Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wah, Ternyata Ini Dia 10 Sekolah Angker di Indonesia. Sekolah Kamu Masuk Gak?

Siap bikin bulu kudukmu merinding!

Bobobox.co.id — Sekolah merupakan tempat di mana siswa menuntut ilmu. Kurang lebih selama sembilan tahun, siswa menimba ilmu dengan berbagai memori indah bersama teman-teman di Sekolah Menengah Pertama dan Atas.

Namun, dibalik kesenangan yang kita rasakan, ada cerita lain dibalik gedung sekolah. Salah satu ceritanya bisa jadi soal cerita-cerita horor yang pernah terjadi dan disebarkan secara turun temurun ataupun lewat sosial media.

Cerita soal sekolah angker ini pun tentunya menjadi bumbu menarik yang patut dikupas apalagi bagi kamu yang menyukai kisah-kisah horor. Oleh karenanya, cerita mistis sekolah angker wajib untuk diketahui bagi kamu penyuka kisah horor.

Nah, dari sekian banyak sekolah dari Sabang sampai Merauke, berikut ini merupakan daftar lengkap 10 sekolah angker di Indonesia versi Bob. Kira-kira ada sekolah kamu yang masuk daftar Bob kali ini tidak soal sekolah angker?

SMAN 3 dan 5 Bandung

Cerita sekolah angker pertama datang dari dua sekolah negeri yang cukup populer di kota kembang, Bandung. Jangan heran jika setiap tahunnya, banyak siswa SMP di Kota Bandung memilih dua SMA Negeri untuk melanjutkan studi.

Kedua SMA Negeri yang dimaksud adalah SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung. Berlokasi di Jalan Belitung, kedua sekolah ini berada berdekatan satu sama lainnya. Tak hanya dekat, keduanya pun memiliki gaya arsitek yang sama.

Nah, cerita sekolah angker di kedua sekolah ini antara lain hantu pejuang Belanda yang sering terdengar langkahnya, sosok hantu pelajar yang menempati bangku kosong, dan penampakan sesosok hantu noni Belanda, Nancy.

@Reni Susanti via kompas.com

SMKN 2 Yogyakarta

Cerita sekolah angker selanjutnya datang dari Yogyakarta atau lebih tepatnya di SMKN 2 Yogyakarta. Salah satu SMK Negeri di kota pelajar ini ternyata memiliki cerita horor yang sudah banyak orang ketahui terkait ceritanya.

Sekolah, yang dulunya dikenal dengan nama Stemsa atau Princess Juliana School (PJS), disebut-sebut memiliki banyak lokasi angker yang terdapat di sekolahnya. Dua lokasi paling angker adalah lorong gedung utama menuju ruang otomotif.

Tak hanya kedua lokasi tersebut, sekolah angker ini pun mempunyai lokasi lain yang terkenal keangkerannya. Lokasi tersebut adalah perbatasan tangga pintu koridor yang memisahkan SMKN 2 Yogyakarta dengan SMKN 3 Yogyakarta.

sekolah angker SMKN 2 Yogyakarta
@Dok. BPCB DIY.2010 via kebudayaan.kemdikbud.go.id

SMAN 1 Semarang

Banyak bangunan seperti sekolah yang menjadi saksi bisu dalam sejarah penjajahan Belanda di Indonesia. Salah satu bangunan tersebut adalah bangunan SMAN 1 Semarang yang di mana sudah tegak berdiri sejak tahun 1939.

Jangan heran jika sekolah di Semarang ini termasuk sekolah angker di Indonesia. Cerita horor yang sering terjadi di sekolah angker ini sudah cukup familiar dan banyak diketahui oleh warga lokal kota lumpia, Semarang.

Cerita horor tersebut adalah kisah suster ngesot yang sering bolak-balik di koridor tengah sekolah. Tak hanya itu, ada juga sesosok kuntilanak merah dan hantu gadis berwajah penuh darah yang sering menampakkan diri mereka.

@igoadiputro via hipwee.com

SMA St. Aloysius Bandung

Selain SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung, sekolah angker lainnya yang ada di Bandung adalah SMA Santa Aloysius. Berdiri sejak tahun 1930an, kisah penjajahan Belanda sulit untuk dilepaskan dari kisah mistis di sekolah ini.

Salah satu cerita yang beredar adalah adanya ruangan bawah tanah pada bangunan sekolah ini yang merupakan bekas peninggalan Belanda. Ruangan tersebut diyakini sebagai tempat pembantaian massal oleh tentara PETA.

Oleh karenanya, banyak cerita mistis yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satunya adalah terdengarnya langkah kaki baris berbaris serta rintihan orang sedang meminta tolong. Ada juga sosok penampakkan tentara dan noni Belanda.

@willyponti via kaskus.co.id

SMK Tarakanita 1 Jakarta

Dibalik kesibukan setiap harinya, Jakarta pun menyimpan cerita mistis di salah satu sekolahnya atau tepatnya di SMKN 1 Taranakita. Dibangun pada tahun 1962, sekolah ini termasuk salah satu sekolah tertua yang ada di Indonesia.

