Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Buat Kulit Wajah Kembali Segar dengan Mudah? Cobalah 7 Sabun Cuci Muka Alami Ini

Semoga cocok dengan bahan alami ini, ya!

Bobobox.co.id — Memiliki kulit wajah bersih dan segar mungkin menjadi salah satu resolusimu di tahun baru ini. Agar bisa terwujud, kamu bisa memanfaatkan sabun cuci muka alami yang Bob akan bahas.

Menggunakan sabun cuci muka alami ini bisa menjadi alternatif lain jika kamu tak terlalu sreg dengan produk pembersih wajah yang ada di pasaran karena bisa saja membuat kulit wajah justru semakin memburuk.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, Bob akan memberikan 7 rekomendasi sabun cuci muka alami yang bisa kamu coba di rumah. Bisa saja bahan pengganti sabun cuci muka tersebut cocok untuk kulitmu!

Sabun Cuci Muka Alami Wajib Dicoba

1. Minyak Kelapa

Sabun cuci muka alami pertama adalah minyak kelapa. Bahan alami satu ini sudah lama dikenal sebagai bahan yang cocok untuk pengganti sabun cuci muka yang biasa kamu gunakan berkat kandungan di dalamnya.

Bahkan, bahan alami untuk cuci muka tanpa sabun ini tak hanya menyegarkan kulit wajah saja. Minyak kelapa pun kerap digunakan sebagai pembersih kotoran dan minyak berlebih yang terkumulasi pada wajah.

Untuk menggunakan sabun cuci muka alami ini, caranya cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskannya ke seluruh area wajah. Pijat secukupnya dan diamkan kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air bersih.

Dibalik manfaatnya, ada hal penting yang wajib kamu ketahui. Untuk tipe kuli berjerawat, ada baiknya menghindari sabun cuci muka alami untuk kulit kering ini karena justru memperparah masalah kulitmu tersebut.

Minyak kelapa sabun cuci muka alami
Minyak kelapa via pexels.com/@tijana-drndarski-449691

2. Mentimun

Mari beranjak ke sabun cuci muka alami selanjutnya. Bahan alami satu Bob yakin kerap dibiarkan begitu saja di dalam kulkas. Padahal, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengganti sabun cuci muka, lho.

Bahan alami yang Bob maksud adalah mentimun. Sebagai sabun cuci muka alami, mentimun memiliki efek menenangkan dan menghidrasi kulit. Alhasil, kulit wajah pun akan tampak cerah dan segar kembali.

Cuci muka tanpa sabun dengan mentimun pun tak hanya mampu menyegarkan kulit saja. Sayuran yang biasa menjadi lalapan ini pun baik untuk wajah berjerawat karena dapat mengurangi peradangan.

Untuk menggunakan sabun cuci muka alami untuk kulit kering, jadikanlah mentimun sebagai jus. Setelah itu, oleskan pada seluruh area wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

Mentimun sabun cuci muka alami
Mentimun via unsplash.com/@harshalhirve

Baca Juga: Hati-Hati Pakai Skincare! Kenali Kombinasi Skincare Berbahaya Jika Digunakan Bersamaan Berikut Ini.


3. Madu

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, beragam khasiat bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi madu. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati batuk, hingga membuat tidur lebih nyenyak.

Di samping langsung dikonsumsi, madu pun bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sabun cuci muka. Kandungan emolien dan humektan yang berperan dalam mengatur pH kulit dan memperlambat munculnya keriput.

Dengan menggunakan sabun cuci muka alami, kulit wajahmu akan tampak sehat dan awet muda. Untuk menggunakan bahan cuci muka tanpa sabun ini, kamu bisa mencampurkannya dengan susu atau lemon.

Pertama, pastikan kulit bersih dari kotoran. Lalu, lumuri wajah dengan madu disertai pijatan kecil. Setelah dilakukan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat. Lakukan langkahnya secara rutin.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

4. Lidah Buaya

Berbicara soal kesehatan kulit, lidah buaya adalah bahan alami yang kerap direkomendasikan. Tak mengherankan mengingat manfaat lidah buaya yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Salah satunya menjadi sabun cuci muka alami. Bahan alami untuk cuci muka tanpa sabun ini bermanfaat untuk melembapkan serta menghidrasi kulit yang membuatnya baik untuk kulit kering.

Pengganti sabun cuci muka ini pun mengandung antioksidan. Kandungan dari sabun cuci muka alami tersebut berperan penting dalam meredakan kemerahan yang biasa dialami oleh kulit sensitif.

