anjing Golden Retriever yang membuatnya cocok untuk keluarga. Namun, nggak hanya itu, lho! Masih banyak fakta, keunikan, dan sifat anjing Golden Retriever yang kamu perlu ketahui. Dalam artikel ini, Bob akan mengajak kamu mengenal lebih dekat spesies anjing keluarga populer yang satu ini. Baca terus sampai habis, ya!

Asli Skotlandia

Golden Retriever adalah salah satu spesies anjing retriever. Ada beberapa spesies anjing dengan “status” retriever, seperti Labrador Retriever atau Nova Scotia Duck Tolling Retriever. Namun, dilansir dari The Spruce Pets, Labrador dan Golden merupakan dua spesies retriever paling terkenal. Anjing-anjing di kelas ini dulunya sering diajak berburu dan diperintahkan mengambil hewan buruan yang berhasil ditembak. Oleh karena itu, spesies ini disebut “retriever” atau “pengambil”.

sifat anjing golden retriever
Credit: Helena Lopes via Unsplash

Menurut Animal Forum, Golden Retriever pertama kali dikembangkan di Skotlandia di tahun 18000an. Di akhir abad ke-19, Golden Retriever menjadi spesies yang populer di Inggris. Spesies ini sendiri merupakan hasil perkawinan Tweed Water Spanniel dengan beberapa anjing persilangan. Oh, ya! Enerjik menjadi salah satu sifat anjing Golden Retriever yang menonjol. Wajar saja karena anjing ini dulunya memang dikembangkan untuk berburu.

Bulu Emas

Sesuai namanya, Golden Retriever terkenal dengan bulunya yang berwarna keemasan. Bulu emasnya ini menjadi salah satu ciri fisik atau sifat anjing Golden Retriever yang khas. Menurut American Kennel Club, ada tiga warna standar untuk spesies ini, yaitu dark golden, golden, dan light golden. Jadi, warna-warna lain seperti hitam atau putih tidak dianggap sebagai warna “resmi” Golden Retriever oleh pihak AKC.

sifat anjing golden retriever
Credit: David Moynihan via Unsplash

Golden Retriever juga memiliki lapisan bulu ganda yang halus dan tebal. Dilansir dari Dog Time, bulu-bulu Golden Retriever mengalami kerontokan hebat dua kali setahun. Ya, Golden Retriever merupakan salah satu spesies dengan bulu yang tebal, seperti Malamute atau Chow Chow. Kamu harus rajin menyisir bulunya setiap hari agar bulu-bulunya tidak kusut. Spesies ini juga perlu dimandikan setidaknya sebulan sekali agar bulunya tetap bersih dan halus. Ya, supaya Golden Retriever kesayanganmu tetap wangi dan bersih saat dipeluk!


Baca Juga: Ingin Pelihara Si Fluffy Alaskan Malamute? Kenali Kebutuhan dan Sifat Anjing Malamute Terlebih Dulu!


Ramah dan Sayang Keluarga

Setiap anjing memang punya kepribadiannya masing-masing, sama seperti manusia. Namun, keramahan menjadi salah satu ciri anjing Golden Retriever yang menonjol. Dilansir dari Dog Time, Golden Retriever terkenal sayang dengan keluarganya. Bahkan, anjing ini juga ramah terhadap anak-anak, lho! Buat kamu yang punya adik atau si kecil, Golden Retriever bisa jadi pilihan yang layak dipertimbangkan.

sifat anjing golden retriever
Credit: Pontus Wellgraf via Unsplash

Sifat anjing Golden Retriever yang hangat juga ternyata bisa ditunjukkan pada anjing lain. Selama kamu bisa mengajaknya bersosialisasi dengan hewan lain dengan baik, Golden Retriever tidak akan mendominasi atau menyerang hewan lain. Selain itu, Golden Retriever juga ramah terhadap orang asing, lho! Meskipun demikian, kalau kamu mengajaknya berjalan-jalan di tempat umum, tetap pasangkan tali kekang, ya!

