penjelasan seputar hari donor darah sedunia

Sambut Hari Donor Darah Sedunia dengan Sejarah Awal Mula Donor Darah Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Tanggal 14 tiap tahun, Hari Donor Darah sedunia dirayakan. Peringatan ini digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya stok darah yang memadai.

Walau sudah banyak yang tahu soal peringatan tersebut, banyak yang belum mengetahui sejarah awalnya. Tentu akan lebih afdal untuk memperingati perayaan jika kamu tahu sejarahnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejarah singkat soal Hari Donor Darah Sedunia. Lengkap dengan tujuan, cara memperingati, dan temanya tahun ini!

Sejarah Lengkap Hari Donor Darah Sedunia

1. Awal Mulanya

Pembahasan awal soal hari donor darah sedunia dibuka oleh sejarahnya. Melansir laman resmi WHO, peringatan tersebut diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004.

Tanggal tersebut sengaja ditetapkan bukan tanpa alasan. Kesepakatan tercipta dari sejumlah organisasi seperti WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.

Lalu, penetapannya sebagai event global pertama kali dilakukan pada 2005 dalam Majelis Dunia ke-58. Sejak saat itu, peringatan ini dilakukan setiap tahunnya.

Jika merunut ke belakang, donor darah awalnya tercipta karena eksperimen Richard Lower. Ia mendalami dan mempelajarinya pada hewan. Hasilnya ia berhasil melakukan tranfusi pada dua anjing.

Pada tahun 1901, Karl Landsteiner membuatkan klasifikasi khusus yang berkaitan dengan pembagian darah. Gagasannya disebut dengan ABO Human Blood Type.

Berkat gagasan, ia mendapatkan penghargaan Nobel. Pemilihan tanggal 14 Juni sebagai hari peringatannya sendiri berdasarkan hari ulang tahun Karl Landsteiner karena jasanya tersebut.

Karl Landsteiner dalam sejarah hari donor darah sedunia

sumber: bobo.grid.id

2. Kenapa Diperingati Tiap Tanggal 14

Seperti yang disebutkan sebelumnya, peringatan Hari Donor Darah ditetapkan pada tanggal 14 Juni. Tanggal tersebut merupakan hari ulang tahun Karl, yang dianggap sebagai ‘pendiri’ transfusi darah modern.

Pada tahun 1901, ia menemukan ABO Human Blood Type dan mengembangkan sistem klasifikasi dan mengidentifikasinya. Lalu. bersama Alexander S. Wiener, ia menemukan faktor Rhesus yang memungkinkan dokter untuk mendonorkan darah tanpa membahayakan nyawa pasien.

awal mula dari world blood donor

sumber: coronial-history.com


Baca Juga: Sambut Hari Laut Sedunia Dengan Fakta Seputar Laut Berikut!


3. Tujuan Penetapan Peringatannya

Penetapan Hari Donor Sedunia sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran banyak orang soal pentingnya donor darah. Tak hanya itu, peringatan ini untuk memberikan apresiasi bagi pendonor sukarela.

Peringatan tersebut juga dilakukan untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya ketersediaan dan penggunaan drah dan produk yang aman. Ini membuat tema tiap tahunnya berubah.

penetapan hari donor darah sedunia

sumber: theportugalnews.com


Baca Juga: Diperingati Sebentar Lagi, Ini Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia!


4. Cara Memperingatinya

Setiap negara tentu mempunyai caranya masing-masing dalam merayakan Hari Donor Darah Sedunia. Untuk Indonesia sendiri, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang Bob bagikan di bawah ini.

Berikut beberapa cara memperingatinya.

  • Menjadi seorang pendonor
  • Berkomitmen untuk menjadi pendonor rutin
  • Mengajakan teman dan keluarga untuk donor darah
  • Membagikan pentingnya donor darah di media sosial
  • Menjadi relawan dalam kegiatan donor darah
cara memperingati hari donor darah

sumber: forbes.com


Baca Juga: Simak Fakta Seputar Perjuangan Buruh Di Hari Buruh Internasional 1 Mei Mendatang!


5. Tema Tahun 2022

Untuk tahun ini, Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema “Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives”. Tema tersebut menyoroti kontribusi mendonorkan darah sebagai bentuk solidaritas.

Tak hanya itu, tema tersebut mengajak agar lebih banyak orang untuk mendonorkan darah. Dengan begitu, mereka bisa menyelamatkan banyak nyawa yang sedang membutuhkan darah.

tema tahun 2022

sumber: who.org

***

Itulah penjelasan dari Bob.

Semoga membantu, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Bingung Memilih Akomodasi Penginapan? Datang saja ke Bobobox

Bingung dalam memilih akomodasi penginapan saat berada di Jakarta Selatan? Ada baiknya ikuti saran Bob untuk mengarahkan pandanganmu ke Bobobox Pods Kebayoran Baru dan Pancoran.

Hotel kapsul satu ini menawarkan fasilitas yang keren dan kekinian namun dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk tiap inap malamnya.

Informasi lebih lanjut mengenai podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

tampak bobobox alun-alun malang

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles