Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Serunya Liburan ke Lokasi Karimun Jawa Bersama Keluarga

Jawa atau dikenal dengan sebutan The paradise of Java adalah salah satu pulau yang masuk ke dalam wilayah Jepara, Jawa Timur. Letak Karimunjawa adalah di pesisir pantai utara Pulau Jawa dan telah dijadikan sebagai taman nasional dengan hamparan air lautnya yang jernih, pasir putih yang bersih dan juga terumbu karangnya yang cantik dan mempesona.

Gugusan pulau yang berada di utara pulau Jawa ini telah menyita banyak perhatian para traveller. Hal tersebut dikarenakan keindahan alamnya yang ditawarkan mulai dari bawah laut, pantai, hutan mangrove sampai dengan potensi budaya yang ada di dalamnya. Maka dari itu tidak mengherankan jika Karimunjawa sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling hits di daerah pantura Jawa.

Liburan ke lokasi Karimun Jawa bersama keluarga merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan keindahan alam yang ditawarkan dari Karimunjawa tidak akan bisa dilupakan. Nah, apabila Anda dan keluarga ingin berlibur ke Karimunjawa maka siap-siap tidak ingin pulang.

Cara Menuju Karimun Jawa

Liburan ke lokasi Karimun Jawa bisa Anda tempuh dengan tiga cara. Apabila berangkat dari Semarang dan Jepara menuju Karimunjawa menggunakan kapal laut maupun pesawat terbang. Namun jika ingin efisiensi biaya serta bersedia untuk menjalani perjalanan yang waktunya lebih lama bisa naik kapal laut dari Jepara maupun Semarang.

Dari Semarang sendiri ada kapal motor bernama KMC Kartini 1 yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam dengan jadwal keberangkatan setiap hari Kamis dan Sabtu. Sedangkan jika Anda datang dari Jepara ada kapal Express Bahari Cantika 89 dan Express Bahari 22. Dengan kedua kapal tersebut Anda bisa menempuh waktu sampai 2 jam perjalanan dengan jadwal keberangkatan pada hari Senin dan Selasa serta Jumat dan Sabtu.

Selain kapal cepat juga ada kapal KMP siginjai dengan jarak tempuh 5 jam dari pelabuhan Jepara. Sedangkan untuk jalur udara bisa memakai maskapai Susi Air yang jadwal keberangkatannya setiap hari kamis dan jumat yaitu pukul 6.30 WIB dengan harga tiket mulai Rp 279.000

karimun jawa 3

Island Hopping

Saat berada di Karimunjawa Anda wajib melakukan island hopping. Karimunjawa sendiri setidaknya terdapat 27 pulau dan rasanya tidak akan cukup jika hanya menjelajah satu pulau saja. Pulau-pulau yang bisa Anda datangi mulai dari Karimunjawa, Pulau Katang, Pulau Bengkoang hingga Pulau Burung. Seluruh pulau tersebut punya keunikan tersendiri.

Anda bisa menjelajah pulau-pulau di gugusan Karimunjawa dengan menyewa perahu yang berkapasitas penumpang sampai 15 orang. Dengan begitu Anda bisa berbagi biaya dengan traveller yang lainnya yang mana harga sewa perahu mencapai Rp 1.300.000. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas alat snorkling serta BBQ di salah satu pulau yang akan disinggahi nantinya.

Jelajah Alam Bawah Laut Karimunjawa

Salah satu aktivitas yang sangat wajib untuk Anda lakukan di Karimunjawa yaitu menjelajahi alam bawah lautnya. Hal tersebut dikarenakan kekayaan biota laut di Karimunjawa masuk ke dalam salah satu yang paling baik di Indonesia. Namun jika Anda tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung yang sudah termasuk sepatu katak dan goggles.

Menelusuri Kapal Karam di Pulau Kemojan

Pulau Kemojan menyimpan bangkai kapal karam yang bisa Anda telusuri secara langsung dengan melakukan extreme snorkeling maupun diving. Namun aktivitas tersebut dilakukan untuk yang sudah terlatih dan sudah berpengalaman. Kapal karam di Pulau Kemojan adalah kapal pengangkut batu bara masa Hindia Belanda. Jadi ada nilai sejarahnya juga dengan dilengkapi panorama bawah laut yang akan menambah keindahan sepanjang mata memandang.

