Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran dengan Self-Care Routine Berikut!

Jangan abaikan diri kamu! Yuk lakukan beberapa upaya self-care berikut ini!

Self-care routine adalah beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk meraih kualitas hidup yang baik dan mencapai kebahagiaan. seperti itu. Self-care gak hanya membahas tentang skincare yang kamu gunakan atau makan yang kamu konsumsi. Lebih dari itu, konsep self-care ini faktanya memiliki makna yang sangat luas dan mencakup seluruh aspek hidup kamu.

Mengapa Self-care itu Penting?

Dilansir dari laman WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), self care merupakan segala usaha yang berkaitan dengan kesehatan secara fisik juga mental, termasuk kebersihan, nutrisi, dan mencari perawatan medis bila diperlukan. DDengan melakukan self care maka artinya seseorang memastikan diri dalam merawat tubuh, pikiran, dan jiwa dengan baik setiap harinya, tidak hanya ketika jatuh sakit.

mata lelah
S.mag

Apakah self care hanya dilakukan oleh mereka yang sedang mengalami gangguan kesehatan fisik maupun mental? Faktanya setiap orang yang bisa menerapkan perawatan ini dapat membantu mereka untuk tetap hidup sehat dan bahagia. Mereka juga akan cenderung tangguh dalam menghadapi berbagai masalah. Inilah alasannya kenapa perawatan diri itu penting dalam kehidupan.

Namun faktanya self care ini tak mudah untuk dilakukan. Banyak orang sibuk dengan pekerjaan yang membuat stres maupun sibuk dengan canggihnya teknologi. Hal ini kemudian membuat kamu menarik diri dari lingkungan atau tertarik dengan segala bentuk aktivitas atau kebiasaan yang memperburuk kesehatan. Lalu kira-kira self care seperti apakah yang bisa kamu lakukan? Ini dia informasinya!

Baca Juga: Jaga Keindahan dan Kesehatan Rambutmu dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!

1. Self-care routine: Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kesehatan fisik dan mental membutuhkan juga lingkungan juga tubuh yang bersih. Saat kamu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik hal ini bisa menjauhkan kamu dari penularan atau infeksi penyakit maupun rasa gelisah dan stres. Usahakan untuk mandi dan rutin membersihkan diri dari kotoran dan debu yang menempel. Jangan lupa juga untuk menggosok gigi dengan benar, membersihkan rumah, terutama kamar dari sampah.

2. Self-care Routine: Tingkat Self Esteem

Self carememiliki hubungan yang erat dengan self esteem atau rasa percaya diri kamu. Rendahnya self esteem pada diri kamu rentan menimbulkan masalah kesehatan mental. Cobalah untuk membangun self esteem kamu untuk menghindari diri dari munculnya rasa gelisah dan berbagai pikiran yang negatif.

Jika kamu tidak percaya diri maka risiko depresi dan gangguan kecemasan akan meningkat. Untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu bisa coba dengan mengenali diri sendiri. Perhatikan kira-kira apa yang jadi kelebihan dalam diri kamu.

3. Self-care Routine: Olahraga Rutin

ASC BNP Paribas

Buatlah jadwal sekaligus pengingat untuk berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai apakah olahraga di rumah, di taman, ataupun di pusat kebugaran/gym/atau fitness center. Ada banyak sekali manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara konsisten dengan cara dan frekuensi yang tepat. Tak hanya olahraga, penting juga untuk memberikan jeda untuk tubuh kamu istirahat. Olahraga juga diyakini dapat meningkatkan kesehatan mental kamu, lho.

4. Self-care Routine: Jalin atau Perkuat Komunikasi dengan Orang di Sekitar

Tingkatkan kualitas dan kuantitas komunikasi dengan orang-orang di sekitar kamu mulai dari keluarga, pasangan, teman, tetangga, maupun orang-orang yang kamu temui saat bekerja. Dengan melakukan ativitas sosial hal ini akan mencegah kamu dari rasa kesepian. Kesepian merupakan salah satu faktor berbahaya yang dapat meningkatkan masalah mental.

5. Self-care Routine: Terapkan Pola Makan yang Sehat

Jika kamu merupakan seseorang yang mengonsumsi makanan apapun yang kamu temui baik itu sehat maupun tidak mungkin kamu bisa mulai coba untuk berbenah. Kita adalah apa yang kita konsumsi. Tentunya kita tidak ingin mudah terkena penyakit hanya karena kita memiliki pola makan yang tidak sehat. Jagalah asupan nutrisi yang tubuh butuhkan dan harus kamu penuhi. Perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan dan batasi konsumsi junk food.

6. Self-care Routine: Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ilonka Terlouw

Kamu mungkin belakangan ini terlalu larut dengan kesibukan keseharian kamu baik itu dalam belajar, bekerja, maupun mengurus rumah tangga. Jangan sampai kamu lalai merawat diri kamu sendiri karena sibuk memerhatikan orang lain.

Cobalah untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri alias dengan melakukan berbagai hal yang bisa menyenangkan hati kamu. Beri jeda pada otak untuk beristirahat dari semua masalah, sehingga pikiran kamuakan lebih jernih dalam mengambil keputusan yang lebih baik.

7. Self-care Routine: Tingkatkan Ibadah

Self care routin eterakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas dan juga kuantitas kamu dalam beribadah. Iabadah merupakan kegiatan spiritual yang dapat menumbuhkan jiwa. Dengan beribadah kamu mencoba untuk menyeimbangkan usaha menjaga komunikasi dengan engan Sang Pencipta yang tak kalah penting dengan diri sendiri dan orang lain.

Beribadah dapat memberi ketenangan pikiran dan jiwa. Ketenangan pikiran dan jiwa ini kemudian berkontribusi dalam membantu kamu panjang umur. Tak hanya itu dengan meningkatkan kualitas dalam beribadah pun dapat membuat diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan melakukan aktivitas yang memberikan manfaat. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan yang memiliki manfaat untuk kesehatan mental contohnya menjadi relawan dalam suatu kegiatan sosial.

Baca Juga: Punya Kulit Gampang Bermasalah? Ikuti 7 Tips Perawatan Kulit Sensitif Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like