Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Mencari Sarung Tangan untuk Berkendara yang Aman dan Nyaman!

Agar perjalanannmu aman jangan lupa gunakan sarung tangan untuk berkendara!

Sarung tangan untuk berkendara menjadi salah satu item esensial yang banyak orang kenakan. Terdapat banyak manfaat dibalik penggunaan sarung tangan untuk berkendara, mulai dari keamanan, kenyamanan, dan pastinya membuat kamu menjadi terlihat lebih stylish! Sayangnya meskipun memiliki banyak manfaat bagi pemakainya ternyata masih banyak orang yang enggan menggunakan saung tangan untuk pengendara ini.

Sarung tangan untuk berkendara kerap kali dianggap sepele dan merepotkan saat dipakai. Padahal di beberapa negara penggunaan sarung tangan untuk berkedara menjadi salah satu perlengkapan pengendara motor yang sangat dianjurkan untuk digunakan. Pemakaian sarung tangan untuk berkendara di Indonesia pun sangat dianjurkan karena dapat melindungi penggunanya. Kamu tentu tidak mau tangan kamu terkena luka dan goresan aspal jika kamu terjatuh dari kendaraan atau mengalami kecelakaan kan? Salah satu perlindungan yang dapat dirasakan adalah dapat melindungi tangan pemakainya dari terluka.

Sarung tangan untuk berkendara ini juga bisa jadi salah satu cara untuk melindungi tangan kamu dari cuaca terik, membantu mengurangi getaran, dan mampu menyerap keringat tangan seingga grip ke setang tidak licin. Melihat manfaat-manfaat diatas, Bob punya tips-tips untuk kamu agar kamu tidak salah memilih sarung tangan! Yuk simak tips-tips dari Bob!

Cara Sederhana Menjaga Performa Motor Selama Work from Home
Ilustrasi Motor / Foto oleh Harley-Davidson dari Unsplash

Cara Memilih Sarung Tangan untuk Berkendara

Agar semua manfaat sarung tangan dapat kamu rasakan maka pastikan kamu memilih sarung tangan yang tepat. Lalu bagaimana cara memilih sarung tangan untuk berkendara yang aman, nyaman, dan cocok digunakan sehari-hari? Salah satu tips yang disampaikan Irwan Bachroem, Helmet & Apparel Specialist Deride, sarung tangan untuk berkendara yang nyaman adalah sarung tangan berbahan textile mesh.

Sarung tangan tipe ini biasanya memiliki pelindung di bagian telapak tangan berbahan kulit. Demi keamanan yang terjamin pastikan juga untuk memilih sarung tangan untuk berkendara yang tertutup di seluruh bagian tangan. Mungkin bagi sebagian orang akan merasa sedikit tidak nyaman saat harus memakai sarung tangan untuk berkendara yang tertutup secara penuh. Namun Bob pastikan kalau tangan kamu akan lebih terlindungi dengan sarung tangan dengan karakteristik seperti itu.

Sesuaikan Ukuran Sarung Tangan untuk Berkendara

Sama halnya seperti memilih pakaian, sarung tangan untuk berkendara pun memiliki standar ukurannya tersendiri, lho. Selain memilih bahan dan warna sarung tangan untuk berkendara, perhatikan juga ukuran sarung tangan pas dengan tangan kamu. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu melakukan pengukuran lingkar telapak tangan sebelum memutuskan membeli sarung tangan pilihan kamu.

Selain ukuran lingkar telapak tangan, jangan lupa juga untuk memperhatikan panjang jari kamu. Walaupun kamu senang memiliki pakaian yang longgar atau ketat, sebaiknya tetap pilihlah sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan kamu. Hindari memilih sarung tangan untuk berkendara yang terlalu besar maupun sempit. Ukuran sarung tangan yang terlalu besar tentunya akan terasa longgar, sedangkan jika terlalu kecil akan tidak nyaman dan mempengaruhi performance penggunaan sarung tangan tersebut.

