Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Serangga Unik dengan Tampilan Menarik untuk Para Insect Enthusiasts

Dari yang lucu sampai yang gagah, serangga unik ini bisa kamu amati

Banyak orang ketakutan atau bahkan geli saat melihat serangga. Akan tetapi, ada serangga unik yang justru indah dan menarik untuk dilihat.

Serangga merupakan hewan dengan spesies paling banyak di dunia. Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 900 ribu jenis serangga unik. Itu baru yang sudah diidentifikasi. Yang belum ditemukan mungkin masih banyak.

Buat para insect enthusiasts, mengamati serangga adalah hal yang bisa dinikmati. Seperti melihat burung dan hewan-hewan lain. Nah, kalau kamu tertarik dengan hobi ini, berikut adalah sepuluh serangga unik yang bisa mulai kamu amati.

Leafhopper

serangga unik
planetnatural.com

Leafhopper adalah serangga unik yang penuh warna. Hal ini bisa dilihat dari bagian atas badannya. Umumnya, leafhopper memiliki badan berwarna hijau polos. Namun, ada juga yang dihiasi oleh corak warna lain seperti merah, jingga, atau biru. Selain itu, ada juga leafhopper yang berwarna putih, biru, atau hitam.

Serangga unik ini disebut leafhopper karena serangga ini hidup dari satu tanaman ke tanaman lain. Bentuknya kecil. Bahkan jika sudah dewasa pun ukurannya tak lebih dari 15 milimeter. Di samping warnanya yang unik, serangga ini sering dianggap sebagai hama. Soalnya, getah tanaman merupakan makanan leafhopper dan hal ini bisa merusak tanaman.

Brazilian treehopper

serangga unik
Wikipedia

Serangga unik yang satu ini masih berasal dari jenis treehopper yang juga satu keluarga dengan jangkrik dan leafhopper. Yang membuat Brazilian treehopper unik adalah bentuk kepalanya yang menyerupai baling-baling.

Jenis serangga Brazilian treehopper bisa ditemukan di seluruh dunia, khususnya Afrika, Amerika Utara dan Selatan, Asia, dan Australia. Serangga unik ini termasuk pendiam karena jarang sekali bergerak. Makanan utamanya adalah bagian bawah daun.

Branch-backed treehopper

serangga unik
americaninsects.net

Serangga dari jenis treehopper cenderung memiliki bentuk yang tidak biasa. Serangga unik ini biasanya memiliki area pronotum yang besar. Hal inilah yang membuat treehopper menarik perhatian banyak naturalis atau sejarawan alam. Termasuk branch-backed treehopper.

Bagian kepalanya memanjang seperti tanduk sehingga badannya terlihat seperti ranting yang melengkung. Keunikan ini dianggap sebagai bentuk kamuflase supaya terhindar dari pemangsa.

Namun jika dilihat secara sekilas, bentuk tubuh serangga yang satu ini terlihat seperti dinosaurus. Di samping keunikan bentuknya, penelitian tentang serangga treehopper masih sedikit sekali dilakukan sehingga membutuhkan observasi lebih lanjut untuk bisa mengidentifikasi jenis-jenisnya.

Serangga unik scorpionfly

serangga unik
Wikipedia

Jika dilihat sekilas, serangga ini seperti seekor kalajengking yang memiliki sayap. Namanya saja lalat kalajengking. Mungkin serangga unik ini terlihat berbahaya karena ekor kalajengkingnya. Akan tetapi, itu bukanlah ekor melainkan alat reproduksi serangga jantan.

Meskipun bentuknya terlihat seperti lalat, serangga yang termasuk dalam ordo Mecoptera ini lebih dekat dengan ordo Siphonaptera (kutu) daripada Diptera (lalat). Serangga unik ini hidup di lingkungan lembap. Biasanya, scorpionfly bisa ditemukan di tumpukan daun kering atau lumut. Diketahui bahwa ada sekitar 600 spesies serangga ini yang terbagi ke dalam sembilan famili.

Kumbang titan

serangga unik
ourbreathingplanet.com

Kumbang titan merupakan salah satu kumbang paling besar di dunia. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 16 sentimeter. Bahkan jika dibandingkan dengan kumbang Hercules sekalipun, serangga unik ini masih memiliki badan yang lebih besar.