Kamu hanya perlu mencampurkan setengah cangkir lidah buaya dan air mawar. Campuran keduanya dioleskan pada kulit yang telah dibersihkan. Keringkan dengan cara ditepuk dengan handuk lembut.

Lidah buaya sabun cuci muka alami
Lidah buaya via unsplash.com/@pisauikan

Baca Juga: Ingin Mewarnai Rambut Sendiri Tapi Takut Gagal? Ikuti 10 Tips Mewarnai Rambut Sendiri Berikut Ini!


5. Pepaya

Selain jeruk, pepaya dikenal sebagai buah yang kaya kandungan vitamin C. Berkat kandungan tersebut, pepaya pun menawarkan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan seperti kesehatan kulit.

Kandungan vitamin dalam pepaya dipercaya dapat digunakan sebagai pengganti sabun cuci muka. Sabun cuci muka alami ini layak untuk kamu coba sebagai cara cuci muka tanpa sabun lainnya.

Untuk mencobanya, buatlah jus dari sabun cuci muka alami tersebut. Setelah jadi, oleskan jus pepaya yang telah dibuat pada permukaan kulit secara merata. Jangan lupa untuk pijat secara perlahan pada area wajah.

Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air serta lap dengan handuk bersih. Untuk menggunakan pengganti sabun cuci muka ini, kamu pun bisa menambahkan bahan lain seperti madu dan air mawar.

Pepaya sabun cuci muka alami
Pepaya via pexels.com/@alleksana

6. Yoghurt

Saat melakukan program diet, yoghurt adalah makanan yang biasanya direkomendasikan untuk dikonsumsi. Pasalnya, olahan susu tersebut terbukti membantu dalam menurunkan berat badan seseorang.

Selain itu, yoghurt pun bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan asam laktat dan protein pada bahan alami ini mampu mengangkat sel mati dan membantu dalam mengencangkan kulit wajah.

Tak mengherankan jika yoghurt pun Bob rekomendasikan sebagai salah satu sabun cuci muka alami. Untuk mencoba cuci muka tanpa sabun dengan yoghurt, cara penggunaannya pun terbilang mudah dan praktis.

Kamu hanya perlu membalurkan yoghurt ke permukaan kulit wajah secara merata. Lalu, biarkan luluran tersebut selama lima menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat dan bersihkan sisa dengan handuk.

Yoghurt sabun cuci muka alami
Yoghurt via unsplash.com/@mateusz_feliksik

Baca Juga: Simak 10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Paling Efektif yang Bisa Kamu Coba di Rumah


7. Cuka Apel

cuci muka tanpa sabun

sabun cuci muka alami untuk kulit kering

sabun cuci muka alami untuk kulit berjerawat

pengganti sabun cuci muka

Sabun cuci muka alami terakhir di daftar Bob kali ini adalah cuka apel. Bahan alami ini terbukti ampuh sebagai pengganti sabun cuci muka karena mampu mengembalikan tingkat pH pada kulit wajah.

Alhasil, cuci muka tanpa sabun dengan bahan alami ini bakal tampak cerah. Bahkan, sebagai sabun cuci muka alami, manfaat lain yang bisa didapat dari cuka apel adalah mampu membersihkan pori-pori kulit.

Cara menggunakan sabun cuci muka alami untuk kulit berjerawat ini pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu melarutkan cuka apel dan air terlebih dahulu dengan perbandingan 2 banding 1 untuk bahannya.

Setelah itu, kocok keduanya dalam sebuah botol. Tuang campuran tersebut pada kapas bersih. Lalu, sapukan kapas pada permukaan wajah. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan handuk bersih.

Cuka apel sabun cuci muka alami
Cuka apel via istockphoto/Madeleine_Steinbach

***

Itulah tadi 7 sabun cuci muka alami yang mampu membuat kulit wajahmu tampak lebih segar di tahun baru ini.

Namun, perlu diingat jika beberapa bahan menimbulkan gangguan kulit, sebaiknya langsung dihentikan penggunaan bahan alaminya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Jadikan Staycation di Bobobox sebagai Salah Satu Resolusimu!

Belum pernah staycation? Bingung untuk pilih tempat menginapnya? Tak usah ragu untuk memilih Bobobox. Malahan, kamu bisa menjadikan staycation di Bobobox ini sebagai salah satu resolusimu tahun ini!

Fasilitas futuristik bakal memanjakan dan membuat momen tahun baru rasanya bakal semakin mengasyikkan.

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Toilet bobobox alun alun bandung

You might also like