Pilih Bahan Sarung Tangan untuk Berkendara yang Tepat

Beberapa bahan yang populer digunakan dalam pembuatan sarung tangan diantaranya adalah kulit, jala, gore-texneoprene dan lainnya. Hal terpenting yang dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah memilih sarung tangan yang sesuai dengan cuaca di tempat yang sering kamu tuju atau sesuai dengan tempat tinggal kamu. Sarung tangan motor dari kulit sangat cocok digunakan saat musim hujan karena anti air, sedangkan sarung tangan motor berbahan jala cocok digunakan saat musim panas karena terdapat ventilasi udara.

Demi Perlindungan dan Keselamatan

Pengendara sepeda motor yang berada di wilayah penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar kini sangat dianjurkan untuk mengenakan masker dan sarung tangan. Penggunaan sarung tangan berkendara akan melindungi penggunanya dari gesekan konstan antara setang motor dengan kulit. Gesekan tersebut sangat berpotensi menyebabkan lecet terutama ketika kulit dalam keadaan lembab dan berkeringat.

Penggunaan sarung tangan untuk berkendara dapat mencegah hal tersebut terjadi. Selain dapat menyebabkan kulit lecet gesekan konstan tersebut juga akan membuat pengendara merasa  tidak nyaman. Sarung tangan juga mampu membantu mengurangi kemungkinan terjadinya cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Saat kecelakaan terjadi umumnya secara refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang membuat tangan sangat berpotensi mengalami luka atau cedera.

Demi Menjaga Cengkraman dan Suhu

Selain melindungi kamu dari berbagai kemungkinan kecelakaan, sarung tangan untuk berkendara juga akan membuat kamu lebih nyaman saat berkendara. Beberapa jenis sarung tangan umumnya dilengkapi dengan karet yang berfungsi untuk memberikan kemudahan mencengkeram setang. Hal inilah yang membuat sarung tangan dapat melindungi tangan kamu di berbagai cuaca baik itu saat cuaca panas, basah, maupun lembab.

Saat cengkraman kamu menjadi semakin baik maka kontrol sepeda motor pun akan menjadi jauh lebih baik. Sarung tangan untuk berkendara ini pun mampu memberikan kehangatan terutama saat kamu harus berkendara di malam, pagi hari, maupun saat cuaca dingin karena hujan. Oleh karena itu penggunaan sarung tangan akan sangat membantu kamu agar senantiasa terhindar dari kemungkinan hipotermia saat melintasi daerah dingin. Di musim kemarau atau musim panas, sarung tangan juga dapat melindungi kulit kamu dari sengatan sinar matahari agar kulit tidak terbakar dan menjadi gelap.

sarung tangan untuk berkendara

Jangan Lupa Jaga Kebersihannya!

Setelah kamu memilih sarung tangan yang tepat jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Peawatan sarung tangan yang baik akan membuat umur pemakaian sarung tanggan menjadi lebih panjang. Bob sarankan untuk memiliki lebih dari satu sarung tangan. Hal ini untuk mensiasati jika suatu waktu sarung tangan kamu perlu di cuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Jangan sampai kamu menggunakan sarung tangan yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Kebersihan sarung tangan kamu sangat penting lho demi kenyamanan, keamanan, juga kesehatan kamu. Sarung tangan yang sering dipakai setidaknya harus dicuci minimal sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Jangan sembarangan mencuci sarung tanagn untuk berkendara kamu ya agar bahannya tidak mudah rusak. Cara mencuci sarung tangan dengan baik adalah dengan merendam sarung tangan di dalam campuran air hangat.

Gunakan sabun cuci tangan atau sabun bayi ke dalam air rendaman tersebut lalu rendam selama kurang lebih lima sampai sepuluh menit. Bersihkan sarung tangan hingga ke bagian sela-sela jari secara perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Hindari penggunaan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan.

Perawatan sarung tangan dapat menjaga kualitas sarung tangan serta mencegah bau dan berkembangnya kuman pada sarung tangan. Selain merawat sarung tangan jangan lupa kamu harus juga merawat diri kamu dengan mencukupi waktu istirahat kamu. Yuk cobain menginap di hotel kapsul Bobobox yang dijamin keren! Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk melakukan pemesanan kamar kapsul yang kamu inginkan.

@Bella Cynthia