Tak hanya besar, kumbang titan juga memiliki rahang yang sangat kuat. Rahang yang pendek, melengkung, dan tajam tersebut mampu membelah pensil menjadi dua. Jika tidak berhati-hati, kamu juga bisa terluka. Meskipun tidak memiliki warna yang terlalu bervariasi, serangga unik ini dan gagah ini sangat menakjubkan untuk dipandang.

Semut panda

serangga unik
Wikipedia

Dari namanya, serangga yang satu ini terdengar menggemaskan. Nama semut panda diambil dari corak yang ada di badannya. Warna putih menyelimuti kepalanya kecuali mata dan bintik hitam putih mengelilingi seluruh tubuhnya.

Akan tetapi, warna ini bukan sekadar hiasan melainkan bentuk peringatan bagi para predator akan sengatannya yang menyakitkan. Yap, sengatan. Serangga unik ini sebetulnya bukanlah semut melainkan sejenis lebah dari famili Mutillidae.

Yang jantan memiliki sayap sedangkan yang betina tidak. Jika kamu melihat serangga unik yang satu ini, hati-hati ya. Meskipun terlihat menggemaskan, semut panda ini ternyata sangat berbahaya.

Ngengat hummingbird

serangga unik
butterfly-conservation.org

Dari berbagai serangga yang ada di dunia, ngengat hummingbird merupakan salah satu yang paling unik. Soalnya, baik dari sayap, panjang mulut, cara terbang, dan suaranya mirip seperti burung hummingbird. Jika kamu tidak teliti, bisa-bisa salah membedakan.

Serangga unik ini sangat menyukai cuaca panas. Oleh karena itu, kamu hanya akan menemukannya di daerah seperti Eropa Selatan atau Afrika Utara. Ngengat jenis ini adalah penerbang jitu. Saat musim panas, kamu bisa melihatnya terbang di mana-mana. Akan tetapi, serangga yang satu ini tidak bisa bertahan di musim dingin.

Mantis bunga

serangga unik
Wikipedia

Mantis bunga sebetulnya termasuk ke dalam jenis belalang sembah. Hanya saja, jika pada umumnya belalang sembah berwarna hijau, mantis bunga memiliki warna yang bervariasi, seperti bunga. Hal ini merupakan teknik kamuflase agresif untuk memancing mangsa.

Di Asia Tenggara ada jenis mantis bunga yang seperti bunga anggrek. Serangga unik ini memiliki warna merah muda dan putih dengan gradasi seperti kelopak bunga aslinya.

Kumbang filbert

serangga unik
Wikipedia

Jenis serangga yang satu ini sangat mudah diidentifikasi dari moncongnya yang panjang menukik ke bawah. Biasanya, kumbang filbert ditemukan di daerah Amerika Utara. Meskipun secara penampilan terlihat menarik, serangga unik yang satu ini justru merupakan hama pohon ek. Soalnya, kumbang filbert makan dari biji pohon ek yang mampu merusak pohon.

Kumbang jerapah

serangga unik
Wikipedia

Kumbang jerapah merupakan serangga asli Madagascar. Dinamakan demikian karena serangga unik ini memiliki leher yang panjang. Mirip seperti jerapah.

Hampir seluruh badannya berwarna hitam dengan warna merah yang menyelimuti sayapnya. Biasanya, kumbang jerapah jantan memiliki leher yang lebih panjang dibandingkan dengan yang betina. Total panjang serangga unik ini bisa mencapai 2,5 sentimeter, membuatnya yang terpanjang di antara famili Attelabidae.

Liburan singkat di Bobobox

bobobox

Yang namanya liburan nggak perlu lama, yang penting berkualitas. Nggak perlu jauh juga, yang penting kamu puas. Keduanya bisa kamu dapatkan dengan staycation di Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Apalagi kalau kamu sudah mumet, baik karena kerjaan atau hal lainnya. Di Bobobox suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Rasanya kamu sedang menyeberang dari dunia penuh kesibukan ke dunia penuh ketenangan.

Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Namun, nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like