Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hidup Sehat dengan Makan Sayur yang Bisa Dimakan Mentah Berikut Ini

Terutama sayuran yang mengandung vitamin C

Untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh, sayuran menjadi makanan wajib untuk kamu konsumsi. Selain mudah untuk mendapatkannya, kamu juga bisa mengolah sayuran menjadi berbagai hidangan lezat. Sayangnya, proses memasak terkadang bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena itu, tidak sedikit justru lebih suka sayur yang bisa dimakan mentah.

Memakan sayuran mentah atau matang sebenarnya sama memberi kamu nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, sejumlah nutrisi memang sensitif terhadap panas akibat proses memasak.

Misalnya adalah vitamin larut air seperti vitamin B dan C yang sensitif terhadap panas. Semakin panas proses memasak, semakin cepat nutrisi tersebut berkurang. Meski begitu, kamu masih bisa mengatasinya dengan memilih metode memasak lain (mengukus adalah pilihan teraman) dan memperhatikan lama pemasakan.

Namun, jika kamu lebih suka sayur yang bisa dimakan mentah, kamu tentu tidak bisa sembarangan menyantap setiap jenis sayuran dalam bentuk tersebut. Untuk itu, ketahui dulu yuk sayuran-sayuran yang bisa dimakan mentah berikut ini!

Brokoli

@tyrrell_fitness_and_nutrition/Unsplash

Kamu mungkin seringkali menyantap brokoli setelah memasaknya walau hanya sebentar. Kendati demikian, brokoli termasuk sayur yang bisa dimakan mentah sebab panas justru bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Sebagaimana kamu tahu, sayuran satu ini terbilang tinggi nutrisi seperti vitamin C, kalsium, potasium dan lainnya. Proses pemasakan biasanya dapat menurunkan kadar vitamin C di dalam brokoli.

Tak hanya itu, panas juga bisa mengurangi kandungan sulforaphane. Sulforphane ini merupakan jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyakit jantung dan depresi. Menurut penelitian yang terbit dalam Journal of Agricultural and Food Chemsitry, konsumsi brokoli mentah memudahkan penyerapan senyawa tersebut.

Namun, brokoli ini mengandung goitrogen yang bisa memicu perut kembung dan memengaruhi kesehatan tiroid. Maka dari itu, buat kamu yang ingin menghindari efek samping tersebut, brokoli masak bisa menjadi pilihan.


Baca Juga: Manfaat Vitamin C Dan Bahayanya Bila Kekurangan


Kembang Kol

Sama halnya seperti brokoli, kembang kol termasuk sayur yang bisa dimakan mentah, namun dengan efek samping terkait kandungan goitrogen. Terlepas dari kandungan itu, kembang kol bisa memberikan lebih banyak vitamin dalam keadaan mentah. Sayuran satu ini mengandung protein serta vitamin larut air seperti vitamin C dan B1, yang tentunya akan berkurang setelah melalui proses memasak.

Selada

Selada merupakan contoh lainnya sayur yang bisa dimakan mentah. Kamu mungkin sudah sering menyantap sayuran ini baik sebagai lalapan, salad, atau dalam gado-gado dan asinan. Selada sendiri termasuk sayuran kaya vitamin A dan K yang baik untuk kecantikan kulit, menjaga kesehatan mata hingga mencegah tulang keropos.

Meski merupakan sayur yang bisa dimakan mentah, kamu tentu perlu meperhatikan kebersihannya dengan mencuci bersih sayuran tersebut. Dengan begitu, kamu terhindar dari kontaminasi sisa-sisa pestisida serta bakteri yang masih menempel.


Baca Juga: Kata Siapa Salad Selalu Tidak Enak? Yuk Cobain 7 Jenis Salad Yang Menyegarkan Ini!


Kol

@shelleypauls/Unsplash

Kol merupakan salah satu sayur yang bisa dimakan mentah dan kerap kali kamu jumpai dalam berbagai hidangan. Sebut saja dalam karedok, salad hingga teman makan nasi goreng dan satai. Lalu, mengapa kol menjadi lebih baik saat mentah? Proses pemasakan kol bisa menghancurkan enzim myrosinase yang juga dapat mencegah kanker. Selain itu, kol juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin K dan C yang rentan terhadap panas.

