Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sejuknya Alam Rawa Pening, Ambarawa

Sejuknya alam Indonesia memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Dari Sabang sampai Merauke kamu pasti bisa menemukan tempat dengan suasana yang asri.

Salah satunya bisa kamu temukan di Semarang, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa merasakan sejuknya alam Rawa Pening, sebuah danau dengan air yang jernih. Penasaran kayak gimana sejuknya alam Rawa Pening? Simak terus di sini ya!

Mengenal sejuknya alam Rawa Pening

Saat kamu bekunjnug ke tempat wisata ini, kamu pasti mengerti mengapa danau ini diberi nama Rawa Pening. Rawa, seperti yang sudah kamu ketahui berarti rawa, sedangkan pening dalam bahasa Jawa Berarti bening. Hal ini bisa kamu lihat dari betapa jernih air danau di Rawa Pening ini.

Rawa Pening memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini terletak di antara 4 kecamatan yaitu, Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Di samping itu, Rawa Pening juga diapit oleh tiga gunug yaitu Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Maka dari itu, selain memiliki keindahan air yang jernih, Rawa Pening juga memiliki pemandangan eksotis yang bisa kamu nikmati.

Kamu tidak perlu khawatir tidak punya kegiatan di Rawa Pening. Di sini kamu bisa menikmati berbagai wahana yang menarik seperti ATV, perahu karet, becak mini dan bebek air.

Liburan Anti Mainstream Ke Bukit Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng

Danau yang dipenuhi eceng gondok

sejuknya alam
dakatour.com

Air yang jernih dan sejuknya alam Rawa Pening membuat tempat ini habitat yang bagus bagi ikan. Jika kamu berkunjung ke sini, jangan heran saat melihat banyak warga setempat yang sedang menangkap ikan dari atas perahu.

Banyaknya ikan di Rawa Pening ini juga didukung oleh populasi tanaman eceng gondok yang melimpah. Dari ujung ke ujung kamu bisa memerhatikan tanaman air ini menguasai sebagian besar daerah Rawa Pening.

Meskipun tanaman eceng gondok ini bermanfaat sebagai tempat berlindung ikan-ikan, kehadirannya cukup mengganggu pemandangan. Selain itu, kehadiran tanaman eceng gondok ini menybabkan volume air di Rawa Pening terus menurun.

Kesehatan air juga bisa menurun karena oksigen air danau jadi berkurang sehingga sejuknya alam Rawa Pening bisa-bisa tidak sama lagi nantinya.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan eceng gongdok yang berlebihan ini seperti memanfaatkan eceng gondok sebagai kerajinan tangan dan pangan ternak.

Akan tetapi karena eksekusinya yang belum maksimal serta pertumbuhan eceng gongok yang sangat pesat, hingga sekarang sejuknya alam Rawa Pening masih dipenuhi oleh tanaman air yang satu ini.

Diperirakan jika pertumbuhan eceng gondok tidak terkontrol dari tahun ke tahun, Rawa Pening pada akhirnya akan mengalami kekeringan dan sejuknya alam di sana pun akan hilang.

Legenda dibalik sejuknya alam Rawa Pening

Seperti banyak tempat wisata lain di Indonesia, Rawa Pening juga memiliki legenda dibalik sejuknya alam danau ini. Dikisahkan bahwa Rawa Pening terbentuk dari pancaran air deras yang menggenangi desa akibat perbuatan Baru Klinting. Baru Klinting adalah seorang petapa yang sedang bertapa di lereng gunung.

Suatu hari penduduk desa akan mengadakan pesta sedekah bumi setelah panen. Di pesta itu ada berbagai makanan yang disajikan. Jelmaan tubuh Baru Klinting yang sedang bertapa datang untuk menikmati hidangan namun penduduk desa menolaknya karena mereka merasa jijik dengan Baru Klinting.

