Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Sajian Korea Populer Berkat Idol K-Pop dan Drama Korea

Mudah ditemukan di drama Korea lho!

Bobobox.co.id — Saat menonton drama Korea dan idol K-Pop di variety show favorit, seringkali kamu merasa geregetan untuk merasakan secara langsung sajian Korea yang biasa muncul dikonsumsi artis Korea.

Hal tersebut sendiri menjadikan sajian Korea menjadi salah satu sajian favorit banyak orang. Popularitas sajian Korea yang tinggi pun tidak mengherankan mengingat banyak orang yang menggemari K-Pop dan drama Korea.

Nah, bagi kamu yang ingin menyantap sajian Korea populer, kamu mungkin sudah bisa menyantapnya di beberapa restoran yang sudah mulai buka belakangan ini. Hal ini tak lepas dari penerapan new normal di banyak daerah di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih mendetil, berikut merupakan ulasan singkat mengenai sajian Korea yang populer berkat sering munculnya makanan tersebut di drama Korea favorit dan direkomendasikan oleh idol K-Pop.

Kimchi

Bagi kamu yang sudah menonton berbagai macam drama Korea, kamu tentu sudah tidak asing dengan sajian Korea satu ini. Pasalnya, makanan ini sering muncul di berbagai drama Korea dan variety show.

Makanan yang dimaksud adalah kimchi. Kimchi sendiri merupakan makanan khas yang berbahan dasar sayuran. Sayuran yang disajikan untuk kimchi harus difermentasi terlebih dahulu untuk kemudian diberi bumbu khas.

Rasanya yang bercampur antara asam dan pedas membuat banyak orang Indonesia menyukai sajian Korea satu ini. Untuk orang Korea, kimchi menjadi makanan pelengkap yang hampir selalu disajikan di banyak restoran.

Sajian Korea Bibimbap

Jika Indonesia mempunyai nasi rames sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak lauk pauk, Korea pun memiliki makanan khas seperti itu. Sajian Korea yang hampir sama dengan nasi rames adalah bibimbap.

Secara harfiah, bibimbap bisa dibilang memiliki persamaan dengan nasi rames. Kedua makanan tersebut merupakan nasi campur. Perbedaannya ada pada cara penyajiannya yang di mana bibimbap akan diaduk menjadi satu baik nasi dan lauknya.

Dalam semangkuk bibimbap, kamu akan mendapatkan nasi putih hangat yang ditemani dengan daging, telur, tahu, dan saus sambal. Sajian Korea ini akan terasa nikmat untuk disantap dalam keadaan hangat.

Tteokbokki

Makanan pedas menjadi jenis makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak heran jika sajian Korea berikutnya ini mudah ditemukan para penjualnya di banyak restoran hingga toko online di e-commerce pilihan.

Tteobokki atau biasa disebut kue beras merupakan jajalan pinggir jalan di Korea Selatan. Tak pelak jika tteobokki ini pun sering muncul di drama Korea karena sudah menjadi camilan sehari-hari orang Korea Selatan.

Tteobokki terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam bentuk kecil memanjang bersama bumbu gochujang yang pedas dan manis. Rasa manis dan pedas dari sajian Korea ini akan semakin nikmati jika ditambah lelehan keju di atasnya.

Jajangmyeon

Sajian Korea yang populer karena sering disantap oleh idol K-Pop adalah jjajangmyeon. Makanan khas satu ini bisa jadi sudah membuat banyak orang ngiler ingin mencoba langsung kelezatannya.

Ciri khas dari mi ala Korea Selatan terletak pada saus kedelai hitam. Oleh karenanya, mi tersebut saat diaduk menjadi satu akan didominasi warna hitam yang berasal dari sausnya.

Jajangmyeon sendiri biasanya ditemani oleh beberapa jenis sayuran dan potongan daging. Jajangmyeon di Korea Selatan biasanya menggunakan daging babi sebagai pelengkapnya sehingga kamu harus berhati-hati jika ingin mencicipinya langsung di Korea.

via upload.wikimedia.org

Ramyeon

Sajian Korea satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para pencinta drama Korea dan idol K-Pop. Pasalnya, sajian Korea ini sering nongol di banyak acara Korea seperti drama Korea hingga variety show.

Ramyeon atau dikenal dengan nama ramen di Jepang merupakan mi instan ala Korea Selatan. Mi ala Korea Selatan ini relatif berbeda dengan mi instan yang biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang Indonesia.

