Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Santapan Mewah Favorit Kim Jong Un

Bahkan ada makanan kontroversial lho!

Bobobox.co.id — Keberadaan Kim Jong Un akhir-akhir ini memang menjadi pertanyaan. Terlepas dari simpang siur berita soal pemimpin Korea Utara tersebut, Kim Jong Un terkenal akan kebiasaan yang unik.

Beberapa kebiasaan unik Kim Jong Un di antaranya adalah berpacu kuda, membeli kapal pesiar, mengoleksi jam mewah, dan terakhir yang akan Bob bahas adalah menyantap santap mewah.

Dari sekian banyak makanan yang ada di dunia, ada 10 santapan mewah favorit Kim Jong Un yang wajib ada saat pemimpin Korea Utara tersebut berada di meja makan.

Nah, jika kamu penasaran makanan apa yang termasuk favorit Kim Jong Un, berikut ini merupakan daftar 10 santapan mewah yang menjadi favorit Kim Jong Un.

Sup Sirip Hiu

Makanan favorit Kim Jong Un pertama adalah sup sirip hiu. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh mantap koki pribadi pemimpin Korea Utara tersebut pada tahun 2015 yang lalu.

Ketika menggelar sebuah pesta, sup sirip ikan hiu menjadi jamuan makan yang wajib ada di atas meja. Sup tersebut sendiri memiliki bahan baku yang tidak biasa yakni sirip ikan hiu.

Walaupun menjadi favorit Kim Jong Un, makanan tersebut sejatinya termasuk salah satu hidangan paling kontroversial di dunia. Pasalnya, sup tersebut mendorong kepunahan populasi ikan hiu yang ada di laut.

via eco-business.com

Kaviar dan Lobster

Tidak hanya sirip hiu saja yang menjadi bahan santapan mewah favorit Kim Jong Un yang menuai kontroversi, kaviar termasuk salah satu makanan yang berbahan dasar hewan langka.

Kaviar terbuat dari ikan sturgeon yang langka. Sehingga, tidak heran selain harga kaviar terbilang makanan paling mahal di dunia, ikan tersebut pun sebenarnya termasuk daftar barang impor yang dilarang oleh PBB.

Selain kaviar, lobster pun menjadi salah satu makanan mewah yang menjadi favorit Kim Jong Un. Hal tersebut terungkap dari penuturan salah satu koki eksekutif Hanoi’s Metropole Hotel pada tahun 2018 lalu.

https://elements.envato.com/red-caviar-on-a-wooden-spoon-PNL8EC9

Keju Emmental

Santapan mewah favorit Kim Jong Un berikutnya adalah keju emmental. Keju yang satu ini memiliki aroma manis pada kejunya yang mirip seperti buah-buahan. Keju Emmental sendiri berasal dari Swiss.

Kecintaan Kim Jong Un terhadap keju emmental berawal saat masa sekolahnya di Swiss. Sejak saat itulah, keju emmental menjadi salah satu makanan favorit Kim Jong Un yang biasa ia konsumsi.

Saking tergila-gila pada keju emmental, pada tahun 2014, pemimpin Korea Utara tersebut dikabarkan terkena penyakit asam urat yang disebabkan oleh salah satunya adalah konsumsi berlebih keju emmental.

https://elements.envato.com/yellow-swiss-emmental-cheese-PMHGXZK

Steak Kobe

Steak kobe menjadi santapan mewah favorit Kim Jong Un selanjutnya. Steak yang terkenal akan harganya yang mahal ini memiliki kriteria khusus soal daging yang digunakan.

Pasalnya, jenis sapi dari Kobe yang digunakan haruslah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan seperti lokasi dan kualitas. Harga tiap ponnya sendiri hampir mencapai 150 dollar.

Dengan harga daging sapi yang digunakan termasuk paling mahal di dunia, wajar saja jika cita rasa dari steak kobe sendiri tidak usah diragukan lagi dengan tekstur lembut dan dagingnya yang lezat.

https://elements.envato.com/grilled-beef-steak-5V5W3PR

Sushi

Sebelum Kim Jong Un menjabat sebagai pemimpin Korea Utara, sushi sudah menjadi hidangan yang disajikan untuk kelas atas di Korea Utara. Kenji Fujimoto merupakan koki yang menyajikan sushi tersebut.

Selain membocorkan sup sirip hiu dan steak kobe sebagai santapan mewah favorit Kim Jong Un, Fujimoto pun membeberkan bahwa pewaris pimpinan Korea Utara setelah Kim Jong Il ini sangat menyukai sushi.

