Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sejarah Hari Bank Dunia

Hari bank dunia menjadi momen bersejarah yang penting untuk kamu ketahui.

Sejarah hari bank dunia menjadi salah satu topik yang menarik untuk Bob bahas pada kesempatan kali ini. Berdasarkan sejarah hari bank dunia diperingati setiap tanggal 1 April dan menjadi sebuah momen bagi kita untuk melihat kembali sejarah perbankan dunia juga perbankan di Indonesia. Sejarah hari bank dunia menjadi sebuah pengingat bahwa terdapat sebuah lembaga dunia yang telah banyak membantu umat manusia.

Organisasi internasional ini menjadi salah satu organisasi yang berperan dibalik tumbuh dan berkembangnya negara-negara di dunia. Melalui sejarah hari bank dunia ini kita dapat mengetahui bahwa bank dunia telah membantu banyak negara di dunia dalam mendapatkan kenyamanan, keamanan dalam bentuk bantuan finansial. Hal-hal inilah yang mendasari tercetusnya peringatan hari bank dunia yang diperingati setiap tanggal 01 April.

Beruntunglah kita karena saat ini Indonesia dan masih banyak negara lainnya sudah mendapatkan berbagai kemudahan dalam membangun negaranya setelah krisis yang terjadi cukup lama. Sejarah hari bank dunia tak terlepas dari rasa solidaritas organisasi internasional ini terhadap negara-negara berkembang yang membutuhkan bantuan.

Perubahan kondisi keuangan banyak negara-negara di dunia adalah karena berdirnya bank dunia yang didirikan pada 01 April 1944. Berdasarkan sejarah bank dunia ini didirikan saat Konferensi United Nations Monetary and Financial berlangsung di Bretton Woods, New Hampshire, AS. Penasaran dengan sejarah hari bank dunia lebih lengkapnya? Yuk simak penjelasan Bob berikut ini!

Sejarah Hari Bank Dunia

Hari bank dunia adalah sebuah peringatan dibentuknya sebuah organisasi internasional yang didirikan dengan tujuan untuk melawan kemiskinan. Organisasi internasional ini melawan kemiskan dengan cara membantu membiayai negara di seluruh dunia yang membutuhkan. Pinjaman pertama yang diberikan organisasi internasional ini diberikan kepada negara Perancis untuk dalam jumlah 250 juta dollar AS (USD).

Pada saat itu negeri menara Eiffel ini membutuhkan dana untuk membangun kembali infrastruktur negara Perancis yang hancur lebur pasca perang. Saat ini bank dunia berkantor pusat di Washington, DC dan memiliki kantor di lebih dari 100 negara. Paska berdirinya bank dunia sampai saat ini bank dunia telah memiliki 184 negara anggota. Sejarah hari bank dunia mencatat kehadiran sebuah lembaga internasional yang membantu negara-negara dengan pembiayaan dan nasihat keuangan.

Berdirinya organisasi ini diharapkan dapat membantu negara berkembang merancang pembangunan ekonomi mereka. Bantuan dari bank dunia ini kemudian digunakan untuk membantu negara-negara yang membutuhkan biaya dalam membangun infrastruktur dan ekonomi mereka. Dengan adanya infrastruktur yang layak maka negara tersebut dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup bagi warga negara mereka.

Sejarah Hari Bank Dunia: Kaitan Bank Dunia Dan Perang Dunia II

Sejarah hari bank dunia pun mencatat bagaimana organisasi internasional ini berperan dalam memfasilitasi investasi internasional. Bank dunia adalah salah satu organisasi internasonal penyandang dana terbesar untuk pendidikan. Sejak 1963, lembaga ini terhitung telah mengeluarkan sebesar 36,5 trilyun dolar AS untuk pinjaman dan hibah pendidikan. World bank day juga menjadi titik negara-negara yang terdampak perang dunia II untuk kembali bangkit membenahi negaranya.

Bank dunia pada awalnya dibentuk untuk membantu perekonomian negara-negara yang tengah porak poranda pasca perang. Namun seiring berjalannya waktu, organisasi internasional ini kemudian mulai mengucurkan dana bantuan untuk wilayah lainnya. Terutama wilayah-wilayah yang ekonominya mengalami penurunan karena bencana alam, krisis moneter, maupun kondisi sulit lainnya.