Ramyeon memilki tekstur yang relatif lebih tebal dan bumbunya pun lebih kental dibandingkan mi instan Indonesia. Cara penyajiannya pun unik karena biasanya langsung dimakan dari panci saat masih panas-panasnya.

sajian korea ramyeon
via seriouseats.com

Eomuk

Sajian Korea berikutnya ini merupakan makanan yang bisa dengan mudah ditemukan di pedangan kaki lima di Korea Selatan. Camilan ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang karena rasanya yang lezat.

Eomuk, atau juga biasa disebut odeng menjadi camilan pinggir jalan yang wajib dicoba saat liburan ke Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan terigu dan bumbu lainnya.

Eomuk biasa disajikan dengan cara ditusuk dan direbus ke dalam air kaldu. Menyantap eomuk akan terasa lengkap apabila kamu menyantapnya di malam hari karena kuah air kaldunya yang akan menghangatkan tubuhmu.

via livingnomads.com

Japchae

Saat melihat pertama kali di drama Korea ataupun variety show, kamu mungkin akan menganggap bahwa sajian Korea satu ini akan mengingatkanmu pada makanan khas Indonesia yakni capcay.

Sebenarnya, kamu tidak salah kok. Pasalnya, japchae ini memang serupa dengan capcay yang ada di Indonesia. Hal yang membedakannya adalah bahan utamanya yang kemungkinan besar sulit ditemukan di Indonesia.

Bahan utama dari japchae menggunakan mi bihun khas Korea. Sedangkan sisanya yakni sayurannya, japchae menggunakan beberapa jenis sayuran seperti wortel, paprika, cabai, dan masih banyak lainnya.

via maangchi.com

Bulgogi

Sajian Korea lainnya yang tidak kalah populer adalah bulgogi. Makanan berbahan dasar daging sapi ini termasuk makanan yang sering muncul di drama Korea seperti Weightlifting Fairy Kim Bok-joo dan masih banyak lainnya.

Penyajian bulgogi biasanya berupa daging sapi yang sudah diiris tipis yang sudah dibumbui untuk kemudian dipanggang. Daging yang sudah dipanggang tadi biasanya dimakan bersama lauk lainnya atau dibungkus dengan daun selada.

Sajian Korea ini sendiri sebenarnya agak mirip dengan yakiniku yang merupakan makanan khas Jepang. Hal pembeda keduanya terletak dari segi rasa dan cara memakan keduanya yang memiliki perbedaan yang signifikan.

via maangchi.com

Miyeok Guk

Perayaan ulang tahun di Indonesia biasanya dirayakan dengan mengadakan syukuran. Salah satu menu utamanya adalah nasi tumpeng yang ditemani dengan berbagai macam lauk.

Nah, sama seperti halnya di Indonesia, Korea Selatan pun memiliki makanan yang selau disantap saat perayaan ulang tahun. Sajian Korea tersebut adalah miyeok guk atau sup rumput laut dalam bahasa Indonesia.

Makanan khas Korea ini biasanya berisi rumput laut yang disajikan bersama kaldu ayam. Filosofi makanan ini di perayaan ulang tahun adalah menjadi harapan agar orang yang berulang tahun bisa berumur panjang.

via koreanbapsang.com

Kimbap

Sajian Korea terakhir yang populer berkat drama Korea dan idol K-Pop adalah kimbap. Sama seperti beberapa makanan khas sebelumnya, kimbap sendiri tidak jauh berbeda dengan sushi, makanan khas Jepang.

Keduanya memiliki varian isian yang berupa sayuran seperti timun, wortel serta daging ayam atau ikan yang sudah diiris tipis. Tidak hanya itu, penyajiannya pun sama yaitu dipotong menjadi beberapa bagian.

Kepopuleran kimbap sendiri menjadikan sajian Korea ini cukup populer di Indonesia. Kamu biasanya menjumpai penjaja makanan khas Korea ini di pasar atau supermarket terdekatmu.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Mau menikmati pengalaman menginap yang berbeda? Datang saja langsung ke Bobobox.

Hotel kapsul ini menawarkan pengalaman menginap yang berbeda karena dilengkapi oleh fasilitas keren yang siap membuat berdecak kagum saat datang ke hotel kapsulnya.

Pemesanan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

backpacker di bandung bobobox

You might also like