Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Seleksi CPNS? Ketahui dulu Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Kamu Ikut

Simak baik-baik ya

Menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah pekerjaan yang diidamkan banyak orang. Tak heran banyak yang mau ikut seleksi CPNS, bersaing dengan jutaan orang.

Namun, apakah mengikuti seleksi CPNS adalah hal yang tepat buat kamu? Jika kamu masih bingung, Bob kasih tahu apa aja sih kelebihan dan kekurangan ikut seleksi CPNS. Simak terus di sini ya.

Kelebihan lolos seleksi CPNS

seleksi cpns
qerja.com
1. Gaji yang stabil

Salah satu alasan orang-orang ingin sekali lolos seleksi CPNS adalah karena gaji yang tetap. Setiap bulannya hampir sudah pasti kamu akan dibayar oleh instansi tempat kamu bekerja.

Nah, gaji yang akan diterima oleh PNS tergantung dari golongannya. Golongan yang paling rendah adalah Ia sedangkan yang paling tinggi adalah IVe. Semakin tinggi golongan, semakin tinggi juga gaji yang diterima. Gaji pun bisa naik seiring dengan masa kerja yang semakin lama.

2. Mendapatkan tunjangan

Di samping gaji pokok, yang membuat orang ingin berlomba lolos seleksi CPNS adalah tunjangannya yang beragam. Jika kamu lolos seleksi CPNS, kamu akan menerima tunjangan berupa tunjangan keluarga, jabatan, umum, pangan, dan resiko.

Tidak berhenti sampai di sana. Pegawai Negeri Sipil juga akan mendapatkan gaji ke tiga belas, bonus prestasi, tahunan, dan pembagian keuntungan. Jika dijumlah-jumlah, total gaji pegawai negeri sipil bisa mencapai dua kali lipat dari gaji pokok saat ditambah tunjangan. Menggiurkan bukan?

3. Cenderung terhindar dari pemutusan hubungan kerja

Gaji sudah stabil dan tunjangan pun melimpah. Alasan lain orang ingin berhasil melewati seleksi CPNS adalah keamanan saat bekerja. Berbeda dengan perusahan startup misalnya yang pegawainya rentan terkena pemecatan karena satu dan lain hal, Pegawai Negeri Sipil tidak bisa diberhentikan begitu saja.

Selama bekerja sebagai abdi negara ada sasaran kinerja pegawai (SKP) yang harus dipenuhi. Hal ini dilakukan agar pegawai negeri sipil bekerja semaksimal mungkin. Jika SKP tidak dipenuhi atau adanya pelanggaran lain barulah pegawai tersebut bisa diberhantikan.

4. Mendapatkan pensiun

Siapa yang tidak ingin masa depannya terjamin? Di hari tua bisa berleha-leha bersama anak cucu namun masih tetap mendapatkan penghasilan. Ini dia incaran besar orang yang ingin lolos seleksi CPNS lainnya. Uang pensiun.

Uang pensiun ini pada awalnya akan dibayar sepenuhnya oleh negara lewat APBN. Namun, ada skema baru yang rencananya akan diterapkan yaitu patungan antara ASN dengan pemerintah.

Batas usia untuk pensiun adalah 58 tahun untuk pejabat administrasi, fungsional ahli muda, fungsional ahli pertama, dan fungsional keterampilan.

Bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya batas usia pensiun adalah 60 tahun dan bagi pejabat fungsional ahli utama adalah 65 tahun.

5. Berkesempatan melanjutkan studi

Saat kamu lolos seleksi CPNS, bukan berarti kamu tidak bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Justru, kamu punya kesempatan besar lho untuk meraih gelar magister atau doktor.

Peluang ini terbuka lebar lewat berbagai program. Ada yang ditawarkan oleh pemerintah seperti biasanya Bappenas yang diadakan rutin setiap tahun. Ada juga program yang ditawarkan oleh Departemen PU, Departemen Keuangan, dan Iain-lain.

Akan tetapi, sebelum bisa mengajukan studi lebih lanjut, kamu minimal harus menempuh masa kerja terlebih dahulu selama dua tahun. Izin dari instansi tempat kamu bekerja pun penting untuk dipertimbangkan.

Kekurangan lolos seleksi CPNS

seleksi cpns
wartabahari.com
1. Harus siap ditempatkan di lokasi yang tidak familiar

Peluang untuk lolos seleksi CPNS di satu kota bisa terbilang cukup kecil, terutama di kota-kota seperti Bandung dan Jakarta karena peminatnya sangat banyak. Maka dari itu kamu harus siap ditempatkan di mana saja.

Tempatnya pun tidak bisa kamu pilih begitu saja. Kamu bisa ditempatkan di pedalaman yang asing dan tidak sesuai dengan kamu. Akan tetapi, kamu harus tetap siap karena tujuan utama setelah kamu lolos seleksi CPNS adalah mengabdi untuk negara.

2. Cepat bosan

Untuk bisa menikmati fasilitas yang diberikan negara hingga akhir (pensiun), ada masa kerja yang harus ditempuh setelah lolos seleksi CPNS. Kamu tidak bisa semata-mata mengajukan resign seperti saat kamu bekerja di perusahaan swasta jika kamu bosan.

Belum lagi lingkungan dan teman-teman yang tidak sesuai dengan kepribadian kamu. Hal ini bisa membuat kamu semakin tidak betah bekerja. Namun sebagai pegawi yang baik kamu harus mampu melewati semua cobaan masa kerja yang lama ini.

3. Aturan yang ketat

Lolos seleksi CPNS tidak hanya datang dengan segala kesenangannya. Ada aturan ketat yang perlu kamu patuhi. Salah satunya adalah mengikuti upacara setiap tanggal 17 setiap bulannya. Ada juga jam kerja yang perlu kamu perhatikan.

4. Sulit untuk berkembang

Karena pekerjaan yang dilakukan itu-itu saja, ruang untuk berkembang semakin sempit. Bedakan dengan pekerja freelance misalnya. Mereka memiliki keleluasaan untuk mengatur waktu dan mengembangkan skill sesuai dengan kemampuan mereka.

Bukannya jika kamu lolos seleksi CPNS tidak bisa melakukannya. Hanya saja, ruangnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan pekerja lain. Selain itu, bagian ini lebih cenderung pada kemampuan setiap pegawai untuk mengembangkan diri mereka.

5. Sulit naik gaji

Meskipun lolos seleksi CPNS memberikan gaji yang stabil dan tunjangan yang melimpah, jika kamu tidak berusaha untuk naik golongan, naik gaji pun akan sulit.

Gimana, sudah memiliki bayangan kelebihan dan kekurangan jika kamu lolos seleksi CPNS nantinya? Tentunya tidak ada yang sempurna.

Semua kembali lagi pada minat dan kebutuhan kamu. Jika kamu merasa menjadi seorang asisten sipil negara bukanlah hal yang tepat, maka jangan ikuti seleksi CPNS. Kejar cita-cita kamu yang sudah kamu miliki dari dulu.

Akan tetapi, jika kamu berpikir ikut seleksi CPNS adalah jalan menuju masa depan yang lebih cerah, jangan ragu untuk menempuh jalur ini. Setiap orang memiliki peran yang berbeda di dunia ini. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih ya!

Menginap di hotel kapsul

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa layaknya di masa depan. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih.

Untuk memesan kamar kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code sehingga kemanan kamu terjaga.

Di Bobobox ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih, earth dan sky. Untuk earth, kasur berada di bawah dan sky berada di atas yang bisa kamu jangkau dengan tangga. Kasur yang digunakan juga berukuran king size. Selain murah, menginap di Bobobox juga pasti nyaman.

Di Bobobox juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu sekarang dengan menginap di Bobobox!

You might also like