Paprika Merah

Paprika merah mungkin kerap kamu jumpai dalam berbagai olahan masakan atau sudah berupa paprika bubuk. Kendati begitu, paprika merah sebenarnya termasuk sayur yang bisa dimakan mentah.

Sayuran satu ini memiliki kadar air yang tinggi serta merupakan sumber vitamn C dengan kandungan hampir tiga kali lipat jeruk. Mengingat panas dapat mengurangi kadar vitamin, paprika merah memang lebih baik kamu konsumsi  mentah. Selain itu, di antara paprika lain, paprika merah mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk melawan penyakit kanker, diabetes, Alzheimer, dan lainnya.

Pakcoy

Pakcoy adalah contoh lain dari sayur yang bisa dimakan mentah. Sayuran ini menyerupai sawi namun dengan ukuran lebih kecil dan lebar serta rasa yang lebih ringan. Karenanya, tidak sedikit orang menyebutnya sebagai sawi sendok.

Pakcoy sendiri merupakan sayuran  kaya nutrisi yang dapat melawan kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai lalapan, salad atau tambahan jus.

Kale

@elenashashkina/Freepik

Kale si superfood juga merupakan sayur yang bisa kamu konsumsi secara mentah biasanya sebagai salad atau smoothies. Sayuran satu ini memiliki kandungan glukosinolat yang bersama dengan myrosinase menjadi senyawa yang dapat melawan penyakit. Namun, seperti yang Bob sebut sebelumnya, kontak dengan panas dapat menghancurkan enzim tersebut.

Selain itu, melansir Healthline, sejumlah kandungan nutrisi dalam kale akan berkurang setelah melalui proses pemasakan. Termasuk di dalamnya adalah antioksidan, vitamin B, vitamin C dan mineral (seperti kalsium, potasium, zat besi, seng dan magnesium). Serupa dengan brokoli dan kembang kol, kale memiliki efek samping yang berkenaan dengan kandungan goitrogen.

Timun

Timun merupakan makanan yang kerap kamu jumpai dalam keadaan mentah, misal sebagai lalapan, salad atau camilan segar. Sayur yang bisa dimakan mentah ini terdiri dari 95% air cocok untuk melawan dehidrasi.

Tak hanya itu, timun juga kaya vitamin K dan C, antioksidan serta nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Misalnya adalah untuk melawan radikal bebas, melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar gula darah. Untuk memaksimalkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya jangan kupas kulit timun. Namun, pastikan kamu cuci sayuran tersebut sebelum siap santap.


Baca Juga: Jaga Kondisi Tubuhmu Dengan Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini


Kubis Brussel

Brussel sprout atau kubis brussel termasuk sayur yang bisa kamu makan mentah, umumnya dalam sandwich, salad atau coleslaw. Sayuran ini memiliki sifat anti-kanker karena kandungan glukosinolat di dalamnya.

Melansir Healthline, pemasakan kubis brusel di satu sisi dapat membuat sayuran itu membebaskan enzim myrosinase serta meningkatkan kadar antioksidan dan viamin E dan K. Namun, di sisi lain, proses memasak justru menurunkan kadar vitamin larut air, seperti vitamin C terutama jika menggunakan metode merebus.

Staycation sampai Nyenyak di Bobobox!

Pikiran dan emosi juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Karena itu, luangkanlah sedikit waktu untuk memanjakan diri agar tubuh dan pikiran lebih segar dan penat pun hilang. Salah satu caranya adalah dengan berlibur atau sekadar staycation.

Untuk akomodasi, serahkan saja pada Bobobox! Interior pod Bobobox cukup luas dengan kasur empuk yang pasti bikin kamu betah dan bisa tidur super nyenyak. Fitur moodlamp-nya juga menunjang tidur berkualitas yang sangat kamu butuhkan untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Atur dan sesuaikan saja pencahayaannya dengan suasana dan kebutuhan kamu. Dengan belasan warna cahaya yang tersedia, kamu bisa mengubah suasan mulai dari terang hingga temaram. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like