Sejarah Hari Bank Dunia: Kontroversi Bank Dunia

sejarah hari bank sedunia

Terlepas dari sejarah hari bank dunia dalam membantu negara-negara yang kesusahan, bank dunia pun memiliki kontroversi tersendiri. Banyak pihak yang berpikir bahwa organisasi internasional ini bergerak sebagai sebuah alat politik pihak asing di negara tempat mereka meminjamkan uang. Hal ini disebabkan adanya satu peraturan penting terkait peran bank dunia.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa bank dunia memiliki hak dalam mengubah aturan undang-undang sebuah negara. Perubahan aturan undang-undang sebuah negara tersebut dapat dirubah bank dunia sebelum menyetujui sebuah proposal peminjaman. Peraturan ini hingga sampai saat ini masih memicu pro-kontra.

Negara peminjam pun terkadang meminjam uang dengan jumlah yang tak terkendali. Seiring waktu berjalan, angka utang yang tinggi ini kemudian menjadi bumerang yang pada akhirnya malah menimbulkan kekacauan baru di negara yang bersangkutan.

Sejarah Hari Bank Dunia: Hubungan Bank Dunia Dan Indonesia

Sejarah hari bank dunia dalam membantu banyak negara di dunia pun tak terkecuali dengan hubungan antara negara Indonesia dan Bank Dunia. Sejarah hari bank dunia tak terlepas dari orang-orang yang berperan aktif di dalam organisasi internasional tersebut. Mungkin kamu cukup familiar dengan nama Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani merupakan salah satu Menteri Keuangan Republik Indonesia yang bekerja selama dua periode kabinet kepresidenan dibawah pimpinan presiden joko Widodo. Sebelum akhirnya bekerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani pun menjabat Menteri Keuangan di bawah kepemimpinan Presiden Susiolo Bambang Yudhoyono.

Namun beliau kemudian memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan saat itu dan didapuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sri Mulyani menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sejarah hari bank dunia sekaligus menjadi momen bagi kita untuk percaya pada potensi kita sebagai warga Indonesia!

Pengunduran Sri Mulyani dari jabatan Menteri Keuangan selanjutnya berdampak negatif pada situasi ekonomi di Indonesia. Salah satunya adalah dampak stock exchange yang menurun sebesar 3,8%. Nilai rupiah pun turun hampir 1% dibandingkan dolar. Penurunan nilai rupiah ini dikenal sebagai penurunan saham Indonesia yang paling tajam dalam 17 bulan terakhir. Kejadian ini kemudian dikenal sebagai Indonesia’s loss, and the world’s gain atau kerugian Indonesia dan keuntungan dunia.

Sejarah Hari Bank Dunia: Bank Dunia Dan Kontribusi Pada Dunia

Sejarah hari bank dunia telah mencatat berbagai kontribusi bank dunia pada negara-negara di dunia. Salah satunya baru-baru ini bank dunia mengumumkan akan menyediakan bantuan dukungan dalam membantu negara-negara mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi dari wabah COVID-19 atau virus corona. Sejarah hari bank dunia tak pernah terlepas dari tujuan mulia bank dunia dalam berkontribusi terhadap perkembangan negara-negara di dunia.

Dengan adanya bantuan ini negara berkembang dapat melindungi warganya dari epidemi, memperkuat pengawasan penyakit, dan meningkatkan intervensi kesehatan masyarakat. Presiden bank dunia bernama David Malpass menyampaikan bahwa pihaknya akan berusaha untuk memberikan respons yang cepat dan fleksibel. Bank dunia akan memprioritaskan kebutuhan negara-negara berkembang dalam menangani penyebaran COVID-19.

Mempelajari sejarah hari bank dunia memang seru! Kamu bisa mempleajari banyak informasi dibalik sejerah hari bank dunia yang memiliki tujuan mulia untuk membantu sesama. Jangan lupa untuk senantiasa menebar kebaikan di manapun kamu berada seperti Bobobox yang kini hadir di banyak kota di Indonesia. Bobobox menebar kebaikan berupa pengalaman menginap seru di kapsul hotel dengan harga terjangkau melalui promonya di aplikasi Bobobox. Unduh sekarang yuk!

kamar mandi bobobox kota tua

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.