Menjejakkan Kaki di Pulau Pasir Nan Mungil

Ada sejumlah Pulau pasir kecil atau disebut dengan Gosong yang ada di Karimunjawa. Mulai dari Gosong Cemara, Selikur, Kumbang, Seloka, Batu Putih, Karang Besi, Karang Moncong serta Tengah. Anda wajib mencobanya karena kesannya hanya ada Anda, laut lepas dan pasir putih. Keren bukan?

Berenang Bersama Hiu di Pulau Menjangan Besar

Anda takut dengan hiu karena terkenal sebagai ikan yang ganas? Setelah Anda liburan di Karimun Jawa pasti tidak akan takut lagi. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar. Di sana terdapat penangkaran hiu seperti blacktip reef shark. Hiu jenis ini merupakan hiu jinak serta bisa bersahabat dengan makhluk di sekitarnya.

Mengejar Lumba-lumba

Tidak harus ke Pantai Lovina di Bali untuk bisa melihat lumba-lumba melompat kesana kemari. Hanya dengan datang berlibur ke Karimunjawa sudah bisa menikmati mengejar lumba-lumba yang lucu. Di antara Pulau Cemara Kecil dengan Menjangan kecil akan Anda temui banyak lumba-lumba berenang.

Akan tetapi bedanya dengan lumba-lumba yang ada di Pantai Lovina di Bali yaitu Anda bisa melihat aktivitas mereka tiap saat. Sedangkan di Karimunjawa lumba-lumba tersebut hanya muncul sekali saja. Jika Anda beruntung bisa melihat lumba-lumba berenang di samping perahu yang Anda tumpangi.

Menyaksikan Sunset, Sunrise dan Stargazing Terbaik di Spot yang Asyik

Saat berlibur ke lokasi Karimunjawa, Anda bisa dengan leluasa melihat sunset, sunrise maupun stargazing. Karena minimnya polusi cahaya yang ada di Karimunjawa khususnya di Pulau terluar bisa dimanfaatkan untuk melihat keindahan langit tersebut. Melihat fenomena fenomena langit tersebut bisa Anda lakukan di beberapa spot menarik. Bahkan ada juga bisa menikmatinya dengan berbaring di atas pasir putih.

Trekking di Hutan Mangrove Karimunjawa

Tracking di hutan mangrove Karimunjawa merupakan salah satu aktivitas penjelajahan yang cukup menarik. Di dalam hutan mangrove yang rimbun dan asri ada berbagai macam fauna dan flora yang hidup seimbang di dalamnya. Bukan hanya tracking saja yang bisa Anda lakukan, naik ke gardu pandang untuk sekedar menikmati pemandangan hutan bakau dan melihat Sunset dari atas juga bisa dilakukan.

Bersantai dan Menikmati Waktu Sepenuhnya

Karimun Jawa memiliki lemparan pasir putih yang sangat luas dan laut yang jernih sehingga susah rasanya apabila tidak dimanfaatkan untuk bersenang-senang. Ada banyak aktivitas menghasilkan yang bisa Anda lakukan di Karimunjawa yang salah satunya yaitu bersantai dan menikmati waktu sepenuhnya. Anda bisa berjamur dan bermain pasir maupun hanya untuk sekadar melamun. Karena banyaknya pantai yang memiliki pasir putih, maka selama di Karimunjawa Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan tersebut kapan saja anda mau.

Narsis di Bukit Love

Karimunjawa coklat tidak kalah asyiknya untuk mencari tempat narsis. Tepatnya di Bukit Love yang bisa Anda tuju untuk mengekspresikan diri dengan sejumlah spot selfie di dalamnya. Selain itu, Bukit Love sendiri Bisa Anda jadikan sebagai spot yang asik untuk menikmati keindahan alam Karimunjawa. Panorama alam perpaduan antara laut, daratan hijau dan juga pasir putih yang setiap mata memandang akan sangat mengagumkan.

Jadi bagaimana, tertarik untuk liburan ke lokasi Karimunjawa? Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang akan menghabiskan liburan bersama keluarga di Karimunjawa.

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...