Seperti yang bisa ditebak, salah satu tertua di Indonesia ini menyimpan peristiwa-peristiwa ganjil yang sudah banyak diketahui orang. Salah satu peristiwa ganjil yang terjadi di sekolah angker ini adalah kasus kesurupan massal.

Selain seringnya terjadi keserupan massal, banyak siswa dan juga staf SMK Tarakanita 1 yang mengaku sering melihat hantu suster bergentayangan di sekolah angker ini. Biasanya, mereka menampakan diri saat matahari mulai terbenam.

via spasial.data.kemdikbud.go.id

SMPN 1 Petarukan

Sekolah angker lainnya adalah SMPN 1 Petarukan, Pemalang. Cerita horor di Sekolah Menengah Pertama ini hampir dengan cerita horor yang terjadi di sekolah angker lainnya di daftar Bob ini yakni SMA Tugu Malang.

Walaupun cerita horornya relatif sejenis, perbedaan dari keduanya ada pada bentuknya. Cerita horor dari kedua sekolah angker ini sama-sama mengenai darah namun yang terjadi di SMPN 1 Petarukan lebih mengerikan.

Dulu, pernah ada suatu kejadian di mana salah satu di toilet sekolah ini mengeluarkan darah di temboknya. Darahnya pun benar-benar asli dan menetes begitu saja dari salah satu sisi tempok di toilet SMPN 1 Petarukan.

via sekolah.data.kemdikbud.go.id

SMAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta nyatanya ‘menyumbang’ jumlah sekolah angker yang relatif banyak di daftar Bob kali ini. Setelah sebelumnya ada SMKN 2 Yogyakarta, sekolah lainnya yang terkenal akan cerita horornya adalah SMAN 1 Yogyakarta.

Cerita horor yang melegenda di sekolah angker ini adalah penampakan sosok hantu Mbak Yayuk. Mbak Yayuk sendiri dulunya merupakan seorang siswa teladang yang dimiliki oleh SMAN 1 yang sering ada di lorong sekolah.

Kisah tragis harus menimpa Mbak Yayuk di mana ia hamil di luar nikah. Rasa malu tersebut membuat ia mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Mbak Yayuk pun akan menampakan dirinya saat kamu memutar lagu kesukannya.

via sekolah.data.kemdikbud.go.id

SMKN 2 Yogyakarta

Satu lagi sekolah angker yang berasal dari kota pelajar, Yogyakarta. Sekolah yang dimaksud adalah SMAN 3 Yogyakarta. Kisah angker di sekolah ini biasa terjadi di ruang di pojok timur sekolah atau lebih tepatnya Ruang Kimia 1.

Banyak yang percaya bahwa ruangan tersebut memiliki lorok yang bisa terhubung dengan Ruang Biologi 2 yang berada di pojok barat. Bahkan, lorong tersebut tersambung hingga menuju Ruang Kelas VIII-G di SMPN 5 Yogyakarta.

Selain itu, konon katanya, sesosok perempuan berambut panjang seringkali menampak diri di Ruang Kimia 1 tersebut. Hal yang lebih membuat bulu kuduk merinding adalah suara-suara aneh yang sering terdengar di malam hari.

via blog.ruangguru.com

SMA Tugu Malang

SMA Tugu Malang menjadi salah satu sekolah angker selanjutnya yang ada di Indonesia. SMA Tugu sendiri merupakan kompleks sekolah yang ada di Malang yang tergabung dari SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4 Malang.

Satu cerita mistis di sekolah angker ini adalah adanya bercak darah di salah satu lantai di SMA Tugu Malang. Bercak darah ini sulit dibersihkan dan bau dari darahnya bisa tercium saat berjalan mendekati lantai tersebut.

Cerita mistis lain di SMA Tugu Malang adalah kisah terowongan terlarang yang dibangun di bawah sekolah. Konon, jika ada orang yang masuk ke terowongan tersebut, maka orang tersebut tidak bisa keluar hidup-hidup.

@Ima via jatimtimes.com

SMKN 1 Kolaka

Sekolah angker terakhir yang ada di daftar Bob kali ini adalah SMKN 1 Kolaka. Sekolah di Provinsi Sulawesi Tenggara ini seringkali terjadi fenomena kesurupan. Walaupun tak tiap hari tapi kejadian ini sering sekali terjadi di sekolah angker ini.

Salah satu fenomena kesurupan cukup besar pernah terjadi di tahun 2013. Pada tahun tersebut, puluhan siswa di SMKN 1 Kolaka terkena kerasukan massal. Puluhan siswa tersebut ngamuk hingga berkata-kata tidak senonoh.

Usut punya usut, banyak yang menduga bahwa penyebab kerasukan massal adalah pembangunan sebuah gedung baru yang dulunya ternyata tanah bekas kuburan. Bahkan, katanya, hampir seluruh area SMKN ini dulunya kuburan.

via sekolah.data.kemdikbud.go.id

Menginap dengan Aman? Datang saja Langsung ke Bobobox

Takut kehilangan barang-barang berharga selama liburan? Tak perlu khawatir karena ada Bobobox yang menawarkan sistem keamanan yang mampu mengatasi rasa takutmu tersebut.

QR Code yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bobobox inilah yang menjadi jawaban dari amannya barang-barang bawaanmu selama menginap di hotel kapsul ini.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox.

You might also like