Penciuman yang Kuat dan Toleransi Rasa Sakit yang Tinggi

Anjing memang terkenal dengan penciumannya yang kuat. Namun, Golden Retriever merupakan salah satu spesies dengan indra penciuman paling kuat. Dilansir dari Homeo Animal, spesies ini memiliki indra penciuman yang lebih ampuh dibandingkan spesies-spesies lainnya. Selain itu, Golden Retriever juga punya toleransi yang tinggi terhadap rasa sakit. Untuk luka ringan, Golden Retriever nggak akan banyak mengeluh. Namun, kamu tetap harus merawat lukanya, ya.

sifat anjing golden retriever
Credit: Paul Buffington via Unsplash

Gabungan indra penciuman yang kuat dan toleransi rasa sakit yang tinggi membuat Golden Retriever sering menjadi anjing penyelamat. Spesies ini sering dimanfaatkan untuk membantu para polisi atau tim penyelamat. Oh, ya! Golden Retriever juga jago berenang, lho! Dilansir dari Goldenretrievers.org, spesies ini senang berenang. Bahkan, kamu bisa melatih fisiknya melalui berenang saat ia masih kecil. Wah! Kayaknya seru, ya berenang bareng anjing kesayangan!


Baca Juga: Hobi Berenang? Kamu Harus Coba Berenang di Kolam Renang Terdalam di Dunia!


Cerdas dan Relatif Kalem

Sifat anjing Golden Retriever yang ini juga menjadi salah satu kelebihan spesies ini. Golden Retriever dianugerahi kecerdasan yang gemilang. Dilansir dari The Smart Canine, Golden Retriever adalah spesies anjing tercerdas keempat di dunia dari 138 spesies. Ini membuat Golden Retriever mudah dilatih dan didisiplinkan. Meskipun cerdas, kamu tentunya harus rajin memberinya positive reinforcement dan stimulasi mental supaya kecerdasannya tidak tumpul.

sifat anjing golden retriever
Credit: Eric Ward via Unsplash

Lebih senang suasana rumah yang tenang? Sifat anjing Golden Retriever yang berikutnya akan bikin kamu makin sayang sama dia. Pasalnya, menurut Canna-Pet, Golden Retriever punya temperamen yang relatif kalem. Anjing ini jarang menggonggong atau menyalak, atau menyerang hewan dan orang lain. Karena temperamennya yang kalem, Golden Retriever sering dimanfaatkan sebagai anjing terapi, lho!

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa Golden Retriever juga nggak suka kesepian. Kalau dibiarkan kesepian, dia bisa “ngambek” dan bahkan merusak barang karena bosan. Oleh karena itu, ajak dia bermain dan berinteraksi secara berkala. Kamu juga bisa mengajaknya joging atau bersepeda sembari melatih fisiknya.


Baca Juga: Hobi Gowes? Pahami Norma dan Peraturan Bersepeda di Jalan Raya Berikut Ini!


Sudah Kenal Sifat Anjing Golden Retriever. Tertarik Memeliharanya?

Setelah mengetahui beragam keunikan dan sifat anjing Golden Retriever, kamu bisa memeliharanya. Pastikan kamu juga mengetahui kebutuhan tempat tinggal dan makanannya, serta mengenali risiko-risiko kesehatan spesies ini. Selain itu, luangkan pula waktu setiap hari untuk berinteraksi dan bermain dengannya. Dengan demikian, sahabat terbaikmu akan selalu sehat dan ceria!

Seperti halnya anjing yang perlu mendapatkan stimulasi mental, kamu juga membutuhkan stimulasi dan penyegaran mental supaya nggak stres. Ada banyak hal yang kamu bisa lakukan untuk mencegah stres, terutama saat bekerja. Kamu bisa merapikan area kerja, mendengarkan musik, atau bahkan bekerja di tempat lain. Kamu juga bisa mencoba workaction di Bobobox untuk pengalaman kerja dan liburan yang unik!

Workcation Seru di Bobobox

Di Bobobox, kamu bisa bekerja dalam suasana baru! Fasilitas umum seperti communal space dan pantry bisa jadi tempat bekerja yang seru, apalagi bareng teman. Bekerja atau belajar di pod? Nggak masalah! Setiap pod di Bobobox memiliki interior yang luas dan berdesain futuristik. Jadi, nggak akan jenuh dan tetap. bisaf okus deh! Tersedia juga Bluetooth speaker sebagai sarana hiburan di dalam pod. Pencahayaan pod juga bisa kamu atur sesuai keinginan.

Bobobox juga dilengkapi fasilitas lain seperti musala, shared bathroom, dan vending machine. Sebagai bonus, ada beragam spot Insta-worthy yang kamu bisa jumpai di Bobobox! Jadi, yuk download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu skearang! Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung. Ada beragam promosi menarik juga yang sayang dilewatkan, lho!

You might also like