Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Self Healing di Rumah, Nggak Perlu Jauh-Jauh!

Dari menulis sampai makan, semua bisa di rumah!

Bobobox.co.id – Dengan semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan mental, tren self healing juga semakin meningkat.

Banyak orang mengalami kondisi emosional yang buruk seperti trauma, depresi, kecemasan, dan stres.
Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa lepas dari semua itu dan salah satunya adalah self healing.

Liburan ke luar kota adalah cara yang biasa dilakukan untuk melepaskan emosi buruk. Namun, itu hanya satu dari banyak cara.

Ada lho cara self healing yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu ke mana-mana dan mengeluarkan biaya besar. Menurut Tchiki Davis, founder Berkeley Well Being Institute ini tips yang bisa kamu lakukan untuk healing di rumah.

BACA JUGA: 5 Resep Olahan Kerang Untuk Teman Makan Malammu!

Tips Kegiatan Self Healing

self healing
Photo by lilartsy on Unsplash

Visualisasi positif

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk self healing adalah visualisasi positif. Teknik kesehatan ini telah digunakan selama berabad-abad untuk melatih pikiran.

Caranya adalah dengan menggunakan imajinasi untuk memvisualisasikan hal baik yang kamu inginkan, seperti ketenangan dan lepas dari stres.

Memvisualisasikan diri dalam ruang yang santai dan positif dapat membantu menenangkan tubuh dan menenangkan pikiran sebagai bentuk self healing.

Mendengarkan musik

Musik yang menenangkan dapat membantu mengurangi stres dan mengatur suasana untuk self healing yang lebih baik.

Musik memiliki efek tertentu pada emosi dan tubuh, seperti musik dengan tempo labat. Tempo yang lebih lambat dapat menenangkan pikiran dan mengendurkan otot-otot.

Musik yang memiliki tempo sekitar 60 ketukan per menit dapat menyebabkan otak melakukan sinkronisasi dengan ketukan yang menyebabkan gelombang otak alfa yang hadir saat kamu santai dan sadar.

Alat musik petik, drum, dan seruling sangat efektif untuk menenangkan pikiran bahkan ketika dimainkan dengan suara yang cukup keras.

Selain itu, suara hujan, guntur, dan suara alam juga memberikan efek menenangkan, terutama jika dipadukan dengan musik lain seperti smooth jazz.

Menulis jurnal rasa syukur

Mempraktikkan rasa syukur adalah cara yang bagus untuk membawa lebih banyak emosi positif ke dalam hidup kamu Emosi positif ini dapat membantu melawan emosi negatif yang mencegah penyembuhan.

Mengembangkan sikap syukur terhadap orang, benda, dan peristiwa dalam hidup kammu adalah cara yang efektif untuk memperkuat ketahanan emosional dan mengurangi stres.

Menulis jurnal rasa syukur memudahkan kamu untuk membiasakan diri berfokus pada hal-hal positif dalam hidup sambil juga menuai manfaat dari membuat jurnal.

Untuk memulai, coba tentukan jenis jurnal apa yang ingin kamu tulis, apakah secara online atau di atas kertas. Kemudian, tentukan waktu kapan kamu akan menulis jurnal.

Jangan lupa untuk berkomitmen pada jadwal yang kamu buat. Aspek penting dari kesuksesan jangka panjang jurnal rasa syukur adalah konsistensi.

Cobalah berkebun

Berkebun memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk mengurangi depresi atau stres yang dirasakan dari aktivitas fisik.

Berkebun setidaknya dua hingga tiga kali seminggu mampu memberikan dampak yang baik pada kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres.

Saat berkebun, otak dengan senang hati disibukkan oleh alam di sekitar. Ini mengalihkan fokus dari dirimu sendiri dan stresmu sehingga memulihkan pikiran dan mengurangi perasaan negatif.

BACA JUGA: Tidak Hanya Dari Indonesia, Ini Dia Aneka Ragam Bakso Dari Penjuru Dunia

Mengatur napas

Bernapas merupakan fungsi tubuh yang dikendalikan oleh pusat pernapasan di otak. Ketika kamu merasa stres, laju dan pola pernapasanmu berubah sebagai bentuk respons.

Mengendalikan napas dapat membantu mengelola stres dan kondisi terkait stres. Mengatur napas juga digunakan dalam latihan seperti yoga, tai chi dan beberapa bentuk meditasi.

Banyak orang menggunakan pernapasan untuk membantu meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Pernapasan yang terkontrol dapat menyebabkan perubahan fisiologis seperti menurunkan tekanan darah dan detak jantung atau menurunkan kadar hormon stres dalam darah.

Tips Self Healing dari Makanan

self healing
Photo by Parker Johnson on Unsplash

Atur pola makan

Makanan dapat membantu kamu mengurangi stres dalam beberapa cara. Makanan seperti oatmeal, mampu meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang menenangkan.

Makanan lain dapat mengurangi kadar kortisol dan adrenalin, hormon stres yang membebani tubuh seiring waktu.

Diet sehat dapat membantu melawan dampak stres dengan menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi unuk self healing di rumah antara lain adalah cokelat, jeruk, salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

Minum teh

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk self healing di rumah adalah minum teh. Ritual minum teh sededrhana bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan sedikit ketenangan ke dalam rutinitas harian. Berikut adalah beberapa jenis teh yang bisa kamu konsumsi.

Teh min

Teh mint memiliki efek relaksasi, membantu menenangkan tubuh dan menenangkan pikiran.

Teh kamomil

Kamomil terkenal karena sifatnya yang menenangkan, dan kamu bisa menikmati secangkir teh aromatik ini untuk setiap saat sepanjang hari.

Teh lavender

Lavender adalah teh lain yang telah terbukti menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi.

Teh mawar

Kelopak mawar telah terbukti memiliki efek relaksasi yang kuat dan telah digunakan selama berabad-abad dalam segala hal mulai dari air mawar hingga minyak esensial.

Matcha

Kebanyakan teh yang dibuat dari tanaman camellia sinensis mengandung sejumlah L-theanine, asam amino unik yang meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres, dan matcha memiliki kadar L-theanine yang lebih tinggi daripada teh lainnya.

BACA JUGA: 11 Kopi Paling Mahal Di Dunia, Ada Indonesia Juga Lho!

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk self healing di rumah.Setelah melakukan berbagai aktivitas yang berat dan bikin stres, jangan lupa untuk istirahat.

Kerja keras memang penting. Namun, kamu juga harus tahu batasan tubuh kamu. Jangan sampai terlalu lelah dan malah jatuh sakit.

Nggak perlu jauh-jauh kok kalau mau self healing. Kamu bisa melakukannya di rumah, melakukan kegiatan-kegiatan di atas.

Gimana, ada nggak kegiatan yang pernah kamu lakukan dari daftar di atas?

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Lagi cari tempat buat healing? Tenang, staycation di Bobobox aja. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres.

Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Healing jadi makin lengkap.

Nggak percaya? Jangan khawatir. Cobain virutal tour supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata.

Kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like