Fujimoto mengungkapkan bahwa Kim Jong Un muda sangat menyukai suhi yang dibuat dengan torro atau bagian berlemak tuna. Biasanya, Kim Jong Un menyantap sushi minimal seminggu sekali.

https://elements.envato.com/sushi-served-on-plate-PTP3PHQ

Kopi Brazil

Tidak hanya berupa makanan saja yang menjadi favorit Kim Jong Un, ada pula minuman seperti kopi brazil yang digemari oleh kakak dari Kim Yo-Jong ini.

Rilisan data ekspor-impor mengungkapkan bahwa Korea Utara mendatangkan kopi brazil senial 900.000 dollar Amerika pada tahun 2016. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan jumlah impor pada tahun sebelumnya.

Brazil memang dikenal sebagai negara penghasil kopi berkualitas terbaik dan negara tunggal pengekspor kopi terbesar. Soal label merek yang dibeli, ada yang menyebut kopi Fazenda Santa yang menjadi pilihan Kim Jong Un.

favorit Kim Jong Un kopi brazil
via alibaba.com

Sampanye Crystal

Kim Jong Un dikenal sangat menyukai minuman beralkohol. Salah satu minuman beralkohol favorit Kim Jong Un adalah sampanye Crystal. Sampanye tersebut memang dikenal sebagai sampanye kalangan atas.

Sampanye Crystal sendiri sudah mulai diproduksi sejak 1879 atas perintah Tsar Alexander II dari Rusia. Harga per botolnya sendiri mencapai lebih dari 100 dollar atau sekitar 1,5 juta rupiah.

Menurut penuturan Fujimoto, Kim Jong Un bisa menghabiskan 2 botol sampanye dalam sekali penyajian. Hal tersebutlah yang membuat lingkar pinggang pemimpin Korea Utara ini semakin membesar.

https://elements.envato.com/champagne-pouring-into-glasses-and-christmas-decor-7Q5HPJX

Wine

Tidak berhenti di sampanye Crystal saja, Kim Jong Un pun termasuk orang yang gemar dalam meminum anggur Prancis atau wine. Wine Bordeaux dan ular menjadi dua wine yang menjadi favorit Kim Jong Un.

Menurut Fujimoto, koki pribadi pimpinan Korea Utara tersebut, Kim Jong Un bisa menghabiskan hampir 10 botol wine Bordeaux dalam semalam. Tidak heran jika wine ini selalu tersedia di Pyongyang.

Sedangkan menyoal wine ular, minuman yang populer di Tiongkok Selatan termasuk minuman yang mengerikan. Pasalnya, dalam minumannya terdapat tubuh ular kobra. Manfaatnya yang bisa meningkatkan kejantanan menjadikan Kim disebut-sebut bergantung pada minuman ini.

https://elements.envato.com/red-wine-pouring-into-wine-glass-NXAB42W

Hennessy

Setelah sampanye dan wine, berikutnya ada minumal alkohol dengan merek Cognag Hennessy yang disebut-sebut menjadi salah satu minuman beralkohol favorit Kim Jong Un.

Kebiasaan meminum Hennessy sendiri menurun dari ayahnya yakni Kim Jong-il. Pada saat menjabat, Kim Jong-il kerap ditemani oleh minuman tersebut dalam setiap pertemuannya.

Kebiasaan yang menurun pada Kim Jong Un sendiri berakibat dengan ribuan botol Hennessy yang didatangkan olehnya. Diduga, total keseluruhan yang dihabiskan untuk Hennessy mencapai 1 juta dollar Amerika.

https://elements.envato.com/the-curved-glass-of-whiskey-or-alcohol-drink-PN29DM5

Vodka Rusia

Santapan mewah yang menjadi favorit Kim Jong Un terakhir masih berkutat pada minuman beralkohol. Tidak bisa dipungkiri jika Kim Jong Un termasuk orang yang gemar akan minuman ini.

Setelah tadi sudah disebutkan beberapa, Vodka Rusia menjadi minuman beralkohol yang rutin diimpor oleh pemimpin Korea Utara tersebut.

Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2019, pelabuhan Belanda di Rotterdam menyita 90.000 botol Vodka Rusia yang disinyalir sedang dalam perjalanan menuju Pyongyang, Korea Utara.

https://elements.envato.com/vodka-shot-drink-E6FK8R7

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Sedang bosan di rumah dan ingin mencoba menginap di penginapan yang nyaman? Datang saja langsung ke Bobobox. Selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas kekinian seperti lampu led dan pod yang luas.

Soal pemesanan, kamu tidak perlu repot untuk datang langsung. Cukup unduh aplikasi Bobobox di sini dan kamu bisa memesan podnya walau berada di rumah.

lorong bobobox kamar