Baru Klinting kembali ke desa itu untuk meminta makanan kembali setelah ia disuguhi oleh seorang wanita tua yang memperlakukannya dengan baik. Akan tetapi, warga desa tersebut kembali menolak. Baru Klinting menantang warga desa untuk mencabut lidi yang ia tancapkan namun tidak ada yang bisa.

Hanya Baru Klinting yang bisa mencabutnya. Dan setelah dicabut, banjir bandang pun terjadi dan jadilah Rawa Pening yang kita kenal seperti sekarang.

Wisata Alam Ke Air Terjun Nungnung Yang Menyegarkan Di Bali!

Menikmati suasana Kampung Rawa

sejuknya alam
dakatour.com

Sejak dibuka pada tahun 2012 silam, sejuknya alam Rawa Pening menjadi pilihan banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Selain untuk menikmati sejuknya alam, di sini kamu bisa melihat Kampung Rawa, sebuah kompleks yang terletak di tengah sawah.

Kampoeng Rawa adalah paguyuban yang dibuat dan dikelola oleh warga lokal, tepatnya oleh kelompok tani dan nelayan Rawa Pening.

Sejuknya alam di sekitar Kampung Rawa ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Udara yang segar berpadu dengan sawah hijau yang terbentang serta pegunungan yang megah di sekelilingnya sungguh merupakan pengalaman yang tak tergantikan.

Daya tarik yang paling ikonik dari Kampung Rawa adalah rumah makan apung. Rumah makan ini merupakan restoran yang berdiri di atas danau. Di sana kamu bisa menikmati makanan khas Indonesia.

Tentunya bahan yang digunakan adalah hasil produksi warga setempat yang masih segar. Untuk bisa sampai ke restoran terapung ini kamu harus menggunakan rakit yang ditarik dengan menggunakan tali.

Harga tiket masuk Rawa Pening

Sejuknya alam Rawa Pening bisa kamu nikmati hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp3.500 saja mulai pukul delapan pagi hingga sembilan malam.

Harga yang harus kamu keluarkan adalah Rp15.000 untuk becak air untuk 15 menit, Rp30.000 untuk ATV selama 15 menit, Rp15.000 untuk perahu karet selama 15 menit, dan Rp15.000 untuk bebek air.

Rute menuju Rawa Pening

Alamat lengkap dari Rawa Pening adalah Jalan Lingkar Selatan, Kilometer 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa menikmati sejuknya alam Rawa Pening, kamu cukup menempuh perjalanan selama satu setengah jam atau 34 kilometer dari pusat Kota Semarang.

Mudah untuk bisa menemukan tempat wisata yang satu ini karena aksesnya gampang dijangkau dan berada di pinggir jalan. Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, angkutan kamu bisa dengan mudah datang ke Rawa Pening menggunakan angkutan umum.

Menginap di hotel kapsul

bobobox

Tempat Wisata Menarik Di Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Wah sejuknya alam Rawa Pening sampe kerasa lho ke rumah Bob. Kayaknya adem banget kalau berkunjung ke sana. Kalau kamu gimana, kapan rencana menikmati sejuknya alam Rawa Pening?

Nah, kalau belum bisa main ke Rawa Pening, mendingan liburan kecil-kecilan dulu yuk. Ke mana lagi kalau bukan staycation di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern. Hal ini bisa kamu lihat dari desainnya yang futuristik. Pod, atau kamarnya, terlihat seperti yang biasa kamu lihat di film-film tentang masa depan. Desain yang modern ini tentunya tidak mengorbankan kenyamanan. Kasur berukuran king size-nya dijamin bikin tidur kamu nyenyak banget.

Untuk bisa memesan kamar di Bobobox, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi atau mengunduh aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk mengatur lampu led dan sebagai kunci kamar kamu yang menggunakan QR code.

Jadi, tunggu apa lagi? Sebelum menikmati sejuknya alam Rawa Pening menginap dulu di Bobobox!

You might also like